Pemutusan Kontrak HCI karena Tunggakan Angsuran Selama 3 Bulan Lebih 18 Hari

Ibu saya bernama Lilih mempunyai pinjaman Multiguna di Home Credit Indonesia dengan nomor kontrak 3903226350. Ibu saya mengalami kesulitan pembayaran selama 3 bulan 18 hari dikarenakan terdampak pademi COVID-19 ini. Ibu saya tidak bisa mengajukan relaksasi pembayaran karena tidak memenuhi persyaratan.

Pada tanggal 19/07/2020,ibu saya menerima sms jika kontraknya diputus dan harus membayar sisa kontrak sebesar Rp.35.817.333. Ibu saya bingung dari mana kami mendapatkan uang sebesar itu. Dan pada tanggal 22/07/2020 ibu saya melakukan pembayaran Rp.3.500.000, minus Rp.400.000 dari yang harus dibayarkan untuk melunasi tunggakan selama 3 bulan 18 hari tersebut dengan harapan agar kontrak tidak diputus.

Saya sudah mengajukan masalah ini kepada care@homecredit.co.id tapi jawabannya ibu saya tidak memenuhi syarat.

Tolong ada yang bisa bantu saya dan ibu saya, bagaimana agar HCI membatalkan pemutusan kontrak. Saya mohon dengan sangat Home Credit Indonesia dapat memberi perhatian atas masalah ini.

Terima kasih

Masroyah
Kota Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:55    Rata-Rata: 2.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

57 komentar untuk “Pemutusan Kontrak HCI karena Tunggakan Angsuran Selama 3 Bulan Lebih 18 Hari

    • 27 Juli 2020 - (12:01 WIB)
      Permalink

      lha saya saat ini lagi dirawat karena hasil swab saya positif masih saja ditagih.. padahal sdh saya jelaskan kondisi saya.. bahkan saya suruh VC langsung biar tau keadaan saya dirawat..!!

      • 27 Juli 2020 - (19:18 WIB)
        Permalink

        lekas sembuh bos ..jgn stres pokoknya .fokus kesehatan .sementara cuekin aja dlu HCI.namti tinggal kasi surat keterangan covid 19 nya trus liat reaksi mereka ? kl msh nagih jg udh pasti keterlaluan bgt..perlu lapor OJK

  • 26 Juli 2020 - (20:07 WIB)
    Permalink

    saya juga ada kendala yg sama .terlambat 104 hari .saya sudah email berkali2 .saya terdampak ekonomi.bener2 habis .saya sudah liay persyaratannya .saya termasuk UMKM dan sudah tdk bekerja .tapi selalu dpt jawaban tdk sesuai persyaratan .aneh bgt menurut saya ..mau di ajukan ke.meja hijau ancamannya .penagihan via tlp yg berbeda2 setiap hari menelepon ke saya dan keluarha menambah stres dan beban .kalo ada jaminan apapun pasti akan saya serahkan .saya sudah memberikan keluhan dan selama ini sperti robot saja balasanya .mohon maaf dan mohon tunggu lalu tdk disetujui .berkali2 seperti itu .HCI tdk melihat langsung kondisi nasabah secara real .knp tdk survey saja ke rumah utk meliat langsung keadaan saya ? apa saya harus kena penyakit covid 19 dlu atau meninggal supaya diberi keringanan? no kontrak saya 4000156741.
    saya punya itikad baik dgn selalu mengangkat tlp penagihan walaupun suka bikin emosi cara mereka menagih.
    saya sudah berikan solusi utk menjual rumah saya dlu .silakan HCI perhatikan niat baik saya .sata bosan dan stres dgn penagihan kalian .kalian tdk memberikan solusi sesuai instruksi OJK ..mungkin kalian lebih suka kami MATI

    • 26 Juli 2020 - (20:30 WIB)
      Permalink

      Aduh teman..tidak usah takut yang namanya perbankan..apalgi takut dipenjara krna itu perdata..mnrt saya untk apa dibayar..saya menganggap hci iku ilegal kok..klu hci legal mrka akan mengikuti aturan ojk..stop byr..dan stop dicicil..byr klu ada uang cash dan minta byr pokoknya aja

      1
      1
      • 26 Juli 2020 - (21:00 WIB)
        Permalink

        Bapak/ibu noverdian,hutang hanya 19,5jt dan saya sudah melakukan pembayar 9,7jt terus di paksa harus bayar 31jt,astaga..tolong kasus ibu saya ini jadi perhatian untuk semua orang yg ingin mengajukan pinjaman online,big nonononono!!

