Pengurangan Saldo dan Pembekuan Akun DANA Secara Sepihak

Hai Tim DANA,

Saya pengguna layanan DANA dengan nomor yang terdaftar 0817****0014 dan sudah terverifikasi. Namun baru kali ini mendapatkan kendala dan langsung pelayanan yang diberikan tidak baik. Pada tanggal 25 Oktober 2021, saya cek mutasi dan ada pengurangan saldo DANA sebesar Rp108.900. Transaksinya pengurangan secara otomatis oleh salah satu aplikasi dari Google Play.

Saya hanya bertanya ke layanan email dana di help@dana.id “Ini transaksi apa?”. Karena awalnya memang tidak tahu. Belum ada balasan, saya langsung melakukan pengecekan dan ternyata oleh aplikasi dari Google Play. Sehingga saya pun komplain ke Google Play langsung dari email, karena saya tidak melakukan transaksi tersebut.

Menu yang disediakan Google Play adalah ajukan pengembalian dana. Saya mengikuti langkah-langkah yang diminta, sampai ada info untuk menunggu. Kalau tidak salah satu hari kemudian dari Google Play ada balasan dan telah menyetujui pengembalian dana tersebut.

Beberapa jam kemudian, saya mau melakukan transaksi dari DANA. Namun aplikasi sudah logout otomatis, dan saat mencoba login kembali, mendapatkan info bahwa akun dibekukan. Dari sinilah saya menghubungi lagi layanan DANA via email dan bertanya “Ini akun saya kenapa dibekukan?”, serta melampirkan bukti kalau akun saya dibekukan.

Tim DANA menginformasikan ini sebagai “Pelaporan penipuan”. Saya bingung, apakah pengurangan saldo secara otomatis oleh aplikasi dari Google Play merupakan tindakan penipuan sehingga akun saya dibekukan sepihak?

Pihak DANA melakukan pembekuan akun tanpa konfirmasi dulu ke user, kok begitu? Apakah untuk keamanan user? Tidak begitu caranya. Setidaknya tim DANA bisa menghubungi atau memberikan konfirmasi dahulu dong ke user-nya, apakah bersedia dibekukan dulu atau tidaknya. Kan sudah tertera nomor yang dapat dihubungi. Saya tidak minta dibekukan, jangan sepihak dong dan sekarang malah dipersulit. Ini saya korban loh, bukan pelaku kejahatan, kenapa saya yang dipersulit dan dirugikan?

Saya sudah memberikan data yang diminta oleh Tim DANA agar akun bisa diaktifkan kembali. Namun masih saja diminta kembali. Saya terus-terusan diminta nomor pelaporan saya ke layanan Google Play. Sesuai yang sudah saya sampaikan bahwa saat pelaporan transaksi pengurangan saldo dana oleh sebuah aplikasi kepada pihak Google Play itu langsung di menu pengajuan, dan pihak Google Play tidak memberikan informasi nomor laporan, hanya membalas menyetujui pengajuan pengembalian.

Ingat dan catat ya Tim DANA, kalau dari pihak Google Play tidak memberikan informasi nomor laporan. Lihat dan baca lagi bukti balasan dari Google Play, baik judul email ataupun isinya juga tidak ada tuh nyebutin nomor laporan. Bukti sudah saya berikan ke email layanan DANA.

Semoga dengan keluhan saya melalui media ini tidak mempersulit saya untuk menggunakan lagi akun DANA dan tidak berlarut-larut laporannya. Hal ini karena saldo akun DANA saya masih ada dan sangat dibutuhkan.

