Pendebitan Rekening BCA dan Pemblokiran Kartu Kredit

Perkenalkan nama saya Asrul Bahtiar STP. Saya adalah nasabah BCA dari tahun 2010. Sekitar tahun 2019 saya mendapatkan tawaran kartu kredit BCA dengan limit 3 juta rupiah. Sampai dengan bulan Februari masih saya gunakan. Karena kondisi keuangan saya dan karena adanya wabah covid yang berpengaruh pada penghasilan dan keuangan saya, sehingga di 6 bulan terakhir memang ada keterlambatan pembayaran.

Pada bulan November 2020 saya dirumahkan dan bulan Desember akhirnya saya memutuskan untuk berhenti bekerja. Pada bulan Maret 2021 saya memutuskan untuk mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp29.600.000 dan bulan Maret cair ke rekening BCA saya. Rencana saya tadinya buat modal usaha, karena saya belum bekerja lagi.

Tanggal 15 sekitar 16 saya mendapatkan email pendebitan rekening saya untuk total piutang kartu kredit saya sebesar Rp5.154.000 dan kartu kredit saya diblokir permanen. Padahal keterlambatan saya belum sampai 60 hari.

Yang jadi pertanyaan saya kepada Bank BCA adalah:

  1. Limit kartu kredit saya cuma 3 juta rupiah, kenapa tagihannya bisa sampai sebesar itu?
  2. Saya ikut asuransi BCA yang langsung debet dari rekening kartu kredit setiap bulan dan premi akan dikembalikan 100% setelah mencapai 5 tahun itu, bagaimana kelanjutannya?
  3. Apakah tidak ada kebijakan dari Bank BCA mengenai pemblokiran permanen kartu kredit saya karena keterlambatan saya belum 60 hari?
  4. Apakah premi yang sudah saya bayarkan hangus atau bagaimana? Mohon penjelasannya karena sesuai perjanjian, premi akan dikembalikan 100%.

Mohon dibantu untuk saran dan masukan buat saya, karena saya merasa Bank BCA sudah semena-mena terhadap saya yang sudah puluhan tahun jadi nasabahnya. Terima kasih.

Hormat saya.

Asrul Bahtiar STP
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:44    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Asrul Bahtiar

Menanggapi keluhan Bapak Asrul Bahtiar STP di Media Konsumen tanggal 11 Mei 2021 dengan judul “Pendebitan Rekening BCA dan Pemblokiran...
Baca Selengkapnya

Loading...

28 komentar untuk “Pendebitan Rekening BCA dan Pemblokiran Kartu Kredit

  • 3 Mei 2021 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Pertanyaan No. 1 – Ada bunga dan denda (baca S&K, ada cara perhitungannya).

    Pertanyaan No. 2 – Baca S&K nya Credit Shield biar jelas referensinya.

    Pertanyaan No. 3 – Ini juga ada di S&K. Jelas banget tertulis disitu.

    Pertanyaan No. 4 – Sekali lagi, ini ada juga di S&K.

    Kesimpulannya: Semua ada di S&K. Memang hidup jadi ribet apabila hutang tidak terbayarkan. Lunasin dan tutup langsung.

    Cash is King

    10
    6
    • 3 Mei 2021 - (21:54 WIB)
      Permalink

      No. 1000..anda orang BCA? Rasanya bukan.. tapi kok sok beri jawaban tapi sumir…lebih baik diam kalau gak bisa beri penjelasan yang terang…ini kok malah seperti pasukan nasi bungkus

      8
      1
    • 4 Mei 2021 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Bang fiman kalau tidak bisa beri penjelasan lebih baik anda bungkam atau diam paham

  • 3 Mei 2021 - (16:42 WIB)
    Permalink

    Yaelaaa limit 3 juta doang aja udah nunggak.. udh gitu bilang semena2 pula ke BCA. BCA itu bank paling aman di Indonesia, ngga kayak bank sebelah yang lu nabung disana, ngga tau besok uang lu masih ada apa kagak..

