Debt Collector Bank Mega Menagih Kepada Pihak Ketiga

Surat pembaca ini saya tujukan khusus untuk Bank Mega, OJK, & Gubernur Bank Indonesia.

Saya benar-benar merasa sangat terganggu & kesal atas teror/intimidasi/ancaman/kata-kata kotor & biadab dari debt collector Bank Mega yang salah sasaran yang telah dilayangkan kepada saya & anak saya. Atas penagihan tunggakan kartu kredit menantu saya. Dan saya diminta pertanggungjawaban (sebagai orang tua / penjamin) yang mana saya sama sekali tidak pernah dikonfirmasi dari awal oleh pihak bank Mega mengenai prihal saya akan bersedia dijadikan sebagai emergency contact.

Saya sudah sampaikan pula bahwa menantu saya itu sudah dewasa (bukan anak balita yang memang masih merupakan tanggung jawab orang tuanya). Teror yang dilakukan berupa panggilan/chat wa berpuluh-puluh kali setiap harinya dari nomor yang berbeda-beda sehingga saya juga sudah lelah untuk memblokir nomor-nomor tersebut.

Apakah tindakan debt collector ini menang sudah sesuai dengan SOP penagihan kredit bermasalah Bank Mega dan etika penagihan sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP tanggal 13 April 2009 Perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu dan perubahannya, sebagai berikut:

  • Dalam melakukan penagihan, debt collector menggunakan kartu identitas resmi yang dikeluarkan penerbit kartu kredit, yang dilengkapi dengan foto diri yang bersangkutan;
  • Penagihan dilarang dengan menggunakan cara ancaman, kekerasan dan/atau tindakan yang bersifat mempermalukan pemegang kartu kredit;
  • Penagihan tidak dilakukan dengan menggunakan tekanan secara fisik maupun verbal;
  • Penagihan dilarang dilakukan kepada pihak selain pemegang kartu kredit;
    Jika penagihan dilakukan menggunakan sarana komunikasi, dilarang dilakukan secara terus menerus yang bersifat mengganggu;
  • Penagihan hanya dapat dilakukan di tempat alamat penagihan atau domisili pemegang kartu kredit;
  • Penagihan hanya dapat dilakukan pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 wilayah waktu alamat pemegang kartu Kredit;
  • Penagihan di luar tempat dan/atau waktu tersebut di atas, hanya dapat dilakukan atas dasar persetujuan dan/atau perjanjian dengan pemegang kartu kredit terlebih dahulu.

Bahkan yang lebih parahnya lagi debt collector Bank Mega ini sampai melakukan teror ke handphone & kantor anak saya yang satunya lagi yang entah bisa dapat meng-hack data tersebut darimana.

Bahkan petugas debt collector tersebut mengancam bahwa akan mendatangkan petugas lapangan ke alamat saya yang mana notabene tidak mengetahui tentang memang benar ada atau tidaknya tentang tunggakan tagihan kartu kredit menantu saya ini.

Tindakan biadab petugas debt collector Bank Mega ini terus terang sudah mengganggu privasi saya dan keamanan saya. Bahkan ketika saya cerita ke tetangga di sekitar rumah saya pun banyak yang menyarankan saya tidak perlu takut & khawatir untuk memvideokan ketika petugas debt collector tsb mencoba untuk mendatangi rumah saya apalagi jika debt collector tsb sampai membuat kegaduhan & kalau bisa agar saya dapat segera menghubungi & melaporkan kepada pihak kepolisian atas tindakan teror tersebut

Saya harap pihak OJK & Bank Indonesia dapat segera meng-audit bagaimana tata cara penagihan yang telah dilakukan oleh Bank Mega ini (apakah memang sudah sesuai dengan peraturan & kebijakan yang telah ditetapkan) seban setelah saya telusuri di media surat pembaca ternyata banyak pula korban yang sama nasibnya seperti saya ini atas teror biadab yang dilakukan oleh Bank Mega.

July Tjahyadi
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mega atas Surat Ibu July Tjahyadi

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Redaksi yang terhormat, Sehubungan dengan surat Ibu July Tjahyadi di mediakonsumen.com (19/12), “Debt Collector Bank Mega...
Baca Selengkapnya

92 komentar untuk “Debt Collector Bank Mega Menagih Kepada Pihak Ketiga

  • 20 Desember 2021 - (19:03 WIB)
    Permalink

    Jiaaaahh DCnya Bank Mega Lagi bikin ulah lagi..gk kapok2..yg heran OJK sama BI kemana wooeeee…dari dulu gk ada tindakan dan tetap terulang lagi..komen terus sampe VIRAL..

