Gangguan dan Teror Telepon dari Home Credit, Padahal Bukan Hutang Saya!

Sudah berbulan-bulan saya diganggu via telepon oleh Home Credit, untuk hal yang sebetulnya bukan urusan saya, karena BUKAN hutang saya. Saya sudah menjelaskan (berkali-kali) baik via telepon pada saat dihubungi atau pun melalui inbox ke IG resmi Home Credit dengan centang biru (bukti screenshot telepon dan hasil inbox saya lampirkan). Saya juga ada beberapa rekaman telepon sebagai bukti percakapan saya dengan pihak Home Credit.

Namun tidak ada solusi, malah teror teleponย  semakin menjadi-jadi. Semoga Media Konsumen bisa membantu menerbitkan surat keluhan saya terhadap Home Credit. Saya dijadikan data referensi oleh ipar saya dan karenanya saya jadi korban gangguan teror telepon setiap hari. Padahal saya sudah bolak balik jelaskan bahwa saya sudah lama tidak ada komunikasi dengan ybs, dia di Jakarta, saya di Bandung.

Barang atau apaupun yang dia ambil dari Home Credit saya tidak tahu menahu, jadi tolong jangan hubungi saya lagi! Saya merasa dipermainkan karena telepon semakin menjadi-jadi. Saya punya anak kecil yang jadi korban, karena seringkali terbangun gara-gara telepon dari Home Credit. Malah pernah ketika kondisi anak saya lagi sakit, saya terus-terusan diteror telepon.

Saya lagi menjalankan sholat pun diganggu. Padahal sholat itu paling kan 5- 10 menit, tidak lama, tapi dalam satu waktu sholat (waktu itu saya sholat Ashar) telepon dari Home Credit masuk sampai 3 kali. Saya sampai nggak khusyu, takut telepon penting, karena pada saat itu kondisi ibu saya sedang sakit juga.

Pernah juga ketika saya lagi menerima telepon bisnis penting via wa, tiba-tiba diganggu telepon dari Home Credit, karena telepon via wa mati ketika telepon biasa masuk. Saya sampai kehilangan fokus kerja.

Bayangkan, BUKAN hutang saya tapi sudah mengganggu kehidupan pribadi saya BERBULAN-BULAN! Pekerjaan saya, bahkan IBADAH saya sampai terganggu. Nomor referensi itu semestinya hanya sebagai nomor referensi saja, yang ketika sudah berkali-kali ditelepon dan berkali-kali memberikan penjelasan, ya sudah dong! Kok ini terus-terusan ditelepon dengan isi pembicaraan yang sama?

Apa tidak ada laporan atau kordinasi kerja di Home Credit tentang hasil pembicaraan saya dengan orang-orang dari bagian penagihan?! Apakah ada kata-kata saya yang menyatakan kalau sampai ybs tidak bisa bayar maka saya yang akan bayar?? Kok jadi saya yang diteror??

Ini sudah sangat mengganggu, telepon dari pagi sampai sore setiap hari bahkan weekend (saya punya bukti banyak screenshot dan rekaman suara). Saya sudah komplain secara tertulis juga via IG, tapi inti jawabannya harus ybs yang merubah data referensinya. Maksudnya saya akan terus-terusan diteror begitu?? Kan saya sudah bolak balik jelaskan bahwa saya sudah lama tidak ada komunikasi lagi, sekarang gimana caranya saya harus suruh ybs merubah data referensinya??

Tolong dong untuk perusahaan sebesar Home Credit kok penagihannya lebih parah daripada debt collector berikut salah alamat pula? Tolong berhenti GANGGU saya! Di lampiran saya sertakan nomor komplain saya yang sudah tercatat di Home Credit, karena saya sudah mengajukan secara resmi, tapi tetap tidak ada solusi apa-apa.

Terima kasih Media Konsumen, semoga dengan dimuatnya surat saay ini, saya bisa hidup dengan lebih tenang tanpa teror yang salah tempat.

Lady Varianty
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:58    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Lady Varianty

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Lady di MediaKonsumen.com pada 14 April 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

13 komentar untuk “Gangguan dan Teror Telepon dari Home Credit, Padahal Bukan Hutang Saya!

  • 14 April 2021 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Instal aplikasi Truecaller di PlayStore mbak, setting biar cuma kontak di hp aja yang bisa telpon. No diluar kon.tak otomatis terblokir.
    Itu solusi termudah, soalnya DC kalau telpon diangkat dia makin semangat.Anda ngomong apa aja juga ga didengerin, baiknya diblokIr dan dicuekin.

