Bukalapak Tidak Bertindak kepada Toko Penipuan Online

Penipuan di Toko Fiktif Tamaa VIP.

Berawal saya membeli 20 unit RDA senilai hanpir Rp750.000 (no transaksi 202727092594) namun barang yang dikirim malah buntalan plastik sampah. Saya langsung masuk menu komplain. Di menu komplain saya kirim foto. Namun CS Bukalapak minta foto keseluruhan. Saya lalu mengirimkan foto keseluruhan (berwarna hitam) plastik sampai. Namun Bukalapak langsung menutup komplain saya dan meneruskan dana saya ke penjual penipu tersebut. Setelah saya telusuri ternyata review di akun penjual semua fiktif (dia buat akun ganda, beli di tokonya sendiri agar bisa ada review) dan membuat orang percaya. Anehnya Bukalapak tidak tahu hal ini dan tetap membiarkan toko semacam ini.

Sudah saya cek di ulasan toko tersebut ternyata sudah banyak sekali korbannya dan anehnya Bukalapak membiarkan penipuan ini terjadi.

Modusnya, dia jual di Bukalapak, kalau ada yang beli, maka dia akan kirim sampah. Dan dia menunggu orang-orang yang tidak mengerti/tidak tahu tidak sempat komplain melalui menu komplain. Hebatnya pembeli tidak mengirim dari lokasi dia, jadi dia dropship ke Shopee, sehingga yang kirim adalaah toko lain di Shopee. Yang dibeli di Shopee adalah barang seharga Rp1.000 rupiah misalnya plastik kresek.

Chris
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:11    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Christian Hariyanto

Jakarta, 17 Maret 2020 Dengan Hormat, Terima kasih atas feedback yang diberikan melalui Media Konsumen. Tim BukaBantuan akan segera menghubungi Anda...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Bukalapak Tidak Bertindak kepada Toko Penipuan Online

  • 12 Maret 2020 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga tertipu 1.200.000 setelah transaksi sama akun di shopee.. cuma salah saya transaksi di luar Shopee ini dia nomer wa mereka
    0877 6864 2257
    0859 5677 1777
    0831 3999 7947
    Sampai skrg nomer ini tidak bisa saya hubungi
    Logat suaranya tidak begitu fasih bahasa Indonesia.
    Bagaimana saya mengadukan ini ya..
    Terimakasih
    Alwi

  • 12 Maret 2020 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Di BL, banyak praktek seller kotor , sy pernah melaporkan tok yg menjual bakwan, segelas kopi dan banyak produk ga jelas sampai ratusan ribu bahkan jutaan tapi ada yg beli sampai puluhan bahkan ratusan, dgn ulasan yg aneh, tapi sampai skrg dibiarkan, karna ini menganggu list analisa penjualan, karna data didominasi data toko2 yg fiktif

  • 21 Maret 2020 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Saya juga kena penipu TOKO ALAT KESEHATAN Di BUKALAPAK kejadian 20maret nominal yg tdk sedikit bagi saya 3,7jt akun saya dibajak smp sekarang blm ad kejelasan dana saya bs kembali ato tidak dan akun saya bs aktif kembali ato tidak
    Berkali2 saya telp CS BL hasilny nihil katanya akan ditelp balik smp detik in tdk ad telp balik
    APAKAH DANA SAYA KEMBALI ATO TIDAK
    DIBEKUKAN ATO BAGAIMANA TIDAK ADA KABARNYA SAMA SEKALI HANYA PENCATATAN DAN PENCATATAN SAJA
    KECEWA BERIBU RIBU KECEWA BANYAK PENJUAL PENIPU DISANA AKUN BODONG
    saya tunggu feedback baikny #Bukalapak

      • 21 Maret 2020 - (14:55 WIB)
        Permalink

        Ya Allah😢
        Kejadian kapan itu mbak?
        Kok banyak penjual yg nipu disana banyak hacker disana kasihan yg benar2 penjual asli😔
        #BukaLapak mana kejelasan untuk kami???
        Kayak eman pulsa g telp k customer tp malah kita yg telp terus😤