        • 27 Juli 2020 - (06:42 WIB)
          Permalink

          Tidak usah takut ibu…sekalian aja nggak usah byr trs bilang aja saya akan tunggu surat dari pengadilan…krna hci sdh mengancam saya kemeja hijau….solusi saya coba ibu datang kekantor ojk atau kantor bank indonesia ditempt ibu tinggl.ceritakan cronologinya…dijamin diojk ibu byr pokoknya aja….saya jamin klu masyarakat pada melapor keojk atau kebank indonesia saya jamin hci akan kena teguran keras….krna melakukan denda 50persen sendiri…krna saudara2 jangan mau nyicil klu disuruh nyicil..byr cash pokoknya aja klu sdh ada uang…

          • 27 Juli 2020 - (07:05 WIB)
            Permalink

            Sayakan pinjam 19,5 jt,sudah dibayarkan 9,7 jt,jika saya bayar pokonya saja berapa ? 9,8 jt saja atau berapa ? Saya masih takut untuk mengajukan masalah ini ke ojk karena takut harus membayar sebesar 19,5/31jt itu,saya mohon penjelasannya lebih lanjut
            Terimakasih

        • 28 Juli 2020 - (06:32 WIB)
          Permalink

          Jangan takut atas apa yg hci lakukan…
          Kalo memang dia kekeh minta di bayarkan dengan angka 31jt, solusinya ke ojk minta di selesaikan baik² apa memang ke meja hijau, karena pada dasar nya kalo hci legal mau itu ada perjanjian kontrak di awal pasti mereka tau prosedur² nya, kita minta relaksasi aja ga bisa, mereka main nya bar² aja ketuk palu sendiri harus lunas sekian puluhan juta, bayar pokok nya saja 19jt dan angsuran yg sudah masuk anggap saja itu bunga

      • 27 Juli 2020 - (19:49 WIB)
        Permalink

        Kalo ga ngerti hukum pasti ketakutan pak, tp kalo sprti pak dan saya yg mengerti hukum ya tenang saja, malah bagus d bawa ke perdata jd d sana langsung kita bsa jelaskan semuanya d depan hakim dan kalo mmng bnr” tdk mampu bayar bsa d hapuskan, tanpa hrus pake pengacara

        • 27 Juli 2020 - (20:04 WIB)
          Permalink

          Yah,seperti itu kami sangat takut jika masalah ini di bawa keranah hukum dan jadi pidana,walapun saya tau mana mungkin perdata jadi pidana,tapi mereka perusahaan besar bisa jadi semua kemungkinan yang ditakutkan terjadi…terimakasih sebelumnya atas coment2 pencerahannya 🙏

    • 27 Juli 2020 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Bener gan…cara terbaik adalah biarkan saja stop pembayaran selama 6 bulan berutut2..alias nol rupiah..
      nanti bulan ke 7 ajukan ke kantor ybs..sanggup bayar setengah…Nanti angs jadi setengahnya.

      • 27 Juli 2020 - (19:54 WIB)
        Permalink

        Betul pak…tapi sayangnya kurangnya pengetauan dari masyrakat sehingga dimanfaatkan olh pegwai2 penagih yg tdk bertanggungjwb..pdhl saya mash inget klu mrka bilang knp kok nyicil hp dp dan cicilannya mhl banget krna mrka bilang pinjaman bpk ini sdh ada asurransinya.tapi bagi masyarkat yang tdk mengerti mrka sampai ketakutan…stop kita tdk usah takut yg namanya penagihan berbentuk perdata.

