Menelepon dengan No Seluler Mengaku dari Cermati Minta Sebutkan NIK via Telepon

Berhubung sekarang ini lagi marak penipuan kita dituntut untuk lebih hati-hati.

Cerita ini bermula saat saya lagi asayaik duduk di dalam mobil, tiba-tiba ada seseorang menelepon pakai no seluler mengatasnamakan dari pihak cermati.com. Seminggu sebelumnya saya iseng-iseng mengajukan hutang lewat cermati.com karena saya butuh duit dalam waktu dekat. Saya harap pihak cermati bisa membantu saya urus KTA online. saya berikan info no hp dan email saya ke cermati.com. Lalu tiap hari saya ditelpon sama orang-orang yang mengaku dr pihak cermati.com. Rata-rata mereka menanyakan saya punya kartu kredit apa tidak?? Saya jawab tidak punya.

Singkat kata singkat cerita, pagi ini, hari Selasa tanggal 11 Februari 2020 pukul 8.18 am, ada penelepon lagi yang mengaku pihak dari cermati. Dia menawarkan hutang. Terus saya tanya, dari pihak bank mana dulu, yang mau kasih utangan?? saya gak punya kartu kredit. Terus dia gak mau jawab pertanyaan saya malah dia minta saya sebutkan NIK saya, nadanya setengah memaksa gitu. Saya belum sempat sebutkan NIK, tiba-tiba hp mati sendiri.

Pertanyaan saya adalah, bolehkah kita sebutkan Nomor Induk Kependudukan KTP kita ke orang yang mengaku dr pihak cermati.com?? Dia menelepon pakai telepon seluler, bukan telepon kantor. saya sih ragu karena NIK itu bersifat pribadi banget.

saya minta saran dan pendapat dari kawan-kawan di media konsumen dan juga minta konfirmasi dari pihak cermati.com, apakah benar sales Anda disuruh minta saya sebutkan NIK konsumen via ponsel???

Terima kasih atas saran dan masukan yang sangat berarti buat saya.

Hormat saya,

Dwi Mulatsih
Sunter Agung, Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Menelepon dengan No Seluler Mengaku dari Cermati Minta Sebutkan NIK vi…

oleh Dwi Mulatsih dibaca dalam: 1 menit
0