Keamanan Sistem Data Pelanggan IndiHome yang Buruk

Selama saya memakai IndiHome sejak tahun 2018 (nomor ID: 152611210726, a.n. ibu saya: Indr***** Ma*****), saya yang mengurusi pembayaran serta kendala. Akhir-akhir ini pelayanan IndiHome mulai menurun, terutama masalah keamanan data pelanggannya.

Kasus yang saya alami bermula ketika ingin menambahkan device seamless, yang menurut informasi, device seamless maksimal dapat dipakai hingga 5 device. Sejak saya berlangganan IndiHome, saya memanfaatkan fitur berlangganan Wifi.id seamless hingga 3 device.

Saat ini saya ingin menambahkan device lagi, tapi tidak bisa (gagal). Karena aturan IndiHome, harus memverifikasi akun menggunakan NIK KTP di aplikasi IndiHome, yang memerlukan Aktivasi Profil. Ok, mungkin karena regulasi baru dan demi kenyamanan user, akhirnya saya turuti.

Nah anehnya, setelah memasukkan NIK ternyata secara tidak saya ketahui, nomor IndiHome saya terkoneksi atau sudah dipakai oleh alamat yang tidak saya kenal, yaitu: billyarter@gmail.com. Akhirnya saya coba komplain ke CS Telkom Plasa di kota saya. Namun di sistem mereka, tidak ada email billyarter@gmail.com pada relasi nomor IndiHome saya.

Akhirnya ada masukan solusi oleh CS Plasa Telkom:

  • Solusi 1: CS akan menghapus device yang terkoneksi pada nomor IndiHome, dan saya disuruh untuk hapus cache. Hasilnya nihil.
  • Solusi 2: Minta foto KTP dan selfie KTP, agar dilakukan penghapusan atau pencabutan fitur terkait nomor IndiHome saya. Setelah 2 hari menunggu, hasilnya nihil.
  • Solusi 3: Agar menggunakan nomor ponsel baru dan mendaftar dengan akun baru dan verifikasi ulang. Namun tetap saja tidak bisa verifikasi (ya jelas tidak bisalah, wong nomor IndiHome-nya aja terkoneksi ke email pencuri).
  • Solusi 4: Saya coba tanya IndiHome Care, dan diberi alternatif lain, yaitu login menggunakan email si pencuri lalu mengganti nomor dengan cara ganti nomor.

Akhirnya setelah saya curhat ketika verifikasi, dikonfirmasi penggantian nomor. Namun apesnya saya, ketika akan login sistem IndiHome menolak. karena OTP sudah dilakukan sebanyak 5x sehari dan harus menunggu 1×24 jam. Besoknya saya coba lagi, tetap saja nomor HP saya tidak bisa masuk alias seperti tidak terkonfirmasi.

Hingga saat ini masih beratus cara saya lakukan agar nomor IndiHome saya bisa saya ambil alih, terutama untuk fitur seamless. Kenapa saya yang membayar tapi tidak bisa verifikasi sendiri menggunakan KTP sesuai data awal pemasangan?

Mohon Pihak IndiHome membaca postingan saya dan dapat dibenahi sistemnya.

Axel Claudio Aldiora Pranata
Nganjuk, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:48    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Axel

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat keluhan pelanggan atas nama Bapak...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Keamanan Sistem Data Pelanggan IndiHome yang Buruk

  • 2 September 2021 - (14:20 WIB)
    Permalink

    Saya AXEL selalu pelapor

    Terima Kasih Pihak IndiHome, yang telah merespon cepat atas kendala masalah akun IndiHome pada Postingan sebelumnya, ” Keamanan Sistem Data IndiHome yang buruk ” Serta Terima Kasih kepada pihak situs MEDIA KONSUMEN atas bantuan dalam menyampaikan laporan ke pihak IndiHome.

  • 2 September 2021 - (22:23 WIB)
    Permalink

    Benar ini pernah kejadian juga kepada saya selalu pelanggan indihome
    Tolong indihome dapat memperbaiki keamanan sistemnya atau oknum yang melakukannya
    Supaya pelanggan dapat lebih terjamin dan percaya kepada indihome

  • 3 September 2021 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Solusi 4: Saya coba tanya IndiHome Care, dan diberi alternatif lain, yaitu login menggunakan email si pencuri lalu mengganti nomor dengan cara ganti nomor.

    Solusi di atas itu aneh bener ya… login pake email si pencuri ?? lah emang bisa ? kan itu email yg ga penulis kenal kan…

    • 3 September 2021 - (12:05 WIB)
      Permalink

      Itu menurut ku aneh dan mengherankan.
      Sekarang status selesai, entah bagaimana diselesaikan. Tapi sudah mengedukasi orang.
      Sekarang para pengguna bisa cek apakah ada alamat email lain yang nyangkut?
      Tetapi yang membuat saya heran kenapa seolah olah pelanggan harus meminta akses penuh ke alamat email itu? Maksudnya apa Miskha?

  • 3 September 2021 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Emang indihome kaya **** skrg ,,udh internet tambah lelet ditambah pula kalo tengah malam suka ga pernah koneksi,,lah ga ngerasa gimana yg suka begadang kalo jam tengah malam ga konek sampe subuh kan **** indihome

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Keamanan Sistem Data Pelanggan IndiHome yang Buruk

oleh Axel Pranata dibaca dalam: 1 menit
7