Kebijakan dan Solusi Negosiasi Kredivo

Halo, perkenalkan nama saya Ade Kurnia Halim. Saat ini saya masih menunggak pinjaman di pihak Kredivo mulai tahun 2019. Saat itu saya sudah membayar tagihan pertama saya dan diteruskan beberapa kali pembayaran kepada pihak ketiga dari Kredivo di tahun 2020.

Namun karena pandemi covid, saya saat ini sudah tidak bekerja lagi dikarenakan pihak perusahaan saya mengalami kebangkrutan. Pada hari ini (10 Maret 2021) pukul 14:00 WITA ada pihak ketiga dari Kredivo (dari PT Berkat Jaya Karunia) yang datang ke rumah untuk menemui saya. Namun debt collector ini berbicara langsung ke ibu saya dan terjadi pertengkaran mulut, sehingga saya keluar dari rumah untuk menemuinya.

Dikarenakan keributan yang saya dengar di dalam rumah, saya dipaksa oleh pihak debt collector ini untuk membayar Rp3,8 juta dengan batas pembayaran 1-2 hari ke depan. Mereka mengancam saya akan dilaporkan kepada pihak berwajib.

Saya memperlihatkan surat yang dia bawa untuk meminta negosiasi dari utang tsb, karena saya merasa ganjil, beberapa kali sudah saya bayarkan, kok utang saya tetap bertambah? Namun jawaban debt collector tsb “Bukan urusan saya, nanti Anda sampaikan ke CS”. Dia hanya disuruh untuk menagih kepada pihak saya, sedangkan nomor telepon debt collector ini pun tidak ada. Dia janji 2 hari lagi datang menagih lagi ke rumah saya.

Pihak debt collector yang sebelumnya itu sangat sopan terhadap saya, jadi saya menanyakan kepada debt collector ini “Mana yang dulu biasa menagih ke saya?”. Ternyata orgnya sudah diganti.

Saya hanya meminta kebijakan dari pihak Kredivo untuk kesanggupan pembayaran saya makasimal Rp1 juta perbulannya dari total tagihan saya terakhir. Setelah debt collector ini pulang, saya menelpon ke pihak CS Kredivo untuk meminta negosiasi masalah saya. Namun CS jawabannya tidak jelas dan ribet, harus menyertakan surat PHK dari perusahaan dsb. Padahal saya masih mempunyai niat baik untuk mencicil tagihan saya dengan jumlah yang saya minta.

Saya mohon ke pada pihak Kredivo untuk menghubungi saya di nomor yang tertera untuk penyelesaian masalah tagihan ini. Jika Anda tidak memberikan solusi dan terus menerus menyuruh pihak ketiga untuk meneror saya, mungkin lebih baik Anda melaporkan saya ke pihak berwajib. Kita berurusan masalah hukum saja jika pihak Anda tidak ada penyelesaian dan kebijakannya.

Ade Kurnia Halim
Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Ade Kurnia Halim

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh Bapak Ade Kurnia...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Kebijakan dan Solusi Negosiasi Kredivo

  • 12 Maret 2021 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Bertengkar dengan ibu Anda. Anda harus clearkan dulu nih. DC nya yang ngmongnya kasar atau ibu anda yang kurang ajar? Tau lah emak2 ditagih utang gimana khan?

    DC yang lalu sangat sopan. Tapi skrg sudah diganti. Ya itu krn penagihan dengan cara sopan ke Anda itu tidak mempan, tidak bayar2, makanya diganti sama yang galak.

    2
    6
    • 12 Maret 2021 - (12:33 WIB)
      Permalink

      Maaf bos ,, ibu saya tidak mungkin berkata kasar klo dc nya dtg bertamu dengan baik2 ini pemicu awal krn dc nya dtg dengan mulut yg kasar !!! Ujung2 nya dc nya meminta maaf sama ibu saya ketika sy keluar menemui dc tsb !!! Saya sendiri bos sudah pernah nego ke pihak kredivo mulai thn 2020 tapi tdk ada penyelesaian nya bos !!! Krn mau nya kredivo sy harus bayar seperti yg ada di aplikasi jumlah nya sedangkan saya tdk sanggup bayar sesuai nilai tsb maka nya sy minta negosiasi jumlah angsuran nya di turunkan serta waktu nya di perpanjang !!!!

