Tidak Merasa Menggunakan Pasca Bayar Indosat, tapi Dikirim Surat Peringatan Tagihan

Yth. Indosat Ooredoo,

Saya pelanggan pra bayar kartu Indosat sudah sejak bertahuntahun dan cukup kaget karena hari ini mendapat surat peringatan yang berisi tagihan pasca bayar pada nomor yang sama sekali tidak saya kenal. Namun anehnya nama dan alamatnya sama seperti yang ada di KTP saya.

Saya saat ini tinggal di kota Bogor, tapi KTP saya masih alamat orang tua saya di Malang. Jadinya saya cukup kaget lha wong itu bukan nomor saya kenapa dapat tagihan. Kebetulan yang terima ibu saya, dan ibu saya langsung menghubungi saya. Dibilang saya ada hutang sebesar Rp330 ribu.

Saya iseng, cek nomor tsb pada m-banking saya dan benar saja malah ada tagihan sebesar Rp500 ribu lebih dengan nama tertera adalah nama lengkap saya. Saya juga mikir, lah kok beda? Berarti ada selang pemakaian juga antara surat dikirim dan yang saya cek di mbanking. Sudah pasti sih saya tidak akan mau melunasinya, karena saya tidak merasa memakai sama sekali.

Saya langsung menelpon CS Indosat, menceritakan keluhan saya. Mereka bilang saya harus menunggu 1×24 jam karena mau dilakukan investigasi terlebih dahulu.

Karena saya cukup geram, saya mencoba mencari tahu di internet, lalu saya temukan banyak sekali keluhan terhadap Indosat mengenai tagihan “setan”. Saya sendiri dibuat bingung, rata-rata yang mengeluhkan adalah mereka yang pernah membeli HP dengan sistem bundling. Sedangkan saya sama sekali tidak pernah membeli HP bundling. Namun saya pernah punya pengalaman mengaktifkan kembali kartu saya yang hangus karena lupa isi pulsa.

Beberapa tahun lalu kartu saya hangus. Karena ini nomor yang sudah dikenal banyak orang, jadi saya berusaha mengurusnya. Awalnya saya memakai CS yang ada di dalam Cibinong City Mall di Bogor, tapi CS tsb menginfokan bahwa nomor saya ini tidak bs diselamatkan lagi.

Karena saya masih penasaran, jadi saya mencoba ke gerai yang lebih besar di kota Bogor. Ternyata CS di sana bilang nomer saya bisa diselamatkan asalkan saya ganti ke nomor pasca bayar selama 6 bulan. Akhirnya saya iya-kan menggunakan pasca bayar selama 6 bulan. Di bulan terakhir saya melunasi pembayaran, saya minta kartu saya dikembalikan saja ke pra bayar.

Lalu kembalilah lagi sampai sekarang saya menggunakan kartu pra bayar untuk nomer Indosat saya. Saya tidak tahu apakah karena saya pernah ganti ke pasca bayar menyebabkan terjadinya hal aneh-aneh sekarang ini atau karena penyebab yang lain.

Saya mohon sekali Indosat gerak cepat dengan masalah yang saya alami ini. Saya langsung bertindak membuat surat keluhan ini, karena saya sekarang berada jauh dari alamat asal saya. Saya tidak mau orang tua saya di Malang yang menerima surat-surat tagihan tsb, terlebih kalau sampai dari debt collector dan mengira saya punya hutang. Padahal jelas-jelas saya tidak pernah memakai nomor pasca bayar tsb. Sungguh memalukan, saya tidak pernah ada record sampai ditagih debt collector.

Pada saat saya menelpon nomer pasca bayar tsb, diberitahukan bahwa nomer sementara tidak bisa dihubungi. Saya sudah 2x bikin laporan ke CS, tapi jawabannya tidak memuaskan sama sekali. Hanya disuruh menunggu 1×24 jam.

Tolong lah Indosat jangan melunturkan kepercayaan kami sebagai pelanggan dengan menggunakan data kami secara tidak bertanggung jawab. Semoga surat keluhan saya ini bisa ditanggapi dan dapat diselesaikan dengan baik. Sekian.

Ernita Dian Puspasari
Kota Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:24    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Tidak Merasa Menggunakan Pasca Bayar Indosat, tapi Dikirim Surat Peringatan Tagihan

  • 11 November 2020 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Update terbaru, tadi pagi saya sudah di telpon oleh CS Jakarta, namun kasus saya masih belum menemukan titik terang. CS hanya meminta maaf atas ketidak nyamanan dan akan melakukan investigasi lebih lanjut terhadap kasus saya dan berjanji akan menghubungi secepatnya. Baiklah akan saya tunggu!

    • 11 November 2020 - (19:24 WIB)
      Permalink

      Pada saat masih pasca bayar , berapa nilai abonemen tiap bulan ?
      Sejak bulan berapa migrasi dari pascabayar menjadi prabayar ?

      • 11 November 2020 - (19:35 WIB)
        Permalink

        Sudah dipaketkan, selama 6 bulan. Sebulannya sekitar 101.000. Kalo tdk salah sejak Januari 2019.
        Tadi waktu ibu Tia dari Indosat menelpon dijelaskan bahwa nomer diaktifasi pada bulan Juli 2019.

