5 Minggu Sertifikat Pelatihan Kartu Prakerja Masih 0. Tempo Institute, Tokopedia, Kartu Prakerja, Siapa Yang Bermasalah?

Saya adalah peserta Kartu Prakerja yang lolos dalam seleksi gelombang ke-2. Saya ingin mengeluh tentang masalah yang saya hadapi mengenai Kartu Prakerja. Kronologi:

Saya lolos dalam seleksi Kartu Prakerja gelombang ke-2 pada tanggal 27 April 2020. Kemudian saya mengambil pelatihan dan memilih kelas “TEKNIK MENULIS UNTUK PEMULA”, di Tempo Institute melalui Tokopedia pada tanggal 29 April 2020.

Saya menyelesaikan kelas yang terdiri dari 13 halaman pada tanggal 29 April dan mendapatkan sertifikat.

Pada tanggal 7 Mei saya mengecek kembali kelas yang saya ambil di Tempo Institute, karena sudah seminggu sertifikat saya masih belum muncul di dashboard akun Prakerja. Ternyata ada exam akhir yaitu halaman 14 yang baru muncul dan belum saya kerjakan.

Akhirnya saya menyelesaikan semua halaman dan sertifikat saya diperbarui pada tanggal 7 Mei dengan nilai A. Kemudian, saya memberi ulasan pada Tokopedia dan memberikan rating untuk Tempo Institute. Saya sudah mengerjakan semua sesuai dengan persyaratan.

Tanggal 8 Mei saya membuat keluhan di Tokopedia mengenai sertifikat saya, mereka mengatakan kalau sertifikat saya sedang diproses dan harus menunggu selama 7×24 jam untuk proses pengiriman sertifikat kepada pihak Kartu Prakerja. Tanggal 11 Mei Sertifikat saya masih 0. Saya kembali mengulang kelas di Tempo Institute dan memperbarui sertifikat menjadi tanggal 11 Mei.

Tanggal 12 Mei saya menerima telepon dari Tokopedia Care, mereka berdalih telah mengirimkan bukti sertifikat pelatihan saya pada pihak Kartu Prakerja dan meminta saya untuk menunggu.

Tanggal 15 Mei sertifikat saya masih saja 0, saya mencoba mengirim email pada Tempo Institute. Mereka mengklaim telah menyerahkan bukti sertifikat pelatihan pada pihak Tokopedia. Saat menghubungi Tokopedia Care, mereka lepas tangan dan menyuruh saya langsung menghubungi pihak Kartu Prakerja.

Saya kembali menghubungi pihak Prakerja via telepon di hari yang sama 15 Mei, mereka berdalih kalau Tokopedia belum mengirim bukti pada pihak Prakerja. Lalu lagi-lagi saya hanya disuruh menunggu tanpa kejelasan.

Hingga hari ini, 31 Mei 2020 sertifikat pelatihan saya di dashboard Akun Prakerja masih saja 0. Tiap kali menanyakan perihal sertfikat di akun Kartu Prakerja via Instagram, komentar saya selalu saja dihapus oleh admin Kartu Prakerja. Saya sudah tidak tahu lagi harus mengeluh dan bertanya pada siapa tentang masalah saya ini.


Masalah :

  • Sudah lebih dari sebulan sertifikat saya masih belum muncul di dashboard Akun Prakerja.
  • Komentar saya selalu dihapus admin Kartu Prakerja di Instagram.
  • Saya dilempar sana-sini tiap kali mengeluh pada Tempo Institute, Tokopedia, dan Kartu Prakerja.

Penyelesaian yang diharapkan :

  • Tempo Institute : harap kembali meneruskan sertifikat pelatihan saya pada pihak Tokopedia.
  • Tokopedia : tolonglah kirim kembali email sertifikat pelatihan saya kepada Kartu Prakerja, apa salahnya mengirim ulang bukti agar diproses kembali oleh team Prakerja.
  • Team Kartu Prakerja : saya mohon untuk mengupdate sertifikat saya. Jangan lagi menyuruh saya menunggu. Karena saya sudah menunggu selama sebulan untuk kemunculan sertifikat itu.

Saya sangat mengharapkan tanggapan dan penyelesaian masalah saya. Karena kalau keluhan saya disini pun tidak digubris oleh pihak yang terkait, lalu bagaimana nasib Kartu Prakerja saya?

