Penagihan Pihak Kredit Pintar ke Rumah di Masa Pandemi Covid-19

Kepada Pihak Kredit Pintar dan OJK,

Saya pengguna aplikasi Kredit Pintar dengan nomor terdaftar 08129361****. Saya sudah lama menggunakan aplikasi ini dan tidak pernah telat membayar sebelumnya. Saya akan menceritakan kejadiannya di sini.

Pada bulan Februari saya meminjam uang di aplikasi Kredit Pintar sebesar Rp1.500.000 dan harus membayar Rp1.700.000 dengan jatuh tempo pada bulan April. Saya sudah mengusahakan mengumpulkan uang yang saya pakai saya berprofesi sebagai driver online. Pada bulan Maret pertengahan tepatnya Indonesia sudah adanya pandemi covid19 ini. Pemerintah sudah melakukan cara untuk menanggulangi seperti menutup kantor, sekolah, kampus, dll. Saya semakin sulit untuk mendapatkan uang tapi saya sudah mengumpulkan beberapa.

Setelah itu di bulan Maret ada kebijakan pemerintah untuk meringankan kredit pembayaran bank ataupun non bank sudah diterbitkan melalui OJK juga. Akhirnya saya mengajukan surat penangguhan ke Kredit Pintar, tetapi responnya hanya memutar-mutar saja menanyakan kendala dan nama. Padahal sebelumnya sudah saya kirim. karena sudah telat jatuh tempo. Pihak DC (debt collector) sudah menagih lewat telepon dan WA dan saya sudah membalasnya agar tidak dibilang tidak punya itikad baik. Setelah itu pihak DC tidak mau tahu alasan saya apa. Padahal OJK sudah membuat ketentuan, apakah pihak OJK tidak mengawasi? Apa Kredit Pintar ternyata tidak terdaftar?

Beberapa hari kemudian saya di WA kembali dan saya tetap membalas dengan menjelaskan sebenarnya. Tetapi pihak DC mengancam akan mengirim team lapangan. Saya sudah menjelaskan dan mengirim surat penangguhan ke email dan surat laporan ke OJK tidak ada respon sama sekali.

Lalu tanpa ada telepon dan WA untuk konfirmasi datang ke rumah, tiba-tiba pada Selasa 14 April 2020 pukul 14.30 pihak DC dari Kredit Pintar datang di masa PSBB. Padahal daerah rumah saya sudah ditutup aksesnya dan dia tetap memaksakan masuk ke daerah rumah saya. Ia menagih dan memaki-maki saya mempunyai hutang yang menumpuk padahal saya baru telat beberapa hari tetapi dia sudah datang ke rumah.

Apakah begitu cara kerjanya? Saya sudah membaca ketentuan dari OJK pihak DC datang itu setelah kreditur mempunyai tunggakan 90 hari dari jatuh tempo. Setelah ditanya dia hanya membawa berkas aplikasi dan ID card bikinan. Saya tanya sertifikat DC dia malah nanya balik apa itu sertifikat DC. Setelah perdebatan akhirnya saya bilang mau proses ini ke pihak berwajib karena DC ini memaki-maki dan datang ke rumah di masa PSBB, ini sudah melanggar aturan. Dia lalu kabur sambil bilang mau bawa teman-temannya ke sini setelah saya mau menelepon pihak berwajib.

Kepada OJK tolong diproses kasus Kredit Pintar ini agar tidak ada lagi kejadian seperti yang saya alami. Dan kepada Pihak Kredit Pintar mohon responnya, saya mempunyai semua buktinya mulai dari ss chat dan foto Debt Collector tersebut. Saya tidak akan upload foto dan buktinya di sini agar pihak Kredit Pintar merespon ini dengan baik. Kepada siapapun yang ingin meminjam uang di aplikasi online coba dipikirkan lagi terutama di Kredit Pintar.

Sonny Brahmantio Adji
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Bapak Sonny Brahmantio Adji

Kepada Yth. Bapak Sonny Brahmantio Adji, Menanggapi surat Bapak Sonny melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 15 April 2020 berjudul “Penagihan...
Baca Selengkapnya

137 komentar untuk “Penagihan Pihak Kredit Pintar ke Rumah di Masa Pandemi Covid-19

  • 16 April 2020 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Pinjol legal dan ilegal sama saja nagih2 terus disaat sedang masa krisis keuangan akibat dampak covid 19.. saya juga pernah ada yg dtg DC ke rmh dari Finmas,,Cuekin aja gk usah disuruh masuk lagi bahaya bnyk virus..lama2 jg pergi tuh si DC,gak usah takut..bro
    Sms disebar2 ke kontak hp..itu jg sudah pelanggaran berat buat si Apk Pinjol..liat aja nanti apa yg udah lo perbuat ke saya ..pasti ada balasannya..semoga pinjol2 segera dimusnahkan krn sudah bnyk yg terjerat dan bikin susah krn bunganya yg mencekik…
    Disaat pandemi covid begini masih ajaaa gk pada paham tuh si pinjol… udah dijelasin baik2 tetep maksa mulu nyuruh bayar..Ampuuun Tuhan..ini OJK gimana sih koq gak diberantas??

