Indosat Ooredoo, Ganti Kartu SIM Rusak Harus Berlangganan Paket Propaid Minimal 3 Bulan

Pada tanggal 26 November 2021, saya datang ke Galeri Indosat Bogor yang beralamat di Jl. Raya Pajajaran No.99, RT.01/RW.03, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16153. Tujuan saya ke sana ingin mengganti kartu SIM karena rusak, dengan indikasi sering tidak terbaca di smartphone dan kadang-kadang selagi masih aktif tiba-tiba kartu tidak terbaca.

Namun ketika saya mau mengganti kartu SIM, CS mengatakan jika ingin mengganti kartu wajib berlangganan paket PROPAID minimal 3 bulan yaitu paket prime 110 selama 3 bulan seharga 269 ribu rupiah.

Sebelumnya saya tanyakan, apakah tidak bisa dengan paket yang sudah ada? Namun CS menjawab, jika ingin mengganti simcard paket sebelumnya akan hangus dan wajib berlangganan paket PROPAID minimal 3 bulan. Terus saya mengulang pertanyaan lagi, apakah tidak bisa mengganti kartu SIM dengan paket sebelumnya dan tidak berlangganan paket PROPAID? CS tetap menjawab untuk ganti kartu SIM wajib berlangganan paket PRIME (PROPAID) minimal 3 bulan.

Karena tidak ingin membuang waktu dan nomor yang saya gunakan untuk tujuan pekerjaan, dengan sangat terpaksa saya menyetujui syarat tersebut. Saya merasa dirugikan dan ditipu oleh CS tersebut. Jika tidak melakukan syarat tersebut, saya tidak bisa ganti kartu SIM.

Tolong ditindaklanjuti, karena benar-benar sangat merugikan saya dari segi waktu dan uang. Kalau bisa dibuatkan papan informasi yang jelas untuk syarat pergantian kartu SIM agar tidak ada penipuan seperti ini lagi. Untuk tanda tangan supervisor, ternyata diisi langsung oleh CS-nya. Saya harap untuk ke depannya yang seperti ini jangan terulang kepada konsumen lainnya.

Vindy Pratama
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo:
[Total:57    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Indosat Ooredoo, Ganti Kartu SIM Rusak Harus Berlangganan Paket Propaid Minimal 3 Bulan

    • 18 Desember 2021 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak untuk bantuannya, pelayanannya memuaskan, walaupun saya tidak minta ganti kerugian, tapi ada inisiatif dari pihak indosat nya untuk mengganti tapi dengan berbagai perhitungan. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Dan pelayanan nya bisa jadi lebih baik lagi untuk ke depannya

    • 21 Desember 2021 - (07:32 WIB)
      Permalink

      Kejadian ini juga terjadi kemarin pas adik saya mau minta ganti kartu karena hilang semua syarat dibawa ktp,kk,surat kehilangan dri kepolisian pas sudah dics ada syarat yg aneh hrs beli pake pascabayar 3bln padahal cuma minta ganti kartu,adik sya tidak mau setelah itu cs bilang bahwa data customer beda dan tidak bisa mengganti kartu lah pdahal udh d cek sebelumnya data benar dan adik sya juga berani k polisi karena memang benar kartunya hilang setelah adu argumen cs menawarkan paket 1bln 90ribu dan akhirnya kartu dibuat lagi.ketahuan cs berbohong dan memaksa customer untuk membeli paket.

    • 23 Desember 2021 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Min tolong dong saya mau ganti simcard saya yang hilang udah ke gerai Indosat Rawamangun tapi disuruh beli kartu pasca bayar seharga 127rb kalo gak pergantian kartu gak bakal diproses, tolong dong bantuannya, soalnya percuma saya balik lagi ke gerai Indosat kalo dipaksa beli kartu pascabayar begitu.

      • 26 Desember 2021 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Persis seperti yang saya alami…tp sy ga mau..
        Saya tunjukan WA dari no IM3 Ooredo yang menyatakan tidak wajib berlangganan paket baru.. Ini no WA Indosat Ooredo +62 855-1000-185. Disitu bisa tanya segala ttg Indosat termasuk biaya penggantian kartu.. Responnya juga cepat.

