Sulitnya Meminta Restrukturisasi Pelunasan Sisa Hutang Pokok Home Credit Indonesia

Saya Mariyani. Pada tahun 2019 saya meminjam dana Multiguna di Home Credit Indonesia dengan nomor kontrak: 3901506***  dan nomor handphone terdaftar: 0877740835** sebesar Rp20 juta dan yang masuk ke rekening setelah dipotong biaya admin menjadi Rp18 juta sekian.

Saya sudah melakukan cicilan sebanyak 9x sebesar Rp1.072.000, sampai akhirnya di bulan Januari 2020 saya tidak bisa lagi membayar angsuran, karena sudah tidak bekerja.

Singkat cerita, pada tanggal 11 November 2020 pukul 20.30, kolektor datang malam-malam menagih tagihan saya sebesar Rp18 juta. Padahal seharusnya sisa hutang pokok saya sebesar 9 jutaan lagi. Meminta keringanan pun sulit, padahal saya niat membayar sisa hutang pokok walaupun dengan mencicil.

Saya kecewa, mengingat bunga Home Credit 100% dan menagih pun tidak tahu waktu, baik yang menelpon ataupun yang datang. Jam ibadah sholat juga tetap menelepon. Amat sangat tidak beretika.

Mariyani
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:257    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Mariyani

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Mariyani di MediaKonsumen.com pada 16 November 2020 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Sulitnya Meminta Restrukturisasi Pelunasan Sisa Hutang Pokok Home Credit Indonesia

    • 16 November 2020 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Bagi orang normal dan dalam keadaan sadar tidak akan hutang ke rentenir pinjol. Begitu juga bagi orang normal seperti saya dan saudara @muhammad pasti menyarankan kalau bisa jangan hutang ke pinjol krn bunganya mencekik. Jangan girang meski tanpa agunan bisa utang.

      17
      4
    • 16 November 2020 - (11:20 WIB)
      Permalink

      @Rihatib

      Semua orang pasti tidak habis pikir, Kenapa bunga HCI sangat tinggi.?

      Saya pun tidak tahu jawabannya. Sungguh saya tidak tahu dan saya juga tidak habis pikir.

      Ketika saya serching,

      [____Home Credit Indonesia memiliki pembiayaan multiguna yang akan memenuhi kebutuhanmu untuk berbagai keperluan seperti renovasi rumah, pengisian perabot rumah tanggal, biaya sekolah, liburan atau perjalanan, biaya kesehatan, acara special dan masih banyak lagi___]

      Apakah renovasi rumah, pengisian perabot rumah tanggal, biaya sekolah, liburan atau perjalanan, biaya kesehatan, acara special bisa sangat menguntungkan bagi nasabah.?

      Apakah semua itu bisa dapat untung hingga 2x lipat.?

      1. Renovasi rumah, rumah jadi bagus, trus dapet duitnya dimana.? Apakah rumah yang direnovasi itu disarankan harus kemudian dijual. Biar untung 2x lipat.

      2. Pengisian perabot, perabot jadi komplit. Trus dapet duit darimana.? Perabot masak biar buka restaurant gitu.? Atau perabot kamar mandi, biar buka usaha sewa kamar mandi.? Biar untung 2x lipat.

      3. Biaya sekolah. Pinjam 25 juta apakah bisa sampai lulus sekolah dan kerja.?

      4. Biaya kesehatan. Apakah ketika sudah sehat dengan sendirinya rejeki akan bertambah 2x lipat.?

      5. Liburan.? Malah duit habis percuma

      6. Acara spesial.? Apa acara spesial yang di rayakan dengan duit hutang.? Kalau ngadain acara pakai duit hutang ya sama aja acara dadakan bukan spesial. Mendadak ada acara jadinya mendadak hutang.

      Kalau acara spesial beda lagi. Seperti pernikahan, atau khitanan anak. Itu acara spesial yang sudah lama ditunggu seharusnya sudah lama juga dana dipersiapkan untuk itu. Bukan pakai dana hutang. Ini bisa juga balik modal jika tamu acara di wajibkan membawa amplop dan diberi tarif minimal amplop 200 ribu.

      Trus, saat Pembayaran sisa 1 cicilan lagi. HCI akan menagih dan melihat Kwitansi penggunaan Dana yang telah anda pakai.

