Informasi Permintaan Total Pelunasan KPR Bank BTN Dipersulit

Saya nasabah KPR Bank BTN Kebon Jeruk Jakarta, dengan nomor KPR: 58401500012668. Saya mengeluhkan pelayanan Bank BTN yang sangat tidak fleksibel. Saya telepon Bank BTN Kebon Jeruk bagian kredit dengan maksud akan menutup KPR yang saya miliki dan minta info berapa total semua nominal yang harus saya bayar, termasuk bunga penutupan dan provisi tsb.

Namun pihak Bank BTN tidak mau memberikan informasi. Alasannya saya harus datang ke cabang pembuka, nanti isi form tanda tangan dan setelah itu pulang dulu. Nanti form saya katanya akan di-submit ke kantor pusat untuk minta approval pengajuan blabla. Setelah dapat hasil katanya mereka akan menghubungi saya.

Menurut saya itu terlalu ribet ya. Seharusnya dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini perusahaan sebesar Bank BTN bisa mempermudah nasabah. Sekedar informasi untuk pelunasan, seharusnya cabang bisa infokan, entah itu lewat email nasabah yang tertera di sistem. Kenapa harus pingpong kayak gitu ya? Dikit-dikit pusat, apa gunanya ada cabang ya kalau tidak bisa ditanyai?

Seharusnya informasi total biaya penutupan bisa diinformasikan di cabang pembuka pengajuan KPR, enggak harus berbelit-belit, oper sana-sini. Saya merasa dirugikan, mau pelunasan tapi diribetin sistemnya. Apa cabang yakin dengan nasabah datang ke sana akan menjamin sepulangnya dari sana tidak membawa virus covid atau sebaliknya?

Sekelas pajak untuk urusan perpanjang dll, sudah serba online. Perusahaan lain, bank lain juga sudah bisa online, kenapa Bank BTN mempersulit ya? Buat penutupan saja harus serumit itu. Ini nasabah punya dana mau lunasin aja dipersulit, ribet gini. Gimana orang yang nggak punya ya? Masya Allah.

Seharusnya Bank BTN bisa mempermudah. Saat kondisi pandemi, saya tidak mau selalu keluar rumah. Jika sudah bisa diinfokan total semua pelunasan, saya baru akan datang ke cabang Bank BTN tsb. Mohon ditindaklanjuti, jika ini enggak didengar saya akan viralkan ke medsos dan OJK juga mengenai sistemnya yang enggak membantu nasabah.

Wulan Ruwiyanti
Cimanggis, Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai KPR BTN:
[Total:35    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Informasi Permintaan Total Pelunasan KPR Bank BTN Dipersulit

  • 28 Oktober 2021 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Iyaaa sih ribet amat, kenapa gk nanyak k Marketing Bank nya dl yg ngawal acc KPR Ibu, dl pas mau pelunasan Kredit d Bank M****** sy jg bs di cekkan total pelunasan plus penalty dll nya, br kemudian emang harus ttd surat yg bs dikirim via email, tapi y lain Bank lain proses kali y meskipun sm2 Bank Plat merah.

    1
    1
  • 28 Oktober 2021 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Yes benar mas hrsnya bs menanyakan info di cab kita ajukan dulu ngk perlu dipingpong harus ke pusat lah org hanya nanya total penutupan beserta pinalti dll kok bkn mo ajukan KPR lagi .sebelum nya suami saya pernah kontak jg by wa dgn salah satu pegawai BTN perihal tentang cara pelunasan sebagian dan total pelunasan semua brp nominalnya brp namun tidak mendapatkan jawaban jg di cuekin chat nya ngk direspon jg tuh.seharusnya yg saya tau dan kebetulan sy jg seblummya kerja di bank jg bisa kok nasabah menanyakan jika mau penutupan total brp yg harus dibayar brp cukup di cab pembuka bisa dpt info tsb even cab krm data info ke nasabah by email yg trcantum di sistem bank tp ini di BTN sulit sekali menanyakan info itu kecewa bgt sih asli mo nutup hutang kok ya susahh sekali padahal lagi pandemi harusnya bisa sdkt mempermudah bnr ngk sih Krn kn ngk mgkn kita sembarangan ktm org banyak lagi kondisi kyk gn. 🥺🥺

    2
    2
  • 31 Oktober 2021 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Izin menjawab bu,,
    sedikit informasi yg saya tahu, ibu bisa cek sisa tagihan KPR ibu melalui mobile banking BTN, disana tertera sisa pokok ibu dan tinggal ibu tambahkan saja 1% dari sisa pokok untuk pembayaran pinalty pelunasan dipercepat plus bunga berjalan. setelah ibu tahu hasil dari sisa pokok + biaya pinalty, ibu bisa siapkan uang lebih untuk biaya bunga berjalan kurang lebih 60-70% dari angsuran perbulan.
    Dan untuk konfirmasi ke kantor pusat tentang pelunasan ibu, yg saya tahu biasanya klo sisa KPR diatas 100jt memang harus konfirmasi persetujuan pihak kantor pusat bank BTN.
    dan untuk lebih jelasnya lagi, ibu bisa telpon call center 1500286 dan WA 08777150**** atau ibu bisa ke bank BTN terdekat dari rumah untuk minta print rekening koran dan informasi tentang pelunasan KPR dan dipastikan untuk KPR a/n ibu sendiri apabila ibu meminta rekening koran ke BTN terdekat.
    sekian info dari saya dan itu juga pengalaman saya 2 minggu yg lalu. 😁
    semoga membantu, terima kasih..

 Apa Komentar Anda mengenai KPR BTN?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Informasi Permintaan Total Pelunasan KPR Bank BTN Dipersulit

oleh Wulan Ruwiyanti dibaca dalam: 1 menit
3