  • 22 Maret 2021 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Sekarang penagihan jg ala2 fintech ilegal. Pdhl ktnya terdaftar di ojk. Ini sms penagihan aja ky gini :
    SIANG Nasabah Kredivo. Kami Informasikan Kepada Nasabah YTH. (Surat Perintah Resmi Panagihan Ke Lapangan) “Telah Terbit Hari Ini”. Nanti akan bertemu dengan Bpk Alfonso Pelupessy dan Tim nya untuk mengambil dana atau Anda bayarkan melalui Prosedur Kredivo “Hari Ini”. Sebelum ada kunjungan Pihak Lapangan/Kolektor/Pihak Agency Kredivo. Di pastikan dana Anda sesuai tertagih sudah ada. Kami minta Anda tetap koperatif dan pastikan Anda ada dirumah/kantor sesuai data. Terima kasih

    • 24 Mei 2021 - (01:11 WIB)
      Permalink

      dear PIHAK KREDIVO..sedikit kronologi saya meminjam dana ke kredivo dan cair pada saat itu juga lalu saya diarahkan untuk memberi PENILAIAN DI APLIKASi GPLAY dan ini bumerang buat saya..tidak lama selang 2 jam ada email yang mengatasnamakan KREDIVO menyampaikan bahwa SISTEM MEREKA EROR dan PINJAMAN SAYA tercatat DOUBLE TAGIHAN DALAM SERVER MEREKA..karena saya kudet disana berisi nama,nomor hp dan pinjaman..tanpa ada rasa curiga karena JEDA 2 JAM td ..saya percaya dan isi form td..tidak lama yang telepon via WA dan menyampaikan mereka CS KREDIVO yang bertugas untuk memproses PENGEMBALIAN DANA yang saya pinjam dan mereka meminta saya mentransfer dana yang saya pinjam ke no REKENING A/N PT KREDIVO INDONESIA.saya baru sadar setelah 1 jam saya cek TAGIHAN saya masih tetao dan tidak menjadi NOL.akhirnya sama EMAIL N TLPN CS resmi kredivo dan menyampaikan kronologi dan hasilnya MEREKA MENYAMPAIKAN BAHWA ITU KESALAHAN SAYA DAN TAGIHAN TETAP BERJALAN SESUAI yang DI APK.saya beberapa kali tlpn dan EMAIL untuk meminta keringanan dengan membayar/mencicil pokoknya saja sebelum jatuh tempo..tp ternyata jawaban KREDIVO BAIK DARI EMAIL maupun TLPN tetap meminta saya MEMBAYAR CICILAN SESUAI DENGAN DI APK..jadi saya merasa NIAT BAIK SAYA untuk membayar HUTANG jadi PUDAR karena seolah” saya disamakan DENGAN ORANG yang memang tidak berniat MEMBAYAR walaupun jelas* uang MEREKA PAKAI..sedangkan UANG yang saya PINJAM DARI KREDIVO HILANG DITIPU ORANG YANG MENGAKU DARI KREDIVO dan sampai SEKARANG penipu itu TERUS MENIPU DAN HERANNYA DARI PIHAK KREDIVO seolah” MEMBIARKAN PENIPU INI MENCATUT NAMANYA untuk menipu..maaf apakah kedepan tidak berimbas PADA KREDIVO DIMASA DEPAN.saya berharap ada respon POSITIF dan WIN-WIN SOLUTION dari pihak kredivo ke saya dengan kronologi diataa

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Kebijakan dan Solusi Negosiasi Kredivo

oleh Ade dibaca dalam: 1 menit
4