Rumah Baru di The Zora BSD City Retak dan Bocor, Garansi Hanya 90 Hari

Saat kami sekeluarga jalan-jalan di AEON Mall kira-kira awal Febuari 2019, saya mampir di booth properti The Zora BSD City. Kami melihat dan mendengar penjelasan marketing tentang proyek yang dibangun, sungguh memikat hati.

Pendek kata besoknya saya langsung melihat rumah contoh, dengan janji-janji sepanjang jalan komplek The Zora BSD akan ada bunga sakura (sampai hari ini kami tidak lihat ada sakura), bangunan yang berkualitas (joint venture dengan Mitsubishi Corporation). Dalam pikiran saya, bangunan berkelas atas pasti yang didapatkan dari developer ternama sekelas SinarMas untuk pembeli. Siapa yang tidak tahu kerjaan orang Jepang yang maunya perfeksionis.

Dijelaskan juga oleh marketing garansi 2 (dua tahun) secara lisan dan dituangkan dalam formulir penjual di surat pesanan dengan tulisan leakage warranty 2 tahun. Sebagai pembeli, saya nyaman dengarnya, garansi 2 tahun.

Namun saat serah terima bangunan (setelah ditunggu 1,5 tahun bangunan itu jadi), harapan saya atas rumah perfect hasil joint venture Mitsubishi Corporation, ternyata jauh dari kenyataan. Saya seperti mimpi di siang bolong, yang saya dapatkan dinding bergelombang macam bangunan mandor harian.

Parahnya setelah serah terima yang dipaksakan saat itu, masih ada pembenahan ternyata seperti kitchen set masih dipasang, lantai lantai kotor karena kerja tukang, bahkan dinding luar banyak bekas pijak kaki tukang terlihat dari jendela kaca. Menurut saya terlalu dipaksakan untuk serah terima, karena banyak retak dinding yang mengakibatkan kebocoran. Setelah dikomplain, 5 bulan baru datang. Namun masih bocor panggil lagi.

Setelah itu, garansi habis. Di PPJB ada masa peliharaan 90 hari. Memangnya saya beli kue dalam kemasan? Beli TV/elektronik aja garansi 1 sampai 2 tahun. Saya bukan beli baju yang hanya digaransi 90 hari. Padahal di surat pesanan jelas 2 tahun, ini seperti merasa dibohongi/pembodohan terhadap konsumen.

Saya hanya menuntut dinding rumah saya dirapikan sesuai janji 2 tahun, itu aja cukup. Sedangkan bagian yang menangani keluhan, kalau di-chat tidak pernah ditanggapi. Ke pak A** pun tunggu jawaban dari 23 Juli, sampai saya WA lagi 5 November 2021 (saya yang WA bukan beliau yang cari saya).

Sungguh memalukan, nama besar SinarMas dipermalukan oleh cara kerja SDM The Zora BSD City,
dengan kualitas SDMnya, yang dengan enaknya menjawab garansi 2 tahun itu bocor atap, kalau dinding cuma 90 hari. Waktu serah terima bilangnya 90 hari perawatan seperti kitchen set/closet/lantai/railing tangga yang rusak/cacat.

Terlihat juga bangunan-bangunan tetangga yang sudah pada retak. Orang Jepang saya yakin sedih melihat kualitas bangunan seperti ini (kalau memang Mitsubishi Jepang). Semoga keluhan saya ada tanggapan positif dari segenap pimpinan SinarMas, khususnya The Zora. Karena selama ini saya komplain via email, Instagram, WA tidak ada jawaban, hanya terakhir jawabnya garansi 90 hari bukan 2 tahun. Bahkan akun Instagram saya diblok oleh admin The Zora.

Hengky
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai The Zora BSD City:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Rumah Baru di The Zora BSD City Retak dan Bocor, Garansi Hanya 90 Hari

  • 23 November 2021 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Orang jepang mah bodo amatan pak, wkwkwk, beli rumah indent ya begitu resikonya, mending beli rumah yg dah jadi dah, beli di ciputra noh

  • 23 November 2021 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Good lah pak, dengan dtukis d MK. Kami jadi ga tertipu gaya Jepang kualitas kampung seperti ini. Semoga yg baca jg mikir lg beli dr Sinarmas ya. Merugikan.

 Apa Komentar Anda mengenai The Zora BSD City?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Rumah Baru di The Zora BSD City Retak dan Bocor, Garansi Hanya 90 Hari…

oleh hengky dibaca dalam: 2 menit
2