        • 21 Desember 2021 - (11:15 WIB)
          Permalink

          Sebut nama lengkap konglomerat yang lu maksud itu kalau lu merasa lu dan kaum Pengutang lu bener (jangan lu bilang inisial gitu)
          Sebut juga nama lengkap lu, nomor KTP, sama alamat lengkap lu disini ya jagoan

          1
          2
          • 21 Desember 2021 - (11:37 WIB)
            Permalink

            @Michael kalau gw mah bukan jagoan. Tp cukup lah kalau cuma buat hadapin KAU & kelompok anj1ng2 dc nya bank Mega aja mah…. kita pakai hukum rimba aja (jgn nanti disaat lo udah pada udah keok: keluarga lo malah lapor2 visum2 segala ya).
            WOIIII… NGAPAIN MINTA2 NOMER KTP GW SEGALA….!!! EMANGNYA GW LG MAU BIKIN KARTU KREDIT / PINJOL DARI BANK MEGA KEBANGGAAN KAU ITU YA? EITTSSSSS…. TUNGGU DULU. UDAH GAK SEHAT KAU YA…. ?.

            Mau ngapain jg gw nyebutin nama lengkap pemilik dr bank kau, huh sorry banget ye bikin populer aja namanya

            2
            1
          • 21 Desember 2021 - (11:39 WIB)
            Permalink

            @Michael pokoknya ada saatnya nanti kau ketemu dengan kau. Siapa nama asli kau. Biar ku ingat (bkn utk ku cek di bi checking ya…..) wkwkkwkwk…. dasar otak dangkal…. apa2 bi checking, apa2 suruh orang nagih, maju sendiri berani gak kau?? Buktikan kejantananmu..!! Kecuali kalau kau wanita: boleh lah ak menyerah, asalkan ehmmmmm…..

            2
            1
  • 20 Desember 2021 - (19:11 WIB)
    Permalink

    @Handoko justru pak bambang_purwadi (salah satu yang memberikan komentar diatas) pd saat ini sdg berhadapan dgn bank mega sampai di tingkat kasasi. Sengaja memilih jalur hukum akibat ingin buat jera para kaum DC & kapitalis yang memang suk bertindak seenaknya spt dunia hanya dia yg punya.

    5
    1
    • 21 Desember 2021 - (11:02 WIB)
      Permalink

      bener banget tuh bang… biar di bakar hidup2 tuh dc. Biar cepet ketemu malaikat & liat pintu neraka ?

  • 21 Desember 2021 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Woi, mantu atau anak lu itu punya duit gak? Atau lagi miskin gak punya duit?

    hutang itu harus dibayar. Kalau lu mau gak diganggu, ya lu bayarin hutang anak lu.

    • 21 Desember 2021 - (11:07 WIB)
      Permalink

      WOIII…. ADA SI DUNGU LAGI DI SINI… Apa kabar ngu? Masih pegang duit lo buat beli kopi serebuan demi wifi gratisan. Wkakakakkaaa… udah sembuh dr covid blom lo? Gw kira udah mampus lo gara2 covid ngu…. wkakkaakaa…

      2
      1
  • 21 Desember 2021 - (11:29 WIB)
    Permalink

    @Michael Lo udah halu ya mau punya keluarga kaya? Kalau memang keluarga lo udah kaya lo gak mungkin kerjaannya spt anj1ng yang mau di suruh2 nagih kesono-sini panas2an hujan2an hanya demi uang 100-200rb. Lekas bangun woiii dari tidur lo…. sadarrrr….
    Kalau lo mah gw yakin bener emang gak bisa punya karu kredit seumur hidup lo, krn gmn lo mau punya kartu kredit kalau upah lo aja cuma 100-200rb? Apa kata duniaaaa…?.
    Kepo ya mau minta data2 gw…? Wkwkwkk… nanti ada saatnya sengaja gw gak bayarin cc mega lo, biar gw ketemu sama lo. Nanti gw ajakin kopi lo ngopi bareng. Seriussssss….. tp setelah ngopi isi daleman perut lo udah pd kering semua oleh sianida. Wkwkwkwkwwk

    2
    1
    • 21 Desember 2021 - (12:13 WIB)
      Permalink

      @Michael trus kenapa…? Gw harus takut sama ancaman kau? Ahhh… tidakkkkk…. Itu hak KAU, silahkan laporkan kalau memang kau anggap itu sdh memenuhi syarat pasal 315 KUHP dan UU ITE Nomor 19 Tahun 2016.

      Bener kan yang gw bilang tadi… “jangan nanti udah pada keok, malah pakai acara lapor2an & visum segala”. Lah ini Belum ketemu sama gw aja sdh siap2 laporann…. wkwkwwkk…. BANCI KALENG KAU MICHAEL…!!!. Punya kendaraan & uang buat pergi bikin laporannya gak? Butuh gw sumbang? Wkwkkwk

      3
      1
  • 21 Desember 2021 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Sy pernah di wa bbrpa dc bank lain hitungan menit masuk wa hampir 10dc, krn cc Kakak sy keterlambatan sekitar seminggu, setelah sy pastikan kakak sy benar tdknya dan ybs katanya sudah info ke pihak collection tnggu tgl gajian biar denda gpp ttp dibayarkan krn tempat kerjanya dibandara selama pandemi kmarin off. Dan gajinya infonya tdk bayar penuh, tp ttp msh terima gaji dan msh bs melunasi cc nya. Krn sy tau dc model bgini garang di online, sukur² klo dateng seneng bnget malah sy..sy blg aja “NIH DUITNYA UDAH DITITIPKAN SM SY ADA DRUMAH ORGNYA LAGI TIDUR.AMBIL AJA ALAMAT JELAS KAN SUDAH TAU. SY TNGGU YAA BAWA ID CARD SESUAI NAMA KM DI CHAT” ga pada dibalas lagi wa nya semua.