      Anda meminjam Dana 25 juta, anda pakai untuk apa.? Anda harus membuktikannya dengan mengirim Kwitansi penggunaan Dana itu.

      Jika anda ketahuan, menggunakan dana tidak sesuai dengan kegunaan diatas itu (Dana tidak anda gunakan untuk renov rumah, biaya kesehatan, dan sejenisnya), seperti dalam kasus ini,

      https://mediakonsumen.com/2020/10/31/surat-pembaca/angsuran-terakhir-home-credit-indonesia-nominalnya-tak-wajar

      Maka anda akan dikenakan denda 1x cicilan lagi. Jika angsuran perbulan 1,9 juta, maka diangsuran terakhir itu anda tidak bisa bayar 1,9 juta, tapi 1,9 x 2 yang artinya anda wajib membayar 3,8 juta. Sungguh kekejaman yang Hakiki.

      Lalu kenapa HCI mematok biaya lagi jika anda ketahuan seperti itu.?

      Saya pun tidak tahu jawabannya. Sungguh saya tidak tahu dan saya juga tidak habis pikir.

      Intermezzo saja.
      HCI kemungkinan curiga, dana itu kalian pakai bukan untuk kebutuhan anda. Melainkan kalian gunakan lagi untuk buka usaha Rentenir keliling. Kalian menjadi Rentenir kecil kecilan. Kalian meminjam di HCI 25 juta. Anda keliling kampung menawarkan pinjaman ke orang lain dikampung anda, dengan bunga 3x lipat. Orang yang pinjam 5 juta disuruh bayar 15 juta. HCI menganggap kalian untung banyak. Hingga HCI mematok biaya lagi.

      Intinya, Semua orang pasti tidak habis pikir, Kenapa bunga HCI sangat tinggi.

      19
      3
      • 16 November 2020 - (15:16 WIB)
        Permalink

        Mereka itu cuma menjalankan tugasnya, jangankan yg 18 juta, pinjol online yang 300 ribu ditagihnya/ditelpon tiap hari, macam utang ratusan juga. Tapi karena kita yang salah tidak membayar, yah wajib nerima konsenkuensinya

        5
        4
    • 16 November 2020 - (16:55 WIB)
      Permalink

      Untung saya tidak jadi pinjem di home ceredit
      Semoga kesulitan ibu segera ada jalan yg baik

  • 16 November 2020 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Harga hp cashnya 1,6jt, kalo pake hci memang keliatan cicilan rendah / enteng. Dp 200rb cicilan 250rb/bln selama setahun. Kalo di total 2 kali lipet bos 😂😂😂 terus lo butuh duit hp nya mau lu jual pas laku lu bisa itung rugi 3 kali lipet 😂😂😂

    11
  • 16 November 2020 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Sama saya jg pinjman pokok 10.500000 sudah saya angsur 23x dari 39 bulan @535000 sya mengajukan pelunasan lebih awal dgn toleransi krn saya kesulitan ekonomi gt dipersulit malah skr saya biarin tdk saya bayar sudah 3 bln

    • 16 November 2020 - (18:20 WIB)
      Permalink

      “malah skr saya biarin tdk saya bayar sudah 3 bln”

      Ini juga ga bener lah apa pun alasan nya. Masa utang ga bayar. Nanti kalo dikejar2 sam DC jangan ngadu disini yah.

      • 5 Desember 2020 - (23:05 WIB)
        Permalink

        Firman: maksudnya sengaja gak dibayar biar bisa dapet keringanan buat pelunasan. Jadi bayar pokoknya aja gak pake bunga. Gituuuu.. tapinya harus kuat diteror dc
        malah di tempat lain ada yg harus 6 bulan dulu dibikin macet biar dapet keringanan. Bukan gak mau bayar, masih mau bayar kok tp pokoknya aja gk pake bunga

  • 16 November 2020 - (16:06 WIB)
    Permalink

    Mari sama sama bangkrutkan rentenir pinjol yang berlindung di aturan pemerintah, dengan jangan pernah meminjamnya sekepepet apapun.

