Rumitnya Birokrasi Pendaftaran Grab Pekanbaru

Dear Manajemen Grab Pekanbaru,

Langsung saja kepada pokok permasalahan yang saya alami terkait pendaftaran Grab Pekanbaru. Sebelumnya saya mendapatkaj informasi pendaftaran mitra baru untuk layanan Grab Bike melalui mitra driver Grab sendiri yang mengatakan bahwa pendaftaran langsung saja ke kantor Grab.

Pada tanggal 12 Juli berbekal persyaratan yang saya dapatkan dari rekan mitra Grab Bike tersebut, saya mendatangi kantor Grab Pekanbaru. Adapun persyaratan yang saya bawa saat itu adalah:

  1. e-KTP
  2. SKCK Aktif
  3. SIM C Aktif
  4. STNK Motor Aktif
  5. Buku Tabungan Non Syariah Aktif
  6. Materai Rp10.000 2 lembar

Pada pukul 12 siang saya sampai di kantor Grab Pekanbaru dan saya melihat spanduk besar bahwa pendaftaran mitra Grab dibuka dan gratis. Karena jam istirahat, maka saya dianjurkan oleh security-nya untuk menunggu sampai pukul 2. Setelah pukul 2, security-nya mulai memanggil/melihat data di lembarannya. Saya hampiri security-nya, tapi saya tidak diizinkan masuk, dengan alasan harus daftar online dulu.

Pertanyaan saya:

  1. Satpam tersebut tahu saya dari tadi mau mendaftar Grab? Kenapa tidak memberi tahu dari awal tentang harus daftar online terlebih dahulu? Saya menunggu 2 jam begitu, lalu dengan entengnya satpam ngomong begitu.
  2. Setelah beradu argumentasi, akhirnya saya diberi link pendaftaran oleh satpamnya dengan link http://bit.ly/daftarGrabPekanbaru

Saya isi semuanya, setelah itu saya tanya ke satpamnya. Satpamnya menjawab nanti akan dipanggil melalui SMS. Saya balik bertanya, setelah dapat SMS lalu apa lagi? Si satpam menjawab bawa semua berkas ke kantor lagi untuk verifikasi. Saya heran dan merasa dibodoh birokrasi Grab, kalau sudah daftar online kenapa harus verifikasi lagi? Kalau harus verifikasi, kenapa harus daftar online?

Sampai surat ini saya tulis tanggal 9 September 2021, saya tidak mendapatkan SMS atau email apa-apa dari Grab Pekanbaru. Sudah 3 bulan menunggu, sementara saya baca di grup Facebooknya para driver ada yang daftar langsung bisa, ada yang 3 hari sudah dipanggil. Sebenarnya apa sih kriteria untuk menjadi mitra driver Grab?

Terima kasih telah membaca unek-unek saya yang mau mencari uang di jalan yang halal.

Andri Fitra
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Grab Indonesia:
[Total:22    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Rumitnya Birokrasi Pendaftaran Grab Pekanbaru

  • 11 September 2021 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Mau daftar grab bike kok gak sabaran, bagaimana mau layani costumer kalau gitu? Kalau costumer telat keluar atau sedikit melenceng dari tujuan aplikasi, bisa ngamuk-ngamuk nanti.

    Keterangan security udah benar, security kan gak tahu apa Anda udah daftar online atau belum. Jelas saja security minta menunggu. Jika belum dipanggil kan bisa konfirmasi lagi ke security, mau dipanggil jam berapa?

    Soal pendaftaran semua juga online, tapi setelah mendaftar secara online, tentu harus datang untuk verifikasi data. Kalau gak verifikasi data dan foto pengemudi tapi langsung dikasih, kalau fiktif bagaimana? Mikir dikit napa sih!

    Setelah daftar online tapi belum dapat SMS, berarti belum ada pembukaan driver baru. Kalau teman driver bilang ada pembukaan, kenapa gak Anda verifikasi, tanya lagi ke grab, benar gak ada pembukaan driver baru? Gitu lho!

    Kriterianya sederhana aja, Anda memiliki data sesuai persyaratan dan skill untuk melayani costumer. Mau jadi mitra grab harus bersabar, jangan dikit-dikit komplain, itu perusahaan transportasi online, bukan opal.

    9
    2
    • 17 September 2021 - (18:50 WIB)
      Permalink

      @M. Zubir koq anda tau persis mengenai mekanisme perekrutannya? Saya jadi yakin betul bhw anda ini adlh antek2nya perusahaan yg tugasnya utk membuly para penulis utk menggiring opini agar penulis keluhan merasa terpojokan akibat postingannya ini ya?

  • 11 September 2021 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Pro aktif nya mbok ya kalo belum terima sms konfirmasi ke kantor nya, selama 3bulan itu bukan waktu yg sebentar pa

  • 12 September 2021 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Setau ane nh klo skrg daftar utk jd mitra itu hrs dr agen gk bisa langsung daftar online sndri. Smua itu ada uang pelicin

    • 12 September 2021 - (17:35 WIB)
      Permalink

      Dimusim pandemi sprt ini kt slalu banyak2 bersabar pak,, kemungkinan saat ini memang tidak/belum mnerima mitra baru, seperti halnya sayapun sdh hampir 1 bulan mendaftar belum ada tanggapan dr pihak grab ny..!
      #masih menunggu🙏

  • 15 September 2021 - (04:30 WIB)
    Permalink

    Coba bersabar sedikit. Musim pandemi gini orderan juga sepi. Jadi pihak Grab pasti ada pertimbangan khusus. Kebetulan saya dari pihak merchant ikut merasakan sepinya orderan.

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Indonesia?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Rumitnya Birokrasi Pendaftaran Grab Pekanbaru

oleh Andri dibaca dalam: 1 menit
7