    • 27 Juli 2020 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Hci lg hci memang brengsek tuh apk dah rame2 datang k ojk atau k BI biar d boikot saya jug setujui tuh biar d blok bunga ky setan juga yg shabar yah temen2 yg punya tunggakn d hci saran saya dah lwan aj klu hci mu bw kita ke pengadilan tunggu aja

      • 27 Juli 2020 - (19:56 WIB)
        Permalink

        Setuju..jgn pernh takut.klu saudara punya utang dimanapun diperbankan klu tidak bisa bayar stop buat menyicil tapi langsng aja kekantornya buat negoisasi byr pokoknya aja..klu mrka ngotot nyuruh byr sama dendanya langsng datangi ojk byr diojk atau bank indonesia…

  • 26 Juli 2020 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Saudara klu diancam dibw kemeja hijau saudara bilang saya stop byr saya akan tunggu dipengadilan..jangan pwrnah takut klu emng nggak bisa bayar..

    • 27 Juli 2020 - (05:49 WIB)
      Permalink

      Mau tanya masalah kredivo..akun saya baru tethitung tanggal 9 july dan sy lancar dan pembayran..memang sy membayar seblm jatuh tempo niaty mau invest ambil cicilan di lazada dan buka lapak..ternyata ditolak dan..akun sy diblokir sementara…setelah saya telp cs nya..akun sy diblokir permanen..ya sudahlah..memang belum rezeki..tapi jujur kecewa

    • 27 Juli 2020 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Y kita pinjam 20 jt kita byr 20jtlah.tapi biasanya ada biaya penalti..klu disuruh byr denda kwterlambatan jgn mau..wong kita pinjam 19.8jt disuruh byr 31jt…

      • 27 Juli 2020 - (10:11 WIB)
        Permalink

        Kan sebelum pinjam.ada dokument yg ditanda tangani.nah sudah dibaca apa belum.kalau sudah baca pasti tau ada bunga,pinalti,dan denda kalau terlambat bayar,biasakan baca dulu,kalau tidak sesuai harapan jangan ditanda tangani.saran saya bayar dan minta keringanan.kalau bisa konsultasi dengan ojk.kalau kita macet maka nama kita akan masuk slikojk dan kemungkinan akan berhubungan dengan bank dalam hal kredit tidak akan bisa. Baik kredit rumah atau yg lainnya.

        • 27 Juli 2020 - (19:56 WIB)
          Permalink

          Makanya lebih baik d selesaikan d pengadilan, jd biar tau kalo hci itu nyekek nasabah, kalopun udh merah BI checking ya brrti udh saatnya ga boleh minjem uang d bank. Lagian skrng udh banyak orang dalam bsa bantu mslh BI checking apalagi kalo pake jaminan menggiurkan sprti tanah bangunan, bank pst akan nglakuin sgala cara biar lolos. Udh basi kalo hal d takut”in mslh Bi checking, apalagi hci itu non bank, paling bertahan lg bbrpa tahun doank

          • 27 Juli 2020 - (19:59 WIB)
            Permalink

            Betul sekali..ini saya mengalaminya sendiri..mtr saya tak suruh ambl leasing wong saya lunasin darpda saya jual mash byk klu lunasin utang plus bunganya..trs saya tanya keorng penariknya..pak klu saya pinjam lagi gmn…bisa pak gampang yg pentng dpnya digedein aja pasti diacc….

  • 26 Juli 2020 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Saya bingung apa yang mereka inginkan,saya sudah menjelaskan apa yg menjadi kesulitan padahal saya sudah membayar full untuk tagihan tersebut minus denda,karena masih menunggu keputusan dari hci membatalkan pemutusan kontrak atau tidak,jika saya terus2 harus membayar padahal hutang hanya 19,5 jt jadi 45jt lebih dan sisa 31jt lagi dari yg sudah di bayarkan tapi ujung2nya di pengadilan untuk apa,mending sekalian saja nanti biar pengadilan yang memutuskan.Saya sudah capek mereka menelepon tiap jam,membuat keluarga saya stress,

    • 27 Juli 2020 - (06:44 WIB)
      Permalink

      Iya ibu..ibu klu bisa coba kekantor ojk atau kekantor bank indonesia tanyakan permasalahan ibu….

