Traveloka Mempersulit Proses Refund Tiket Pesawat Japan Airlines

Saya ingin melakukan proses refund atas tiket saya sekeluarga. Tiket saya adalah roundtrip (PP) ke Tokyo menggunakan maskapai Japan Airlines. Namun karena isu virus corona dan himbauan dari pemerintah utk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, saya mengajukan proses refund untuk tiket saya.

Sebelumnya, pada tanggal 19 Maret 2020, melalui aplikasi Traveloka ada update aturan refund/reschedule maskapai Japan Airlines, bahwa tiket saya eligible/memenuhi syarat untuk di-refund walaupun tiket saya promo (aturan terlampir). Saya pun menghubungi pihak Japan Airlines dan mereka juga menyatakan tiket saya (roundtrip) eligible untuk di-refund full.


Namun pada saat saya mengajukan proses refund ada yang di Traveloka, yang dapat di-refund hanya tiket keberangkatan saja, sehingga proses refund belum saya lanjutkan.

Saya sudah berkali-kali menghubungi pihak Traveloka baik email, inbox aplikasi dan telepon. Namun belum ada jawaban mengenai hal tersebut. Bahkan mereka menyatakan secara sepihak bahwa masalah telah terselesaikan jika saya tidak me-reply email mereka. Email dari mereka hanya jawaban bertele-tele meminta maaf dll (email terlampir).

Mohon pihak Traveloka segera menyelesaikan permasalahan ini. Pihak Japan Airlines sendiri menyatakan tiket saya dapat di-refund, mengapa Traveloka menyatakan tidak bisa di-refund untuk tiket kepulangan saya? Ke mana uang tiket saya?

Astrid Feri Sani
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:42    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Astrid Feri Sani

Kepada Yth Ibu Astrid Feri Sani, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Pertama-tama, perkenankan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “Traveloka Mempersulit Proses Refund Tiket Pesawat Japan Airlines

  • 23 Maret 2020 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Cukup kaget begitu membaca laporan ini,dan lebih kaget begitu membaca kolom komentar.
    Rasa nya mulai dari sekarang saya mesti berhati2 terhadap traveloka,selama ini semua perjalanan kantor dr sy dan staff kami,selalu mengunakan traveloka.
    Buat traveloka mohon tanggapannya krn ini bisa menjadi preseden buruk buat perusahaan anda di kemudian hari.

    • 25 Maret 2020 - (23:03 WIB)
      Permalink

      sebenarnya selama ini sayapernah bermasalah dengan raveloka, namun kali ini proses refund terjadi kendala yang disebabkan isu corona in,i traveloka tidak siap dengan update procedure refund untuk kasus forcemajeure. sehingga tidak sejalan dengan kebijakan baru yang sudah diterapkan oleh maskapai penerbangan. dan CS nya juga harusnya data berhati-hati menjawab atau menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan costumer.

  • 23 Maret 2020 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah nasib kalo beli lewat OTA, kalo ada masalah ya harus ikutin kebijakkan mereka, bukan maskapai. Unggul di promo-promo nya, tapi begitu ada masalah yang siap-siap aja deh..

  • 25 Maret 2020 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Halo..
    Saya juga mengalami hal yang sama.
    Saya juga memesan tiket Japan Airlines dari Jakarta – Tokyo (PP).
    Dan dari traveloka juga mengirim respon yang sama dimana tiket di refund hanya keberangkatan saja dan tidak full refund. Boleh saya tau bagaimana kelanjutan refund ny?

    • 25 Maret 2020 - (23:06 WIB)
      Permalink

      Saat ini saya masih menunggu proses refundnya, prosesnya kurang lebih memakan waktu 90 hari. apakah refund anda sudah selesai?

      • 26 Maret 2020 - (08:54 WIB)
        Permalink

        Sampai saat ini belum selesai ya? Namun apakah ada respon dari pihak traveloka mengenai apakah tiket PP bisa full refund?
        Kalau boleh tau, kapan ya rencana keberangkatan mba astrid?
        Dikarenakan kalau saya gak salah baca, tiket harus slesai proses refund sebelum 30 Juni 2020.

  • 26 Maret 2020 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Saya juga memiliki masalah dengan Pihak Traveloka utk penerbangan JKT-AMS-JKT dengan Booking ID: 536412218.
    Baru saja saya mendapat email tanggapan terkait status refund saya yang mana tanggapan tsb baru diberikan setelah tanggal keberangkatan pesawat. Pihak Traveloka membatalkan refund saya dengan alasan pengajuan refund harus dilakukan langsung kepada Pihak Maskapai dalam hal ini Etihad Airways.
    Saya sangat kesal sejadi-jadinya karena berdasarkan informasi dari Traveloka yang dimuat dalam website maupun sosial media resminya Traveloka menyatakan bahwa pengajuan refund dapat dilakukan melalui aplikasi traveloka. Hal tersebut diperkuat juga oleh Pihak Etihad melalui website resminya yang menyatakan bahwa pengajuan refund wajib diurus oleh Travel Agent apabila pembelian tiket dilakukan melalui Travel Agent tersebut.
    Hal tersebut membuat Pihak Traveloka menjadi tidak konsisten dan terkesan tidak mau bertanggungjawab untuk mengembalikan uang tiket tersebut yang seharusnya sudah menjadi hak saya karena pembatalan tersebut terjadi karena force majeure / corona outbreak.
    Kami menuntut pertanggungjawaban dari Pihak Traveloka!

    Berikut link dari website ETIHAD AIRLINES :
    https://www.etihad.com/en/manage/request-a-refund/travel-agent

    Berikut link dari website TRAVELOKA:
    https://www.traveloka.com/coronavirus-information

  • 30 Maret 2020 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Saya Memiliki Nomor pemesanan sebagai berikut :
    No. Pesanan 596868327 & No. Pesanan 603416619
    Rute CGK-NRT-CGK, untuk keberangkatan tgl 29 Februari 2020. Saya ajukan refund tgl 4 Maret setelah mendapatkan informasi dapat dilakukan refund full dari maskapai. pengejuan melalui aplikasi traveloka sudah berhasil diajukan.
    Saya diminta menunggu 14 hari kerja, kemudian saya followup melalui chat apps traveloka diminta menunggi 1×24 jam, esoknya saya followup lg diminta 3×24 jam, setelahnya saya followup kembali akhirnya diminta menunggu 90 hari.
    per hari ini saya telefon langsung ke pihak maskapai, informasinya belum ada pengajuan refund dari pihak traveloka…. mohon klarifikasi mengenai hal ini. saya ada record percakapan dengan pihak maskapainya.
    mohon ditindak lanjuti mengenai hal ini.

    Terima kasih.

  • 22 Juni 2020 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Sy beli di Travel Obxxx, uang tiket sdh masuk ke Travel tsb, sdh 2 minggu lebih sy blm terima uang tiket sy. prosedurnya berbelit2, sampe sy hrs mengemis2 pdhal itu uang sy yg shrsnya mrk balikin stlh terima dr airlines.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Traveloka Mempersulit Proses Refund Tiket Pesawat Japan Airlines

oleh astrid dibaca dalam: 1 min
11