Indah Rahmawati
Jakarta


Catatan redaksi (diperbarui 4/6/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

https://mediakonsumen.com/2020/06/04/surat-pembaca/sertifikat-pelatihan-sudah-di-update-terima-kasih-tokopedia-team-kartu-prakerja-dan-media-konsumen

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:5    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

19 komentar untuk “5 Minggu Sertifikat Pelatihan Kartu Prakerja Masih 0. Tempo Institute, Tokopedia, Kartu Prakerja, Siapa Yang Bermasalah?

  • 3 Juni 2020 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Sulit bin ribet sekali, begitu banyak pihak yang terlibat menyebabkan konsumen rawan mengalami kesulitan. & karena melewati banyak “tangan,” akhirnya juga susah mau cari “tangan” milik siapa yang kerjanya kurang beres.

    Tapi yang jelas, kalau ada admin/CS perusahaan pelayan publik yang hobinya menghapus ataupun memblokir konsumen yang bertanya/mengeluh, orang yang sedemikian tidak pantas menjadi CS.

    • 3 Juni 2020 - (15:00 WIB)
      Permalink

      @samuel wijaya : iya, rasanya sangat di persulit. komentar di hapus, bagaimana mau bertanya? nomer cs prakerja pun sekarang sudah tidak bisa di hubungi lagi. kalau seperti ini bagaimana mereka mau tahu keluhan orang. atau memang tidak mau tahu? entahlah.

  • 3 Juni 2020 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Sama jg..selesai 10/5 di kelas.com via tokopedia, sudah evaluasi dan review… nggk muncul2…tp jgn galau…nggk sendirian kok, mayoritas memang ky gini..parah memang

  • 3 Juni 2020 - (15:09 WIB)
    Permalink

    @ Martin Wibowo : Memang banyak sekali yang bermasalah dengan sertifikat pelatihan. sedikit khawatir.
    Kalau gelombang 4 dibuka maka beban pekerjaan team kartu prakerja bertambah banyak, masalah yang sudah lama ini akan semakin tertimbun masalah baru dan semakin terabaikan. rasanya kalau tetap diam dan menunggu, masalahnya tidak akan pernah diselesaikan oleh mereka.

  • 3 Juni 2020 - (16:08 WIB)
    Permalink

    kenapa prakerja ini
    ada apa dengan prakerja
    lebih bagus prakerja ini di tutup saja.
    1.sekian email yg saya kirim kan sama sekali tidak di balas sama cs
    2..setiap saya tlp..sibuk terus
    intinya…saya sudah 2x dapat sertifikat pelatihan,,tetapi insentif saya tidak di proses..saya mohon intansi terkait
    tolong bantu rakyat seperti saya ini..
    biar mana hak rakyat harap di proses..

  • 3 Juni 2020 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Masalah nya sama, saya gel. 2 pembelian pelatihan lewat tokopedia, info dari pelatihan sertifikat saya sudah di serahkan tgl 5 Mei ke tokopedia terus info dari tokopedia sudah meneruskan sertifikat ke tim prakerja tapi sampai sekarang masih 0 di dashboard prakerja semua prosedur sudah di ikuti. Kemaren sempat telpon CS prakerja malah di suruh konfirmasi balik ke tokopedia dan terakhir di suruh tunggu lagi 14 hari kerja. Padahal ini program pemerintah dan semi BLT harusnya cepat, tetepi pelayanan selalu lambat dan mengecewakan seperti tidak ada perencanaan yang matang baik dari sistem, SDM, dan aplikasi.

    Saya harap tokopedia selaku mitra resmi prakerja dapat memberikan respond cepat atas keluhan ini

    • 3 Juni 2020 - (21:11 WIB)
      Permalink

      @Alfian : Alhamdulilah permasalahan tentang Sertifikat Pelatihan saya sudah selesai. Akhirnya, Sertifikat saya muncul juga. Tokopedia merespond dengan sangat cepat keluhan saya.

    • 9 Juni 2020 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Saya jg sdh menyelesaikan pelatihan di skill academy tgl 10 mei pembelian melalui tokopedia tp sampe skrg blm masuk sertifikat di dashboard prakerja. Saya hubungi cs info nya pihak tokopedia blm meneruskan sertifikat ke prakerja. Tp pihak tokopedia tidak bs memberikan bukti atau tanggal pengiriman sertifikat ke prakerja. Saya merasa dilempar kesana kesini. Bener2 mengecewakan sekali.

