Setelah 8 Tahun, Asuransi Primajaga 100 Saya Ditutup Sepihak dan Tidak Ada Investigasi dari Bank Danamon

Saya nasabah Danamon cabang Ahmad Yani Bandung. 8 tahun yang lalu saya ditawari produk tabungan pendidikan tetap oleh CS Danamon. Dengan menjelaskan bahawa produk tersebut merupakan produk unggulan asli dari Bank Danamon (bukan asuransi.). Setoran yang diwajibkan itu tetap dan CS bilang bukan premi. Akhirnya saya mengikuti produk tersebut karena percaya.

Pada tahun 2019, bulan September, saya melakukan setoran untuk 2 bulan selanjutnya. Ketika saya menanyakan ke CS cabang Riau, beliau tidak menjelaskan adanya kekurangan setoran, dana endapan dll. Setelah hari itu, saya sakit (bukti pendukung sudah disampaikan ke pihak Danamon) dan selama itu saya selalu berkomunikasi dengan staf Danamon. Beliau memberikan laporan tidak ada kendala.

Hingga akhirnya bukan Januari 2020 ketika saya setor, CS saat itu pun tidak memberikan keterangan ada masalah. Namun ketika saya meminta print out, CS tidak dapat memberikannya dan saya harus ke cabang pembuka. Ternyata saat itu saya tahu jika rekening Primajaga saya ditutup. Bagaimana ini terjadi? Saat hendak mengurus ke pusat masalah pemulihan, ternyata seluruh data saya mengenai Primajaga100 tidak dapat ditemukan di cabang!!

Saya pun melapor ke HelloDanamon melalui email, namun jawaban mereka sama sekali tidak menunjukkan rasa prihatin. Sisa 4 bulan masa pencairan, mereka sama sekali tidak ada investigasi dan bersikukuh karena gagal debet. Padahal, di buku rekening (saya sebagai orang bodoh hanya melihat nilai saldo yang tertera di buku tabungan), saya melihat saldo tsb cukup hingga Desember 2019.

Sangat disayangkan CS Danamon tidak menguasai product knowledge dan diduga hanya menjaring nasabah baru. Karena setelah ada masalah, mereka tidak ada niat membuat penelusuran. Hingga detik ini, tidak ada hasil dan seluruh laporan saya. Dana yang digadang gadang sebagai tabungan pendidikan yang dilindungi ternyata sangat merugikan. Mereka tutup hati. Masa depan anak masuk SMP tidak mampu membuat hati mereka tergerak. Sangat disayangkan, 8 tahun menabung, raib begitu saja karena saya sakit TBC dan tidak dapat keluar rumah karena dilarang oleh dokter.

Mereka semua hanya diduga mengambil keringat orang lain dengan cara perbankan. Yang sangat saya sesalkan, saya percaya atas laporan staf Danamon dari September – Desember 2019 bahwa Primajaga saya tidak ada kendala dan saldo cukup. Tapi ternyata, entah apa motivasi mereka.

Ini harus jadi catatan khusus bagi OJK, dan Badan Perlindungan Konsumen. Karena bukan hanya saya yang diduga menjadi korban Primajaga 100 ini.

Nurika Prativie
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 26/4/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Primajaga 100 Danamon:
[Total:61    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Bank Danamon atas Surat Ibu Nurika Prativie

Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Ibu Nurika Prativie melalui redaksi mediakonsumen.com pada tanggal 22 April 2020 dengan judul “Setelah...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Setelah 8 Tahun, Asuransi Primajaga 100 Saya Ditutup Sepihak dan Tidak Ada Investigasi dari Bank Danamon

  • 22 April 2020 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Waduh sy juga ikut primajaga 100 ini sdh 4 thn ini.. jd ngeri juga klo gtu duit jerih payah bertahun lenyap
    Tlg pihak bank danamon segera beri klarifikasi buat masalah ini biar kami para nasabah yg sdh ikut primajaga 100 tenang
    Dan kalau ada nasabah yg lain yg sdh ikut sampai batas waktu yg ditentukan boleh komennya apakah pencairan dana ny benar atau berbelit belit?

