Tanggapan Traveloka untuk Ibu Fanny Azhariani Hermansyah

Kepada Yth
Ibu Fanny Azhariani Hermansyah,

Salam hangat dari Traveloka.

Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka dan kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu alami.

Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka oleh Ibu Fanny Azhariani Hermansyah yang telah terbit di MediaKonsumen.com pada 29 Mei 2020, dapat kami informasikan bahwa tim internal kami telah melakukan penelusuran lebih lanjut guna memahami kendala yang terjadi pada akun Traveloka PayLater milik Ibu Fanny.

Dari hasil penelusuran tersebut, kami menemukan bahwa terdapat indikasi upaya gesek tunai (gestun) yang terjadi pada akun Traveloka PayLater milik Ibu Fanny. Namun, dengan berat hati kami sampaikan bahwa Traveloka tidak dapat membatalkan transaksi di akun Traveloka PayLater milik Ibu Fanny sebab pemesanan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku, yang mana kami hanya memberikan informasi OTP kepada nomor ponsel yang terdaftar di akun Traveloka PayLater untuk memastikan keamanan tetap terjaga.

Adapun informasi serta kebijakan mengenai hal ini telah kami cantumkan pada Syarat & Ketentuan penggunaan Traveloka PayLater yang dapat diakses pada laman berikut https://www.traveloka.com/id-id/termsandcondition, khususnya pada pasal 9 nomor 9.4. Adapun informasi ini juga telah kami sampaikan dan diterima dengan baik oleh Ibu Fanny, beserta dengan informasi tagihan yang akan tetap dibayarkan oleh pengguna.

Traveloka memahami pentingnya keamanan dalam transaksi pembayaran. Kami juga berkomitmen untuk memberikan produk & layanan terbaik guna menghadirkan pengalaman pemesanan serta pembayaran yang aman dan nyaman. Tips keamanan dalam pembayaran dapat diakses di laman berikut https://www.traveloka.com/id-id/secure. Khusus untuk tips terkait praktik gestun ini dapat diakses pada tautan berikut https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/waspadai-dampak-negatif-dari-praktik-gesek-tunai/13126.

Kami senantiasa menganjurkan pengguna untuk tetap waspada terhadap praktik-praktik ilegal yang menyangkut transaksi pembayaran, jangan memberikan email, password maupun kode OTP akun Traveloka Anda kepada siapapun.

Apabila Ibu memiliki pertanyaan lainnya, silahkan menghubungi kami melalui menu My Inbox di aplikasi, lalu ke bagian Pesan dan memilih ikon ‘bubble chat’ yang terletak di kanan bawah layar untuk tanggapan yang lebih cepat.

Hormat kami,

Tim Traveloka PayLater

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan Traveloka:
[Total:8    Rata-Rata: 2.4/5]
Pembobolan Akun Traveloka Paylater

Hallo saya Fanny, Saya ingin mengeluhkan Traveloka Paylater saya yang sudah dibobol sekitar 2,5 juta. Kronologisnya, saat itu saya sedang...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “Tanggapan Traveloka untuk Ibu Fanny Azhariani Hermansyah

  • 31 Mei 2020 - (15:18 WIB)
    Permalink

    Maksudnya PayLater bisa Gestun itu apa yah? 🤔 Beneran gak aman kalo gak bisa disanggah transaksinya. 😈

    • 31 Mei 2020 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Kalau saya baca referensi yang diberikan, asumsinya konsumen dianggap pernah memberikan data2 akunnya ke pihak ketiga demi mendapatkan dana segar (yang dikatakan sebagai “gestun”).

      Benar gak nya, entah lah.

      • 31 Mei 2020 - (15:46 WIB)
        Permalink

        Ya kalo konsumennya jual voucher hotel ke orang lain, terus dia bersedia bayar cicilan PayLaternya harusnya sih gak masalah yah. Yang jadi masalah, ini konsumennya menyanggah transaksi tsb, terima OTP dan tiba2 ada tagihan tidak dikenal, terus ujung2nya dibilang gestun. Gak nyambung antara komplain dan tanggapannya.🤔

          • 31 Mei 2020 - (16:02 WIB)
            Permalink

            Lho katanya mbak udah dihubungi dan menerima penjelasan dengan baik?

