Rekening Tabungan Mandiri Dibekukan karena Menunggak Pembayaran Kartu Kredit

Nama saya Marcellina, dengan nomor kartu kredit Bank Mandiri: 5243 2503 02** **70 . Saya di sini hanya ingin didengar oleh direktur Bank Mandiri, khususnya bagian kartu kredit. Karena setelah saya email ke Mandiri Care, mulai dari tanggal 11 juni 2020 meminta keringanan pembayaran dan minta untuk dijadikan cicilan dan juga berkomunikasi dengan bagian collection Bank Mandiri, sampai sekarang tidak ada solusi untuk tunggakan kartu kredit saya. Apalagi di masa pandemi seperti ini.

Saya bukan tidak mau bayar, tapi permintaan dari bagian collection terlalu tinggi sehingga saya tidak bisa bayar. Padahal saya sudah email Mandiri Care dan menyertakan bukti slip gaji saya dan juga surat keterangan dari kantor yang menyatakan bahwa saya sebagai karyawan terkena dampak dari covid-19 perihal masalah gaji. Bahkan bisa dicek bagaimana riwayat pembayaran saya sebelum terkena dampak covid-19. Saya selalu melakukan pembayaran. Saya tidak pernah menunggak, tapi sekarang saya terpaksa karena sedang tidak bekerja dan tidak ada penghasilan.

Saya sangat kecewa, rekening Mandiri saya dibekukan mulai tanggal 17 Februari 2021. Padahal itu sisa tabungan saya dan harapan saya satu satunya untuk bertahan di masa pandemi ini. Saya mohon dibukakan lagi, tapi gak bisa, dikarenakan saya masih mempunyai tunggakan kartu kredit Mandiri. Saya kesulitan untuk bertahan di masa pandemi ini karena uang saya satu satunya dibekukan oleh pihak Bank Mandiri.

Limit saya Rp38 juta dan hutang saya semakin besar sehingga mencapai Rp43 juta. Saya ada itikad untuk membayarnya dengan cicilan sesuai kemampuan saya, sehingga saya bisa angsur tiap bulan dengan lancar dan juga kebutuhan hidup sehari hari bisa tercukupi dan juga bisa bertahan selama pandemi ini. Tetapi pihak collection tetap ingin semua dana yang dibekukan di tabungan saya digunakan untuk pembayaran kartu kredit saya.

Saya mohon kepada bapak direktur dan jajarannya, mohon bantu saya mohon dengar suara saya. Saya mau bayar tapi sesuai keadaan saya, sehingga saya bisa lancar untuk bayar. Saya bukan tidak mau bayar, tapi permintaan dari collection terlalu tinggi dan saya tidak sanggup karena sampai sekarang saya masih belum bekerja.

Dari sini pun saya belajar bagaimana saya harus atur keuangan dan berurusan dengan kartu kredit, khususnya yang di Bank Mandiri. Saya tidak akan kabur, apalagi mengganti nomor hp saya. Saya tetap angkat telepon dari pihak bank.

Bapak direktur dan jajarannya, tolong berikan solusi kepada saya, saya hanya seorang karyawan biasa. Berikan kesempatan saya untuk bisa melunasi. Tolong buka dana rekening tabungan saya karena itu satu satunya uang saya untuk saya bertahan di pandemi ini. Tolong tutup kartu kredit saya dan jadikan cicilan sesuai dengan kemampuan saya saat ini. Tolong saya dan bantu niat baik saya.

Terima kasih atas perhatiannya.

Marcellina
Badung, Bali


Update (9 Juli 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas penyelesaian oleh Bank Mandiri sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri:
[Total:139    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Ibu Marcellina

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu alami dan terima kasih atas masukannya. Menindaklanjuti pengaduan Ibu, pada tanggal 06 Juli...
Baca Selengkapnya

Loading...

23 komentar untuk “Rekening Tabungan Mandiri Dibekukan karena Menunggak Pembayaran Kartu Kredit

  • 5 Juli 2021 - (17:47 WIB)
    Permalink

    Semua bank begitu , sudah ada diklausal syarat dan ketentuannya.
    Bapak sudah mengaktifkan kartu tersebut berarti bapak sudah setuju dengan syarat dan ketentuannya.

    Punya tabungan dan kredit macet di bank “A” , tabungannya jangan sampai ada uangnya , karena bank bank bisa ambil uang sesukanya, biasanya sampai di NoL kan tabungannya karena memiliki tunggakan dibanknya sendiri.

    7
    2
    • 5 Juli 2021 - (20:13 WIB)
      Permalink

      Kalo memang tidak bisa membayar, sebaiknya rekening tabungan di bank bersangkutan tidak dipakai lg. Mengenai perubahan tagihan menjadi cicilan ringan biasanya bisa diajukan setelah beberapa bln macet
      Semoga masalah anda bisa cepet selesai.