  • 3 Juni 2020 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Materi pelatihannya tentang apa gan? Kalo harus keluar uang sendiri buat bayar pelatihan tsb layak gak?

  • 4 Juni 2020 - (09:37 WIB)
    Permalink

    @Donny G : Saya ambil kelas “Teknik Menulis”. Tentang teknik dasar menulis sebuah berita. Layak atau tidaknya pelatihan itu di beli? saya rasa tergantung sudut pandang masing-masing ya. Memang, materinya banyak di Youtube dan gratis pula. Cuma kalau menurut saya pelatihannya layak saya beli. Yang membedakan itu Atmosfernya, Saat mengikuti kelas seakan kita menjadi anak magang di Tempo Institute yang diberikan ilmu/dibimbing langsung oleh wartawan senior disana. Dan itu tidak sama seperti menonton konten di Youtube.

  • 9 Juni 2020 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Saya jg sdh menyelesaikan pelatihan di skill academy tgl 10 mei pembelian melalui tokopedia tp sampe skrg blm masuk sertifikat di dashboard prakerja. Saya hubungi cs info nya pihak tokopedia blm meneruskan sertifikat ke prakerja. Tp pihak tokopedia tidak bs memberikan bukti atau tanggal pengiriman sertifikat ke prakerja. Saya merasa dilempar kesana kesini. Bener2 mengecewakan sekali.

    • 13 Juni 2020 - (18:47 WIB)
      Permalink

      @covid pandemik : Memang mereka tidak bisa memberikan bukti itu, mungkin rahasia. Tapi mereka mau kok waktu saya minta kirim ulang buktinya ke pihak Prakerja. Bisa di coba

  • 12 Juni 2020 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Saya sudah menyelesaikan kelas d skill academy dan memperoleh sertifikat tgl 2 mei 2020 akan tetapi belum muncul di dasboard prakerja saya, artinya sudah satu bukan lebih belum ada prubahan status d dashboard prakerja saya. Saya melakukan pembelian lewat tokopedia dan mendapatkan kode voucher. Untuk melakukan pelatihan di skill academy.
    Dari pihak Skikm Academy sudah mengirimkan data pelatihan sudah selesai saya ke pihak Tokopedia. Hingga sekarang sertifikat saya masih 0 d dashboard kartu Prakerja saya.
    Mohon ada tindak lanjut dari Tokopedia

    • 12 Juni 2020 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Sama sy jg…, bingung kenapa sampai harus komplain ke media baru bisa ditanggapin,.. buat apa coba alamat email Customer Service prakerja, nggk pernah dibaca sm mereka. Coba tolong tim Prakerja dari pemerintah lebih profesional, kenapa orang sampai harus komplain ke media baru ditanggapin.

    • 12 Juni 2020 - (14:59 WIB)
      Permalink

      Balasan dari pihak tokopedia malah menanyakan ke pihak prakerja lagi…
      Dari prakerja mohon menunggu. Padahal sudah 7×24 jam.

      • 2 Juli 2020 - (03:49 WIB)
        Permalink

        Memang mengecewakan.. saya gelombang 2 belum menerima insentif sepersen pun.. harus nya di data prakerja yg belum menerima per gelombang itu di selesaikan dahulu dihub via Email atau Via telpn kendalanya dimana.. supaya pencairannya merata.. gak seperti ini jadi nambah masalah.. sekarang komplain juga percuma gak bakal ditanggepin. Buang Waktu..

    • 2 Juli 2020 - (03:43 WIB)
      Permalink

      Memang mengecewakan.. Gelombang 2 blm menerima insentif sepersen pun sama seperti diatas selalu lempar sana sini.. gak ada yg perlu diharapkan lagi. Buang waktu dan percuma..

  • 13 Juni 2020 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Jadwal Insentif saya tanggal 8 mei, Sampai hari ini belum cair juga. Ternyata, Bukan cuma Sertifikat yang bermasalah tapi pencairan dana Insentif juga. Saya sudah mengambil ancang-ancang. Kalau hari senin belum cair juga, Saya akan tulis keluhan lagi di media.😁😁😁

 Apa Komentar Anda?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

5 Minggu Sertifikat Pelatihan Kartu Prakerja Masih 0. Tempo Institute,…

oleh indah dibaca dalam: 2 min
19