    • 10 Juni 2020 - (04:47 WIB)
      Permalink

      turut prihatin ka..
      bagaimana upddatenya utk kasus ini ka?
      saya juga tgl 08/06/2020 kemarin kena phising dari seller di bukalapak senilai 6,4 juta. dan entah sampai sekarang belu ada updatenya

  • 22 Maret 2020 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Halo Sahabat Online user,

    Saya juga ingin berbagi pengalaman pahit disini, dengan harapan agar apa yang saya alami ini tidak terjadi pada Anda.

    Pada tanggal 18 Maret 2020, saya order produk via Bukalapak sebagai berikut:

    Pelapak:  “Suplemen Factory”

    Produk: Lmen

    Harga: Rp370 ribu

    Ongkir: Rp37 ribu

    Total yang sudah saya bayar: Rp 407 ribu

    Setelah pembayaran saya lakukan pada tanggal 18-Mar, dan terkonfirmasi/diterima oleh system, statusnya sampai hari ini (22 Mar) masih sama, pesanan sedang diproses menunggu dikirim oleh pelapak.
    Sehari sesudah saya bayar, yaitu pada tanggal 19 Maret, ada chat dari pelapak minta tambahan transfer Rp34ribu dengan alasan beda ongkir, dan harus ditransfer ke no. rekening pribadi berikut, di luar nomor transaksi resmi yang diprovide oleh Bukalapak.

    No Rekening: 8705-2725,

    Atas nama: Madeline

    Bank: BCA

    Bagi saya ini diluar kebiasaan, baru kali ini saya mengalami kejadian aneh (saya suspect ini modus penyalahgunaan/ penipuan belanja online), setelah sekian lama saya sering melakukan transaksi di Bukalapak tanpa ada masalah seperti ini. Akhirnya, saya membalas via chat ke Pelapak kuranglebih sebagai berikut:

    Bahwa ini saya suspect semacam ada modus pembodohan pembeli online yang mana Pelapak memasang harga murah dengan tujuan mungkin untuk menarik minat pembeli, tetapi setelah pembeli membayar pesanan dan sukses terverifikasi di system, setelah itu pihak Pelapak minta tambahan transfer ke rekening diluar nomor resmi yang dikeluarkan oleh Bukalapak, dengan alasan beda ongkir dsb.

    Padahal di bagian halaman pembayaran sudah ada notifikasi yang mengingatkan pembeli supaya lebih berhati2 bila disuruh transfer diluar nomor resmi transaksi oleh Bukalapak.

    Sampai hari ini, tanggal 22 Mar, sudah hari ke-5 sejak saya melakukan pembayaran, Pelapak sepertinya dengan sengaja tidak mengirim pesanan saya dan tetap minta ditransfer tambahan ongkir ke nomor rekening pribadinya diluar nomor resmi oleh Bukalapak.

    Demikian saya berbagi pengalaman pahit ini, saya berbelanja online di Pelapak tersebut diatas agar tidak terulang kembali terjadi pada Anda, dan saya yakin, hal ini akan berdampak pada penurunan kepercayaan pembeli dan rating kepada Pelapak tersebut.

    Terimakasih

    Salam hormat

    HYuswanto, Batam

  • 12 Mei 2020 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Tanggal 3 mei 2020 saya kena 16jt400, seller di BL untuk pembelian emas antam, sy di chat mengatasnamakan seller di BL dan kirim link asuransi pengiriman, akun sy tidak bisa login, uang diminta balik ke akun sy oleh pelaku, dan ludes hnya bbrp menit, dibelikan pulsa di BL tercatat ada 5 invoice, jumlah yg tidak sedikit dan BL justru trs memojokkan pengguna tanpa adanya upaya utk mencarikan solusi

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Bukalapak Tidak Bertindak kepada Toko Penipuan Online

oleh Christian Hariyanto dibaca dalam: 1 min
10