Dana yang Tidak Kunjung Di-refund Kofin

Saya Vebi Atika, menulis ulasan jujur. Saya anggota kofin KF-708-JKT. Saya mengajukan proses refund dan sudah disetujui sejak September 2019. Namun hingga 26 Desember 2019 uang tsb tidak kunjung di-refund. Uang yang disetorkan untuk menjadi anggota senilai Rp1.000.000, kepada rekening berikut BCA 74014176** a.n. Fe** Yol**** Lis*****.

Saya sudah lelah untuk menagih, jika memang Kofin memiliki kemauan & tanggung jawab untuk me-refund ya silahkan. Tapi saya belajar untuk ikhlas dan bersedekah kepada Kofin. Saya sudah menuruti permintaan Kofin untuk menghapus ulasan saya di google pada tanggal 25 November 2019 sebelumnya. Namun hal tersebut tidak merubah apapun, uang tsb tidak kunjung di-refund. Jadi saya putuskan jika kalian mau refund silakan, tidak mau juga silakan. Ulasan ini adalah ulasan jujur yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya pun sempat berkata kasar dan memaki karena emosi menghadapi pihak admin dan segala macam alasan yang diberikan.

E-mail terakhir dari pihak Kofin menginfokan akan me-refund uang tsb maksimal 19 Desember 2019 atau lebih cepat karena 20 Desember 2019 s.d. 6 Januari 2020 Kofin libur natal & tahun baru. Namun sampai 26 Desember 2019 tidak ada bukti refund dan email konfirmasi yang saya terima. Dan saya putuskan saya malas untuk menagih, jika kalian punya inisiatif dan mau mengembalikan ya silahkan, jika tidak juga silahkan.

Saya harap tidak ada lagi korban-korban refund dengan segala janji-janji belaka kedepannya. Terima kasih Kofin sudah memberikan pelajaran berharga bahwa saya seharusnya tidak mudah percaya dengan yang namanya dana talangan. Saya terlalu cepat memutuskan dan berpikir bahwa Kofin bisa membantu menyelesaikan masalah saya, namun nyatanya bukan Kofin yang membantu tapi Tuhan yang membantu saya untuk menyelesaikan tiap permasalahan.

Saya melampirkan obrolan via DM pada tanggal 25 November mengenai kesepakatan antara saya dan admin IG Kofin agar saya menghapus testimoni yang dianggap mereka adalah penggiringan opini negatif terhadap publik dan maksimal uang akan di-refund 2 hari setelahnya. Namun hingga surat ini dibuat 26 Desember 2019 saya tidak menerima pengembalian dari pihak Kofin sepeser pun padahal saya sudah menghapus testimoni jujur saya.

Vebi Atika
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kofin:
[Total:3    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan Kofin atas Surat Mitra Kami Soal Refund

Terkait atas pernyataan dari mitra kami perlu kami sampaikan hal hal sebagai berikut. Sebelumnya kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Dana yang Tidak Kunjung Di-refund Kofin

  • 1 Januari 2020 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin atas masalah yang mbak Vebi alami.
    Saya tidak pernah berurusan dengan pinjol, tapi cukup banyak membaca tentang ko fin dari komen2 yang ada di MK ini. Saya kira dengan tujuan/misi yang mulia dari mereka, mereka juga lebih hati2 & bertanggung jawab dalam masalah *uang,* apalagi uang milik klien mereka.
    Lah uang senilai 1 juta saja sulit sekali, bagaimana bisa dikatakan mau membantu orang2 yang terjerat jutaan atau bahkan belasan/puluhan juta di pinjol???

    Di samping itu, kalau saya baca permasalahan dengan pinjol sudah bisa diselesaikan?
    Syukurlah, & semoga selanjutnya bisa terhindar dari rentenir baik offline maupun online.
    Sekedar saran, kalau di kemudian hari ada kebutuhan dana, selayaknya berusaha pinjam di bank ataupun koperasi yang bereputasi baik. Walaupun memang mungkin persyaratannya lebih ketat dibanding pinjol, minimal pasti mereka lebih bermartabat dibanding pinjol.
    Lebih baik lagi kalau dengan pertolongan Tuhan bisa dicukupkan segala kebutuhan hidupnya tanpa perlu meminjam.

    Salam arema.