Erwin Ginanjar
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:8    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Erwin Ginanjar

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Erwin Ginanjar di Media Konsumen, “Pengurangan Saldo dan...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Pengurangan Saldo dan Pembekuan Akun DANA Secara Sepihak

  • 28 Oktober 2021 - (13:16 WIB)
    Permalink

    Kalau saya baca baca disini dana berhak blokir saldo.

    https://www.dana.id/terms

    XII. PEMBLOKIRAN ATAS AKUN DANA
    Dilakukan secara sepihak oleh EDIK (PT Espay Debit Indonesia Koe ) dikarenakan terdapat hal yang menurut kebijakan EDIK memiliki suatu indikasi yang merugikan EDIK dan/atau indikasi pelanggaran serta ketentuan hukum yang berlaku, dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada…… dst

    Mungkin anda dilaporkan terindikasi “Pelaku Penipuan” bukan masalah transaksi di Google Play. Tinggal anda buktikan bahwa anda tidak melakukan penipuan apapun di Kantor Dana. Menjelaskan uang yang masuk ke akun anda selama ini darimana?

    • 2 November 2021 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Hi team redaksi media konsumen, team Dana, dan rekan rekan pembaca setia media konsumen.

      Saya selaku penulis mau konfirmasi mengenai permasalahan ini, saat ini akun DANA saya sudah aktif kembali dan dapat digunakan seperti biasa. Terima kasih untuk team Dana yang sudah bersedia menanggapi permasalahan ini.

      Untuk rekan-rekan yang membaca surat ini serta yang menanggapi terima kasih ya atas perhatian nya. Mengenai kendala atau keluhan yang saya sampaikan saya tegaskan tidak ada manipulasi atau apapun ya karena saya memberikan data apa adanya. Saya baru menanggapi lagi karena sebelumnya saya konfirmasi langsung kepada yang bersangkutan. Saya adalah konsumen serta pengguna jasa dari perusahaan, mendapatkan pelayanan yg baik adalah hak saya sebagai konsumen, dan kritikan atau keluhan dari konsumen merupakan sesuatu hal yang harus segara diselesaikan oleh perusahaan.

      Rekan rekan bebas berpendapat terkait tulisan saya baik positif maupun negatifnya namun perlu disampaikan kembali bahwa saya dan pihak yg bersangkutan sudah menyelesaikan masalah ini.

      Mungkin tindakan saya terlalu berlebihan, hal sepele tapi naik media. Namun kembali lagi, saya konsumen yg tentunya ingin segera didengar, ingin permasalahanya cepat terselesaikan tidak bertele tele dan berlarut larut. Saldo ingin segera saya gunakan karena memang butuh sedangkan akun malah bermasalah, bener ga?

      Semoga kedepannya tidak terulang kembali, dan penggunaan jasa perusahaan dapat digunakan dan bermanfaat. Mohon dimaafkan segala tindakan yang saya lakukan apabila merugikan salah satu pihak, karena saya juga sebelumnya merasakan hal demikian.

  • 28 Oktober 2021 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Kalo tidak merasa melakukan penipuan, keep fighting. Tindakan anda (memuat surat pembaca) sudah tepat.

    2
    1
    • 29 Oktober 2021 - (01:10 WIB)
      Permalink

      Saya tahu persis apa yang sebenarnya terjadi. Dan soal pemblokiran, itu memang tindakan keamanan dari DANA karena ada “Pelaporan Penipuan”. Tunggu saja sampai dibuka kembali akses nya, sampai kebenaran terungkap.

  • 29 Oktober 2021 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Belum berani aktif transaksi di dana karena sering terjadi kejadian pembekuan akun sepihak dan ribet untuk pembukaan kembali akunnya,ya ujungnya mereka bilang kesalahpahaman. Wow waktu pengurusan ngabisin waktu . Mungkin kalau aktif transaksi di dana di sebut pencucian uang 🤣 nantinya. Pentingnya baca syarat dan ketentuan aplikasi biar paham. GO-PAY dan OVO masih enak dipake dan konfirmasinya cepat kalau ada kendala, pengaturan penautan ke aplikasi pihak lain juga bisa dipantau jadi gak ribet, riwayat juga ada buat cek transaksi takutnya ada yang mencurigakan,,kalau mencurigakan tinggal hubungi pusat bantuan 😅 . AMAN CEPAT DAN GAK RIBET