    • 16 April 2020 - (21:50 WIB)
      Permalink

      KREDIT PINTAR BEGITU EMANG suka semena mena mentang mentang udah OJK,, ga ada keringanan sedikit pun padahal lagi Pandemi Covid 19 dan wilayah saya udah masuk Zona merah masih aja dateng ,, apa itu salah satu peraturan OJK ?? Apa itu bukan termasuk pencemaran nama baik dateng ke rmh melibatkan RT dan RW ?? Semoga aplikasi nya cepet Bangkrut Parah nagih nya bawa RT dan RW kondisi kaya gini buat makam aja susah apa lg bayar hutang padahal ga Pernah telat sebelum nya baru kali ini telat karena kena PHK kantor.

      • 1 Mei 2020 - (22:44 WIB)
        Permalink

        Saya juga dapat WA bahkan diemail hari ini kalo besok akan ada DC yg dateng k rumah bersama RT setempat. Padahal saya biarpun ga bayar full tagihan tapi masih punya itikad baik buat membayar berapapun dengan kondisi kayak sekarang tadi pagi. Sorenya salah satu DC, ngirim email bakalan dateng bareng sama RT katanya.Dan udah dijelaskan juga gimana kondisi keuangan sekarang.

  • 16 April 2020 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Kalau aq lihat dan amati hampir 99% pemberi kredit online tak punya hati, tanpa toleransi tanpa pandang bulu yg penting dia kenyang, justru mereka bahagia jika kita tambah sengsara.

  • 16 April 2020 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Tangkap DC nya bro…
    Serahin ke yg berwajib, pada ga punya otak ga tau lagi pada kena musibah begini.

  • 16 April 2020 - (21:34 WIB)
    Permalink

    Negara aja masih memberi kebijakan untuk meringankan masyarakat…tapi sbgaian besar pinjol tutup mata dan arogan.
    Saatnya masyarakat yg mengalami serupa jgn segan2 untuk membantai perusahaan yg tdk menghargai keputusan pemerintah.
    Bantai DC yg arogan.
    Keluar dari Indonesia pinjol keparat

  • 16 April 2020 - (21:53 WIB)
    Permalink

    Jgn seperti itu harap mengerti semua org lagi susah ,, untuk OJK DAN Penegak hukum tolong lah jgn buta terhadap hukum ini ,, jgn tuli dengan suara kami.. kami hanya minta waktu dan tolong jangan lah melibatkan RT, RW, Keluarga atau Rekan kami dengan cara mendatangi RT / RW dan menghubungin kontak kami Menyadap hp kami.. tolong lah jgn seperti itu,, apa lg mendatangkan Debtcollector hanya membuat org tersebut malu dan mencemarkan nama baik

    • 18 April 2020 - (12:20 WIB)
      Permalink

      iya saya sangat sedih dengan cara penagihan sampai ke rumah,, padahal saya tidak lari atau tidak ada kabar,

  • 16 April 2020 - (22:25 WIB)
    Permalink

    coba diangkat di mata najwa, mungkin keluh kesah nasabah bisa didengar dimana fintech meneror disaat pandemi corona…yuk viralkan dimata najwa…

  • 16 April 2020 - (22:58 WIB)
    Permalink

    Jangan berharap sama OJK,hanya lembaga PHP..saya udah laporan ke ojk ttep aja jawabnya gak jelas..bikin group aja masalah pinjol ..saya juga dengan kredit pintar ,selama ini lancar begitu ada wabah tersendat ,masih aja di tlp,di wa,padahal udah ajukan via email penangguhan ,jawaban ny gak jelas ..
    Kalau ada group tolong invite 0878752025**

  • 16 April 2020 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Jgn cuma komen disini aja, percuma ga akan ada hasilnya. Mendingan ayoo kita viral kan di Twitter biar ada tanggapan dari pemerintah dan ojk.

      • 19 April 2020 - (09:23 WIB)
        Permalink

        Percuma Ada Wadah kya OJK jg.
        OJK IMPOTEN!!!
        Ngeluh gini gitu jg Tetap az No Respon. Sepertinya aSudah KENYANG Duluan.
        Yg ilegal pun Dengan Mudah nya bs berubah Menjadi Legal. Cb selidikin dlu,adakah keluhan dari konsumen.Sedangkan Cara” yg dilakukan Pinjol” pun masih Tetap Cara Yg ilegal. Baik masa jatuh tempo nya yg sebentar,bunga dan denda nya yg membengkak.Dan penagihan oleh debt collector yg Kasar kya preman.
        Coba sistem kerja nya lebih Baik lg,OJK!

