Belum Adanya Penyelesaian Salah Transfer Uang dari CIMB ke BTPN Jenius

Kronologi kejadian.

Saya merupakan nasabah CIMB Niaga dan BTPN Jenius, Pada tanggal 1 Februari 2020 melakukan transaksi melalui Go Mobile CIMB Niaga, rencana mau transfer ke rekening BTPN atas nama saya sendiri

Nama: Frank S******
No rek: 9001*****48
Dengan jumlah sebesar Rp. 24.120.000,-

Proses transfer dari Mobile CIMB setelah memasukkan 2 nomor PIN (PIN 6 angka disuruh isi hanya 2 angka), tanpa mengecek kembali rekening dan nama penerimanya dan saya memasukkan PIN Mobile CIMB dan transaksi berhasil. Selang beberapa menit saya terima notif sms dari CIMB dan ketika saya baca ternyata transaksi berhasil ke rekening BTPN orang lain atas nama

Nama: Za*****
No rek: 9001*****88

Setelah saya cek lagi ternyata saya salah pengetikan satu digit angka kedua dari belakang, yang seharusnya (4 tapi 8).

Setelah sadar bahwa saya salah transfer, maka langsung menghubungi CS CIMB 14041. Tanggapannya transaksi sudah berhasil dan tidak bisa ditarik kembali dan disarankan untuk menghubungi pihak Bank BTPN Jenius karena si penerima rekeningnya BTPN Jenius

Lalu saya menghubungi Call Centre BTPN Jenius 1500365 dan oleh CS call centre saya disarankan untuk menanyakan ke pihak Bank CIMB karena pihak yang mengeluarkan dana CIMB Niaga. Dan berpesan agar dapat segera dimintakan surat Bilateral dari bank pengirim dana (CIMB). Dan stop di malam itu saya tidak menemukan jawaban/solusi atas kesalahan transfer yang saya alami (tanda tanya saya atas jawaban CS dari kedua bank yang bersangkutan, seolah saling lempar).

Lalu lusa harinya tanggal 3/2/20 (karena tanggal 2 hari Minggu dan saya hanya bisa komplain ke bank terkait dengan email saja). Saya coba datang langsung ke CIMB Niaga pembukaan rekening. Setelah saya ceritakan kronologi kejadiannya, dengan bantuan CS CIMB Niaga ahirnya membuatkan laporan kejadian yang saya alami dan dari Pihak CIMB juga langsung mengonsep surat bilateral intern bank yang akan dikirim ke BTPN (dalam obrolan dengan CS CIMB. Dia menyarankan saya segera ke Bank BTPN untuk menjelaskan kejadiannya).

Saya pun menuju Bank BTPN Zainul Arifin untuk menjelaskan kejadian yang saya alami. Setelah diterima CS BTPN, katanya pihak BTPN tidak bisa melakukan banyak hal apalagi privasi orang, tapi bisa melakukan pengecekan pihak penerima dan CS bilang saldonya dan transaksi transfer dari no rek saya CIMB nama: Frank S no rek: 9001*****48 memang benar ada dan masuk ke rekening BTPN atas nama: Za*****. No rek: 9001*****88

Bahkan saya pun telah melakukan transfer ke no rekening tersebut 2 kali dengan menulis pesan (yang tadi salah transfer, tolong dana dikembalikan) dengan harapan pesannya diterima dan bisa mengembalikan dana yang saya salah transfer. Pihak Bank BTPN pun sama tidak bisa berbuat banyak, apalagi sampai memberikan data no telepon dan alamat kepada saya dengan alasan peraturan OJK (saya mengerti) dan seolah dialihkan lagi. Saya disuruh ke pihak Bank CIMB (padahal saya sudah bilang ke CS BTPN, kalau saya sudah membuat laporan ke pihak Bank CIMB). Lalu CS BTPN menjelaskan bahwa pihak BTPN pusat menunggu pelaporan dari pihak Bank CIMB dulu, setelah menerima laporan tersebut baru team internal BTPN melakukan negosiasi dan itupun tidak menjamin dana saya kembali atau tidaknya.

Sampai saat surat ini saya tulis, belum ada penyelesaian atas kasus ini.

Dan inti dari semua surat saya adalah: Ingin menanyakan kepada kedua bank yaitu CIMB Niaga dan BTPN Jenius, langkah apalagi yang harus saya lakukan untuk bisa kesalahan transfer saya dananya kembali, negosiasi seperti apa yang dilakukan team internal BTPN kepada nasabah penerima uang saya dan seberapa lama.

Untuk proses penyelesaian tersebut standarnya berapa lama? Dikarenakan saya mendapatkan email balasan yang mengatakan proses 45 hari kerja, dan sewaktu saya telpon ke call centre sebelumnya hanya dibilang 14 hari kerja.

Nb :Setiap saya telepon ke Call Centre CIMB , diarahkan mengejar ke BTPN Jenius dengan alasan dana sudah sukses dikirim dan sebaliknya saya telepon ke call centre BTPN Jenius, saya diarahkan mengejar ke Pihak CIMB dengan alasan Bank BTPN hanya pihak penerima dana. Bahkan melalui call centre BTPN saya tidak dibuatkan no pelaporan padahal saya juga nasabah BTPN Jenius (terkesan tidak ada nya solusi dan saling melempar).

Frank Setiadi
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:4    Rata-Rata: 4.5/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Frank Setiadi

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Frank Setiadi yang berjudul: “Belum Adanya Penyelesaian Salah Transfer Uang dari CIMB Niaga ke...
Baca Selengkapnya

Loading...

5 komentar untuk “Belum Adanya Penyelesaian Salah Transfer Uang dari CIMB ke BTPN Jenius

  • 1 Maret 2020 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Setahu saya klu salah transfer prosesnya ribet mas, karena memang ada undang2 nya dimana bank penerima gak bisa secara sepihak melakukan penarikan dana tanpa ada persetujuan dari pemilik rekening, semoga masalah nya cepat selesai. Saran saya coba tanya ke pihak bank pengirim nomor bilateralnya klu emang mau cek hasil laporan ke bank penerima.

  • 2 Maret 2020 - (00:01 WIB)
    Permalink

    Baca kasus semacam ini saya jadi semakin mengapresiasi bank yang internet/mobile banking nya “memaksa” nasabahnya untuk memasukkan nomor tujuan transfer ke daftar transfer dulu sebelum bisa transfer…
    Saran bagi bank2 yang belum melaksanakan prosedur “ribet” di atas, harap dipertimbangkan, demi keamanan nasabahnya di kemudian hari.
    Saran bagi para nasabah, coba kalau transfer pakai bank yang sudah menerapkan sistem seperti di atas, di samping tentunya juga lebih teliti & jangan terburu-buru ketika transfer.
    & jangan sembarang gampang2 bilang “malas ah, ribet,” karena entar kalau kena kejadian baru terasa manfaat “keribetan” tersebut hehehe.

    Semoga penerima salah transfer menunjukkan itikad baiknya.

  • 6 Maret 2020 - (07:03 WIB)
    Permalink

    Sampai sekarang proses penyelesaian masih terkesan lambat. Di mana pihak bank penerima menginformasikan bahwa pihak penerima belum terhubungi ( padahal awal saya komplain dari awal bulan Februari, skrang sdh Bulan Maret)

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Belum Adanya Penyelesaian Salah Transfer Uang dari CIMB ke BTPN Jenius…

oleh Frank dibaca dalam: 3 min
5