  • 22 Desember 2021 - (11:36 WIB)
    Permalink

    DC tidak dibenarkan menagih yang bukan peminjam.
    DC Mega urusannya apa tuh ? Bilang orang gagal didik ?

    • 22 Desember 2021 - (13:59 WIB)
      Permalink

      @Sald Bener banget pak. Justru si Mega lah yg sbnrnya gagal didik para dc-nya. Coba kalau DC nya makan bangku sekolahan, pasti attitudenya gak bakalan minus. Biasa lah pak…. kalau maling teriak maling… DC itu kan memang dilahirkan tdk mempunyai keahlian lain selain MENGANCAM & MENEROR. Makanya dia ga bisa cari pekerjaan/profesi yg lain, krn tdk ada pekerjaan/profesi lain yg membutuhkan keahlian MENGANCAM & MENEROR. Ayo kita sikaaattt habisss (sampai ke akar2nya) penjajahan model DC begini.

  • 27 Desember 2021 - (14:20 WIB)
    Permalink

    dulu saya pernah, kantor lama saya di teror DC, nagih ke HRD dan ngoceh2 ke resepsionis “dibayar brp lu ama danar sampe mau ngumpetin danar” (masih saya save rekamannya walaupun sudah lunas dan saya tutup CC saya. lalu saya nulis disini, tanggapan bank mega gak solutif hingga akhirnya saya ke kantor nya tapi blm ada solusi dan oknumnya seolah “diumpetin” oleh Ibu Dian (pic yg terima saya waktu itu).

    sampai sudah dilempar ke pihak ke tiga dan datang kerumah tapi lembut sikap nya sopan, belum ketemu solusi juga hingga data saya dikembalikan lagi ke bank mega. ehh mereka pake cara lama, mereka hack FB saya dan keluarga saya yg ada di fb di hubungin, parah memang. dan setelah saya usai nego, saya tanya ke tim keringanan, info nya memang mrk ada tim IT khusus yang cari2 data nasabah galbay baik itu di sosmed dan aplikasi lainnya.

    percuma dilawan sampe pengadilan, kita sama2 pahamlah siapa owner bank mega. saya ambil kesimpulan jadikan ini pelajaran dan jangan sampe ada urusan lagi ama bank mega,. bahkan sampe belanja di carefour pun saya gak mau hahaha, apalagi punya tabungan atau cc di bank mega, amit2 jangan sampe.

    semoga nasabah bank mega yang lain bisa ambil pelajaran dari case saya,, saya memilih nggak ada urusan ama bank mega dalam hal apapun itu

  • 27 Desember 2021 - (14:29 WIB)
    Permalink

    @Danar S terima kasih banyak bpk/ibu atas sharing pengalamannya ttg bank mega ini. Karena hanya melalui forum ini lah saya dapat mengetahui bank mega dr berbagai sisi lain jg. Sehingga membuat saya lebih mengetahui & paham ttg sepak terjangnya. Salam sukses selalu pak/bu…

    • 27 Desember 2021 - (15:22 WIB)
      Permalink

      saran saya buat laporan kepolisian aja dulu pak, atau mau bar2 datengin aja ke kantor bank mega nya utk hentikan teror (bawa polisi pak kalau ada family yg jadi anggota) paksa PIC nya utk pertemukan yg chat itu dengan bapak

      • 27 Desember 2021 - (15:58 WIB)
        Permalink

        Sudah pak.. tetangga saya jg ada yg memberikan saran demikian agar sekiranya apabila ada DC yang sampai nekat datang ke rmh saya (apabila sampai bertindak barbar), paling tidak kita sdh memegang surat laporan kepolisiannya atas teror, ancaman, & pelecehan yang dilakukan sebelumnya (baik via wa maupun via telp).

  • 25 Agustus 2022 - (14:21 WIB)
    Permalink

    baru banget nih kejadian , saya d kejar2 dc smpe2 status masi pacar saya aj d kejar2 DC pdhal yg utang bkn saya , yg punya cc d mega bukan saya tp saya yg d kejar2 sm pacar saya . smpe dtg k tmpt kerja pacar saya. udh sya ksh no pengutangny aja masi nelfonin saya dgn kata2 kurang d ajar . mau smpe kapan jg saya ga akn byr utangnya walau it sodara saya. masa bisa2nya nelfonin org yg bukan punya utang d mega

 Apa Komentar Anda?

Ada 92 komentar sampai saat ini..

Debt Collector Bank Mega Menagih Kepada Pihak Ketiga

oleh JULY TJAHYADI dibaca dalam: 2 menit
92