  • 17 April 2020 - (10:51 WIB)
    Permalink

    Langsung buat laporan kepolisian aja, itu mah udah melanggar SOP, lagipula wilayah jabodetabek lagi PSBB mana boleh kyk gitu.

  • 17 April 2020 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Itu Ojk UDAH DI SOGOK DULUAN . Gua heran masih bnyak leasing dengan intimidasi dan menagih dengan cara kasar dan bunga yg gilaa. Atau dengan bunga yg gila sebagian untuk Ojk.
    Gua penasaran . Ojk tutup mata sama masalah sperti ini .saya mohon KPK coba selidiki dulu ni OJK. gk guna soalnya. Ekonomi terpuruk malah pinjol menghancurkan dengan bunga besar 15 hari coyy bunga 300k -400k hampir smua pinjol sperti itu . Tolong diselidiki masalah ini karna OJk pun ndak becus masalah pinjol

  • 18 April 2020 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Ssa juga mengalami hal yg sama.. saya di ancam mau datang ke rumah / kantor. padahal saya sudah koperatif mau mengangsur pinjaman saya karena saya habis kena jambret, motor, tas, hp dan surat berharga saya hilang, tapi oleh pihak penagih tidak diterima alasan saya. saya sudah menyerahkan bukti laporan terkait kejadian tersebut, tapi tidak ada tanggapan kemudian saya di WA bahwa jam 12 siang ini mau ke rumah/kantor, saya telat belum sampai 1 minggu.. dan baru kaliini telat dan saya tidak lari saya jelaskan saya mau keringanan dan akan mengangsur.. kenapa kredit pinter seperti itu ya.. padahal terdaftar di OJK

    • 26 April 2020 - (19:24 WIB)
      Permalink

      iya benar padahal saya juga waktu itu itikad baik mau angsur tapi pihak KPnya malah mengancam bukan solusi malah yang di dapatkan

  • 20 April 2020 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Iya sama saya juga mengalami teror bahkan pihak lapangan katanya mau dateng kerumah/ke kantor,padahal biasanya juga saya ngga pernah telat bayar,baru kali ini saya,saya bingung mau bayar sedangkan saya dirumahkan 1 bulan lebih,hampir 2 bulan ini,padahal saya punya itikad baik,minggu depan saya lunasin karna thr saya turun,tapi masih tetetp ngancem.saya bingung saya takut.kalo ada group Wa saya mau 0877888558**

  • 20 April 2020 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna aplikasi pinjol Rupiah Cepat.
    Di masa pandemi covid19 gini tega amat nuntut utang sih om? ga peduli kondisi orang lain? Buat mkan aj udah susah gda pemasukan gini…
    Kayaknya bukan lagi pake dept collector nagihnya ntar nih…
    barusan dapet sms ?

    “***** *****
    Ini kalo belum bayarkan juga tagihan di Rupiah Cepat, saya alokasiin aja data anda ke pihak berwenang.

    Rupiah Cepat”

    Saya sudah ss semua kata2 mereka buat bukti klau suatu saat di butuhin…Pak Jokowi dan Pak BOS OJK yg bijaksana, gimana nih? Kami rakyat kecil makin terpuruk nih…tolong donkkk

    • 26 April 2020 - (19:26 WIB)
      Permalink

      sama mas saya juga simpan SS penagih pinjaman online benar-benar OJK seperti hilang begitu saja.

  • 21 April 2020 - (01:05 WIB)
    Permalink

    coba kita lihat sehebat apa pemerintah dengan aturanya…
    jika ada yang nagih berani gak dia cabut izin usahanya kalo dicabut pasti pemerintah takut gak dapat pajak.

    saya sih pandang omongan pemerintah soal aturan kredit penagihan hanya cari sensasi saja buktinya pinjol bpr bank mega masih tuh nagih pake koleptor gak percaya lihat di lapangan dan datangi yg bersangkutan
    banyak masih tersedia loker penagihan ke konsumen.

  • 26 April 2020 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Dari dulu kedit pintar emang bgtu.
    Jgn percaya klu dia menjanga rahasia data kita. Omong kosong itu.
    Trdaftar ojk tp gak adatata krama nya. N cara nagihnya menelpon smw no kontak kita dengan cara menyadap nya. Itu melanggar aturan kan .

    Smw pinjaman ojol yg trdftar ojk smw sma ajh penagihannya kya yg ilegal . Semua ny sama .

