Kartu Kredit CIMB Niaga yang Disetujui Tidak Sesuai dengan Permintaan Nasabah

Kepada Yth Media Konsumen & Bank CIMB Niaga.

saya adalah nasabah Bank CIMB Niaga baik tabungan & Kartu Kredit. Awal mula saya kenal dengan Kartu Kredit CIMB Niaga karena ditawari oleh pihak telemarketing Bank CIMB Niaga setelah Pembukaan tabungan dan deposito/istilahnya bundling (tahun 2016-2017 yang lalu). Sedangkan kartu kreditnya sdh berjalan 2 th lebih. Nomor kartu kredit saya: 5336 19** **** 5905 (jenis Mastercard Syariah) & 4579 41** **** 0649 (jenis WAVE & GO Visa stiker).

Selama pemakaian yang sering saya gunakan untuk transaksi yang jenisnya mastercard syariah. karena yang jenis visa stiker, tiap kali saya gunakan belanja online seperti di jd id/shopee, nomor kartu kredit saya yang visa stiker itu tidak bisa digunakan/tidak terdeteksi. Akhirnya saya rencana menutup jenis Wave & Go stiker tersebut dan saya sudah melakukan konsultasi ke salah satu marketing CIMB Niaga bila ingin mengajukan jenis yang sama WAVE & GO, saya harus menutup dahulu yang jenis stiker baru bisa pengajuan kembali yang jenisnya kartu plastik. Akhirnya saya melakukan penutupan via call centre 14041 (kalau tidak salah di bulan Agustus-an 2020).

Pada awak bulan November 2020. saya pengajuan kartu kredit Wave & Go Visa plastik (dengan jelas & pasti di aplikasi tersebut kotak WAVE & GO Visa Plastik saya centang. Dan saya dapat pemberitahuan via sms kalau pengajuan saya sudah diterima dan diproses. Selang beberapa hari kemudian dapat pemberitahuan sms kembali kalau pengajuan saya disetujui (SS sms terlampir).

SMS disetujui

Karena penasaran, saya inisiatif telpon ke call centre 14041 CIMB Niaga. Oleh petugasnya tidak bisa diinfokan jenis kartunya karena masih dalam proses pengiriman dan itu sifatnya masih rahasia. Lah hal ini nih yang menurut saya ribet pake banget. Ingin tahu jenis kartunya apa malah dibuat kepo. Akhirnya saya menunggu dengan sabar sampai kartu dateng.

Saat amplop CIMB Niaga datang, dengan penuh rasa penasaran, ternyata kartu yang dikirim tidak sesuai dengan harapan. Ini yang dikirim malah jenis kartu yang lebih tinggi tingkatannya/jenisnya yaitu VISA Platinum. Sejujurnya saya selama menggunakan kartu kredit CIMB Niaga tidak pernah nafsu dengan jenis tingkatan kartunya. Karena yang jenis VISA Platinum ini dikenakan iuran tahunan sedangkan yang saya ajukan TIDAK DIKENAKAN iuran tahunan seumur hidup (jenis MASTERCARD Syariah yang sekarang saya pegang). Kesalahan kan bukan pada saya.

Akhirnya saya mengajukan komplain ke 14041 call centre CIMB Niaga dan diberikan solusi: untuk sementara kartu jangan ditutup dahulu, bapak bisa pengajuan kembali ke kantor cabang/marketing. Saya sudah utarakan dengan petugas call centrenya bila memang dirasa kebanyakan kartu kredit CIMB Niaga, saya rela menutup semua kartu (history penbayaran saya LANCAR dan selalu full payment serta tidak ada tagihan sama sekali). Akhirnya kali ini saya ikuti saran dari petugasnya.

Sekira tanggal 23 November 2020 saya mengunjungi ke kantor cabang CIMB Niaga. Disana saya utarakan permasalahan saya dan petugas Cust Servicenya membantu saya dalam pengajuan kartu kredit saya jenis WAVE & GO VISA Plastic. Sekali lagi saya cek kembali form pengajuan saya, sudah saya centang jenis kartu tersebut. Seminggu kemudian saya dapat sms kl pengajuan saya sudah diterima dan diproses. Lusanya saya dapat pemberitahuan sms kalau pengajuan saya ditolak. Padahal belum ada verifikasi sama sekali via telpon dari CIMB Niaga (SS sms penolakan terlampir).

SMS REJECT

Di sini saya utarakan bahwa selama pengajuan kartu kredit CIMB Niaga, sama sekali tidak ada verifikasi telpon dari CIMB Niaga. kalau pun ada, saya pasti tegaskan kalau pengajuan kartu saya itu jenisnya WAVE & GO VISA Plastic dan bukan yang lain. Karena saya tahu kalau tiap kali ditelpon dari CIMB Niaga untuk verifikasi pasti pembicaraan kita di record. makanya mau saya tegaskan seperti itu. Memang semua keputusan jatuh ke pihak analis tapi kan minimal CIMB Niaga ada verifikasi via telpon untuk pertimbangan pengajuan saya.

