Surat Pembaca

Beli Samsung S20 tapi Dikirim Blackberry, Shopee Malah Memenangkan Penjual

Saya memesan sebuah HP Samsung S20 Ultra RAM 12/128 GB melalui Shopee. Nomor pesanan: 2109257KBE55PD, dengan akun penjual “gadgetin aja store“, pada tanggal 26 September 2021. Saya melakukan pembayaran dan pada tanggal yang sama penjual sudah mengirim barangnya dan diterima oleh saya keesokan harinya.

Tanggal 28 September 2021, saya baru melakukan unboxing. Betapa terkejutnya saya, ternyata yang dikirim bukan hp yang saya pesan, tetapi hp Blackberry. Kemudian saya langsung melakukan komplain pengembalian barang dan dana. Namun ditolak penjual, dengan alasan sudah mengirimkan barang yang sesuai. Padahal sudah saya kirim semua bukti yang diminta oleh pihak Shopee dan sudah dilakukan investigasi langsung oleh SiCepat.

Pihak SiCepat pun mengatakan timbangannya hanya selisih 0,05 gram dan ini murni kesalahan penjual. Namun Shopee malah memenangkan penjual, dengan alasan saya tidak memberikan bukti video unboxing saat diskusi komplain. Padahal saya sudah kirim (kebijakan Shopee hanya bisa memasukkan video tidak boleh lebih dari 30 MB).

Saya sudah menjelaskan kalau saya memasukkan video 17 detik, karena di kolom bukti hanya bisa dimasukkan video gak lebih dari 1 menit. Saya sudah bilang video aslinya 1 menit 13 detik dan pihak Shopee meminta screenshot rincian video, juga telah saya berikan. Alasan Shopee memenangkan penjual, karena saya tidak memasukkan bukti video unboxing. Padahal saya sudah kirim video unboxing-nya. Kok jadi saya yang salah? Kan itu kebijakan Shopee sendiri. Kalau gitu ganti saja kebijakannya, supaya bisa memasukkan video dengan durasi yang lebih panjang agar bisa masuk ke kolom bukti.

Pihak penjual a.n. randyefrirahmanda, dengan kata-kata mengejek melalui akun Instagram bernama zenostoregadget, menanggapi video unboxing saya di link: https://www.instagram.com/tv/CUpuVurpEQd/

Saya sebenarnya juga sudah mengirim video yang asli ke pihak investigasi SiCepat serta email ke Shopee (link Youtube). Saat ini masuk ke nomor pelaporan SiCepat untuk Shopee: Shopee-243907 dan masuk ke pelaporan Shopee: 220787352.

Tolong kembalikan dana saya, karena saya menerima barang yang tidak sesuai. Sementara saya menerima balasan email dari Shopee yang menutup kasus terus. Padahal saya tidak menerima hasil keputusan. Pihak Shopee meminta saya menghubungi penjual terus-terusan, padahal saya diblokir oleh penjual. Saya sudah lampirkan bukti juga ke email dan dana telah diteruskan ke penjual sebesar Rp6.000.000 pada tanggal 6 Oktober 2021.

Mohon bekukan akun penjual tsb (sesuai info CS tim terkait Shopee yang telah menelepon saya tanggal 17 Oktober 2021 pukul 10 pagi), karena terbukti adanya indikasi penipuan/kesalahan seller, sesuai info yang telah disampaikan oleh tim internal SiCepat kepada saya.

Pihak SiCepat juga sudah berusaha menghubungi penjual, tapi belum juga berhasil tersambung sampai saat ini. Mohon segera kembalikan dana saya sebesar Rp6.000.000 sesuai dengan kesepakatan. Karena penjual terbukti bersalah sesuai info dari pihak internal SiCepat dan tidak dapat mengirimkan bukti timbangan paket yang tertempel resi awal kirim sebelum dikirim ke gerai SiCepat.

Dewi Natalia
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @shopeecare @shopeeID tolong bantu usut masalah ini, tim mediasi tidak mau mengembalikan dana saya dan meminta saya untuk menyelidiki sendiri bukti yang diminta juga aneh yang tidak bisa saya dapatkan. Mohon tindak tim mediasi tersebut..apabila saya nanti dapat balasan email tetap sama tidak mau mengembalikan dana 6 juta saya utuh dan atau saya mendapatkan ancaman maka dengan maaf saya akan sebutkan nama tim mediasi terkait yang telah membuat keputusan aneh ini. Saya tunggu etikat baiknya...terimakasih

  • @shopeecare_id masa saya dapat balasan email tim mediasi dimita take down artikel ini dan menghapus bintang 1 diplaystore disertakan bukti screenshoot dikirim ke email tetapi tidak mau mengembalikan dana saya sepeserpun.mohon kembalikan dana saya karna saya terbukti menerima barang yang tidak sesuai namun menurut tim mediasi bukti dari whatsapp akun resmi Sicepat centang biru dan keterangan investigasi Sicepat tidak dapat di jadika acuan dan tidak valid buktinya. Saya mana bisa minta surat keterangan saya kan bukan tim tapi saya customer yang meminta keadilan . kok aneh minta buktinya si tim mediasi ini, saya udah kasih bukti tapi dibilang gak valid. Parahhhhhh ini sudah melanggar hak perlindungan konsumen

    • Maksud saya centang hijau , no whatsapp akun resmi Sicepat ini kan +62 812-9966-6088 kok dibilang gak valid chatnya sama tim mediasi. Parah . ini sudah menyalahi aturan! Kembalikan uang saya!