    • 18 Desember 2021 - (19:19 WIB)
      Permalink

      saya karena butuh nomornya, saya internet juga gunain provider lain. jadi kalo salah satu bermasalah bisa gonta ganti 😁

  • 18 Desember 2021 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Hahaha,, kalau bukan karena no nya ini sudah sekian tahun saya miliki.. saya juga gak bakal upgrade SIM card/ mengganti.. btw.. memang ini trick marketing indosat, yang… yaaaa kurang laku dipasaran, sinyalnya 4G tidak jauh beda dengan H+, apalagi 5G-nya..

    • 18 Desember 2021 - (19:17 WIB)
      Permalink

      iya sama, kalo bukan karena nomor nya, mungkin saya akan beli no baru, tapi karena butuh nomornya dan kebetulan simcard nya rusak, terpaksa saya ganti simcardnya

  • 18 Desember 2021 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Bln kmrn sy minta penggantian kartu krn hilang jg katanya wajib beli paket perdana paskabyr senilai 130rb. Kebetulan seblmnya sy sdh nanya CS IM3 via WA dijlskan untk ganti kartu hanya pengisian pulsa aja 25rb. Mba Gerai Indosat ttp mengatakan wajib beli perdana kalo tidak ya ga bs ganti kartu. Begitu sy tunjukan WA dr CS IM3 bahwa ganti kartu hanya disarankan isi pulsa minimal 25rb Mba nya langsng diam aja trus sy diksh pengganti kartu chip baru…
    Tolong pihak Indosat untuk Gerai Indosat mohon dibuatkan papan info ttg biaya penggantian kartu..seperti di Gerai Operator lainnya,ada papan tabel biaya ganti kartu.

  • 19 Desember 2021 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Semoga saya ga ngalamin ya pa. saya juga pake no isat untuk bisnis aja sih hehe. inet pake yg lain.

  • 20 Desember 2021 - (11:58 WIB)
    Permalink

    kejadian juga sama saya 😭😭😭 sebenarnya cmn butuh no nya doank utk transaksi perbankan dan eWallet .. mau gk mau kepaksa daftar propaid…. ya udah lah .. utk kuota internet saya pakai provider lain … lagian yg lagian propaid paling murah bulanan nya 110 rb.. sedangkan saya d tempat kerja dan rumah sudah ada Wi-Fi… fix setelah itu saya pakai Indosat cuman utk terima SMS OTP doank

  • 21 Desember 2021 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Hmm, Indosat lagi. Saya juga pernah mengalaminya di Gerai Indosat Roxy Mas. Waktu mengajukan penggantian SIM card hilang malah di suruh berlangganan propaid 3 bulan. Karena saya tidak memerlukan nomor propaid, saya menolak penawaran tersebut. Tapi dijawab oleh CS Gerai jika tidak mengambil paket propaid-nya, pengajuan penggantian SIM card saya tidak akan dilayani. Lalu saya coba ke ke Gerai Mangga Dua Mall, sama saja jawabannya. Dikatakan sudah prosedur setiap Gerai Indosat. Saya coba hubungi call center Indosat, lain lagi penjelasannya. Katanya jika ingin mengganti sim card baru, hanya dikenakan biaya 25 ribu rupiah, itupun untuk mengisi pulsa di SIM card pengganti. Dan tawaran promo paket propaid adalah kebijakan masing-masing Gerai dan pelanggan boleh menolaknya. Tapi waktu saya tunjukkan percakapan chatting dengan CS call center Indosat, oleh CS Gerai tetap tidak mau melayani jika saya tidak mengambil paket propaid-nya.

    Kapok saya pakai Indosat, ganti SIM card operator lain, seperti XL dan AXIS, nggak diperas seperti ini. Malah ada papan informasi biaya penggantian SIM card yang hanya 10 ribu rupiah, tidak sampai 1 jam, SIM card baru sudah bisa digunakan kembali. Indosat sudah prosedurnya berbelit-belit, dipaksa beli paket yang kita tidak butuhkan, aktifnya juga sampai semingguan baru bisa dipakai SIM card penggantinya. Belum lagi penggunaan pulsa yang tidak aman karena tidak adanya fitur penguncian penggunaan pulsa yang tidak sengaja. Pulsa saya sering banget tiba-tiba habis. Sudah ratusan ribu pulsa saya dicolong Indosat. Benar-benar kapok saya dengan Indosat.

