Batik Air Memberikan Biaya Tambahan Bagasi Tanpa Adanya Informasi/Pemberitahuan Sebelumnya

Dear Manajemen Batik Air Yth.,

Bersama ini saya ingin memberikan saran atas adanya Biaya Tambahan Bagasi yang dikenakan secara sepihak tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya. Kronologinya sebagai berikut:

  1. Pada hari Minggu, 10 Januari 2021 saya melakukan Check In with Bagage di Bandara. Kemudian, Petugas Counter menagihkan Biaya Special Bagage senilai Rp200.000,- atas 1 unit bagasi yang berisi Sepeda.
  2. Sebelum membeli tiket, saya membaca ketentuan bagasi 20 Kg dari Batik Air dan tidak ada pemberitahuan sama sekali terkait adanya biaya tambahan atas unit Sepeda. Biaya Tambahan untuk Sepeda tidak dikenakan di Maskapai Lain seperti Citilink, Garuda, Sriwijaya, Nam Air, atau bisa dikatakan seluruh maskapai di luar Lion Group bisa menerima bagasi berupa sepeda tanpa dikenakan biaya tambahan.
  3. Saya mempertanyakan kenapa ketentuan Special Package ini tidak dapat ditemukan saat pembelian tiket, atau website batik air, website Lion Group, atau di E-Ticket.
  4. Petugas Counter mengakui bahwa pemberitahuan tersebut hanya ada di SOP Internal Batik Air dan memang tidak di publikasikan kepada Calon Penumpang ataupun Penumpang Batik Air. Mengapa Batik Air tidak memberikan Informasi terkait Biaya Tambahan ini sebelumnya?

Oleh karena itu, saya ingin memberikan saran kepada Manajemen Batik Air agar dapat memberikan informasi kepada calon penumpang jika ada biaya di luar ketentuan maskapai umumnya seperti Special Bagage ini melalui situs resmi / whatsapp / dicetak pada E-Ticket / S&K yang dapat diakses oleh penumpang.

Silahkan saja membuat kebijakan dan menagihkan biaya kepada penumpang, asalkan disampaikan secara transparan dan jelas agar penumpang dapat mengantisipasinya. Keberatan ini saya sampaikan karena Pihak Batik Air dan Petugas Counter juga mengakui bahwa Biaya Tambahan ini ditagihkan di Counter tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.

Bukti pembayaran Biaya Bagasi atas 1 Unit Sepeda

Terlampir detail pembayaran saya dan informasi lebih lengkap terkait SOP yang hanya disampaikan kepada Internal Batik Air padahal biaya tersebut akan ditagihkan kepada penumpang.

Informasi Biaya Hanya ada di SOP Internal Batik Air
Informasi Biaya Tambahan Hanya Ada di SOP Internal Batik Air

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga Batik Air dapat melayani lebih baik dan memberikan akses informasi yang jelas kepada penumpang melalui sumber informasi yang transparan. Terima kasih atas perhatiannya.

Salam,

Andry Hartanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Batik Air:
[Total:1    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Batik Air?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Batik Air Memberikan Biaya Tambahan Bagasi Tanpa Adanya Informasi/Pemb…

oleh Andry dibaca dalam: 1 menit
0