  • Percuma deh kakak keras disini, shopee tak pernah memberikan tanggapan di media konsumen ini, dan mungkin kasus kakak akan dihilang ditelan waktu bila tidak dilaporkan ke pihak yg berwajib, saya sudah liat video sellernya waktu membungkus pesanan kakak dan ada waktu dimana ketika produk mau dimasukin kekotak, barang tidak terekam kamera, kecuali dia bikin video ngbungkus yg baru, itu sebab instagramnya di private/ditakedown.. (kalau lapor polisi minta video yg diinstagram sebagai bukti seller).
    Atau y kakak ikhlasin dah.. biar jangan jadi penyakit di kakak menyimpan dendam..
    Semoga kakak sehat selalu dan dimurahin rezeki..

    • Berarti pihak shopee telah melanggar hak perlindungan konsumen . masa bukti whatsapp resmi Sicepat dianggap tidak valid...lalu penjual gak ditindak dan hanya diminta bukti video packing sama pengecekan brg dan pihak tim mediasi berbohong katanya sudah menelepon untuk menindak keras penjual nyatanya hanya menelepon penjual cuman 1x yaitu tanggal 22 oktober 2021 tapi bilangnya sudah menghubungi berkali kali dan pihak Sicepat juga saya tanya katanya pelaporan shopee belum masuk yang menanyakan surat keterangan yang dimaksud tim mediasi shopee.

    • Ini sudah jelas tim mediasinya melanggar peraturan perlindungan konsumen, kita lihat saja nanti . tim mediasi shopee minta takedown artikel ini tanpa mau mengembalikan dana saya 6 juta padahal sudah jelas bukti yang ada tapi dianggap tidak valid , saya diminta cari bukti yang lebih . padahal itu sudah bukti yang lebih sedangkan penjual gak dicecer dan Sicepat juga gak dicecer. Cuman saya aja yang dicecer . gak adil tim mediasi shopee

    • Saya sudah laporkan ke badan perlindungan konsumen , bantu beri bintang 1 dan komen supaya artikel ini up terus. Terimakasih supportnya

  • Shopee telah melanggar undang undang perlindungan konsumen pasal 4 yang berbunyi : Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

  • Mohon masukannya teman teman jika ada yang pernah mengalami hal seperti saya , tolong komen supaya artikel ini up terus

  • Saya mau tanya nih teman teman...apa iya bukti whatsapp resmi dari akun Sicepat centang hijau itu tidak sah/tidak valid dijadikan sebagai bukti... Karna tim mediasi tidak mau Menganti dana saya dikatakan karna tim mediasi menganggap kalau bukti screenshoot whatsapp akun resmi centang hijau Sicepat yang menyatakan hasil investigasi adalah kesalahan pengirim/penjual dan pengantian dana dilakukan oleh pihak marketplace yaitu shopee itu dianggap tidak sah/tidak valid. Kemarin alasan tim mediasi katanya karna tolak klaim Sicepat lalu karna video unboxing tidak keditek lalu meminta maaf ke saya tim mediasinya katanya kesalahan penyampaian dari tim terkait shopee lalu sekarang bukti saya dianggap gak valid yang bukti whatsapp resmi akun centang hijau Sicepat lalu tim mediasi mau lepas tangan nih si tim mediasi atas nama firman ini...sengaja minta bukti yang gak bisa saya minta ke pihak Sicepat supaya dana saya tidak dikembalikan.

    • Padahal jelas jelas pihak shopee mengatakan apabila terbukti bersalah maka dana saya akan dikembalikan dengan membekukan akun penjual dan menarik saldo penjual lalu dikembalikan ke saldo shopee saya, tapi si tim mediasi atas nama firman ini tidak percaya kalau saya diberi info seperti itu dan katanya mau menelepon jam 4 sore dihari yang sama tapi saya tunggu tunggu gak di hubungin lalu saya dapat email dibilang mohon maaf belum bisa menghubungi karna masih dilakukan pengecekan lebih lanjut nanti bakalan dihubungi lagi tau tau besoknya diinfoin kalau dana saya gak mau digantikan oleh pihak shopee dan meminta takedown artikel ini . padahal kan bilangnya nanti di hubungin lalu nanti didiskusikan ke saya , saya gak mau ribet padahal jelas jelas bukti dari pihak Sicepat sudah ada tapi dianggap gak valid/gak sah. Aneh banget. Dan artikel ini belum dibalas sama sekali oleh pihak shopee ini sudah melanggar hak perlindungan konsumen yang berhak untuk direspon keluh kesahnya dan melanggar. Hak perlindungan konsumen tentang pengembalian dana saya karna terbukti saya menerima barang yang tidak sesuai.