      6
      1
    • 6 Juli 2021 - (09:01 WIB)
      Permalink

      Ya pak.. maaf saya ga tau.. karena saya ga bekerja dan kehilangan penghasilan semenjak covid-19 dari maret 2020.. saya sudah mencoba mengajukan cicilan semenjak bulan juni 2020 tapi belum mendapatkan hasil.. akhirnya bulan february 2021 dana tabungan saya dibekukan, uang saya ga bisa diambil.. dengan syarat mesti membayar tunggakan kartu kredit saya.. semua ini emang salah saya.. makanya di sini saya hanya meminta keringanan atas hal ini 🙏 saya ada niat baik mau membayar 🙏

      3
      1
      • 6 Juli 2021 - (15:08 WIB)
        Permalink

        Iyah ka saya juga berharap masi bisa ditutup dan dicicil untuk tagihan cc saya sesuai kemampuan saya saat ini.. makasi ya ka 🙏

      • 6 Juli 2021 - (15:44 WIB)
        Permalink

        Katanya karyawan, ni bilang ada usaha gimana mana yg bener karyawan apa pengusaha
        Tapi gak penting jugak lah ok bye

        • 6 Juli 2021 - (17:12 WIB)
          Permalink

          Sejak maret 2020 saya sudah dirumahkan dan ada surat keterangan juga dari kantor pak.. dan sejak itu saya banting setir usaha kecil kecilan untuk bertahan di masa pandemi.. saya ga mungkin diem ga ngapa ngapain.. karena saya tau saya punya banyak tanggungan yg mesti saya bayar.. makanya saya mengajukan restrukrisasi kartu kredit saya menjadi cicilan.. terimakasih

          • 6 Juli 2021 - (22:16 WIB)
            Permalink

            Kalo rek sudah di bekukan itu sudah tidak bisa berbuat banyak kecuali membayar tunggakan kk nya. Pengalaman seperti itu kalopun minta cicilan biasanya nunggu bener bener tidak bisa bayar sama sekali baru nanti bisa dilakukan cicillan atau restruk itupun bisa bulanan dan tahunan, ya pengalaman aja . Kalo pake kk rek tab nya jangan 1 bank . Mau ngeluh sama siapapun tak ada guna krn itu sudah ketentuan bank .

    • 6 Juli 2021 - (10:52 WIB)
      Permalink

      Iyah pak semua ini emang salah saya. Saya ga tau. Makanya saya mau melunasi hutang saya dengan cara dicicil supaya tidak berat.

      1
      1
      • 6 Juli 2021 - (14:13 WIB)
        Permalink

        Itu kejadian dah hampir setahun kak ya kl udh iklasin aja..
        Anggep aj km sdh bayar cicilan selama setahun
        sisanya km bayar aja di cicil mnt pihak bank…
        Biasa ga lama minta keringanan biasa di ACC .. di lihat dr rekening koran di tabungan..
        Biasa cm 2-3 tahun..
        Kl memang blm ad kabar harusnya terus hub bag bank sampai ad jalan akhirnya kl di tumpuk terus akan makin banyak dan bank pasti pakai cara bekukan

  • 6 Juli 2021 - (04:55 WIB)
    Permalink

    wajar rekening dibekukan, ada di syarat dan ketentuan saat pengajuan kk, kecuali rekeningnya beda bank 😅
    bikin rekening di bank lain saja

    3
    2
    • 6 Juli 2021 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Iyah kaka semua emang salah saya tapi itu uang saya satu satunya untuk bertahan selama pandemi ini.. dan mendadak dibekukan.. makanya saya meminta solusi atas hal ini.. saya ada niat membayar tapi dengan cicilan sesuai kemampuan saya saat ini..

      • 6 Juli 2021 - (10:26 WIB)
        Permalink

        Logika anda di mana, anda bilang itu uang anda satu satunya, tapi ngaku ngutang 43juta. Emang saldo anda di rekening itu berapa?

        1
        3
        • 6 Juli 2021 - (10:51 WIB)
          Permalink

          Ada 18 juta yang dibekukan itu sisa hasil usaha saya pak. Saya di sini hanya meminta solusi kartu kredit saya mau saya tutup dan dijadikan cicilan supaya ga berat untuk bayar setiap bulannya. Saya mau melunasi dengan cicilan 🙏

  • 6 Juli 2021 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Selama hampir setahun apa kah tidak di cicil misa bayar minimal kreditnya? Sampai akhirnya di bekukan? Sedangkan anda ad 18jt?

  • 6 Juli 2021 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Saya pun pernah mengalami gagal bayar kk di bank abc setelah satu bln gagal byr ada uang msk dari customer ke rekening saya begitu cepatnya saldo hilang ternyata langsung auto debet di bank yg bersangkutan kk tesebut.

    Dan sampai skrng blm saya lunasi memang sampai skrng sdh setahun lebih tdk ada yg nagih baik via tlp or surat ke rmh.

    Apakah klo saya mau bayr denda tunggakan akan berjalan terus…?