    11
  • 14 April 2021 - (21:10 WIB)
    Permalink

    selain solusi diatas, apakah sudah coba hubungi ipar tersebut untuk memberitahukan bahwa anda yang diteror gara-gara dia? bagaimanapun sebagai ipar dia sudah menyusahkan kakaknya

  • 15 April 2021 - (03:36 WIB)
    Permalink

    Gw pernah alami hal yg sama. Gampaaang…. Ganti nomor aja. Masalahpun selesai permanen! Hehehe…

    4
    2
  • 15 April 2021 - (03:49 WIB)
    Permalink

    Persis yg saya alami
    Kontak saya di jadikan jaminan
    Sekali dua kali telpon
    Saya masih sabar
    Tiga kali tak maki maki habis mereka
    Ajak ketemu tapi mereka ga berani
    Gw sumpahin mereka
    Mati kelindes kontener
    Eh besoknya ga berani telpon lgi
    Kita nya harusnya lebih galak
    Dari mereka
    Jngn terlalu lemah menghadapi nya.

    5
    5
    • 15 April 2021 - (19:49 WIB)
      Permalink

      PERCUMA KOMPLEN LAPOR K HCI.. KARNA BUKAN MANUSIA BUMI.. MENING BILANG AJAH KAKA IPAR SURUH HADEPIN AJAH. TANTANGIN GA USAH TAKUT

    • 17 April 2021 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Anda mengajari saudara anda hutang utk tdak bayar…sdh resiko tukang hutang..diam2 tapi menyusahkan orang..karena ajaran anda

  • 15 April 2021 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Utak atik dimenu telpon (smartphone), ada menu tidak menerima panggilan nomor telepon yang tidak ada didalam kontak telepon.
    Demikian saran Saya, dan semoga buat yang lain disini bisa cek settingan di kontak atau ditelponnya agar hanya kontak terdaftar yang bisa masuk teleponnya.
    Smartphone itu pintar, kasih kesal mereka yang nagih bukan pada tempatnya dan Saya sdh melakukannya . ๐Ÿ˜๐Ÿ˜…๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    3
    1
  • 15 April 2021 - (11:11 WIB)
    Permalink

    saya rasa lebih tepat lapor polisi aja atas perbuatan tersebut dan bikin surat laporan dan di copi kemudian suruh yg tlp dtg ke rumah ksh surat laporan bentuk copian,demikian.

    • 15 April 2021 - (20:33 WIB)
      Permalink

      Betul, ini untuk berjaga2 kalau ada pemerasan / terror via hp yg mengatas namakan HCI/Fintech lain. Kalo kita melapor, kita punya posisi kuat dg lampiran surat lapor dr kepolisian tsb, jadi sewaktu2 misal ada yg mengaku debt collector nyamperin, kita tinggal bilang bahwa kasusnya sudah ditangani di kepolisian

  • 16 April 2021 - (00:33 WIB)
    Permalink

    Saya jg pernah alami ditagih hutang yang bukan hutang saya. Pusing juga. Sekaligus ganggu banget. Sampai akhirnya dpt ide buat ngibuli si penagih.
    DC : Hallo, dengan BPK…. , Tolong diberitahu bahwa sdr…. Telah menunggak pembayaran dan telah jatuh tempo.
    Saya : siap bos… Padahal kemarin udah saya tagih bos… Bahkan udah saya gebukin itu orang. Udah saya suruh bayar…. Masak sih blm bayar2 juga… Ya udah besok kalo ketemu lagi saya bunuh aja sekalian… Ok bos….

    Tiap telp selalu saya jawab kayak gitu…. Hahahaha….

  • 16 April 2021 - (09:18 WIB)
    Permalink

    Kepada semua nya kalau kita ditelpon dari homecredit atau pun Pinjol lainnya, klw ditelpon jgn pernah menjawab mengenal. Sebaiknya kita menjawab saya tidak mengenalnya.. Klw kita ladeni kata mengenal , sampai mencret darah – kita bakalan ditelpon sampai nangis darah.

    Cukup jawab tidak kenal diawal…

  • 18 April 2021 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Bener banget baru2 ini keluarga saya seperti di teror homecredit Padahal bukan hutang kami udah di marahin juga tetap nelpon alasan dengan nama yg sama.
    Ngak ngerti lagi, buat homecredit mohon no itu di periksa baik2 jgn selalu seperti ini bnyak sekali orang terganggu dengan ini.
    Memang kami juga punya hutang di homecredit tapi yg kalian minta itu bukan hutang kami.๐Ÿ™„๐Ÿ™„

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Gangguan dan Teror Telepon dari Home Credit, Padahal Bukan Hutang Sayaโ€ฆ

oleh Lady Varianty dibaca dalam: 2 min
13