          • 31 Mei 2020 - (21:08 WIB)
            Permalink

            Gugat perdata aja mbah fanny jika kalau anda merasa dirugikan krn tidak ad transaksi seperti yang disangkakan oleh pihak traveloka, sy siap.mendampingi jika kalau ingin di dampingi, hbgi no 0852918765**

          • 31 Mei 2020 - (21:28 WIB)
            Permalink

            Sebelum kejadian, apakah ibu Fanny pernah memberikan alamat Email beserta pasword akun paylater ibu pada seseorang? Atau mungkin ibu fanny sebelumnya pernah menerima SMS atau apapun itu dari seseorang yg tidak ibu kenal berupa Link alamat yg setelah ibu klik link tersebut lngsung menuju pada halaman masuk Traveloka ? Lalu pada tulisan ibu sy baca ibu menerima SMS dr Traveloka yg isinya berupa Kode Angka sbnyak 2x. Pertanyaan penting sy : Stelah ibu mnerima Kode Angka ini ( mnurut sy ini adalah Kode OTP ) apakah ibu ada seseorang yg menelpon ke ibu untuk menanyakan tentang Kode angka trsbt ?

          • 1 Juni 2020 - (05:57 WIB)
            Permalink

            Saya malah heran kok penipuan bisa untuk booking hotel, kuras isi rekening bank bahkan belanja online dg aman…sebab semua penipuan tersebut baik waktu booking hotel mesti ngisi data KTP (elektronik) , begitu jg buka rekening bank yg berarti mudah dilacak oleh polisi…tapi kok di sini yg kelihatan korban teriak teriak ditipu… polisi malah gak mau tahu

        • 31 Mei 2020 - (22:36 WIB)
          Permalink

          saya nyoba telfon ke traveloka selalu ‘saat ini permintaan blabla’ saya email jawabnya sama. bahwasannya saya haruskan membayar, untuk traveloka sendiri memang jawabannya sopan. hanya saja krn itu akun saya saya yg harus membayar. saya meminta agar diberi waktu saja utk pembayarannya tp tdk bisa. mau begimana lagi drpd ribet juga tapi gapapa di blockir jg sih travelokanya lebih aman dan gaakan pakai lagi

  • 31 Mei 2020 - (23:10 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya akun Traveloka Paylater termasuk aman. Hanya saja, kita sebagai pengguna harus waspada. Saat ini banyak orang yang menawarkan jasa gestun dan tidak sedikit pula dari mereka yang memanfaatkan untuk tindak kejahatan. Selama kita tidak pernah memberikan data ke mereka maka akun kita tetap aman. Saya pun tidak pernah menanggapi penawaran jasa gestun atau semacamnya (termasuk jasa pencairan dana oleh orang lain/pihak ketiga) karena mereka akan melakukan penipuan.

  • 4 Juni 2020 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Kepada Yth.,
    Ibu Fanny dan rekan-rekan di MediaKonsumen.com,

    Salam hangat dari Traveloka.

    Menanggapi beberapa pertanyaan dan komentar, dapat kami informasikan bahwa penelusuran kami menunjukkan adanya percobaan pencairan dana (atau yang lebih dikenal dengan gesek tunai) dari limit akun Traveloka PayLater milik Ibu Fanny sebagaimana diakui Ibu Fanny pada email kepada tim CS kami tertanggal 13 Mei 2020.

    Untuk itu, merujuk pada ketentuan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyatakan gesek tunai adalah tindakan ilegal, Traveloka tidak dapat bertanggung jawab perihal ini. Prosedur pemesanan hotel yang dimaksud juga sudah sesuai dengan yang berlaku, yang mana kami hanya memberikan informasi OTP kepada nomor ponsel pemilik akun Traveloka PayLater untuk memastikan keamanan tetap terjaga. Pihak ketiga tidak akan dapat melakukan transaksi tanpa mengetahui kode OTP yang kami kirimkan kepada nomor ponsel terdaftar. Adapun informasi ini juga telah kami sampaikan melalui email balasan kepada Ibu Fanny pada tanggal 13 Mei 2020.

    Kami juga senantiasa mengimbau kembali untuk para pengguna agar tetap waspada terhadap praktik-praktik ilegal yang menyangkut transaksi pembayaran, jangan memberikan email, password maupun kode OTP akun Traveloka Anda kepada siapapun.

    Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjadi pembelajaran bersama. Atas pengertian dari Ibu Fanny, kami ucapkan terima kasih.

    Salam,
    Tim Traveloka PayLater

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Traveloka?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Traveloka untuk Ibu Fanny Azhariani Hermansyah

oleh Traveloka Indonesia dibaca dalam: 1 min
11