Refund Dana Ali Express dan Data Pribadi DOKU Wallet

Tanggal 26 November 2020 saya membeli satu produk di Ali Express. Kemudian tanggal 28 November 2020 order dibatalkan sepihak oleh Ali Express, tapi anehnya beberapa hari kemudian ada email yang menyatakan jika produk sudah dikirim. Sampai kemudian tanggal 16 Desember 2020 saya ajukan refund lalu disetujui, maka saya lalui tahapan-tahapan refund.

Kemudian tanggal 19 Desember 2020 saya menerima dana refund dari Ali Express yang merekomendasikan transfer dana ke Doku.ID, tanpa kita diberi pilihan. Saat selesai install di HP ternyata Doku meminta data basic seperti Nomor KTP, Nomor KK serta foto selfie meskipun kita hanya butuh refund dari Ali Express ke Doku.ID untuk ditransfer ke rekening bank lokal di Indonesia.

Saya sudah berusaha telepon 021-1500963 berkali-kali. tapi nada balasan di luar area. Bagaimana mungkin saya percaya dan menyerahkan data primer kepada satu aplikasi yang telepon kantornya susah dihubungi dan email hanya dijawab dengan mesin penjawab?

Untuk masalah biaya administrasi saya tidak masalah, tapi permintaan data primer dengan kondisi kantor dan telepon yang kurang meyakinkan, jelas membuat pertimbangan saya sebagai konsumen. Apalagi meski tahu akun saya abnormal masih saja ditransfer. Keberatan saya sudah saya email kepada pihak Doku.ID dan sekali lagi mesin yang menjawab tanpa solusi. Bahkan untuk permintaan hapus akun tidak diperkenankan karena dana masih utuh dan harus. Sedangkan saya tidak diberi solusi apapun sebagai konsumen.

Seharusnya transaksi antar negara sudah diantisipasi jika pesanan di-cancel sepihak dan pembeli tidak dipaksa untuk menggunakan aplikasi Fintech/Pinjol milik mereka, dengan kondisi kantor dan telepon yang kurang jelas tapi mengharuskan untuk isi data primier pribadi. Saya pribadi juga berhak menjaga data pribadi dengan tidak memberikan kepada sembarang aplikasi fintech/pinjaman online, karena memang saya tidak membutuhkan hal-hal tsb.

Demikian yang bisa sampaikan dan sampai saat ini pihak Doku wallet/ Doku.Id tidak memberikan solusi dan secara sadar maka aplikasi Doku.ID saya uninstall meskipun dana yang mereka transfer tidak dapat saya apa apakan.

Terima kasih.

Feri Aristanto
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DOKU:
[Total:7    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan DOKU atas Surat Feri Aristanto

Dear Redaksi Mediakonsumen.com, Menanggapi artikel yang muncul per tanggal 27 Desember 2020 dengan judul Refund Dana Ali Express dan Data...
Baca Selengkapnya

Loading...

8 komentar untuk “Refund Dana Ali Express dan Data Pribadi DOKU Wallet

  • 27 Desember 2020 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Doku bukannya dompet digital seperti gopay, ovo, linkaja, dana, dll yang mengharuskan upgrade akun supaya dana bisa ditarik / transfer akun lain? CMIIW
    Waktu pembayaran Aliexpress menggunakan metode apa? Biasa saya pake kartu kredit otomatis balik lagi ke kartu kredit.

  • 27 Desember 2020 - (12:23 WIB)
    Permalink

    . . . Saya transaksi awal dg menggunakan rekening Bank Lokal melalui transaksi Virtual Account seperti yg ada di Ali Express dan saya sudah mengajukan unt refund ke rekening awal transaksi tapi ‘dipaksa’ ke Doku.ID tanpa ada pilihan apakah saya berkenan dan punya akun Doku.ID dan ketika tahu jika saat transfer di Doku ID tidak bisa karena harus menyertakan NO.ID dan Nomer KK yg itu adalah data primer. Saya berhak melindungi dengan melihat secara jelas kpd siapa data ini saya berikan dan sejak awal saya sudah jelaskan kalau saya tidak berminat dg apapun yg ada di Doku.ID krn saya hanya ingin dana tsb ditransfer ke rekening awal plus jika ada potongan maka saya setuju krn itu berlaku buat semua tapi kalau saya harus memberikan NO.ID dan No KK saya tidak akan pernah mau/berkenan apalagi setelah berkali kali telepon juga susah krn yg ada hanya balasan diluar area plus via email dan pages resmi dibalas jg mesin sehingga semakin saya yakin unt tidak memberikan data primer itu.
    Saya juga pengguna LinkAja tapi sejak awal sadar dg syarat yg diminta oleh aplikasi tsb krn memang ingin melakukan transaksi dr awal unt transaksi tp unt kasus Doku.ID berbeda krn sejak awak saya tidak melakukan transaksi dg aplikasi tsb jadi jelas perbedaannya. Demikian penjelsannya.

    • 23 Februari 2021 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami hal yang sama. Padahal ga ada niat berurusan dg DOKU. Tapi pas transfer melalui virtual account bank ternyata dikirimnya ke rekening DOKU. Saya ga bayar pake DOKU wallet. Kenapa untuk refund harus bikin akun DOKU dan diminta data KTP dan KK. Akhirnya saya terpakasa bikin akun DOKU dan kirim foto KTP dan KK, tapi tetap saja uang belum kembali. Udah e-mail dg care@daku.com berkali2, pihak DOKU minta screnchoot macam2 termasuk bukti transfer bank udah saya kasih. Tetap saja uang belum kembali 😒 Dan anehnya lagi katanya layanan telepon ga aktif alasannya karena pandemi. Hayyah, emang virus bisa menular lewat sinyal telepon! 😕

  • 27 Desember 2020 - (23:04 WIB)
    Permalink

    Menurut saya itu untuk keamanan verifikasi pengguna. Dan ada baiknya kalau telp call centre pakai kode area jangan 021. Ganti ke kode area kota anda baru nomor hotline nya.

  • 28 Desember 2020 - (10:13 WIB)
    Permalink

    Ya wajar aja doku minta data dll buat kyc dan keamanan bos. Kalau gamau ambil refundnya yaudah ngga usah repot. Doku kan partnernya ali, take it or leave it lah.

  • 23 Februari 2021 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama. Padahal ga ada niat berurusan dg DOKU. Tapi pas transfer melalui virtual account bank ternyata dikirimnya ke rekening DOKU. Saya ga bayar pake DOKU wallet. Kenapa untuk refund harus bikin akun DOKU dan diminta data KTP dan KK. Akhirnya saya terpakasa bikin akun DOKu dan kirim foto KTP dan KK, tapi tetap saja uang belum kembali. Udah e-mail dg care@daku.com berkali2, pihak DOKU minta screnchoot macam2 termasuk bukti transfer bank udah saya kasih. Tetap saja uang belum kembali 😒 Dan konyolnya lagi katanya layanan telepon ga aktif alasannya karena pandemi. Woy emang virus bisa menular lewat sinyal telepon! 😕

 Apa Komentar Anda mengenai DOKU?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Refund Dana Ali Express dan Data Pribadi DOKU Wallet

oleh Feri Aristanto dibaca dalam: 1 min
8