        Saya teringat di bulan itu saya pergi ke Singapore dan berencana menggunakan paket roaming Indosat. Namun Krn nomer saya termasuk pasca bayar yang tagihannya flat jadi tdk bisa dipaketkan.

        Akhirnya saya ditawari oleh petugas di kantor Indosat untuk menggunakan nomer baru. Saya diberikan nomer baru yang sdh dipaketkan internet roaming. Tapi saya tdk ingat berapa nomer nya Krn hanya menggunakan paket datanya saja. Sampai Singapore kartu itu hanya bisa dipakai setengah hari, sisanya ngadat entah knp padahal kuotanya masih ada. Mungkin Krn sinyal. Lupa pastiny brp kuota yg diberikan. Akhirnya saya gak pakai kartu tsb dan sampai indo saya buang. Karena saat membeli petugas gerai waktu itu bilang kalau sdh tidak dipakai akan tidak aktif sendiri.

        Ternyata mungkin ini penyebab utama dari datangnya tagihan setan.

  • 11 November 2020 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Update paling baru lagi per hari ini pukul 6.59 pm WIB, saya sdh di telepon oleh pihak Indosat yang bernama Mbak Tia. Saya sudah menjelaskan kronologisnya dari A sampai Z. Tapi belum juga nemu titik terang. Hanya janji untuk investigasi dan akan dihubungi lagi maksimal sampai besok lusa. Akan tetap saya tunggu!

  • 12 November 2020 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Kalo saya kasusnya beda, mau ReplacementCard trus kata petugasnya kena biaya 150rb dan biaya akan diganti dengan paket data dengan kartu dan no berbeda, belakangan ternyata itu adalah pasca bayar, tanpa ada persetujuan apapun saya tiba-tiba didaftarkan ke pasca bayar, dan untuk stop pun harus tunggu 3bulan, dan kemarin baru bisa urus lagi untuk stop dan kena biaya 55rb padahal kartu 2bulan tidak dipake (setelah tahu klo itu pasca), alasannya sudah lewat tanggal, kasus dengan ini operator memang banyak makan korban, jadi mesti hati-hati dengan ini operator.

    • 12 November 2020 - (08:08 WIB)
      Permalink

      wah parah sih, hanya soal replacement card saja perlu membayar. udah gitu diganti lagi ke pasca bayar tanpa persetujuan. coba di up saja ke media Pak/Bu. Karena kalo urusan dengan CS tidak bersolusi sama sekali. mereka pasti akan bilang kalau sesuai data yang diperoleh. padahal bisa2nya saja. korban sudah banyak Pak/Bu. Saya kalau buka karena nomer indosat saya sudah link kemana2 gak akan mau berurusan dengan provider ini.

      • 17 Juni 2022 - (20:04 WIB)
        Permalink

        Saya juga termasuk yang pernah dpt surat dari debt collector Indosat. Mudah2an banyak org disini yg mikir 1000x sebelum ambil pascabayar indosat.
        Jd ceritanya sy beli hp bundling paskabayar, dan sy jalani kontrak 1 tahun. Setelah selesai masa kontrak itu sy datang ke konter Indosat di Atrium Senen krn kantor sy daerah sana jg. Sy minta tolong nomor sy ditutup krn sy sdh pakai provider lain. Sy sdh dapat surat penutupannya. Ini pertengahan tahun 2019.
        Setelah itu pandemi 2020 sehingga kantor tutup, mall tutup. Bulan mei 2020 tiba2 datang surat debt collector ke rumah ortu sy. Memang sy msh pakai alamat rumah ortu jd surat menyurat masih kesana. Sy difotokan ortu isi suratnya yg menyatakan sy ada hutang ke Indosat senilai 400rban (Sy lupa nilai pastinya) untuk abudemen 3 bulan. Jika sy tidak membayar sampai tgl sekian dibulan Mei itu, debt collector akan datang kerumah (rumah ortu).
        Saya marah,sy lalu telepon call center Indosat. Sy bilang sy sudah tutup nomor paska tersebut, kenapa bs muncul tagihan dan sampai melibatkan debt collector. Anehnya tagihan dari Indosat tidak pernah datang, tidak pernah ada bill selama 3 bulan td tiba2 bs datang surat debt collector. Kondisi pandemi sedang heboh, surat2 bukti penutupan jg ada dikantor yg sedang tutup. Sy bolak balik telp CS indosat katanya akan investigasi. Sy rekam pembicaraan dgn CS dan sy kirim rekaman ke debt collectornya, minta waktu utk investigasi dan utk ambil bukti krn kantor sy lg tutup. Tp org debt collectornya dgn santai bilang kl dia tetap akan datang ke rumah sesuai tanggal disurat. Dia hanya akan stop jika sy kirim bukti sdh bayar. WTF???
        Ya begitulah.singkat cerita,sy akhirnya terpaksa bayar krn dr telp CS tidak ada solusi. Sy menimbang ortu sy yg akan didatengi debt collector, lg baru pandemi, sy jg tidak bs berdebat krn bukti2 ada dikantor yg tutup. Mall atrium jg pasti tutup, jd sy ga bs ke konter indosatnya jg. Sy pikir anggep saja berkah utk indosat dan debt collectornya.
        Hanya disayangkan memang, reputasi sekelas Indosat lama2 pasti akan tercoreng krn hal2 spt ini pastinya bukan kejadian 1-2x. Seumur hidup sy dan keluarga sy tidak akan pernah pakai indosat lagi. Terima kasih