  • Seharusnya pihak tim mediasi itu netral gak boleh memihak salah satu pihak, ini terlihat jelas sekali tim mediasi atas nama firman ini memihak sekali penjual masa penjual cuman ditelpon 1x doang ditanyain bukti packing barang sebelum kirim tapi gak diminta bukti timbangan , itupun videonya barangnya gak merekam di kamera cuman video packingannya aja, barangnya gak merekam dimasukin ke kotak duanya itu tapi dibilang valid hanya karna dia nunjukin imeinya dan jam dan hari penjual packing . konyol banget...kedua itu di pinta video pengecekan unit... Dan email terakhir yang saya terima itu begini dari tim mediasi shopee : Mengenai penjual beberapa hal yang telah kami lakukan investigasi, diantaranya :
    Penjual melakukan pengemasan sesuai dengan adanya pesanan yang masuk
    Mengenai IMEI pernah ditunjukkan penjual pada video pengemasan
    Mengenai pembatasan chat kami telah mengingatkan penjual (padahal si penjual ganti nama toko dan menghapus videonya di instagram gak ditindak, padahal sudah pelaporan akun) lalu penjual gapapa menyebarkan data pribadi saya katanya itu urusan saya sama penjualnya padahal jelas jelas di kebijakan shopee tidak boleh ada penyebaran data pribadi yang dilakukan oleh akun dishopee kemudian penjual blokir saya dichat shopee sampai sekarang tanggal 27 oktober 2021 masih diblokir juga tidak ditindak oleh pihak shopee dan lucunya saya diminta tim shopee menghubungi penjual lewat kontak whatsapp yang diberikan penjual untuk diskusi berarti diluar shopee diperbolehkan sama tim mediasi si firman ini. Lalu saya diminta buat lacak hape sendiri , saya aja yang dicecer disini sama shopee udah saya kasih bukti dibilang gak sah/tidak valid diminta bukti terus menerus sedangkan penjual cuman diminta 2 bukti doang. Itu sudah melanggar perundang undangan perlindungan konsumen juga ini si tim mediasi shopee atas nama firman ini

  • Menurut saya ini si, salah dari tim mediasi awal, karena main langsung memenangkan pihak penjual dan dana langsung cair ke ke akun penjual.

    Langsung lapor polisi aja, siapa tau dpt jalan keluar.

    Walau lapor polisi nambah ribet lagi hehehe....

    • Nah itu yang saya pertanyaan ke tim mediasi...seharusnya saat banding awal saya dikembalikan dananya bukan bikin ini berlarut larut, bukti sudah ada dibilang gak valid padahal itu dari akun resmi Sicepat loh bukan dari pihak kurir... Katanya tim mediasi hasil diskusi sama pihak berwenang katanya bukti whatsapp tidak dapat dijadikan bukti valid , jangan jangan omongan dia sendiri bukan hasil diskusi sama pihak berwenang, soalnya kesimpulannya aja dia yang buat sendiri bukan berdasarkan dari investigasi Sicepat

  • menurut saya, tidak cukup hanya di post disini saja, tapi coba di post di media sosial juga - sudah waktunya, terlepas dari kesalahan memilih merchant yang diduga penipu, pihak resolusi Shopee juga sangat tidak menyelesaikan masalah padahal dari video unboxing saja sudah jelas barang yang diterima tidak sesuai deskripsi - dan itu seharusnya wajib untuk marketplace investigasi mendalam.

    • Mohon bantu up juga ka dengan beri bintang 1 untuk shopee , karena tim mediasinya lepas tangan. Masa minta bukti yang bukan wewenang saya dan juga bukti yang saya punya dibilang tidak sah/tidak valid diminta bukti kevalidannya sedangkan penjual cuman 2 bukti saya dibilang valid padahal barangnya juga gak terekam di video tangan penjual seperti keatas dan saat itu ditukar , hanya ada penjual tunjukin jam dan hari saat packing dan pengecekan unit , tidak ada bukti timbangan paket sebelum kirim ke secepat dibilang valid ama tim mediasi shopee... Lucunya lagi hasil investigasi Sicepat gak dijadikan acuan tapi tim mediasi bikin kesimpulan sendiri dengan bimbang perbandingan berat yang faktanya bukan barang yg saya terima sudah dijadikan kesimpulan . lalu buat apa ada tim investigasi dari Sicepat...udah gitu masa kompensasinya 30% jelas jelas ada bukti dibilang gak valid . saya kan punya hak dana saya kembali 100% bukan 30%