    • 3 Januari 2020 - (23:03 WIB)
      Permalink

      Mba sudah baca tanggapan kofin. Intinya 1 jt itu hny utk jasa konsultasi dan psikologis mba. Bukan utk pengucuran dana talangan. Jd para korban2 pinjol inget ya klo kofin itu byr 1 juta jgn berharap dana talangannya yg ntah kapan bakal tiba berbulan2 lamanya dan bahkan bisa ditolak jg dan uang member jgn berharap refund jg karena ga ada ketentuan kofin hrs merefund apapun. Anggap saja uang hilang itu.
      Jd klo 1 jt utk pendampingan psikologis bisa dipikir sendiri lah worth apa tidak. Yg ngadepin dc jg ttp mba sendiri. Kalo menurut kalian worth ya sudah silakan apply. Kalo ga worth ya mending uangnya dibuat bayar cicilan saja atau utk keperluan harian keluarga. Ato utk bayar dokter psikolog saja skalian. Lumayan bs dpt beberapa sesi dokter psikolog itu. Yg emg bnr2 fokus sm kita dan bertemu lsg. Bkn via wa yg mungkin slow respon dll. Klo menurut saya itu 1 jt uang besar skl ya apalg klo dlm kondisi byk hutang. Ini opini saya pribadi saja ya sth baca2 byk kasus disini.

      • 7 Januari 2020 - (11:03 WIB)
        Permalink

        Halo saya rasa yg anda ketikkan tidak berdasar. Jika jelas2 pihak kofin telah memberikan persetujuan untuk refund seharusnya di refund bukan.. Jika anda bilang pendampingan psikologis, pendamping saya adalah orang2 yg terjerat kasus sama dg saya, lalu untuk reson dr pihak kofin meminta kita untuk mengirimkan bahwa kita anggota kofin ke para DC. Tp DC sendiri tidak percaya. Lalu kita tetap di teror apa kah itu pendampingan psikologis ?
        Jika anda hanya ingin membela kofin silahkan. Karena pihak kofin sendiri telah menyetujui untuk proses refund dan berjanji akan merefund kok 😬 .

        • 7 Januari 2020 - (11:15 WIB)
          Permalink

          Lah, berarti berubah lagi dari tanggapan resmi yang sudah mereka tulis di MK ini, yang mengatakan bahwa mereka membatalkan refund?

          • 7 Januari 2020 - (12:12 WIB)
            Permalink

            Saya belum menerima email resmi yg mengatakan pembatalan refund. Sesuai yg di tulis pihak kofin katanya akan di kirim tgl 6 Januari. Dan saya juga sudah menulis utk mengiklaskan ya. Dan pihak kofin sendiri menulis saya mencaci dan memaki. Saya juga sudah tulis di tulisan media konsumen saya. Bagaimana dengan mereka yg mencaci dan memaki saya? Jadi di sini saya rasa sudah clear bahwa kofin bukan lah pihak yg bisa membantu permasalahan pinjol kalian.

  • 2 Januari 2020 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Saya prihatin atas apa yg di alami akun ini.saya juga termasuk anggota Kofin KF *** JKT.saya sudah setor uang pendaftaran 400 ribu.untuk menangani utang pinjol saya yg hampir menyentuh angka 13 juta.tetapi dari daftar tgl 15 November 2019 sampai sekarang tgl 2 /1/2020 TDK ada email ataupun wa ataupun TLP SMS yg masuk ke saya .perihal masalah dana talangan .yg katanya akan di janjikan maksimal 15 juta dengan penanganan 14 hati kerja.setelah data lengkap.data lengkap tgl 21 November 2019.lewat notifikasi email.dan di suruh sabar menunggu 14 hari kerja.tetapi sudah 14 hari kerja ga ada sama sekali wa SMS TLP email.yg nyangkut ke saya.saya tanya admin lewat wa suruh email saja.saja email g ada balasan sampai skr.kalau menunggu antrian harusnya komitmen .apakah setelah 14 hari kerja .lolos seleksi apa gagal.jadi menggantung gini.melihat dari kasus ini saya ragu untuk refund yg hanya 400 ribu.sampai hari ini banyak DC yg akan datang ke rumah.pas saya bilang anggota Kofin mereka g pernah percaya dan hanya alasan saja.kalau tau begini prosesnya lebih baik saya tangani sendiri.tidak perlu Kofin kofinan. Tetapi apa boleh buat .uang sudah setorkan.dan semoga Kofin paham akan keluhan anggotanya.sekian salam hangat senasib hidup penuh dengan pinjol ga akan tenang sehari2 nya.

    • 7 Januari 2020 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Iya, Terima kasih komentarnya. Jika memang sudah ikhlas ya sudah. Karena seharusnya pemberi dana talanganpun memiliki ijin resmi dari OJK supaya para customer bisa tau dan paham prosedur yg berlaku. Tetap semangat dan lebih berhati-hati lagi.

