Pengenaan Biaya Penyimpanan Jaminan KPA Akibat Kesalahan Maybank Sendiri

Pihak Maybank Indonesia meminta pembayaran biaya penyimpanan jaminan KPA dikarenakan keterlambatan pengambilan jaminan. Padahal keterlambatan pengambilan jaminan dikarenakan oleh pihak Maybank sendiri. Kronologi kejadian:

  • 18 Februari 2021: Saya melakukan pelunasan KPA (cicilan terakhir).
  • 5 April 2021: Saya berinisiatif menanyakan cara pengambilan jaminan (dimana sebelumnya tidak ada pemberitahuan dari pihak Maybank Indonesia ke saya untuk mengambil jaminan). Pihak Maybank meminta saya menunggu kabar jadwal pengambilan.
  • 11 Mei 2021: Pihak Maybank Indonesia memberitahukan (melalui email) jadwal pengambilan jaminan yaitu di tanggal 25 Mei 2021 dan meminta pembayaran biaya penyimpanan jaminan KPA karena sudah melebihi batas waktu 60 hari sejak tanggal pelunasan KPA. Biaya yang diminta sebesar Rp740.000,- (dihitung dari hari ke-61 sejak tanggal pelunasan sampai dengan tanggal 25 Mei 2021, dimana biaya per hari Rp20.000).
Email 11 Mei 2021
Email 11 Mei 2021 dari Maybank ke saya. Maybank memberitahukan jadwal pengambilan dan pengenaan biaya simpan jaminan
  • 18 Mei 2021: Saya membaca email pemberitahuan (email tgl 11 Mei 2021 di atas) dan menyatakan keberatan untuk membayar biaya penyimpanan jaminan dikarenakan penyebab lewatnya batas waktu 60 hari dilakukan oleh pihak Maybank Indonesia sendiri. Kemudian pihak Maybank meminta saya untuk mengisi form permohonan penghapusan biaya penyimpanan jaminan. Saya melengkapi dan mengirim form tersebut pada hari itu juga (18 Mei 2021). Pihak Maybank menyatakan akan memprosesnya.
  • 21 Mei 2021: Saya menanyakan kabar proses keberatan saya.
  • 24 Mei 2021: Pihak Maybank Indonesia menjawab bahwa pengajuan saya belum disetujui oleh internal mereka dan sedang mencoba proses banding (dalam internal Maybank Indonesia). Tidak ada informasi ke saya sampai kapan proses banding tersebut.

Saya keberatan membayar biaya penyimpanan jaminan dikarenakan:

  1. Tidak ada pemberitahuan dari pihak Maybank untuk pengambilan jaminan setelah pelunasan KPA di tanggal 18 Februari 2021 dan tidak ada pemberitahuan mengenai biaya penyimpanan yang akan muncul apabila lewat 60 hari.
  2. Saya sudah menghubungi pihak Maybank Indonesia pada tanggal 5 April 2021 untuk pengambilan jaminan (masih kurang dari 60 hari), tetapi baru dijadwalkan pengambilan pada tanggal 25 Mei 2021. Jadi, pihak Maybank Indonesia sendiri yang memberikan jadwal lebih dari 60 hari sejak tanggal pelunasan KPA.
  3. Saya baru mengetahui adanya biaya penyimpanan dari email pihak Maybank Indonesia di tanggal 11 Mei 2021 (dimana sudah lewat 60 hari dari tanggal pelunasan KPA).

Handojo Hendra Triyanto
Nomor Rekening/CIF: 1250968056/10116070
Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Maybank Indonesia:
[Total:6    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan Maybank Indonesia atas Surat Bapak Handojo Hendra Triyanto

Dengan hormat, Menanggapi pengaduan yang disampaikan Bapak Handojo Hendra Triyanto melalui Mediakonsumen.com pada tanggal 3 Juni 2021 berjudul “Pengenaan Biaya...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Pengenaan Biaya Penyimpanan Jaminan KPA Akibat Kesalahan Maybank Sendiri

  • 3 Juni 2021 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Pasti sangat bikin kesal dan kecewa, namun jika itu terjadi kepada saya maka yang akan saya lakukan adalah membayarnya dan tidak akan pernah lagi berhubungan dengan bank tersebut, dan menyampaikan kekecewaan saya di depan mereka saat mengambil aset yang di jaminkan

    Siapa tau kalau di biarkan berlarut tagihan tersebut berubah menjadi cicilan yang akan terus bertambah setiap waktunya, juga berimbas ke skor kredit.
    Saya tidak akan menghabiskan energi dan fikiran saya hanya untuk bank seperti itu yang akan terus menyusahkan

    • 3 Juni 2021 - (13:56 WIB)
      Permalink

      ” Siapa tau kalau di biarkan berlarut tagihan tersebut berubah menjadi cicilan yang akan terus bertambah setiap waktunya, juga berimbas ke skor kredit.” HAH?? maksdnya apa tong? kok tagihan jadi cicilan?

      “Saya tidak akan menghabiskan energi dan fikiran saya hanya untuk bank seperti itu yang akan terus menyusahkan”. Hmm.. kalo menurut saya malah sampean juga nggak usah ngabisin energy buat pamer kebodohan dengan ngasih comment yang sama sekali nggak nyambung. Mendingan waktunya dipake buat belajar dan banyakin baca lagi biar literasinya bertambah.

  • 8 Juni 2021 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Pihak Maybank Indonesia sudah menghapuskan biaya penyimpanan jaminan. Permasalahan saya sudah selesai.

 Apa Komentar Anda mengenai Maybank Indonesia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Pengenaan Biaya Penyimpanan Jaminan KPA Akibat Kesalahan Maybank Sendi…

oleh Handojo Hendra Triyanto dibaca dalam: 1 min
4