    12
  • 16 November 2020 - (18:30 WIB)
    Permalink

    sya juga sama bgtu,,,mending ga usah di bayar,klo ga bsa bayar pokok,,org ada itikad baik mau pelunasan,msh mnding pihak HCI d balikin duitnya,dr pada kaga dibayar seharusnya mengerti dengan keadaan pandemi seperti ini,dmna mana klo resmi itu ada kebijakan kya bank bank lain, mau namanya jelek di BI checking ga msalah dh resiko debitur.kya ilegal ga jelas home mah ga punya hati org orgnya banyak yg kecewa para nasabah home credit indonesia.

    • 16 November 2020 - (18:38 WIB)
      Permalink

      Iya betul bu
      Padahal sebelum pandemi
      Pembayaran saya selalu tepat waktu
      Saya juga sadar hutang, makanya saya mau bayar sisa pokok hutang saya.
      Pertama di tagih di nominal 30 juta
      Kemarin terakhir 18 juta
      Itu sama saja hutang pokok saya tidak berkurang , padahal saya sudah cicil 9x 1.072.000

      Saya sudah pusing
      Ga mikir nama jelek d BI

  • 17 November 2020 - (00:33 WIB)
    Permalink

    Semoga permasalahan ibu cepat selesai. Dan tekad utk tdk meminjam lagi di HCI yg jelas2 drakula penghisap darah. Saatnya bangkrutkan HCI……!!!!!

    • 17 November 2020 - (04:41 WIB)
      Permalink

      Terima kasih ka..

      Saya sudah tidak mau berurusan lagi denhan RIBA..
      Cukup ini jadi pelajaran untuk saya.

      • 17 November 2020 - (06:13 WIB)
        Permalink

        Kalau ingin membangkrutkan HCI,coba bersama-sama beri comment bintang 1 saja di aplikasi play store HCI,,,agar orang yg akan pinjam membacanya,sehingga mereka akan berfikir 1000X kalau akan melakukan pinjaman di HCI (sebab mereka sdh membaca pelbagai permasalahan yg akan timbul di kemudian hari).

    • 17 November 2020 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Coba nonton chanel youtubenya secret financial. Semoga menjawab keluh kesah yg ibu hadapi
      semua pinjaman dibahas disitu, mulai dr hci sampai kur bri
      Saya jg sering nonton jd tau hrs melakukan apa.

  • 17 November 2020 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Asli rentenir. Hutang sudah di stop karna dampak pandemi, udah di rekstrurisasi tp dalam rentang rekstrurisasi itu home credit meminta bunga. Saya pernah bilang akan laporkan ke OJK tp home credit bilang tidak ada hubungan sama OJk.
    Padahal udah jelas2 di website mereka ada Tulisan OJK di sisi bawah.

    Dear OJK tolong di awasi usaha home kredit ini yg mencekik masyarakat

  • 17 November 2020 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Datangi aja HCI nya di kantornya. Sisa berapa dan apa aja syarat buat ngelunasinnya. Pasti ada jalan lah kalo emang kita mau. Kalo bicara sama DC nya sampe lumutan juga gak bakal di ACC Soalnya kan mereka di target biar nasabah bayar sebanyak banyaknya.

    • 17 November 2020 - (17:51 WIB)
      Permalink

      Kalau sudah berhasil nego dengan hci saya ga share d sini mba.
      Sudah ke kantornya, tp di tolak
      Harus bayar bersama bunga+denda

      • 18 Januari 2021 - (09:16 WIB)
        Permalink

        Gmna Bu Yani apakah sekarang sudah bisa di acc rekronstruksi nya? Saya juga rencana mau lunasin awal eh malah ga sesuai perhitungan bunganya 200% amit2

  • 10 Januari 2021 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Parah memang hci skr, mengecewakan bnyk nasabah. Bnyk penawaran php dr hci, sdh isi ini itu..ujung2nya gk lolos, stlh ituu buanyak skali penawaran2 pinjaman entah darimana itu…

  • 18 Januari 2021 - (09:15 WIB)
    Permalink

    Gmna Bu apakah sekarang sudah bisa di acc rekronstruksi nya? Saya juga rencana mau lunasin awal eh malah ga sesuai perhitungan bunganya 200% amit2

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Meminta Restrukturisasi Pelunasan Sisa Hutang Pokok Home Cred…

oleh Yanni dibaca dalam: 1 menit
27