    • 7 Januari 2020 - (11:08 WIB)
      Permalink

      Tanggapan dari pihak kofin akan mengirim e-mail pada tgl 6 Januari dan skrg tanggal 7 Januari saya tidak mendapat e-mail dari pihak kofin.

      • 7 Januari 2020 - (12:06 WIB)
        Permalink

        Bukannya sudah jelas2 dijawab kofin kalo refund dibatalkan? Mba bisa baca di tanggapan kofin atas surat pembaca mba. Jelas2 ditulis dibatalkan refundnya. Krn kofin ga ada kewajiban me refund uang anggota. Ga ada kewajiban kasi dana talangan jg. Uang anggota hny utk pendampingan psikologis. Mba apa blm baca tanggapan kofin? Uang anggota itu pasti hangus. Kofin itu hny mainin uang anggota aja diputer2. Masi charge bunga juga.

        • 7 Januari 2020 - (12:15 WIB)
          Permalink

          Iya Mba. Mba sepertinya paham sekali ya jika kofin ini hanya memutar2 kan dana anggota dan tidak membantu anggota sama sekali. Terima kasih info nya dengan info dari Mba yg sangat jelas bahwa KOFIN hanya mainin UANG ANGGOTA DI PUTAR2 SAJA & PASTI HANGUS.

  • 17 Januari 2020 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Dana talangan di tolak DC hadapi sendiri.la terus kerja Kofin apa.hanya menggaet pendaftar yg saat itu pikirannya kacau.dan TDK apa pilihan lain.saya anggota Kofin yg sudah mendaftar paket khusus Rp.400 ribu.saya ingetin betul sblm transfer .admin wa bilang kl gagal verifikasi data nanti akan di refund dana pendaftaran.tapi kayaknya susah deh.ya anggap saja tulisan ini referensi bagi yg akan mengajukan mjd anggota kofin.pertimbangkan dulu matang2.jgn SPT saya sudah jatuh tertimpa tangga.semoga Kofin baca ini.dan berfikir.itu saja saya ttg refund nya

    • 12 Agustus 2020 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Sabar mba, sptnya memang refund itu hanya permainan belaka. Bersyukur sj kita sdh bantu para pegawai di sana utk bisa makan dan menghidupi keluarganya. Walau dr uang tipu sana tipu sini..

  • 11 Agustus 2020 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Kepada mbak vebi, mungkin bisa menghubungi saya karna saya jg merupakan korban kofin yg dijanjikan akan dilakukan pencairan namun tak kunjung cair.. anggap saja mungkin kita bodoh krn terlalu percaya, namun kita hanya meminta uang hak kita krn tidak ada sama sekali bantuan subsidi yg dijanjikan pihak kofin.. seberapa pun besarnya uang kita yg sudah masuk ke kofin harus di kembalikan jika memang kofin tidak menyelesaikan urusan dana talangan. Ini sama saja dengan penipuan dan perbuatan tidak menyenangkan ketika kita dibilang mendesak dan mencaci maki mereka padahal jika di pikir siapa yg tidak akan mendesak jika tidak ada kejelasan dr pihak kofin dan tidak ada respon email dr mereka. Ayo semua ambil hak kalian krn memang hak harus dikembalikan. Walaupun hrs dipotong biaya admin atau apalah itu yg mereka maksud tp saya akan tetap minta hak saya walaupun hrs sampai ke pihak yg berwajib.

    • 12 Agustus 2020 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Halo mba.
      Kalau di laporkan ke pihak yg berwajib apa mereka akan segera menangani kasus ini?
      Saya sendiri sudah 1 tahun lebih transfer ke kofin juga tidak ada kejelasannya. Info yg di berikan di media lain & info lapangan sangat berbeda jauh, tp dengan adanya media konsumen setidaknya membantu mereka yg mau pakai kofin jd berpikir ulang mba.. Sy udah 1 th berusaha ambil hak saya mau itu di potong admin / utuh bukan masalah. Tp nyatanya itu semua hanya omong kosong belaka. Bahkan sy sdh melaporkan ke satgas waspada investasi. Namun respon yg sy terima tidak sesuai harapan saya. Jadi sy rasa, perlu di ikhlaskan brp pun nominalnya, dan biarkan Tuhan yg membalas setiap perbuatan mereka sj.

 Apa Komentar Anda mengenai Kofin?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Dana yang Tidak Kunjung Di-refund Kofin

oleh vebi_ dibaca dalam: 1 menit
14