BCA Mempersulit Nasabah

Kepada Yth. Pimpinan BCA,

Saya nasabah BCA sudah lebih dari 20 tahun, Tahapan BCA nomor rekening: 7620****35. Pada hari Jumat tanggal 26 Maret 2021, saya pergi ke KCU BCA Serpong. Tujuan saya ke sana adalah:

  1. Untuk mengganti ID KlikBCA saya yang membuat saya sangat tidak nyaman dan psikologis saya terganggu selama bertahun-tahun. ID KlikBCA saya: ****susa****, dimana kalau dibaca seakan-akan berbunyi susah. Hal inilah yang sangat mengganggu saya.
  2. Mengganti kartu ATM saya yang masih magnetic strip.

Sampai di sana, setelah antrian, saya dilayani oleh CS. Saya mengutarakan tujuan saya datang ke BCA. Lalu jawabannya adalah:

1. ID KlikBCA tidak bisa diganti karena “by system” antara 8 sampai 12 digit. Saya bertanya apakah kalau saya buka rekening baru, ID KlikBCA bisa berubah? Dia bilang bisa, tapi kemungkinan besar hanya 4 angka belakang saja yang berubah. Saya bertanya lagi, bisakah tidak menggunakan 12 digit? Dia jawab tidak bisa, karena “by system“. Intinya tidak bisa.

Saya tidak meminta mengganti ID KlikBCA saya dengan kata-kata yang menarik atau nomor cantik, saya hanya minta tidak ada kata “susa”, tapi tetap tidak bisa karena “by system“. Sepengetahuan saya, sistem dibuat dan dikendalikan oleh manusia, mengapa tidak bisa diubah? Melalui surat pembaca ini, saya meminta BCA untuk mengubah ID KlikBCA saya tsb.

2. Karena saya sudah lama tidak ke kantor BCA, jadi data saya perlu di-update kalau ingin mengganti kartu ATM. Yang lucu dan aneh adalah, untuk meng-update data, saya diharuskan pergi ke kantor BCA tempat saya membuka rekening tsb. Sekarang adalah jaman teknologi canggih, tapi untuk update data harus ke cabang pembuka. Bagaimana jika pembukaan rekening saya di luar Pulau Jawa? Maka saya juga tetap diharuskan update di sana, begitu kata CS.

Bagaiamana ini BCA? Sebagai bank swasta nasional TERBESAR di Indonesia, apakah begini pelayanannya kepada nasabah? Saya dipersulit untuk mengganti ID KlikBCA dan mengganti kartu ATM. Seperti yang didengung-dengungkan bahwa kartu ATM magnetic tidak bisa digunakan lagi setelah 2022. Maka saya sebagai nasabah beritikad baik dan segera ingin mengganti, tapi dipersulit dengan syarat yang tidak masuk akal.

Sebagai nasabah BCA yang sudah  lebih dari 20 tahun saya benar-benar kecewa dengan hal tsb di atas. BCA tutup mata dan tidak mau tahu dengan permasalahan nasabahnya. Untuk itu saya mohon solusinya segera.

Terima kasih.

Eddy Susanto Salim
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:8    Rata-Rata: 2.9/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Eddy Susanto

Menanggapi keluhan Bapak Eddy Susanto melalui Surat Pembaca di Media Konsumen tanggal 28 Maret 2021 dengan judul “BCA Mempersulit Nasabah“,...
Baca Selengkapnya

Loading...

11 komentar untuk “BCA Mempersulit Nasabah

  • 28 Maret 2021 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Itu sudah sistem. Sistem dibuat untuk memudahkan manusia bekerja. Dimana2 juga seperti itu. Dan id klikbca itu terdiri dr 8 huruf nama dr depan + 4 angka bulan dan tgl lahir. Dan itu bukan masalah besar bg bca, bukan masalh serius. Mungkin yg komplain dgn masalah seperti ini hanya 1/sejuta orang.

    • 28 Maret 2021 - (18:02 WIB)
      Permalink

      20 tahun pake tapi ga ngerti sistem.
      Bukan hanya bank BCA saja koq, bank Mandiri juga seperti itu.

      Sepertinya dalam S&K ada klausa bahwa jika ada update data spt pindah rumah dan ganti no hp diharuskan lapor ke bank BCA supaya nasabah lebih mudah dilayani dikemudian hari memang harus di cabang pembuka, menghindari hal yang tidak diharapkan

  • 28 Maret 2021 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Nama anda kan Susanto… yang menurut anda mirip sama kata susah. Dan sekarang sudah mejeng di surat media konsumen yang tidak akan pernah bisa dihapus. Dan dibaca banyak orang dan di media sosial MK juga. Apa nanti mau bikin surat juga gara-gara tidak bisa hapus nama di surat media konsumen karena nggk nyaman.

    3
    1
    • 28 Maret 2021 - (16:08 WIB)
      Permalink

      Lebay ah saya aja namanya dasir yg kaya nama penyakit tapi saya ga complain karna ga peduli sebuah nama di akun klik bca yg penting tabungan saya banyak saldonya 😀😀😀

      • 28 Maret 2021 - (22:59 WIB)
        Permalink

        Id nya pasti “eddysusa****” gimana ya, itu emg uda dari sistemnya kayak gitu, diambil 8huruf dari nama kita, trus 4angka dr tahun dan bulan lahir.
        Biar psikis kamu bagus, gini aja,, sebut aja “eddys USA **” kan uda tuhh ada USA nya lohh

  • 29 Maret 2021 - (07:06 WIB)
    Permalink

    1. id klikbca by sistem sdh pasti 8 huruf awal nama pemilik rekening. jadi kalau tdk mau muncul 8 huruf awal nama sendiri ya ganti nama saja. simple.
    2. setuju.. masa update data nasabah harus ke cabang awal/pembuka??? konyol sekali.

  • 29 Maret 2021 - (10:14 WIB)
    Permalink

    Masa sih tidak bisa. Sekitar 2 tahun lalu aku ganti kartu ATM magnetik ke chip bisa kok di cabang yang beda kota ketika pembukaan asal bawa e-KTP dan buku tabungan. Aku mau tanya, itu ketika buka rekening pasti masih pakai KTP yang non e-KTP deh, nah sekarang ketika sudah e-KTP apakah sudah diupdate nomor KTP-nya? Kalau belum, ya sepertinya memang harus update dulu ke cabang ketika pembukaan rekening.

  • 30 Maret 2021 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Saran saya kalau mau lebih gampang. Tutup rekening lama dan buka rekening baru. Lalu langsung aktifkan klikBCA di cabang biar username bisa disesuaikan kembali.

    Tapi BCA memang gitu. Gak seperti bank lain yang bisa ganti user ID dan password secara fleksibel bahkan bisa langsung dari aplikasi.

  • 30 Maret 2021 - (22:22 WIB)
    Permalink

    JUJUR saja bank bca kurangnya cuma di tanda tangan aja, saya mau urus kartu atm gk bisa karna tanda tangan harus sama persis di ktp . Harusnya bank bca pake sidik jari aja. Kasihan orang2 yg tanda tangan nya beda . Pasti ada perbedaan sedikitlah tanda tangan ktp dan aslinya. Harusnya di maklumi. Yg penting yang bersangkutan langsung sesuai nama dan foto di ktp yg mengurus alias datang sendiri.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

BCA Mempersulit Nasabah

oleh eddy dibaca dalam: 1 menit
11