Field Collector Kredivo Menghina Konsumen dengan Kata-kata Kasar

Saya adalah nasabah premium dari aplikasi Kredivo. Nama saya Made Chandri, dengan nomor seluler terdaftar: 0813193221**. Saat ini saya memang ada keterlambatan pembayaran atas tagihan saya, kurang lebih 3 bulan. Dikarenakan saat itu, kondisi kesehatan anak saya yang butuh perhatian khusus karena dirawat di Rumah Sakit (jika pihak Kredivo inginkan bukti medis saya siap kirimkan).

Pada bulan Desember 2021 kemarin pun sudah ada petugas yang mengunjungi saya,  dia memperlihatkan ID card dan surat tugas. Saya katakan kondisi saya saat itu, kondisi anak dan kondisi saya yang sedang mengajukan resign dari kantor. Saya berterima kasih karena beliau memaklumi kondisi saya, karena saya yakin beliau orang baik dan melakukan pekerjaan sesuai SOP perusahaan.

Namun apa yang terjadi pada saya kemarin, sungguh membuat saya kecewa terhadap Kredivo. Kemarin tanggal 2 Januari 2022, saya dikontak via WhatsApp oleh seseorang yang mengaku sebagai field collector dari Kredivo yang  menanyakan soal tagihan. Namun dia tidak menunjukkan ID card maupun surat tugasnya. Sehingga saya respon esok harinya dengan pertanyaan apakah beliau punya nama? Lalu dijawab namanya adalah Henri.

Singkatnya saya sudah menjelaskan kondisi saya, dan saya katakan bahwa saya akan menyelesaikan sisa tagihan segera jika saya sudah ada dana. Karena memang saya sedang berusaha mengumpulkan. Saya juga berikan bukti surat pengunduran diri saya pada tanggal 31 Desember kemarin. Jadi saya memang benar sudah mengajukan resign dari kantor saya, dan saat ini masih ke kantor karena proses handover kerjaan (1 month notice).

Alangkah terkejutnya saya, beliau langsung menghina saya dengan sebutan “BEGO” “BANYAK BACOT” berulang kali, hanya karena saya belum menyanggupi pembayaran sebesar Rp500 ribu. Berulang kali beliau minta saya share location, saya sudah lakukan. Namun saat saya minta dia untuk tunjukkan surat tugas ataupun ID card tidak mau.

Lalu saya hubungi beliau via video call, tapi tidak digubris. Akhirnya saya hubungi via WhatsApp call, dan saya utarakan bahwa saya tersinggung dengan ucapan hinaan darinya. Namun dia langsung menantang saya untuk laporkan saja ke polisi karena tidak takut. Berkali-kali dia berkata bahwa saya belum saja kenal dia jadi jangan main-main, karena backing-an dia banyak di polisi ataupun pengacara sekalipun. Dia merasa paham betul akan urusan hukum, karena dia mengatakan bahwa beliau kuliah hukum dan beliau adalah karyawan internal Kredivo.

Okey, sampai saat itu, saya rasa saya memang berbicara dengan orang yang pendidikannya lebih tinggi dari saya, saya patut hormati tugas dan pendidikannya itu. Namun yang menjadi hal yang lucu adalah, sejauh pemahaman saya, bahwa seorang yang berpendidikan tinggi saya rasa tidak akan pernah menggunakan kata-kata hinaan yang kasar dalam hal tugasnya menagih kepada nasabah bukan? Saya kooperatif selama ini. Jika dihubungi saya respon, jika dikunjungi saya terima. Lantas apa dasar beliau menghina saya dengan sebutan BEGO?

Untuk Kredivo, saya mohon penjelasan dan penelusuran terkait karyawan tersebut. Apakah dibenarkan dalam peraturan internal Kredivo dalam menagih nasabah menggunakan kata-kata kasar sampai menghina nasabah dengan sebutan BEGO? Tidak adakah sanksi pada perusahaan Kredivo kepada karyawannya yang bertindak seperti ini? Ataukah perlu saya tempuh jalur hukum saja?

Saya akan membayar seluruh tagihan saya segera. Namun jika pihak Kredivo bisa meyakinkan saya bahwa tindakan karyawan internal atau field collector Anda tersebut memang sudah sesuai dengan aturan internal maupun aturan OJK dan AFPI.