      • 27 Juli 2020 - (07:32 WIB)
        Permalink

        Saya ada kasus byr kartu kredit..utang saya 10jt trs saya disuruh lunasin plus denda 14jt y saya nggak mau..saya bilang sama banknya saya byt 8jt cash pelunasan klu nggak mau saya tidak akan byr selamanya.saya ancam gt mbak.akhir kita kena 8.5jt dari utang 10jt..soalnya dalam bentuk perbankan manapun semua sudah diasuransikan..tapi mrka nakalan seolah2 tdk ada asuransi bg yg tdk tau

    • 27 Juli 2020 - (10:14 WIB)
      Permalink

      Konsultasikan ke ojk.kalau hanya mengeluh tidak ada solusi.harus berani .minta rincian hutang pada hci lalu sertakan pas konsultasi ke ojk.

      • 27 Juli 2020 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Klu emng bpk atau ibu mau niat melunasi keojk aja itu klu bpk dan ibu tdk dpt solusi dikantor hci…tapi klu dikantor hci sdh dpt solusinya nggk ush keojk lg…

    • 27 Juli 2020 - (10:16 WIB)
      Permalink

      Ya tidak bisa spt itu juga.mereka punya karyawan yg harus di gaji.makanya biasakan membaca dokumen sebelum tanda tangani perjanjian kredit.jangan tergiur uangnya lalu main tanda tangan.selama ada pembayaran itu termasuk perdata bukan pidana.jadi konsultasikan ke ojk

      • 27 Juli 2020 - (20:03 WIB)
        Permalink

        Tapi kadang karyawan marketing dengan karyawan dikantor ucapannya berbeda bro omongan hci…misal maslah asuransi kt marketing kita nyicilnya mhl dan dpnya gede krna ada asuransinya..tapi knp darinpihak kantor mash aja nagih…

  • 27 Juli 2020 - (01:25 WIB)
    Permalink

    Tidak usah takut mbak, ndak usah dipikir kasihan ibu3 sampeyan, nanti sakit malah berabe semua, Saya juga ada Pinjaman di HCI, 13juta sudah saya angsur 16X dengan tenor 34bulan, Saya juga diPHK dari kerjaaan saya karena Dampak Covid ini mbak, Silahkan dibawa diPengadilan mbak, la wong selama ini kita juga ndak pernah terlambat bayar, biarkan saja HCI nagih, nelpon cuekin saja, Yang penting jangan dipikirkan terlalu terhanyut malah kita nanti yang Sakit. BOIKOT HCI BARENG2 NDAK USAH TAKUT

    • 27 Juli 2020 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Saya juga punya pinjaman ke HCI, awal percakapan via telp nanti mudah jika mau dilunasi sekaligus, eh setelah 3 bulan susah sekali dihubungi, lewatvemail berkali2 juga ndak ada balasan..
      Bagaimana komitmen awal HCI dengan konsumen tidak ada yang dilakukan..

      Tks

    • 19 November 2020 - (05:56 WIB)
      Permalink

      Jgn diboikot bro, sy berterima kasih sama ha ce i, sejak pandemi bisa makan dengan uang utang ha ce ii, kemudian galbay deh. Ke pengadilan perdata? Monggo dah 😂

  • 27 Juli 2020 - (09:40 WIB)
    Permalink

    Jgn takut Bu saya juga ada pinjaman di hci sejak kovid 19 kerja libur jd saya gak bisa bayar angsuran udah email minta relaksasi tp gak di ACC telpon tagihan tiap hari tiap menit terus neror saya cuekin saja hci juga gak ada toleransi utang saya 8 jt udah bayar 12x sisa 6x angsuran saya itung2 pokoknya kurang 35k doang paling ntar saya bayar yg 35k saja biar pokoknya lunas mau ke pengadilan juga saya ikut hci juga gak tahu waktu neror terus ke keluarga juga bikin setres awalnya sekarang mah biasa aja