    • 30 Oktober 2021 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Mana nih yang nulis surat pembaca. Kok nggak nongol lagi?
      Hati hati, anda telah mendiskreditkan dua perusahaan besar, Google dan DANA.
      Mau saya rincikan kejadian sebenarnya di sini?
      Jadi sebenarnya tidak ada usaha penipuan di akun DANA Penulis.
      Yang terjadi sebenarnya adalah, benar ada pembelian VIP InShot di Google Play, dimana akun Google Play penulis dicantelin akun DANA sebagai salah satu bentuk pembayaran.
      . Seperti penulis bilang ‘awalnya tidak tahu’, bahwa Google Play menyedot sejumlah uang sesuai harga pembelian ke DANA, yang memang tanpa verifikasi lagi karena sudah disetujui saat dicantelin awal dari handphone yang sama. Jadi transaksi ini di handphone yang sama dan akun dana yang aktif.
      INI KEBOHONGAN PERTAMA.

      Kemudian, karena dicek ternyata benar duit DANA ya berkurang, penulis komplain dan pura-pura menyatakan ini pembelian apa? Padahal jelas jelas tertulis app InShot, GOOGLE, yang baru saja dia lakukan.
      INI KEBOHONGAN KEDUA

      Kebetulan di Google Play masih diberikan kesempatan pembatalan pembelian sampai 120 hari. Maka penulis main di situ. Memang biasanya transaksi berhasil pasti ada notif dan email nya. Katanya komplain langsung dari email, tapi dia kemudian tulis bahwa ada menu pengembalian di app. Ya iyalah karena kamu yang beli di app itu tentu saja di app mu ada menu pengembalian. Google Approved, setuju. Screenshot ada, sebagai bukti, dan hanya untuk menjawab CS DANA yang menanyakan nomor complain.
      Itu memang jawaban dari Google atas pengajuan pengembalian uang atas pembatalan transaksi. Kalau penipu yang bertransaksi berarti diandaikan penipu menguasai akun Google Play penulis, tidak mungkin dibatalkan di aplikasi yang ada di handphone orang lain, ini bukan app Marketplace seperti biasa dan DANA bukan kartu kredit.
      KEBOHONGAN KETIGA.
      Lalu kemudian penulis BINGUNG setengah kejang.
      Dia mempertanyakan apakah penarikan uang otomatis dari Google dianggap penipuan, sampai akun DANA nya harus diblokir? Ya DANA harus blokir dong, karena pemilik akun menyatakan itu BUKAN transaksinya, demi duit yang masih di akun tidak terkuras.
      KEBOHONGAN YANG KE EMPAT
      Penulis kelabakan, masih ada duit di DANA tapi nggak bisa di ambil, dan Google juga mungkin sudah balikin duitnya ke akun DANA.
      SARAN SAYA KEPADA PENULIS.
      Verifikasi kembali kasus ini sebelum anda menghadapi masalah lebih besar.
      Anda benar melakukan transaksi tapi bohong kepada DANA.

      Terimagajih, eh terimakasih.

  • 29 Oktober 2021 - (16:55 WIB)
    Permalink

    Saya perhatikan makin hari makin marak banned akun. E-commerce, ada dari Gopay, Ovo, Shopee, Tokpednya, Dana dan lainnya. Apalagi di e-commerce banyak penjual yang saldo nya tidak dikembalikan, ini aturan macam apa ? Semoga ada yg blow up masalah ini, dan harusnya pemerintah ambil tindakan. Kalau 1.000 penjual dikalikan akun saldo nya minimal 100.000 sudah berapa juta dan ada yg nominal nya puluhan juta. Jangan dibiarkan mereka melakukan aturan sendiri di negara ini.
    Sedangkan bank saja mau bekukan rekening itu banyak persyaratannya, laporan kepolisian dan lain-lain.

  • 29 Oktober 2021 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Lapor fulisi aja. Pasal penggelapan uang di Akun tuh Dana.
    Itu kalau diri anda memang benar ya?

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pengurangan Saldo dan Pembekuan Akun DANA Secara Sepihak

oleh Erwin Ginanjar dibaca dalam: 2 menit
9