Jebakan Blibli.com Membatalkan Order Tanpa Alasan dan Menahan Dana yang Telah Dibayarkan

Saya salah satu customer Blibli.com dengan alamat email terdaftar marinamona13@gmail.com. Saya pribadi sangat menyukai belanja di Blibli.com karena support promo menarik mulai dari ongkos kirim, voucher discount, voucher cashback serta rewards.

Namun kali ini saya sangat kecewa dengan pembatalan order yang dilakukan Blibli.com, dengan kronologi di bawah ini:

Pembelian dengan nomor: 12070145259
Order dibuat pada 26 Maret pukul 13.01, dibayarkan dengan metode Gopay mengunakan promo voucher potongan Rp50 ribu pada pukul 13.23, dan langsung dibatalkan setelah dana dibayarkan.

Pembelian dengan nomor: 12070153310
Order dibuat pada 26 Maret pukul 15.11, dibayarkan dengan metode transfer VA menggunakan promo voucher potongan Rp50 ribu yang ditujukan khusus akun saya pada pukul 15.13 dan langsung dibatalkan setelah dana dibayarkan.

Setelah pembatalan kedua saya baru menyadari adanya pembatalan, kemudian saya segera menghubungi CS Blibli, dan jawaban yang diberikan CS lebih mengecewakan lagi (terlampir foto pembicaraan).

Jawaban klise pertama adalah terdeteksi tidak sesuai proses order. Saat ditanyakan lebih lanjut, diberikan jawaban kedua, karena dalam 1 hari ada beberapa transaksi (padahal transaksi di tanggal 26 Maret hanya 3 kali dan dibatalkan 2 transaksi). Saat ditanya lebih detail diberikan jawaban transaksi melebihi kalkulasi, dimana kelebihan kalkulasi ini tidak dapat disampaikan secara detail ke pelanggan.

Pertanyaan saya kepada Blibli.com:

  1. Apakah pembeli tidak mempunyai hak untuk mengetahui alasan lebih detail mengenai pembatalan? Pembatalan memang wajar jika disertai alasan jelas, tetapi dengan jawaban berbelit-belit dari CS Blibli menunjukan bahwa hanya mencari-cari alasan untuk membenarkan prosedur Blibli.com
  2. Mengapa tidak ada syarat dan ketentuan tertulis mengenai batas maksimum pembelian jika alasan blibli.com adalah kelebihan kalkulasi? Sehingga saya dan pembeli lain tidak perlu membuang waktu untuk order, komplain atau memeriksa dana pengembalian.
  3. Mengapa pembatasan tidak dilakukan di awal saat membuat order? atau saat transaksi terbentuk dan menunggu pembayaran? Kenapa harus setelah pembayaran? Apakah ini memang jebakan? Sesuai informasi CS dana pengembalian 5-10 hari (luar biasa kan, berapa banyak dana nasabah yang tertahan dan keuntungan apa yang didapat Blibli?). Bagaimana jika pembeli adalah orang dengan pendapatan cukup? Bagaimana jika uang yang dibayarkan sangat dibutuhkan? Sampai saat ini tanggal 29 Maret 2021 dana yang sudah dibayarkan dengan total Rp2.376.183 belum dikembalikan Blibli.com.

Semoga dengan tulisan ini bisa mewakili keluhan pembeli yang lain.

Hormat saya.

Marina
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Total:5    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Blibli untuk Ibu Marina Mona

Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Ibu Marina Mona untuk bertransaksi di Blibli. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Jebakan Blibli.com Membatalkan Order Tanpa Alasan dan Menahan Dana yang Telah Dibayarkan

  • 31 Maret 2021 - (02:21 WIB)
    Permalink

    kebijakan divisi fraud risk management bliblii memang banyak yang cacat logika.

    salah 1 contohnya: gara2 mencari produk termurah dengan memeriksa ongkir berbagai produk incaran dari beberapa penjual, akun saya diblock tdk bisa dipakai belanja, karena dianggap sebagai aktifitas mencurigakan. konyol khan.

    sayang sekali, blibli sebuah perusahaan yang bagus tapi beberapa divisi isinya orang2 dengan kualitas rendah dan tidak kompeten.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Jebakan Blibli.com Membatalkan Order Tanpa Alasan dan Menahan Dana yan…

oleh Marina dibaca dalam: 1 menit
3