Pegadaian Wiyung Mengecewakan

Saya sebagai nasabah Pegadaian nomor kredit 13975-01-001579 (serta beberapa surat lainnya), merasa kecewa dengan peraturan Pegadaian yang langsung melelang aset saya, hanya dengan dasar info jatuh tempo via aplikasi WA.

Padahal saya sudah menjawab agar aset saya direlaksasi dulu, karena saya belum mempunyai dana. Dikarenakan di masa pandemi semua usaha saya serta pekerjaan saya berhenti, tidak berjalan maksimal.

Pada tanggal 23 November 2021, kami bermaksud mengambil, pihak kasir dan Kepala Pegadaian Wiyung hanya menjawab bahwa barang sudah dilelang pada bulan Oktober 2021. Saat saya menanyakan dilelang di mana agar saya bisa mengambilnya, petugas tersebut tidak menjawab.

Sungguh pihak Pegadaian sangat merugikan konsume,n hanya karena peraturannya mungkin melebihi UU ataupun peraturan pemerintah lainnya, tanpa memikirkan kerugian konsumen/nasabahnya. Yang saya tanyakan aset kami dilelang di mana? Jika ada, aset saya hendak saya ambil. Mohon info dari pihak Pegadaian Wiyung.

Demikian, terima kasih.

Heri Paryanto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pegadaian:
[Total:49    Rata-Rata: 3.2/5]
Tanggapan PT Pegadaian Cabang Wiyung atas Surat Bapak Heri Paryanto

Menanggapi Surat Keluhan Bapak Heri Paryanto tanggal 27 November 2021 mengenai rasa kecewa dengan peraturan PT Pegadaian yang melelang agunan...
Baca Selengkapnya

21 komentar untuk “Pegadaian Wiyung Mengecewakan

    • 27 November 2021 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Iya gan saya nasabah pegadaian udah lama dari 2010 kalo kita serius sayang dengan barang kita pasti berusaha untuk bayar baik perpanjng ataupun di cicil .. Perjanjian adalah hutang, maka hutang itu kewajiban yang harus di bayar oleh si penghutang.. Bahkan akadnya sangat jelas dari tanggal jatuh tempo dan tanggal lelangnya..

      12
  • 27 November 2021 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Ga bisa kembali gan kalau sudah dilelang, tapi kalau nilai lelang melebihi pinjaman ntr dikasih kok kelebihannya kesitu. Kalau tidak ada ya brarti laku dibawah nilai jaminan atau pas.

      • 27 November 2021 - (19:18 WIB)
        Permalink

        Sepertinya barang nilai sentimentalnya sangat tinggi bagi TS. Tapi kalau udah dilelang ya mana mungkin balik. Yang lelang pun bukan kantor cabang, pegawai ditanya pun ga bakal jawab. Taunya kalau dilelang lebih itu disimpan di akun yang bersangkutan, kalau ambil kelebihan juga pakai KTP dan surat gadai tersebut. Itu setau saya.

        • 27 November 2021 - (21:58 WIB)
          Permalink

          Juga kalau tahu pun, pihak pegadaian melindungi privasi yg menebus/membeli jaminan tersebut. Tidak bisa tanpa izin memberitahukan, bisa dituntut oleh pihak pembeli kalau tiba-tiba ada orang datang minta barangnya kembali.

  • 27 November 2021 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Udah pernah taktanya pegawai pegadaian kalo dilelang diinfo dilepas brp, truz sisa lebihnya dikembalikan gk… Kenyataannya pahit, gk ada kabar sama sekali dan nilainya juga gk diinfokan.. Kalo mau tebus udah kena denda dan tambahan lain2… Intinya kalo barang2 bener berharga dan ada kenangannya jangan k pegadaian..

    4
    3
  • 27 November 2021 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Jatuh tempo tgl 30 Juni 2021….dilelang baru Oktober….bukannya itu jeda waktu yg cukup lama…trus baru mw di tebus akhir November.
    Tangi’o cak…turu mu miring kuwi….mbok mikir

    13
    2
    • 27 November 2021 - (19:00 WIB)
      Permalink

      Syarat dan ketentuan itu bukan peraturan, selama nasabah belum menyatakan tidak sanggup membayar TDK boleh di pindah tangan kan kepada siapa pun.

