Baru Sehari Digunakan, Akun Kredivo Sudah Terblokir Permanen

Pada tanggal 7 Maret 2020 saya memutuskan untuk mendaftarkan akun Kredivo, karena dari berbagai e-commerce rasanya Kredivo menawarkan kemudahan. Awal saya mendaftarkan, saya mendapatkan plafon minimal, lupa nominalnya, sekitar 5 juta rupiah. Lalu saya pergunakan di Shopee.

Setelah buka aplikasi Kredivo, saya ditawari untuk menaikan platform kredit, dengan persyaratan melampirkan kepesertaan BPJS TK (mungkin untuk mengetahui jumlah penghasilan), kemudian di-approved. Plafon saya yang asalnya kecil tiba-tiba menjadi:

Bayar 12 bulan menjadi Rp30 juta.
Bayar 6 bulan sekitar Rp19 juta.
bayar 3 bulan sekitar Rp10 juta.
dan 1 bulan Rp3,5 juta.

Masih di hari yang sama saya melakukan transaksi pembelian pulsa 500 ribu via aplikasi Kredivo sendiri. Namun mendapatkan notifikasi via email bahwa transaksi itu melanggar persyaratan pengguna, dan setelah itu akun saya terblokir sementara.

Setelah itu saya menelpon CS Kredivo dan mendapatkan pernyataan, kurang lebih bahwa saya melanggar salah satu persyaratan pasal 4 blablabla, akun saya sedang dalam pengawasan tim analisis dan saya dianjurkan untuk segera melakukan pelunasan untuk transaksi saya sebesar Rp990 ribu plus bunga menjadi Rp1 juta lebih yang saya lakukan di Shopee sebelumnya, untuk menjadi pertimbangan tim analisis blablabla. Saya langsung mengikuti anjuran dari CS tersebut untuk melakukan pembayaran lunas dari pinjaman saya.

Keesokan harinya (hari saya menulis ini) 8 Maret 2020, saya buka aplikasi Kredivo saya, akun saya masih tertulis terblokir sementara. Karena penasaran saya menelpon kembali CS Kredivo, dan diberitahukan bahwa status terupdate dari akun saya saat ini adalah diblokir permanen. Wow CS tidak dapat menjelaskan perihal penutupan permanen Kredivo saya, hanya “tim terkait” (kata CS) yang mengetahui, dan semua data saya akan di hapus agar tidak disalah gunakan oleh pihak lain. Keinginan saya untuk meminta penjelasan “tim terkait” itu pun tidak memungkinkan kata CS, karena saya bukan lagi kreditur dari Kredivo. Emosi saya sempat terpancing sih di situ.

Ingat jaman dulu waktu pacaran di putusin cw via SMS, semua foto berdua dihapus di friendster, terus udah orangnya ngilang 🙁

Memang Kredivo ini tanpa survey, hitungan less than satu jam kita bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman dengan plafon 30 juta++. Oleh sebab itu mungkin dengan mudahnya juga menutup permanen akun saya yang baru satu hari tanpa memberikan alasan yang jelas..

Namun lucunya, 5 menit dari saya menutup telepon CS Kredivo, saya mendapatkan email “Selamat akun kredivo anda telah aktif blablabla”. Setelah saya cek aplikasi Kredivo, akun saya masih tertulis “Terblokir sementara”. Dari sini terlihat bahwa sistem Kredivo tidak terintegrasi dengan baik. Sebetulnya saya ingin melampirkan foto email dll, namun gagal karena saya menulis ini via handphone.

Setelah saya browsing membaca beberapa forum bahkan di social media Kredivo sendiri ternyata banyak hal serupa. Silakan googling “Kredivo ditutup permanen”. Saya mending rugi puluhan ribu untuk bunga, ada beberapa kasus yg melunasi pinjaman secara langsung, sehingga harus membayar bunga berjuta-juta (dengan tujuan meningkatkan limit untuk berbelanja barang mahal, ex: iPhone 11). Namun setelah bayar lunas, akunnya terblokir permanen.

Saya harap pihak kredivo bisa memberikan penjelasan yang jelas, di forum ini lebih baik, tidak hanya dengan menghubungi saya secara personal. Karena tujuan saya juga agar para kreditur ataupun calon kreditur dari Kredivo mengetahui alasan terblokir permanen oleh “tim terkait” setelah melakukan pembayar lunas itu kenapa?

Theo Faybriean Octafiandy
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:13    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Theo Faybriean Octafiandy

Pada kesempatan ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dibuat oleh Bapak Theo Faybriean Octafiandy pada Media Konsumen tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Baru Sehari Digunakan, Akun Kredivo Sudah Terblokir Permanen

oleh Theo dibaca dalam: 2 min
0