    Sudah puluhan tahun jadi nasabahnya. Anda jadi nasabah baru 2010, skrg baru 2021. Ya berarti masih 11 tahun dong, bukan puluhan tahun. Bisa ngitung ga sih wkwk.. dan gini ya mas, mau anda jadi nasabah sudah 100 tahun, tapi anda nunggak, ya tetep diblokir. Apalagi saldo anda segitu2 aja. Kecuali Anda nasabah prioritas dengan dana simpanan sampai milyaran, boleh lah anda ngancam2. Ini saldo segitu gitu aja, dikasih limit 3 juta aja nunggak. Diblokir komplen. Haha

    Makanya kalau ditawarin kartu kredit itu jangan seneng dulu. Lihat dulu, bakal bisa bayar apa engga..
    Udah buru lunasin sana, jangan belagak jadi korban.

    5
    16
  • 3 Mei 2021 - (17:39 WIB)
    Permalink

    pertanyaan nomor satu dan 4 tidak berbobot

    pertanyaan nomor 1 jelas anda bisa lihat sendiri di e-statement, setakut itu kah anda membuka tagihan kartu kredit sendiri? jawabannya jelas denda dan bunga

    nomor 4 ya anda sudah jawab sendiri kok, kalau sudah 5 tahun premi kembali 100%, terus kalo di stop gini emang anda mbayar premi selama 5 tahun? jelas tidak

    pertanyaan nomor 3, itu kamu sendiri yang memberikan kuasa pada BCA untuk melakukan hal itu, ada di pasal 12 syarat dan ketentuannya

    4
    1
  • 3 Mei 2021 - (19:52 WIB)
    Permalink

    Mas ,,, asrul sahabatku ….hehe

    Bnyk belajar ya…. smg ilmu nya mengenai kartu kredit /paylater /KTA /KPR dan sejenisnya , bs lebih baik , dipahami dg baca Syarat dan ketentuan, (S&K).

    Sy bs pahami mas asrul sbg pemula / newbie krn limit bru kbtulan terendahnya dlm pagu kartu kredit yakni 3 jt,

    saran sy pke kartu kredit sebatas kmampuan wlw limit lebih, jgn dijadikan alat utang tp jadikan alat byr atw promo diskon, pagi pake mlm atw besuknya byr sesuai pke , tdk hrs nunggu ditagihan bill , spy sehat dan dipercaya bank limit bs naik .dan tdk nyusahin jd beban utang…

    Semua bank hmpir sama dlm kartu kredit.sy sdikitnya jg pemegang aktip kartu kredit sdh dan mnjalani hidup non tunai 99%.

    *_SAHABAT SETIA DIMNPUN KAPANPUN PER-2 MEI 2021_*

    *FASILITAS KARTU KREDIT*

    *VISA*MASTERCARD*JCB*
    Non UNION PAY dan AMERICA EXPRESS

    *BCA*MEGA*BRI*DANAMON*BNI*AEON*UOB*PERMATA*SINARMAS*CIMBNIAGA*BSI*CIMB SYARIAH*MANDIRI*MAYAPADA*CITIBANK*MAYBANK*HSBC*PANIN*DBS*BTPN PRIORITAS*BRI PRIORITAS*BNI PRIORITAS*

    LIMIT Rp 2.542.000.000,-
    (dua miliar lima ratus empat puluh dua juta rupiah)

    Soal kartu kredit cukup tahu, mk sy dpt komntar….

    Saran : byr full sesuai tagihan mas…,jaga slik ojk spy memudahkn hidup krn 2 th mundur terekam di ojk tdk hilang dari diwaktu pelunasannya terahir.

    Semoga dimudahkn ya, yukk non tunai utk indonesia maju .

    5
    6
    • 4 Mei 2021 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Terima kasih semua komentarnya, bang angga sok yes banget ya, saya bilang baru di bulan terakhir terakhir nunggak, baca tulisan saya dengan mata anda punya mata kan? Atau anda buta?? Kalo tidak bisa baca biar saya bacain jangan komen yg nggak jelas

      2
      1
  • 3 Mei 2021 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Kartu kredit itu ibarat pisau bermata dua. Kalo ngerti cara mainnya. CC bakalan membantu kita memanage cashflow. Tp kalo enggak ngerti. Ya wassalam. Jangan dianggap enteng nunggak CC. Karena bunganya gede bgt blm lagi biaya denda dan keterlambatan.

