Penagihan Home Credit Indonesia yang Tidak Sopan

Perkenalkan nama saya Paulina Viartiek Mukti T, nomor kontrak Home Credit: 3803061714. Saya mohon maaf karena saya sudah telat membayar cicilan saya selama 1 tahun. Saya telat membayar karena saya di-PHK semenjak Covid-19 dan sampai saat ini pun saya belum bekerja lagi.

Untuk menyambung hidup, saya jualan es dan itu pun untuk makan saja susah. Saya sadar kalau saya masih punya kewajiban untuk membayar cicilan.

Pada tanggal 29 April 2021, saya dapat WA dari Jonatan, Field Collector dari PT MBA Consulting, penagihan Home Credit Indonesia (HCI). Dia chat saya lewat WA untuk melakukan penagihan. Saya sudah menjelaskan kondisi keuangan saya sama dia. Saya bicara sopan dengannya, tapi DC HCI menggunakan kata-kata yang tidak sopan, melakukan penekanan dan pengancaman.

HCI sudah berizin di OJK, apakah cara penagihannya seperti itu? Apakah cara penagihan oleh Jonatan itu sudah sesuai SOP? Apakah seperti itu SOP penagihan dari HCI? Maaf, saya tidak terima saat dia bilang kepada saya seperti ini: “Jangan terlalu bodoh jadi nasabah”, “Anda menggunakan data untuk kepentingan orang lain”.

Saat pengajuan, saya menggunakan data asli saya sendiri dan untuk kepentingan saya sendiri. Jadi saya tidak tahu apa maksud DC HCI berkata seperti itu pada saya. Berikut saya lampirkan salah satu bukti chat WA.

Terima kasih.

Paulina Viartiek Mukti T
Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit Indonesia:
[Total:53    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Paulina Viartiek Mukti

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Paulina di MediaKonsumen.com pada 2 Mei 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

13 komentar untuk “Penagihan Home Credit Indonesia yang Tidak Sopan

  • 2 Mei 2021 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Ga cuma hci. Semua pembiayaan leasing atau bank yg bunga murah pun ga akan sopan menagih kalau namanya yg macet. Mau bapak bagus 10 tahun . Gt macet ttp di marahin. Mereka baik sama yg bayar lancar aja.

  • 2 Mei 2021 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Wajar, apalagi 1tahun.
    Anda punya aset, jual.
    Anda punya keluarga, bicarakan.
    Jangan digantung.
    Baca klausa pasal per pasal sebelum perjanjian.

    6
    1
    • 2 September 2021 - (19:46 WIB)
      Permalink

      PT. MBA rekanan Home Credit itu colector nya sok garang dan gak sopan. Jangankan terlambat bulan….terlambat beberapa hari aja bukan main kasarnya bahasa yg disampaikan. Terus terang saya menyesal berhubungan dengan Home Credit karena tidak jauh beda cara penagihan nya dgn Pinjaman Online.

  • 2 Mei 2021 - (22:07 WIB)
    Permalink

    “Jadi saya tidak tahu apa maksud DC HCI berkata seperti itu pada saya”

    maksudnya data peminjam akan disebarkan/dijelekkan

    semoga tagihannya bisa cepat lunas

    • 3 Mei 2021 - (16:04 WIB)
      Permalink

      Pasti ada jalan tetap tenang,, jngan sampai psikis stress.. hadapin saja mau gimana.. tetep usahain nego yg resmi jngan via wa.. jika tindakan di luar batas laporkan polisi saja.. jika nanti ada rezeki beresin dan tobat..

      2
      1
  • 3 Mei 2021 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Konsekuensinya punya hutang om. Apalagi setahun gak bayar angsuran. Pandemi yaa pandemi, tapi hutang harus di bayar. Lain kali jangan pinjam lagi

    1
    1
  • 3 Mei 2021 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Bahaya bu kalo di biarkan takutnya berbunga tagihannya atau kena pinalti..sebaiknya ibu aktif berhubungan langsung kepada pihak hcinya spy bisa meminta keringanan bayar tapi rutin

  • 3 Mei 2021 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Udah cuekin aja, ada duit bayar gak ada duit, HCI suruh tunggu sampai bapak pny Duit, banyak kok nasabah HCI yg seperti Bapak, jd santuy aja pak….

    4
    2
  • 3 Mei 2021 - (21:32 WIB)
    Permalink

    ✓ Jual aset. Lunasin utangnya, BERES!
    Gitu doang kok repot ? Udh nunggak setahun terus minta di istimewa-kan ?

    Dulu pas masih kerja + minjem lagi di HCI
    Pengeluaran Segede apa si sampe gaji bulanan ga cukup.
    Gaya hidup tuh di kurangin boss. Sekarang gak kerja jadi Kelabakan sendiri kan.

    2
    1
  • 5 Mei 2021 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Komentar yang mengarahkan untuk menjual aset dan menyalahkan peminjam itu biasanya Debt Collector. Menunggak pinjaman itu resiko dalam meminjamkan.

  • 24 Juli 2021 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Bawa santai,jagan terlalu stres….utamakan kebutuhan keluarga, bukan tidak mau bayar hutang tapi kalo sedang tidak ada uang gimana lagi….
    Sambil tetap berusaha untuk melunasi

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit Indonesia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Penagihan Home Credit Indonesia yang Tidak Sopan

oleh Paulina Viartiek Mukti Tresnaning dibaca dalam: 1 menit
13