      Itu secara perdata.

      Tengio bahasa apa itu.
      Buzzer yaa

      20
      • 28 November 2021 - (06:56 WIB)
        Permalink

        Wes salah ngeyel , memalukan diri sendiri
        Dasar manusia egois
        Sok sok an bicara perdata
        Klo emang merasa dirugikan bikin laporan k polisi
        Semua ad prosedur dan jalur hukumny om

      • 28 November 2021 - (07:09 WIB)
        Permalink

        Coba anda gadai lalu biarkan terlelang dgn alasan g punya uang….
        Lalu anda tuntut…saya pngen tw hasilnya…

        • 28 November 2021 - (08:05 WIB)
          Permalink

          Gadai k pegadaian gk perlu alasan Pak.. Selama ada barang yg digadai, KTP, uang cair.. Kalo jatuh tempo gk diperpanjang siap2 kena denda, penalty dll, trus dilelang barangnya.. Kalo tau aturan gadai sih sebenarnya gk usah masuk MK, kalo kaget sistem spt itu berarti y br tau gadai itu kyak apa..

      • 28 November 2021 - (16:54 WIB)
        Permalink

        nah ini orang yang tidak mau tau aturan,kalau tidak bisa tebus ya bayar bungnya buat perpanjangan.mana bisa pegadaian hanya mau terima mohon jangan di lelang karena belum ada ada buat tebus.ada baiknya spt itu kalau gadai lagi

    • 27 November 2021 - (20:43 WIB)
      Permalink

      gak mau ikut aturan main tapi mau menikmati fasilitasnya… sebaiknya ikhlaskan saja. toh saat digadaikan sudah TS manfaatkan utk keperluan TS.. dan disini gak ada urusan dg Buzzer ya, jd lebih bijaklah

      10
  • 28 November 2021 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Pertinyiinyiiiiii, kenapa gak diperpanjang????

    Balas lewat wa ya gak bisalah, itu wa pake mesin otomatis percuma dibalas..

    Harusnya kalau ad niatan bayar ya perpanjang kan murah biaya perpanjang dipegadaian.

    • 28 November 2021 - (11:05 WIB)
      Permalink

      Mungkin, si penggadai g baca smw perjanjian cuma asal tanda tangan.. smw sudah ada hitam di atas putih di surat pegadaian.nya knp tdk dibaca.. malah bikin surat pembaca menyalahkan pegadaian..

  • 28 November 2021 - (16:16 WIB)
    Permalink

    ngelawak juga ini, sudah lewat masih tidak bayar ya sesuai perjanjian, jangan pake alasan covid segala, ini lah itu lah, ntarr pegadaian juga gitu luh pake alasan ini lah itu lah juga wkwkwkwkwk

  • 28 November 2021 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Pengalaman pribadi, selama pandemi kemarin banyak simpanan saya yg terpaksa sekolah di pegadaian, dan akhir nya Ngga bs nebus, selama mendekati jatuh tempo kita selalu di ingatkan kok. Dan akhir nya karena ga bs nebus akhir nya di lelang. Sisa kelebihan lelang pun jg di informasikan kok kalo ada, dan bs kita ambil. Ya memang seperti itu aturan di pegadaian, kalo sampai tenggat waktu nya ga bs nebus ya di lelang. Ikhlasin aja, kalo ada rejeki ya kumpulan lagi dikit2

  • 28 November 2021 - (22:43 WIB)
    Permalink

    Lah heran, dy gadai, jatuh tempo, dilelang tapi ko ga nerima..
    -_-” dr bahasa di WA nya jg bgtu..
    Kan pegadaian ad peraturan, ketika kita gadai berarti setuju dgn syarat dan ketentuan yg berlaku..

    Mohon maaf nih TS nya, bkn mksd menyudutkan..tp mana mungkin mereka mengIYAkan permintaan anda kalau berdasar chat wa “mohon diperpanjang ya bu”..
    Setau saya kalau kita emang bener² serius..paling tidak nya via telepon customer service mereka..

    Kalau via chat mah, bisa jadi itu bot auto chat..

    3
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Pegadaian?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Pegadaian Wiyung Mengecewakan

oleh Heri Paryanto dibaca dalam: 1 menit
21