    • 4 Mei 2021 - (13:07 WIB)
      Permalink

      Bung fayakun makasih buat masukannya, semoga ini jadi pelajaran yg berharga buat saya thank
      Bravo bang fayakun

  • 4 Mei 2021 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Ivan, jangan sok tahu anda, bca life akan dikembalikan saldonya kalo sudah lima tahun atau berhenti karena tidak menggunakan kartu kredit lagi, jangan sok tahulah anda, jangan jangan anda cuma komen aja tidak pernah tahu aturan, kalo orang tanya kalau tidak tahu jawabannya lebih baik diam aja van, van

    1
    2
        • 4 Mei 2021 - (19:49 WIB)
          Permalink

          Ya lebih muak sama orang ngutang, gaya2 punya kartu kredit tapi ujung2nya gabisa bayar.. apa gak malu2in namanya?

          Dasar tukang ngemplang

          • 4 Mei 2021 - (20:04 WIB)
            Permalink

            Ini angga bisa baca nggak ya apa buta hurup jangan jangan asal koment aja hahha

          • 4 Mei 2021 - (20:07 WIB)
            Permalink

            Situ mau ngomong aja saya sudah nggak yakin apalagi minta saran, kalau komen seperti anda saya biasa nya dapatnya dari preman pasat persis seperti omongan anda ini, paham kan???

    • 4 Mei 2021 - (14:16 WIB)
      Permalink

      Kalo cuma ketawa lihat foto situ bilang orang halo bca nggak meyakinkan jangan jangan hoax hahahahha

    • 4 Mei 2021 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Betul, gan..
      Lucu banget ya.. ini org dikasih 3 juta aja udah gabisa bayar. Gimana limitnya puluhan juta kayak saya..

      Sudah 8 tahun pakai CC BCA selalu ditawari naik limit, tapi ngga pernah saya approve. Selain itu dikirim kartu JCB, sama Garuda Indonesia KrisFlyer.

      Terimakasih BCA.
      Basmi pengemplang utang dari muka bumi!

      4
      1
  • 4 Mei 2021 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Memang BCA skrng lagi kacau.
    Mbanking saya habis kebobol hampir 22jt. Jelas jelas habis setor tunai diatas 5jt saldo cek lewat mbanking langsung layanan mbanking terblokir namun keesokan harinya bisa dibuka kembali dengan saldo berkurang. Dan keulang lagi saat setor tunai buka mbanking lagi terblokir lagi sampe skrng. Namun pihak halo bca menyatakan bahwa tidak ada pemblokiran sistem mbanking dan masih ada buktinya kalo mbanking saya terblokir. Saldo amblas semua.

  • 5 Mei 2021 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Memang lebih baik diblokir yang kaya gini utang ya bayar lah masalah bunga masa gak tau bunga kredit masalah asuransi apa tidak paham dari awal bikin kalau butuh saran kenapa tidak ke bank nya saja langsung ngakak jir liat konsumen kek gini dimasukin blacklist nangis lu

    • 5 Mei 2021 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Hutang sudah lunas gaen, yg jadi persoalan saldo pendebitan asuransi itu harusnya dibalikin ke rekening saya paham kah anda??

  • 7 Mei 2021 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Saya sudah dihubungi oleh hallo bca bagian asuransi dan sudah dibuatkan pelaporannya, namun dana yg terdebit dari tahun 2019 hangus, jenis asuransinya bca hospin refundable padahal saya masih ingat setelah lima tahun dana yg terdebit akan di refun, dan kalau terhenti otomatis dibatalkan dan saldo dikembalikan ke kartu kredit, saya rasa tidak ada keadilan buat saya, klau dana yg sudah terdebit hangus, saya merasa saya terkena tipu klau seperti itu,

  • 28 Mei 2021 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Woakwoakwoak BCA nya aja ogah di summon sama lu gan..
    Lu mau blow up ke media manapun, nasabah BCA tetep banyak, termasuk gue hahaha..
    Sudah sana lapor polisi, ojeka, mertua dll.. kasian nulia di Medkon ga digubris sama BCA woakwoak

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Pendebitan Rekening BCA dan Pemblokiran Kartu Kredit

oleh Asrul dibaca dalam: 1 menit
28