Saya sangat kecewa dengan keputusan dari CIMB Niaga ini yang jelas jelas bukan kesalahan saya. Rencana besok saya mau tutup Tabungan saya via kantor Cabang. dan selanjutnya akan saya tutup juga semua kartu kredit CIMB saya. Gampang maju lagi kalau pengen kartu kredit CIMB Niaga entah 5 tahun yang akan datang.

Terima Kasih atas dimuatnya surat saya. Saya tunggu sanggahan (yang masuk akal) dari pihak CIMB Niaga.

Terima Kasih.

Harjo Basuki
Pekalongan, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank CIMB Niaga:
[Total:23    Rata-Rata: 3.8/5]
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Harjo Basuki

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Harjo Basuki yang berjudul “Kartu Kredit CIMB Niaga yang Disetujui Tidak Sesuai dengan Permintaan...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Kartu Kredit CIMB Niaga yang Disetujui Tidak Sesuai dengan Permintaan Nasabah

    • 3 Desember 2020 - (19:02 WIB)
      Permalink

      Untuk CIMB NIAGA. tolong budayakan membaca. diatas kan sdh sy ulas panjang lebar. apa mesti mulai komplain lg dr awal. buang2 waktu aja.

      • 5 Desember 2020 - (09:41 WIB)
        Permalink

        nah saya suka nih yg begini,, kita yg punya power ngapain kita yg ngalah.. tutup semua kartunya dan tabungannya.. pindahin ke tempat lain.. bentar lagi marketingnya ngemis-ngemis..
        kasih tau analis analis itu biar pada dipecatin..

  • 3 Desember 2020 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Sepertinya kartu yang dikirim adalah berjenis CIMB NIAGA Visa Travel Card (Visa Platinum).
    Kartu tsb memang ada annual fee nya (menurut keterangan di web resmi bank tsb).
    Sepengetahuan aku, kartu Visa Platinum bukan merupakan kartu Visa dengan jenis tertinggi deh (memang lebih tinggi dari classic card), diatasnya ada Signature, Black dll (dan Infinite untuk CIMB). Sedangkan untuk kartu kredit Visa dari CIMB yang free annual cuma Visa Wave N Go tsb, dan kalau pgn dapat kartu visa yang lebih baik ya pasti dikasih 1 tingkat diatasnya, yaitu Visa platinum. Sedangkan dari penjelasan kan Visa Wave & Go tsb selalu bermasalah?!?! Kebetulan aku jg pemegang kartu Visa, cuma dari beda bank. Ketika pertama di-approve dikasih Visa yang level bawah (tapi bukan classic) dan ketika kartu expired dan terbit kartu baru, dikasih yang Visa Platinum. Dan dari penjelasan CS bank tsb, katanya kartu Visa yang baru memang semua jenisnya pake emblem-emblem Platinum.

    • 3 Desember 2020 - (19:00 WIB)
      Permalink

      yg sy maksud jenis kartu yg disetujui lebih tinggi dari permintaan saya. Jadi wave & go sticker model nya dipasang/ditempel. kl transaksi kita perlu pake pin. bisa google kl blm perna liat fisiknya. tiap bank ngeluarin logo visa kan beda2 modelnya. ada Visa yg kartu nya bisa tap and go. ada yg harus input pin. Sebelum pengajuan ulang, sy sdh merapatkan barisan ke kantor cabang atas saran dari petugas call centre. mau sy tutup semua gk boleh. ya sy coba2 lagim itung2 iseng2 berhadiah dan ternyata hsilnya zonk

      • 3 Desember 2020 - (19:01 WIB)
        Permalink

        maap saya ralat : model VISA WAVE N GO STIKER kl transaksi tdk pakek pin. dan fisiknya stiker di lekatkan di hp. biasanya spt itu

  • 3 Desember 2020 - (23:02 WIB)
    Permalink

    d Indonesia mulai 1 juli 2020 setiap transaksi kartu kredit hrus menggunakan PIN ,.maka dri itu bank tdk akan memberikan ,.itupun utk keamanan anda dri transaksi fraud/tidak d kenal

  • 4 Desember 2020 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Setuju tutup semua rekening dan kartu kredit CIMB Niaga. Beralih saja ke Kartu Kredit Bank lain. Masih banyak yang bagus2 seperti BCA. Mandiri. Banyak diterima di toko online

  • 7 Desember 2020 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Walau pihak CIMB sudah menghubungi lewat Telpon scr langsung. Sy belum merasa puas akan sanggahan nya. krn msh diproses dan dikaji lagi. dan sy mndpatkan nomor tiket pengaduan. Sy akan tggu kabar baik nya. tentu saja yg masuk akal dan nalar !

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit CIMB Niaga yang Disetujui Tidak Sesuai dengan Permintaan …

oleh CAHAYA dibaca dalam: 3 min
9