Jika tidak sesuai, saya inginkan sanksi terhadap beliau sesuai ketentuan prosedur yang berlaku baik pada perusahaan Kredivo maupun secara hukum. Karena saya yakin beliau paham sekali akan prosedur hukum baik perdata maupun pidana. 🙂

Kepada bapak-bapak petinggi OJK tolong di-review ulang untuk Kredivo ini dalam hal proses rekrutmen karyawannya. Terima kasih.

Made Chandri Dwitya Arini
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:98    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Made Chandri Dwitya Arini

Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Made Chandri Dwitya Arini di MediaKonsumen.com tanggal 5 Januari 2022 pada kolom Surat Pembaca yang...
Baca Selengkapnya

44 komentar untuk “Field Collector Kredivo Menghina Konsumen dengan Kata-kata Kasar

  • 5 Januari 2022 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Kl dr Chatt awal sih sudah cukup Sopan, dan sudah permisi dengan “tulisan selamat siang … “, tp cuma anda read doang…screenshotnya jg terlihat Lompat-lompat, tidak lengkap anda lampirkan semua, sehingga gk tau siapa duluan yg berkata kasar sebetulnya ..

    Mungkin krn seharian cm anda read WAnya, anda dianggap gk koorperatif, DCnya jd darting krn dia di press dr tempat kerjanya yg mewajibkan hrs galak untuk penunggak yg lama gk bayar. Karena pakai basa basi sopan gk mempan, jadi Gass aja udah sekalian dan terbukti berhasil anda respond

    Logikanya sih, Kalau DC diancam mau lapor ke polisi krn omongan kasarnya yah gak bakal takut, krn saking banyaknya laporan urusan pinjol begini, polisi jg pasti kewalahan kalau mau ditanggapi semua laporan seperti ini.

    Yah, sabar aja deh..jgn main pinjol2an lagi, mudah2an next bbrp kedepan no kontak hp anda gk ada terror

    *pengalaman sih bntr lagi yg lain ada yg nuduh gw DC nih ..

    25
    6
    • 5 Januari 2022 - (13:53 WIB)
      Permalink

      DC YA????????!!!!! WKWKWKWKWKWK

      kalimat tuduhan favorit di kolom komentar sini, logika netizen

      3
      1
      • 5 Januari 2022 - (13:55 WIB)
        Permalink

        saya di media konsumen sudah banyak pengalaman

        jadi DC, pegawai bank, pegawai asuransi, pegawai pinjol, buzzer, pegawai telkomsel, XL, pegawai traveloka, pegawai hotel, apa aja deh

        nda ada yang mau hire saya kah? pengalaman saya banyak

        4
        1
          • 5 Januari 2022 - (22:06 WIB)
            Permalink

            ya begitulah pekerjaan dc menghina dan merendahkan orang lain,suatu saat mereka pasti akan merasakan bagaimana rasa nya di hina

            6
            2
    • 5 Januari 2022 - (17:16 WIB)
      Permalink

      Kyaknya si pihak penghoetank emg orgnya rada kasar, wa si dc ga di read sehari trus paginya di tanyain knapa di read doang malah si penghoetank marah2, krna screenshot nya cuma nunjukin pas dc lgi maki dia makanya kita g tau siapa yg mulai, tapi filing gw si penghoetank yg mulai duluan hehe

      11
      2
    • 6 Januari 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Dr percakapan emang si tukang ngutang yg kasar.

      saya pernah ngutang di kredivo tp gk ada tuh yg kasar, kecuali kalo mereka di kasarin dan nunggak ampek sebulan lebih bisa jd kasar. tp sepengalaman ngutang di kredivo gk ada yg kasar.

      coba becermin dlu tuh, ente kali yg kasar. SS aja lompat2 gitu.

  • 5 Januari 2022 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Hi Ibu Made Chandri Dwitya Arini,

    Maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Terkait kendala Ibu Made Chandri, mohon bantuannya untuk informasikan nomer telepon yang dapat dihubungi dan dapat di kirimkan ke email kami di support@kredivo.com dengan subjek “Konfirmasi Laporan Media Konsumen” agar dapat kami lakukan konfirmasi terkait kendala yang Ibu alami. Terima kasih.