    • 23 April 2020 - (00:11 WIB)
      Permalink

      mba coba searching di media portal lainnya.. itu banyak banget keluhan yg sama.. !! kalo kasus saya parah, mba.. berkas saya ga ditemukan di bank pembuka.. dan saya udah 4 bulan lebih ngurusin ini ga kelar².. makanya saya maju ke OJK dan BPSK.. biar ada perhatian juga.. krna mereka menutup tanpa investigasi dan berdalih sudah sesuai aturan.. dan melihat kasus saya yg sakit smpe 6 bulan.. mereka tutup mata…

      • 6 Oktober 2021 - (07:37 WIB)
        Permalink

        Trus kelanjutannya gimana mba?
        Boleh tau,
        Saya juga ikut primajaga 100 yg 8 tahun, ketika 6 tahun saya mau mundur tapi gak bisa padahal katanya bila gak selesi masa kontrak 8 tahun,uang kembali 70 persen,tapi cs danamon bilang gak bisa,sudah dua tahun ini saya biarkan juga gak saya setor ,karena saya sudah gak punya penghasilan gak kerja,
        Karena saya hanya buruh migran,
        Bisa share ke saya cara ngurus nya mbak,
        300,000x 6 thn banyak banget buat saya😥

  • 22 April 2020 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Wah sy ikit dah th k 7 nih..bbrp kali kdg lupa setor utk di debit pernah dpt surat warning..kl ga d isi skrg duitnya ga bs d ambil. Sbnrnya udah males tp kdung 1 th lagi dana cair 14jt

    • 23 April 2020 - (00:08 WIB)
      Permalink

      hati² aza mba… krna mereka tanpa ampun…!! dan seolah ga punya hati.. pdhal dana tsb adalah tabungan pendidikan buat anak saya masuk smp tahun ini..

  • 23 April 2020 - (00:06 WIB)
    Permalink

    wah… masih untung dpt surat.. nah saya… bablas…!! padahal alamat masih sesuai KTP.. saya 4 bulan lagi cair.. pdahal karena saya sakit nie.. eh pas mau ngurusin pemulihan.. berkas saya hilang di cabang pembuka.. akhirnya ga bisa diurusin.. krna data saya hilang di kantor cabang tsb..

  • 3 Juli 2021 - (05:18 WIB)
    Permalink

    Ibu saya juga ikut premi asuransi pendidikan di bank Danamon dgn iming2 akan dapat uang rp.50.000.000 jika ibu saya membanyar rp. 100.000 tiap bulannya selama 8 tahun, ibu saya tertarik untuk ikut, dia bilang untuk adik saya kuliah, saat itu umur adik 8 tahun, setelah 8 tahun menunggu, adik saya pun sudah berumur 16 tahun, mereka bilang tunggu sebulan lagi supaya uang tersebut bisa cair, ternyata setelah uang cair, kami hanya dapat rp. 9.600.000, di buku rekening ibu saya, ibu saya tentu saja bingung, “katanya dapat uang rp. 50.000.000, kok cuma segini” kata ibu saya kepada pegawai bank Danamon, mereka bilang itu asuransi jiwa ibu, kalo ibu mau dapat uangnya, ibu itu MENINGGAL atau CACAT ibu bisa klaim uang dan penerima uang tersebut adalah adik saya sebagai ahli waris yang tertulis di sertifikat asuransi jiwa itu, menurut kalian gimana ny, itu penipuan atau HARAPAN PALSU 🤣

    • 21 Oktober 2021 - (18:45 WIB)
      Permalink

      terus gimana kak akhirnya bisa cair ga? saya juga ikut tabungan primajaga 100 skrng udah mau 2 tahun tp emg ragu bgt tiap mau bayar takutnya danamon bangkrut lah ini lah banyak bgt nethink nya.. apalagi 3 hari ini saya di telepon terus teller bank nya dengan menawarkan tabungan baru buat kematian yg perbulannya 450rb saya ngotot gamau karena saya sudah tidak kerja tapi teller nya terus-terusan telepon saya. menurut mbak saya mending stop bayar primajaga 100 apa lanjut mbak? saya jg takut

 Apa Komentar Anda mengenai Primajaga 100 Danamon?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Setelah 8 Tahun, Asuransi Primajaga 100 Saya Ditutup Sepihak dan Tidak…

oleh Nathaniel dibaca dalam: 2 menit
8