    • 6 Juli 2021 - (17:15 WIB)
      Permalink

      Iyah pak.. sama dengan saya.. saya sudah di dalam proses pengajuan restrukturisasi kartu kredit.. di dalam proses tersebut, di bulan february 2021 tiba tiba bank mandiri meng hold dana di rekening tabungan saya.. saya diminta melakukan pembayaran kartu kredit saya dahulu baru bisa dibuka lagi.. padahal saya sudah minta dicicil.. kalo langsung bayar sekaligus.. saya ga ada dana lagi untuk bertahan hidup..

  • 6 Juli 2021 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Saya bukannya ga mau bayar.. dari juni 2020 saya sudah mengajukan restrukrisasi dan meminta keringanan untuk pembayaran cc.. karena usaha macet dan saya juga ga bekerja.. tapi belum ada kesepakatan karena pihak collection meminta saya terlalu tinggi, tidak sesuai dengan kemampuan saya.. dan itu juga uang masi ada untuk keperluan lainnya dan kebutuhan bertahan hidup.. kalo semuanya dibayar untuk cc bagaimana saya bisa bertaham hidup.. makanya saya minta dijadikan cicilan.. dan saya sudah ajukan ke mandiri care sejak juni 2020

  • 6 Juli 2021 - (21:51 WIB)
    Permalink

    biasanya bank akan acc restruktur itu butuh waktu max 6bulan ka (hutang tertunggak). jd macet bayar 6bulan mereka acc, namun ketika kondisinya tab ny di blokir sama bank tsbt memang pure karena bank tersebut bisa melakukan hal itu ka. saya doakan kk dpt rejeki lebih banyak ya ka. sehingga mampu bertahan di pandemi ini.

    • 7 Juli 2021 - (17:53 WIB)
      Permalink

      Amin ka makasi ya.. atas doa nya.. kakka juga sehat selalu dan banyak berkat.. terimakasih ka

  • 8 Juli 2021 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya pintar-pintar kita sebagai nasabah yang menunggak untuk menegosiasi. Saya sebelumnya juga mengalami hal serupa di bank BCA. Dana berapapun yang ada di rek saya langsung di auto debet tanpa ampun. Lalu saya coba bicarakan dengan pihak collection terkait, awalnya mereka minta cicilan hanya dilakukan 6 bulan tapi saya tidak sanggup. Lalu saya coba hubungi head collectionnya, akhirnya di acc untuk bayar semampu saya tentunya harus diatas 500rb tidak boleh dibawah itu. Namun dari pihak bank memang ada menginfokan, selama masih ada tunggakan bank berhak mengambil (auto debet) dana yang ada di rekening kita. Jadi tiap bulan saya bayarkan lalu saya kosongkan jadi tidak terdebet. Yang penting tiap bulan ada bayar saja sampai lunas. Tidak perlu nunggu ditagih kak

    • 8 Juli 2021 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Iyah kaka saya dengan pihak collection memang belum mencapai kata sepakat. Karena permintaan mereka yang terlalu tinggi. Sedangkan saya masi belum bekerja lagi? Usaha sampingan kecil kecilan juga hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Makanya saya mengajukan dijadikan cicilan. Sayangnya angkanya masi terlalu tinggi sehingga saya khawatir terjadi gagal bayar lagi nanti. Percuma saya terpaksa setuju nanti gagal bayar karena saya tau kondisi saya saat ini masi belum stabil. Semoga pihak collection bisa menerima itikat baik saya mau mencicil tunggakannya

  • 9 Juli 2021 - (12:49 WIB)
    Permalink

    Terkait surat pembaca saya dengan judul “Rekening Tabungan Mandiri Dibekukan karena Menunggak Pembayaran Kartu Kredit” saya mau berterima kasih banyak kepada Media Konsumen yang telah menjembatani masalah yang saya keluhkan dengan dimuatnya keluhan saya.

    Dengan ini saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank Mandiri cabang gatsu bali yang diwakili oleh Pak Arthur Mandala yang sudah menghubungi dan memberikan solusi atas masalah ini pada hari Kamis 8 Juli 2021, berkomunikasi kepada saya.

    Saya sangat mengapresiasi kerja keras Pak Arthur Mandala untuk menyelesaikan keluhan konsumennya dengan baik dengan terus meng-update perkembangannya kepada saya dan mengkomunikasikannya, sehingga masalah saya dapat diselesaikan dengan sangat baik dan cepat.

    Meskipun pada awalnya saya sempat kecewa, karena keluhan saya sempat tidak direspon. Namun saya mengapresiasi langkah cepat Pak Arthur Mandala untuk membantu menyelesaikan keluhan saya tersebut. Mohon maaf jika surat saya dan email saya ada kata-kata yang kurang berkenan. Masalah ini saya nyatakan selesai. Sekali lagi, terima kasih.

    Marcellina
    Badung, Bali

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mandiri?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Rekening Tabungan Mandiri Dibekukan karena Menunggak Pembayaran Kartu …

oleh Marcellina Marcellina dibaca dalam: 2 menit
23