DANA, Tolong Blokir Akun Penipu Ini!

Tanggal 24 Agustus 2020 saya melihat di grup FB ada orang yang menawarkan pembelian barang di Blibli.com dengan harga murah. Nama FB Yohannes Noruru ( https://m.facebook.com/yohannesgg ). Saya pun tertarik membeli barang di Blibli lewat perantara orang ini karena saya lihat banyak testimoni di postingannya. Saya juga bertanya ke orang yang pernah transaksi dengan penipu ini, terkait barang yang dibeli apakah sampai barangnya? Dia menjawab sudah dan mengirim foto hp-nya. Saya belum curiga kalau orang ini komplotan.

Tanggal 25 Agustus 2020 saya mulai kirim pesan dan berniat transaksi dengan penipu ini. Saya setuju melakukan pembelian barang senilai Rp700.000 dengan syarat DP dulu Rp400.000, sisanya jika barang sampai. Dan satu syarat lagi, sebelum transfer uang, penipu melakukan order terlebih dahulu sebelum saya mengirim uangnya.

Singkat cerita penipu ini mengirim screenshot transaksi di Blibli.com berhasil dan pesanan sedang diproses. Saya pun mengirim uang ke akun DANA penipu (085776560362) senilai Rp395.000. Jika barang sudah dikirim, saya mengirim sisa uangnya .

Setelah beberapa jam kemudian saya lihat di grup FB ada postingan yang menyatakan bahwa orang ini Yohannes Noruru ( https://m.facebook.com/yohannesgg ) melakukan penipuan dengan total kerugian Rp1.700.000 . Saya pun mulai curiga dan memutuskan untuk mengirim pesan kepada penjual di Blibli apakah ada pesanan dengan nomor order 12054451257 atas nama saya. Ternyata setelah dicek penjual, tidak ada.

Saya menyimpulkan penipu ini menggunakan teknik clone website Blibli.com semuanya dibuat mirip bahkan ada notifikasi email pemesanan produk.

Saya berharap agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Kepada DANA, tolong blokir akun penipu ini karena kemungkinan saldo belum ditarik ke rekening oleh pelaku. Dan untuk Blibi.com diharapkan meningkatkan pengamanan website-nya, agar tidak mudah di-clone.

Septiawan Dwi Wahyu Saputra
Tulungagung, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:7    Rata-Rata: 4.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “DANA, Tolong Blokir Akun Penipu Ini!

  • 27 Agustus 2020 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Tips belanja online: Jangan mudah tergiur dengan harga murah yg jauh di bawah harga pasaran dan jangan mau diajak bertransaksi di luar e-commerce terpercaya. Kalo masalah screenshot sih tinggal edit aja, gak perlu repot2 clone website.

  • 27 Agustus 2020 - (09:24 WIB)
    Permalink

    haha, cuma ketawa aja sih liat ini, pertama TS udah tergiur dengan harga murah dan tau ini ilegal karena pake CC cardingan. Kedua, TS juga tau resikonya makanya suruh orangnya belanja dulu baru bayar. Kemudian akhirnya ditipu ama oknumnya. Terus disini teriak2 minta tolong blokir nomor Dana. Ya buat pelajaran aja deh, mau beli gadget bagus ya kerja keras mas gan.

    • 27 Agustus 2020 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Pertama saya gk tau kalo orang ini menggunakan cara illegal . Setelah saya tanyakan admin blibli orderan memang ada tapi dinyatakan gagal karena tidak ada pembayaran . Jadi dari awal ini memang penipuan , pelaku tidak menggunakan cc illegal seperti yang anda bilang . Seperti nya pelaku memanipulasi gambar orderan (edit) dan membuat email palsu yang dibuat semirip mungkin .

      Yang kedua pelaku yang menyarankan order dulu baru bayar . Bukti https://drive.google.com/file/d/12aoybmBRLqvrrRRCFk0GUyykvVlaE2oh/view?usp=drivesdk

      Yang ketiga saya hanya ingin memberi tahu kepada yang lain agar tidak terjadi kejadian yang sama . Saya tidak mengharapkan dana kembali , saya hanya ingin dana membekukan akun pelaku karena setelah saya cek ada korban selain saya .

      1
      1
  • 27 Agustus 2020 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Hm, kenapa gak langsung beli ke beli2 aja, kenapa mesti pake makelar?
    Karena di beli2 harga 1,5 sementara di makelar cuma 700?
    Terus kepikir gak, lalu si makelar untungnya dari mana, kalau malah tekor 700 begitu?
    Di mana2 orang ambil untung pasti karena dia beli/kulak duluan misalnya ketika masa PO sehingga ada diskon, atau karena beli banyak/grosir sehingga dapat harga grosir.

    Soal makelarnya basa-basi nyuruh bayar di belakang, yah itu mah sekedar basa-basi.
    Akhirnya juga kalau gak ada transferan sama sekali, ya pasti dia langsung pindah ke lain hati nyari korban lain.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

DANA, Tolong Blokir Akun Penipu Ini!

oleh Wahyu Ziel dibaca dalam: 1 min
6