    • 27 Juli 2020 - (19:59 WIB)
      Permalink

      Iya jd malahan makin kebal, malah saya nunggu dc ke rumah kalo buat mslh tinggal rekam trus lapor polisi,

      • 27 Juli 2020 - (20:07 WIB)
        Permalink

        Betul.wong dc iku yg dtng muka2 serem kyk wong papua gt.tapi klu kita berani mrka takut.pasti klu kita tantang mrka langsng tlp temannya nghak tau iku beneran tlp temannya apa tdk..atau alasannya mrka tlp kantor hci tapi iku bnr apa tdk..pokoknya stop jgn melakukan pembayaran pelunasan kepda penagih atau dc…

  • 27 Juli 2020 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Ga usah di bayar sekalian…saya ajja udah nunggak 5bln dan di putus kontrak,dr pinjaman 40jt harus bayar 65jt….. sampai skrg saya ga bayar,, saya biarkan saya tunggu sampai ke pengadilan ajja…
    Jgn takut di penjara karena tidak ada hukum pidana yg ada perdata…jd jgn pernah takut sama hci.

    • 27 Juli 2020 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Nggak bakalam mrka bw kepengadilan..biaya pengadilannya brpa..blm riwa riwinya..krna sblm mrka kepengadilan mrka iku tiap hari sdh mengawasi kita dan semua bntk transaksi perbankan kita….jd mrka tau bnr apa tdk orng ini bnr2 nggak ada uang….krna saya berani bilang gini saya mengalaminya sendiri…

  • 27 Juli 2020 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Iya itu mungkin salah satu kesalahn saya dan ibu saya,ibu saya mendapat pinjaman itu ditawari oleh hci di telepon pagi,siang,malam supaya ibu saya mau mengambil tawarannya,karena kondisi keuangan kami sedang kacau yah terpaksa kami ambil,ibu saya hanya di jelaskan masalah denda jika terlambat,dan lamanya angsuran tidak ada pemberitahuan jika kamu menunggak lebih dari 90 hari maka akan di putus kontrak,itu yg saya permasalahkan setiap mereka menelpon untuk penagihan bahkan dc yg datang kerumahpun juga tidak menjelaskan masal itu,saya di beritahu setelah 18 hari keterlambatan bahwa merek memutus kontrak ibu saya,saya sudah berusaha menghubungi pihak hci dg berkirim e-mail jawabannya tetap sama,untuk masalah kenapa saya tidak melaporkan saja ke ojk,saya masih mengumpulkan rincian angsuran yg sudah di bayarkan

    • 27 Juli 2020 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Kalo dc dtng k rmh jgn lupa sambil rekam, kalo mreka ngancem langsung adukan k polsek terdekat
      Karna jika dc pengancaman apalagi d dalem rmh kita itu adalah pidana sdngkn mslh hutang piutang adalah perdata

    • 27 Juli 2020 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Maslh rincian lagsng aja dtng kekantor hci ataunlangsng keojk mrka pasti ada rincian pembayaran..setiap transaksi pembayaran kita sdh terdata diojk atau dibank indonesia itu klu legal y…

  • 28 Juli 2020 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Yang sabar ya bu,,jngn takut sama hci la indonesia aj hutang apalagi non bank g ad hukum pidana yg ad perdata bu,,klu mereka mu baw ke perdata hci itu bisa ngeularin duit bisa puluhan juta atau ratusan juta untuk bw ke pengadilan hutang nya cuma d bawh 50 jt bayar pengacar bisa lebih dr 50 g berani lh hci yg ad rugi hci mangka nya bwa santuy aj jngn terlalu d bw panik soal putus kontrak y dah lh berarti kita tidak boleh untuk meminjam lg semoga bermanfa,at 1 dr saya jngan takut semngat bu ya

  • 5 Agustus 2020 - (06:41 WIB)
    Permalink

    Ibu konsultasi aja sama satgas rentenir di IG.. Ada no wa atw datang langsung ke kantornya..
    Sy juga sama galbay HCI

