Sudah 30 Hari Kerja, IndiHome Tidak Kunjung Mengembalikan Deposit

Perkenalkan dengan saya Muswaddi. Saya adalah salah satu pelanggan IndiHome dengan data a.n. istri saya sbb:

1. Nama Pelanggan : Susilawati
2. Relasi/Status : Suspended
3. Nomor internet: 02122793420
4. Alamat : Jl.Pancoran Barat X No.9 RT05 RW 04 KelurahanPancoran, Kecamtan Pancoran, Jakarta Selatan
5. Identitas : KTP
6. Nomor Identitas : 32121***********
7. Nomor HP : 0856926*****
8. Nomor HP Alternatif: 085778*****
9. Email : susilawati17@gmail.com
11. Alasan Cabut: Pindah alamat rumah

Awal mulanya saya laporan melalui telpon di 147 untuk konfirmasi pencabutan layanan IndiHome saya pada tanggal 28 Februari 2021. Sudah dibuatkan laporan oleh agen CS-nya dengan nomor laporan yang diinformasikan “Laporan pencabutan IndiHome 2021-02-TL_Bambang.Catur P-2983331”. Saya diminta untuk menunggu, maka saya pun menunggu. Namun sudah 16 hari tidak kunjung ada konfirmasi dan status IndiHome saya masih aktif.

Alhasil akhirnya saya mealapor kembali melalui DM Twitter @IndiHome, menanyakan status laporan saya tersebut. Dijawab oleh Agen di DM twitter menginformasikan bahwa tidak ada permintaan laporan pemberhentian. Saya sangat kaget dan agak sedikit menarik nafas mendengar jawaban dari agen tersebut. Berikut jawabannya:

Selamat pagi Kak Muswadi. Piter cek pada nomor internet 02122793420 tidak terdapat permintaan berhenti berlangganan Kak, sebelumnya bisa informasikan kepada kami capture bukti permintaan berhenti berlangganannya? guna kami bantu tindaklanjuti. Kami tunggu konfirmasinya. -Piter

Waw banget bukan pihak IndiHome, sekelasIndiHome bisa ya seperti itu? Di akhir percakapan saya diedukasi untuk melapor ke twitter @IndiHomeCare. Saya pun mengikuti perintah dari mereka dan saya pun menceritakan hal yang sama.

Mereka baru akan buatkan laporan, dan saya diminta data-data dan disarankan untuk membayar Prorata pemakaian dari tanggal 1 Maret s.d. 16 Maret 2021 karena status masih aktif. Selama periode tersebut pembayaran sebesar Rp178,840,- dan diberi waktu 3×24 jam untuk segera dibayar.

Lagi-lagi saya pun bersedia dan mengikuti perintah mereka dengan membayar prorata tersebut. Sudah dikonfirmasi oleh agennya bahwa pembayaran sudah terkonfirmasi dan pencabutan sudah terealisasi dengan info yang disampaikan:

Kak Adi, perihal estimasi refund uang jaminannya adalah 14 hari setelah terealisasinya permintaan berhenti berlangganan IndiHome-nya ya Kak. Perihal permintaan berhenti berlangganan IndiHome-nya Azani cek sudah terealisasi pada 17 Maret 2021 ya Kak. Terkait pengambilan perangkatnya kami upayakan agar dapat terealisasi dengan segera ya Kak. -Azani

Perkiraan perhitungan untuk 14 hari kerjanya jatuh di tanggal 7 Maret 2021. Ketika sudah tiba tanggal 7 Maret, ternyata deposit saya pun belum kembali juga. Akhirnya saya konfirmasi lagi melalui telepon dan ditangani oleh Team Leader-nya langsung atas nama Agung.

2 hari saya tunggu, belum dikembalikan juga refund deposit saya. Lagi-lagi saya konfirmasi lagi dan saya langsung berbicara dengan Team Leader atas nama Agung, dia menyarankan untuk menunggu, nanti akan dikonfirmasi. Namun sampai detik ini pun juga belum ada refund dan konfirmasi ke saya. IndiHome luar biasa bukan??

Kesimpulannya:

  1. Laporan pencabutan saya dari tanggal 28 Februari 2021 tidak dibuatkan, bahkan tidak ada laporannya sama sekali.
  2. Mereka yang salah tidak membuatkan laporan, tapi saya yang dibebankan untuk membayar prorata.
  3. Sampai detik ini tanggal 19 April 2021 deposit saya belum kunjung kembali, bahkan tidak ada konfirmasi sama sekali.

Layanan IndiHome sangat-sangat merugikan dan membuat pelanggan susah, bahkan hak pelanggan pun tidak diberikan. Besar harapan saya, sekelas IndiHome bisa membaca dan mengerti atas surat yang saya buat ini.

Terima kasih. Hormat saya.

Muswaddi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Telkom untuk Bapak Muswaddi

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Muswaddi pada tanggal 20 April...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Sudah 30 Hari Kerja, IndiHome Tidak Kunjung Mengembalikan Deposit

oleh Muswaddi M dibaca dalam: 2 min
0