    • 22 Desember 2021 - (11:15 WIB)
      Permalink

      iya Bener Mas, kalau saya hubungi CS lewat fitur chat, katanya itu cuma promo, saya bikin pengaduan disana, kata nya akan ditindaklanjuti tapi tanpa ada kelanjutannya, hanya sekedar info bahwa sudah di tindak lanjut melalui email.
      Kebetulan hari itu saya juga mau upgrade simcard ke 4g untuk operator lain, malah gratis tanpa biaya Mas, cuma biaya ongkos kesana doank 🤣

      • 22 Desember 2021 - (12:03 WIB)
        Permalink

        bener, telkomsel sy gratis tis tis tukar ke 4G, udah gitu dpt bonus kuota pula.

  • 22 Desember 2021 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Tepat nya tgl 2 bln ini (desember 2021) sy jg mengalami hal yg sama, untuk ganti kartu indosat karena terblokir pd tgl 6 november 21, sy hrs berlangganan paket prime min 3bl dengan biyaya 300rb (pascabayar),
    sy tanyakan ke CS nya apa gak ada yg lbh murah lg mba / apa gak bisa tetep pakek prabayar aja mba ??
    mba nya bilang gak ada dan gak bisa.
    Karena memang butuh sm nomornya sy terpaksa ambil, walaupun sebenarnya merasa keberatan, karena dipikir2 masak iya ibaratnya beli pulsa aja sampek segitu, lebih mahalan pulsanya dr pd listrik bulanan sy yg gak gak sampe 100rb/bln.
    Maklum ibu rumah tangga apa2 diperhitungkan😁😁,tp karena sy butuh sy tetep ambil meskipun sebenarnya merasa seolah2 di paksa secara halus oleh indosat (gerai Indosat ooredoo KEDIRI)

    • 22 Desember 2021 - (11:11 WIB)
      Permalink

      hehehe, sama Mbak, saya juga perhitungan😁
      Saya waktu itu tanya apa gak bisa ganti tanpa harus berlangganan, jawab nya gak bisa Mbak, kebetulan hari itu setelah dari indosat saya juga ke gerai operator lain untuk upgrade kartu SIM, disana justru tanpa syarat dan ganti kartu nya gratis, makanya saya coba kontak CS indosat melalui chat buat pastiin, katanya untuk berlangganan cuma penawaran dan bilang akan menindaklanjut masalah ini, tapi itu hanya sekedar info bahwa sudah di tindak lanjut tanpa ada kelanjutannya. Makanya saya up disini. begitu Mbak ceritanya

      • 22 Desember 2021 - (20:49 WIB)
        Permalink

        Nyesek ya mbak 🤣🤣. Padahal dulu indosat gak kyk gini, dl pernah ganti kartu juga karena kartu rusak kebetulan nomor yg sm sm nomor yg ini jg,, tp gak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis tiiss. Padahal pelanggan setia tp malah kayak ditindas gt😁😁

  • 22 Desember 2021 - (11:58 WIB)
    Permalink

    Dear indosat, setelah sy membaca semua komentar, ini sih perintah dari Indosat pusat ya. ga mungkin semua gerai kompak menerapkan hal ini kalo bukan atas perintah dr pusat.
    Apakah dikarenakan pendapatan Indosat menurun lantas mencoba mencari alternatif lain? apakah pencurian pulsa yg biasa dilakukan indosat belum cukup juga?
    note: sy dan teman2 sy pemakai indosat juga mengeluhkan pulsa sering hilang padahal sudah ada paket internet yg aktif. Sy lebih aneh lg, ditaroh di hp nokia jadoel yg cuma bs sms telpon pulsa hilang dengan sendirinya. Tanya CS karena pemakaian internet. Asal jawab atau bagaimana? provider lain sy taruh di hp yg sama tak pernah mengalaminya.

  • 25 Desember 2021 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Wah sama persis nih kejadiannya sekitar 3 hari yang lalu di Gerai Indosat di Metropolitan Mal Bekasi. Jadi ceritanya saya nemenin ibu saya ganti kartu 3G ke 4G karena sinyal 3G nya mati jadi cuma nangkep sinyal 2G aja, terus pas sampe sana katanya kalo mau ganti kartu harus bayar seperti yang ts sebutin (gila aja cuma mau ganti kartu aja bayar segitu 🤣). Yaudah akhirnya saya bilang sama masnya gak punya duit segitu wkwkwk. Pas browsing di Google ternyata bisa tuker kartu gratis, dianter pula. Gak lagi2 deh ke Gerai Indosat kalo kayak gitu caranya.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Indosat Ooredoo, Ganti Kartu SIM Rusak Harus Berlangganan Paket Propai…

oleh Vindy dibaca dalam: 1 menit
23