  • 23 Oktober 2020 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Jangan minta relaksasi, saya pernah dpt relaksasi 3 bulan ternyata untuk relaksasi 3 bulan kita dikenakan beban bunga tambahan sebesar 1,5 juta…untuk pemutusan kontrak sepihak harusnya yg dibayarkan itu hanya sisa pokok hutang saja dan bulan kita nego bisa dpt diskon lagi….bila tidak kesepakatan kita bisa minta bantuan ojk. Atau kita diamkan saja sampai mereka menuntut kita secara perdata ini pun kecil kemungkinannya karena biaya yg akan mereka tanggung sangat besar tidak sebanding dengan nilai kredit kita

    • 30 Oktober 2020 - (11:16 WIB)
      Permalink

      mau nanya mas, misalkan saya waktu itu ada dapet pinjaman dana dari HCI sebesar 8.5 jt, cicilan 864.300 perbln selama 25x. saya sudah melakukan pembayaran sebanyak 12x. ditotal itu 12x 864.300 = 10.371.600. itu sudah melebihi pokok. dan sekarang saya sudah mau galbay 3 bln. Setiap hari saya ditelponin. saya sudah bilang akan bayar nanti kalo sudah ada uang cash, itu bagaimana ya ? harus saya bayar saja ato biarkan saja? karena sudah melebihi pokok 8.5 jt yang saya pinjam

      • 5 November 2020 - (19:10 WIB)
        Permalink

        Pinjam 8,5 juta bunganya 13 juta lebih berarti 160% bunganya untuk jk waktu 25 bulan wow……..Walaupun menurut hitungan kita sudah bayar lebih tapi kewajiban kita harus selesaikan sampai kontrak habis….tapi klu memang kita sudah gak sanggup lagi ya mau gimana lagi hadapi saja telp dr debt kolektor asal kita tahan kuping aja….tp kalo ada dana nego aja sama hci minta diskon sisa hutang pokok jadi hanya bayar pokoknya aja……klu ga ada dana ya biarin aja

        • 17 November 2020 - (13:56 WIB)
          Permalink

          iya. saya sih masi usahakan. tp sepertinya saya sudah putus kontrak. Jika saya dihubungin lagu saya akan nego untuk bayar pokoknya saja
          .

    • 19 November 2020 - (05:43 WIB)
      Permalink

      Terimakasih homecreditss, plexifas 40jt sudah cair. Bayar 2 cicilan.. Trus galbay. Saya Sangat berterimakasih sekali.. Karena buat makan diwaktu menganggur skrg ini…
      Saya siap klo ke meja pengadilan perdata, tinggal bilang mampunya byr Rp. 5000/ bulan 😂

  • 24 Oktober 2020 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga ngalamin kyak bapak/ibu alamin . Setiap hari saya ditlpn dari pagi sampe malem . Saya ngambil barang di hci cicilan 6bulan dan baru bayar 1bulan , karna saya dan suami saya diberhentikan kerja karna covid . Saya udah jelasin berkali kali kalo saya belum ada duit untuk bayar , tapi tiap ditlpn saya selalu diomongin kalo masalah ini mau dibawa kejalur hukum . Selama ini saya gak kabur , pihak hci tlpn selalu saya angkat dan saya jelasin , tapi mereka tetep kekeh harus bayar dalam waktu beberapa hari . Saya tkut , saya bingung harus cari kemana lagi

    • 5 November 2020 - (19:15 WIB)
      Permalink

      Untuk masalah perdata ga bisa dipidanakan, hadapi saja ikutin maunya mereka klu mereka mau laporkan tinggal jawab silahkan dilaporkan, ga usah takut…..klu memang sudah ga punya penghasilan ya cuekin aja yg penting kita tahan telinga aja karena para debt kolektor akan mempengaruhi kita secara psikologis dengan berbagai macam tekanan2…usahakan setiap mereka telp kita rekam, bila mereka mengancan berbicara kasar dll kita bisa laporkan ke polisi disertai dengan bukti percakapan kita dengan kolektor

 Apa Komentar Anda?

Ada 57 komentar sampai saat ini..

Pemutusan Kontrak HCI karena Tunggakan Angsuran Selama 3 Bulan Lebih 1…

oleh Mas dibaca dalam: 1 menit
57