  • 12 November 2020 - (09:23 WIB)
    Permalink

    UPDATE INFO TERBARU PER HARI INI 12/11/2020 PUKUL 9.16 AM

    Barusan saya sudah dihubungi kembali oleh Mbak Tia dari indosat terkait tagihan gaib saya. Beliau menginfokan bahwa tagihan saya telah dikoreksi dan dikosongkan serta nomer atas nama saya telah di suspend. Saya juga telah mencoba di mbanking dengan memasukkan nomor tagihan gaib tsb dan Alhamdulillah sudah tidak ada tagihan.

    Setelah dilakukan investigasi ternyata data saya digunakan untuk bundling pembelian HP OPPO di counter Erafone. Saya memang membeli HP tersebut di tahun 2019 sekitar bulan Agustus namun saya tidak merasa pernah mau membeli nomor indosat bundling atau diberi nomor indosat secara cuma2.

    Melalui kejadian ini saya memberikan kritik dan saran terhadap indosat melalui mbak Tia, karena sudah banyak sekali kasus bundling ini bahkan yang berakhir membayar pada sesuatu yang sama sekali tidak pernah dinikmati. Semoga kedepannya indosat bisa lebih berbenah.

    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada Media Konsumen yang telah memberikan wadah untuk keluhan saya. Dan tak lupa terima kasih pada respon indosat melalui Mbak Tia, walau saya harus lelah mengejar2 mereka lewat cs twitter, 185, dan email.

    Salam,
    Ernita Dian Puspasari

    • 4 Mei 2021 - (15:58 WIB)
      Permalink

      Boleh tau kak hubungi cs nya via apa ? Soalnya saya punya kejadian serupa, tapi gak punya nomor indosat utk telepon cs nya

  • 5 Mei 2021 - (13:45 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin dapat surat tagihan dari indosat padahal saya tidak pernah pakai indosat, dan anehnya data saya sesuai sama yg daftar. tapi dari dulu, untuk beli indosat aja tidak pernah. giliran nelfon CS disuruh nunggu 3×24 jam, eh deb colectornya ngotot bahkan nanya bukti nya apa kalau dari Indosat. Kalau begini saya bawa ke ranah hukum soal indosat. Karna udh pencemaran nama baik. Nggak pernah pakai tapi tiba2 ditagih.

  • 8 September 2021 - (22:40 WIB)
    Permalink

    Ia saya kejadian sama persis kok tiba tiba ada surat peringatan, itu saja sifatnya sudah mengancam nasabah, Indosat harusnya tau mengenai hukum banyak yang tertipu mungkin kalau tidak up ke media pihak Indosat tidak akan jera memainkan hal seperti ini, saya ditagih 3 bulan 440rb padahal tidak memakai kartu tsb aneh

  • 5 Oktober 2021 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Sama…cm blm sampe ada penagihan. Cm no pascabayar saya d suspend (3 Oktober 2021) karena ada tunggakan tagihan no yg bukan no saya. Padahal no pascabayar saya sudah dibayarkan. Penjelasan pihak Indosat ada kesalahan data nama hampir sama no KTP beda. Bener-bener ga masuk akal. Setelah 2 kali tlp CS Indosat Jakarta n kali kantor Indosat semarang 1 baru bs d pake setelah 3hr suspend. Dan tidak menjelaskan kenapa ada tagihan no lain dengan nama saya. CS juga bilang ada beli HP bundling kartu Indosat di 2019. Padahal d tahun itu saya tidak membeli HP. Sangat… Sangat….sangat mencurigakan. Dan setelah saya searching d google ternyata jg banyak org yg mengalami kejadian yg sama

  • 18 Desember 2021 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Ini saya surat baru datang kerumah, mau saya tunggu kedatangan debcolnya. Mau saya ….

  • 17 Juni 2022 - (19:18 WIB)
    Permalink

    Indosat sampai ada surat tagihan fisik nya segala? Helowwww sekelas telkomsel dan XL Axiata aja tidak sampai segitunya..saya tidak bayar tagihan telkomsel halo sudah 3 tahun jumlahnya 330.000 dan jelang 3thn tsb saya pasang baru lagi utk kartu halo,tapi alhmdulilah lolos verifikasi dan tidak disuruh bayar tagihan sebelumnya. Lah ini indosat ko kaya gini ya heheeee

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Tidak Merasa Menggunakan Pasca Bayar Indosat, tapi Dikirim Surat Perin…

oleh ernita dibaca dalam: 2 menit
14