    Mw trdaftar kek gak kek sama ajh ..

    • 27 April 2020 - (13:24 WIB)
      Permalink

      Mungkin ada yg minat dgn aplikasi yg bisa memblokir semua panggilan dan sms masuk (spam) saya jamin anda tdk akan terganggu lagi krn begitu ada panggilan masuk otomatis akan di reject noleh aplikasi ini. hanya utk memblokir no tsb harus di masukan secara manual dahulu dimana biarkan tlp yg masuk tsb ada di log panggilan lalu sari aplikasi tsb di centang..jadi utk panggilan berikut nya dgn no yg sm akan terblokir otomatis.. berapapun jumlah no tlp dari debt colector tsb bisa di tampung dan di blokir oleh aplikasi ini sehingga kegiatan online anda yg lain tdk terganggu krn adanya teror tlp secara terus menerus. bisa di uji coba utk mengetahui bahwa blokir tsb berhasil atau tdk dgn menghubungi pakai no anda yg lain.(tes)
      aplikasi ini saya jual 10 rb aja (Via ovo)..
      silahkan konfirmasi dahulu jika berminat.
      fack to spam and terror.

  • 2 Mei 2020 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Saya sdh kenyang di tlp setiap hari.. percuma berdebat dgn mereka tdk ada etika.. makanya saya blokir pakai aplikasi tlp blokir..wes aman ngak mengganggu kegiatan saya lain nya.. kalaupun dtg ke rmh mau nagih tinggal teriakin maling.. biar jadi viral sekalian..

    • 16 Januari 2021 - (23:53 WIB)
      Permalink

      Mdh2an sm aparat penegak hukum kita dibantu ya utk menyelesaikan dng pinjaman online ilegal. Aamiin

  • 24 November 2020 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Aku pun mengalami hal yg sama dan bingung hrs gmn.. aku baru telat 1 hari pinjem di kredit pintar tp di teror dgn dc dtg kermh ku hari ini juga… dimana angka kredit ku itu baik sebelumnya tidak pernah terlambat…. dc2 itu wa2 aku meneror dgn kata2 kasar,, gimana aku telat 1 minggu ???… tolong di respon dr pihak ojk atau apapun lah ttg keadaan ini… kami pun sbg peminjam tdk ingin terlambat pembyrannya… klo pun kami ada dana pastii lngsg dibyrkan.. dikira punya utang enak, tdk enak rasanya cm krn keadaan kami yg terpaksa meminjam dana spt ini ???…

  • 16 Januari 2021 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Selamat malam. Sy juga mengalami dari pinjaman online KSP sy baru telat bayar beberapa hari tp sdh bnyk ancaman2an mau sebar fitnah foto sy diedit2 sm dia pakai foto telanjang orng . Sy pdhl sdh jelaskan klw keadaan sy skrng keuangan nya sdng tdk baik Krn dampak covid dan PSBB sepi konsumen. Kalau bs di tindak lanjuti utk kasus2 pinjaman online yg ilegal. Trima ksh

    • 29 Maret 2021 - (16:23 WIB)
      Permalink

      Ancaman2 nya sudah discreenshot mbak? itu buat bukti-bukti, jika sudah ada semua segera melapor ke Kepolisian dinas Cyber Crime/Ditreskrim setempat.
      Itu sudah kriminal….
      Boleh dishare kekita Nama Pinjolnya?

  • 29 Maret 2021 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Saya meminjam uang d KP dan itu urgent pada masa pandemi covid . Krn saya butuh sekali . Saya pinjam 2,3 tetapi yg di transfer k rekening saya jumlahnya hanya 1,9 . Dan tagihan 3 bulan . Perbulan hrus membayar 927rb . Saya bingung ko ga ssuai sm apa yg kita pinjam . Bunga trllu besar . Saya baru telat 1 hr sudah ada yg wa saya tlp saya . Bahkan menanyakan saya ada d rmh atau tidak . Saya bingung blm ada uang untuk mmbayar . Saya jg merespon wa KP trsebut . Tetapi pihak Kp trsebut tdk mau tau

    • 29 Maret 2021 - (16:11 WIB)
      Permalink

      Hi Mbak,
      Laporkan ke Ditreskrim kepolisian saja,bisa online kok.
      KP itu sudah termasuk ilegal fintech yg sudah ada daftarnya di Satgas Waspada Investasi.
      Dan baru 1 hari terlambat,ancaman sudah seperti itu bisa dipidanakan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredit Pintar?

Ada 137 komentar sampai saat ini..

Penagihan Pihak Kredit Pintar ke Rumah di Masa Pandemi Covid-19

oleh Sonny dibaca dalam: 2 menit
137