    Salam Hangat,
    Customer Support Kredivo

    6
    3
    • 5 Januari 2022 - (17:41 WIB)
      Permalink

      Saya terima semua komentar nya, terima kasih yaa yang support dan yang menghujat yang jelas saya tidak Akan lari dari kewajiban hanya meminta waktu untuk mengumpulkan Dana, masalah BI checking ga jadi soal buat saya, itu resiko yang memang sepatut nya saya terima.

      Dan karna negara ini negara yang memiliki hukum, di mana saya Ada lah seorang Konsumen yang juga memiliki hak yang diatur dalam UU perlindungan Konsumen, saya rasa saya berhak menyuarakan hak saya, apa kah karena saya berani banyak bicara sehingga menimbulkan keresahan? Keresahan dipihak siapa? #TanyaKenapa

      Well, pada akhr nya saya kembalikan lagi silahkan semua orang berkomentar, karna negara ini juga mengatur kebebasan dalam berpendapat, Selama itu tidak menyinggung SARA, Dan secara personal. so enjoyed ❤

      7
      21
      • 6 Januari 2022 - (12:39 WIB)
        Permalink

        Skrg anda yg seolah-olah jd korban?
        Pdhl kewajiban anda untuk byr hutang tdk djlnkan…..99hari bkn waktu yg sbntr….
        Dan “kata2 kasar dc” anda jadikan senjata…

        Skrg anda cRi pembelaan d media konsumen??
        Yg anda dpt bukan pembelaan, tp nynyiran atas ketololan anda…..

        Hutang y wajib bayar….
        Klu tdk mau d tagih, bayar hutang anda tepat waktu….
        Klu tdk mampu byar, ya jangan berhutang….

        Anda Tipe2 manis d depan dan pahit d belakang….lonte

        5
        4
          • 7 Januari 2022 - (04:04 WIB)
            Permalink

            Valentina Dan campur, kalo berani jgn pake fake akun ya 😁

            Ngatain sy lonte tidak Akan membuat anda lebih suci dari Saya.

            Saya doakan semoga istri/suami Dan anak2 kalian di Jauh kan dari godaan lonte Dan fitnah tak berdasar..

            1
            4
        • 18 Januari 2022 - (19:09 WIB)
          Permalink

          Kamu itu tolol , kadng manusia hutang karena kepepet kebutuhan hidup apalagi di masa pandemi yg kdng gaji gak full krna wfh. Nasabah telat tapi ada itikad baik membayar seharus nya pihak pengutang memberi kompensasi , kerja debt cuma bisa neror tong kosong nyaring bunyinya. Nyalinya cm di wa aja nyerbu rame² , makan duit haram dari neror orang.

        • 18 Januari 2022 - (19:15 WIB)
          Permalink

          Tuhan maha adil bagi manusia sampah kyk kamu yg bisanya ngatain org , makan duit haram dr neror org. Gak berkah elu makan duit itu buat anak istrimu.

  • 5 Januari 2022 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Moga cepat selesai masalahnya,dan dipermudah oleh Allah/Tuhan rezekinya.Aamin

  • 5 Januari 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Yg namanya pinjol , mau situ jatuh, jungkirbalik, tengkurep, nyusruk ,ngeGubrag, guling2an jga gk akan mempan.. yg ada kita oasti di maki2. . Yaaa balik lg sih, sebelum meminjam pinjaman online harus siap saka resikonya

  • 5 Januari 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Sesungguh para dc itu yang menjual harga diri nya sendiri, mereka seperti kuda yang di cambuk agar terus tetap berlari dan berlari walaupun mereka sendiri sebenar nya merasa terhina dengan pekerjaan tersebut

    6
    7
  • 5 Januari 2022 - (23:01 WIB)
    Permalink

    Kalau saya analisa.. Dc sebenarnya sopan.. Dr dia reminder konsumen ada jarak 1 hari.. Berarti konsumen ngk koperatif dan tunggakan sdh 99 hari.. Kedua.. Yg dilingkati masalah bego.. Karna konsumen ngk mau dikenain bunga.. Maka si DC merasa lucu.. Keluarlah kata bego loye… Ketiga keluar kata bego lagi.. Karna si konsumen ngk paham hukum.. Katanya mau dipidanakan.. Kalau filing sy.. Ini konsumen sdh biasa ngutang.. Karna tgl 16 Nop atau des sy lupa dia buat laporan jg ke kredit pintar yg notabane dia tertunggak jg… Orang ini sepertinya lihai bersandiwara.. Mari menilai.. Bijak menilai..Waspadalah

    11
    1
    • 6 Januari 2022 - (12:11 WIB)
      Permalink

      Kalau ada uang akan dibayar…
      Terkadang orang ga ada uang…
      Apakah tida bisa di maklumin..

