Pelayanan Tidak Profesional Citibank Jakarta Memindahkan Cabang Nasabah Tanpa Pemberitahuan

Setelah lebih dari 20 tahun menjadi nasabah Gold Citibank Jakarta Kelapa Gading saya sangat kecewa atas perlakuan yang saya terima dari Management Citibank Jakarta.

Beberapa hal yang baru saya ketahui seminggu terakhir ini adalah sebagai berikut:

  1. Relationship Manager (RM) yang menghandle rekening saya sebelumnya telah setahun mengundurkan diri tanpa ada pemberitahuan kepada saya;
  2. Sejak RM tersebut resign ternyata TIDAK ADA RM pengganti sampai dengan minggu lalu;
  3. Tidak ada pemberitahuan resmi baik secara tertulis, email ataupun telpon yang menginformasikan bahwa status kantor cabang Kelapa Gading telah DITUTUP;
  4. Kantor pusat Citibank secara sepihak dan tanpa ada pemberitahuan dan tanpa meminta pendapat saya MEMINDAHKAN CABANG dimana rekening saya terdaftar menjadi ke Cabang Pondok Indah yang lokasinya SANGAT JAUH dari kediaman saya;
  5. Komplain dan permintaan resmi saya minggu lalu secara tertulis melalui BM Citibank Sudirman Ibu Irene untuk memindahkan Cabang terdaftar rekening saya ke Cabang Sudirman dengan alasan lokasi ternyata TIDAK DIPROSES sampai dengan hari ini yang terbukti dengan telpon dari staf Citibank Pondok Indah hari ini Sdri. Holi yang menyatakan status saya masih terdaftar di Cabang Pondok Indah.

Sungguh saya tidak mengerti bagaimana Citibank yang reputasinya sebagai Bank International menerapkan suatu standar pelayanan kepada nasabah yang sangat jauh dari kredibel, profesional dan customer oriented.

Saya harap surat ini dapat ditanggapi oleh Direksi kantor pusat karena jelas prosedur biasa yang sudah saya coba tempuh tidak ada gunanya.

Demikian komplain ini atas bantuan dan dukungan dari Mediakonsumen.com saya sampaikan terima kasih.

Freddy Nainggolan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Citibank:
[Total:4    Rata-Rata: 4/5]
Tanggapan Citibank atas Surat Bapak Freddy Nainggolan

Dengan hormat, Terima kasih atas perhatian Bapak Freddy Nainggolan terhadap Citibank. Menanggapi surat pembaca yang ditulis oleh Bapak Freddy di...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Pelayanan Tidak Profesional Citibank Jakarta Memindahkan Cabang Nasabah Tanpa Pemberitahuan

  • 3 Maret 2021 - (10:01 WIB)
    Permalink

    pemindahan nasabah biasanya pasti langsung otomatis ditentukan ke suatu cabang, alasan nya tidak dipindah ke cabang tersebut mgkn karena mengimbangkan jumlah nasabah..

    sudah pasti nasabah di cabang yang ditutup bukan cuma anda, apabila diperlukan konfirmasi satu per satu ke pemilik nasabah, hendak dipindah kemana, sudah pasti tidak akan selesai proses nya.
    apabila anda bilang, ya tidak perlu semua, cuma yang nasabah gold saja, ya mgkn itu dihindari jg untuk menghindari kesan “preferential treatment”, untuk tidak menimbulkan kecemburuan antar nasabah.

    apabila anda bilang, ya meskipun tidak diberi opsi untuk hendak pindah kemana, harusnya kan di info. mungkin itu sengaja juga, untuk menghindari orang seperti anda, yang memaksa untuk dipindah ke lokasi terdekatnya, anda 1 orang, saya yakin orang lain juga minta dipindah, tidaklah cepat untuk memproses itu semua.

    kalau masalah mereka lambat dalam memproses permintaan perpindahan anda, saya setuju, mereka lambat, untuk masalah ini mungkin perlu pengertian saja dari anda, dan apakah diberi solusi lain oleh mereka.

  • 3 Maret 2021 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Pembukaan rekening bank personal ketentuan baku (sesuai nama dan isian formulirnya) adalah mengacu pada preferensi personal atau pribadi nasabah. Karena itulah sifatnya privat dan berlaku Hukum Perlindungan Kerahasiaan data nasabah yang berlaku sd nasabah tersebut meninggal dunia. Bahkan untuk membukanya perlu perintah Pengadilan. Bagaimana mungkin pertimbangan perpindahan ataupun updatenya mengacu pada pertimbangan manajemen bank atau pembagian beban nasabah?
    Penutupan bank sudah sering terjadi di Indonesia dan saya sudah mengalami 3x dan semuanya selalu memberitahukan kepada nasabah yang sangat mudah dan murah untuk dilakukan by system email atau sms blast.
    Komplain saya ajukan selain untuk mengingatkan pihak yang berkepentingan untuk Know your customer (1 tahun lebih tidak ada RM) juga memberikan masukan kepada managemen tentang SOP penutupan cabang yang tidak “transparan dan informative” kepada nasabah. Menanggapi pernyataan Anda bagaimana kalau semua nasabah harus diberitahukan atau dikonfirmasi maka kalau dibalik bagaimana kalau semua bank melakukan itu dan nasabah mentransfer uang dari luar negeri yang membutuhkan kode cabang atau alamat cabang??

 Apa Komentar Anda mengenai Citibank?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Tidak Profesional Citibank Jakarta Memindahkan Cabang Nasaba…

oleh Freddy N dibaca dalam: 1 menit
2