  • 6 Januari 2022 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Udah lebih 90hri pasti dc pihak ke 3 itu yg nagih. Gak bakalan ada dia bukti surat tugas atau id card kredivo. Gak perlu dilayanin wa DC kayak gitu. Lgsg blokir aja selesai. Urusan anda ma kredivo jgn mau dicampuri pihak ke 3. Fokus kumpulin dana dan tinggal dilunasin aja ke kredivonya.

    2
    1
    • 6 Januari 2022 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Walau pihak ketiga keempat atau ke 1000 jg.. Itu ngk ada masalah x.. Utang wajib dibayar bos dan konsumen ini mungkin ngk koperatif dr chat aja anda sdh pasti paham.. Udh dibaca tp ngk balas.. Ya dcnya bilang gitu.. Malah ini dr bukti chat konsumen ngegas.. Ya begitu.. Orang yg berutang lbh galak dr DC.. Ini kan terbukti dia slah ngk jawab reminder… Gas lagi..kalau sy analisa.. DC ngk mau kasih tunjuk karna filing dia ini konsumen akan permalukan dia karna udh ada unsur melaporkan ke pihak berwajib…kita tdk tau chat selanjutnya.. Tp akhir kata semoga konsumen sadar dan cepat bertobat… Karna setiap orang yg menzholimi pasti kena akibatnya.. Orang waras pasti Like

      2
      3
      • 6 Januari 2022 - (17:25 WIB)
        Permalink

        Hahahaha makanya dibaca komenannya.. udah q bilang fokus kumpulin dana dan lunasin Kredivonya. Untuk dc ngapain ditanggepin DC kayak gitu. Cukup blokir WAnya selesai. Urusan ya cuma ke kredivo bukan ke pihak lain. Gak paham GOBLOK HAHAHAHA

        • 6 Januari 2022 - (18:04 WIB)
          Permalink

          Haaaa… Bangsat.. Bukan anda yg atur… Yg berwenang yg atur.. Mknya jangan Sotoy jd orang… Wkkkkk

          1
          1
          • 6 Januari 2022 - (18:54 WIB)
            Permalink

            HAHAHAHA Udah makan lom C DC?? Udah narget belom? Jgn2 kmren lu gak target makanya gak bisa makan ya?🤣🤣🤣.
            Cepet sadar bro.. kerjaan lu itu haram, segera out deh drpda lu ntar kena karmanya sendiri HAHAHAHA
            DC DC.. ttp aja kelakuan SAMPAH🤣

            1
            4
          • 7 Januari 2022 - (03:53 WIB)
            Permalink

            Anda ad masalah sm sy? Sampe nyebut sy kasar gt, masalah hidup orang beda beda bung, rejeki orang juga beda beda, niat saya membayar hutang pun urusan sy dengan Tuhan, bukan urusan dengan anda maupun si FC, krn beliau hanya menjalan kan tugas, sy hormati kok profesinya, Dan anda tolong hati2 berucap menuduh orang dengan sebutan kasar..saya gak kenal dengan anda, Dan anda pun ga perlu kenal dengan Saya, namun tuduhan anda ini sudah serius, sy doakan semoga anak istri anda di Jauh kan dari fitnah tidak berdasar.

            Nb: user ID Jangan pake fake akun dong 😄

  • 6 Januari 2022 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Sepertinya si Aris ini konsumen yg menulis keluhan ini soalnya nada bicaranya sma..haaaa…. Jangan 2 bapakmu mati ninggalin utang bnyk ya… Buakkkkkkk

  • 7 Januari 2022 - (07:01 WIB)
    Permalink

    Saya si jujur ja ada si saya belom lunasin pinjaman kridivo ,walaupun DC nya datang saya sambut dengan baik dan sprti tamu ,
    Swajarnya ja si meningan kita kumpulin dana buat bayar utang.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

Field Collector Kredivo Menghina Konsumen dengan Kata-kata Kasar

oleh Made Arini dibaca dalam: 2 menit
44