Pesanan Sudah Diterima Pembeli, tapi Shopee Malah Membatalkan Pesanan

Teruntuk Shopee Indonesia,

Saya mau laporkan kasus saya terkait sebagai penjual yang dirugikan oleh Shopee. Jadi ini pesanan pembeli dengan nomor order: 211210QTSEK6TV, sudah dikirimkan dari tanggal 20 Desember 2021. Statusnya stuck  tanggal 24 Desember 2021, tidak ada pergerakan. Saya melaporkan terkait pesanan ini kepada pihak JNT maupun Shopee.

Pada tanggal 3 Januari 2022, saya pertama kali laporkan ke Shopee, lalu disuruh tunggu 3 hari kerja. Lalu tanggal 4 Januari 2022, Shopee chat lagi katanya butuh waktu 4 hari untuk pelacakan. Saya tunggu kabar dari Shopee, tapi tidak kunjung ada kabar.

Lalu tanggal 8 Januari 2022, saya baru cek lagi, ternyata pesanan ini sudah dibatalkan secara sepihak oleh pihak Shopee dengan alasan pengiriman gagal. Pada saat saya cek tanggal 6 Januari 2022, pembeli sudah terima paket, tapi Shopee seenaknya membatalkan pesanan.

Hingga hari ini tanggal 19 Januari 2022, kasus ini belum beres. Shopee malah suruh pihak penjual chat pembeli sendiri. Saya sudah kontak pembeli, tapi tidak ada respon juga. Shopee juga katanya akan hubungi pihak pembeli, tapi setelah ditunggu tidak ada kabar.

Di sini Shopee sebagai pihak yang seenaknya membatalkan pesanan, sama sekali tidak bertanggung jawab. Di chat CS Shopee-nya hanya terus mengulurkan waktu, dengan jawaban sedang ditangani tim terkait. Saya awalnya tidak mau tulis surat seperti ini. Namun kasus saya malah statusnya laporan ditutup, dan pihak Shopee sepertinya tidak menyelesaikan permasalahan saya. Jadi saya terpaksa tulis surat di media ini.

Saya butuh tanggung jawab dari pihak Shopee untuk barang yang telah saya kirimkan dan pengembalian dana atas produk yang telah diterima pembeli. Mohon konfirmasinya dari pihak Shopee.

Terima kasih.

Grace Olivia Wijaya
Manado, Sulawesi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:96    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Pesanan Sudah Diterima Pembeli, tapi Shopee Malah Membatalkan Pesanan

  • 20 Januari 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Buat masalah diatas sudah selesai ya, Terima kasih buat pihak shopee yang cepat respon dalam masalah ini, mohon maaf ternyata dari pihak shopee telah melakukan penyesuaian dana yg sudah dikirim tgl 14 Januari, hanya saja dari pihak cs yg kami chat tidak ada konfirmasi dan hny bilang masih proses dan suruh hubungi pembeli, jadi saya juga tidak tau jika dana nya sudah dikembalikkan, terima kasih buat bantuan dari pihak shopee atas feedback saya🙏

    3
    13
  • 20 Januari 2022 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Seperinya masalah sepeti ini cukup sering terjadi di shopee, semua gara” sistem yg otomatis membatalkan hanya karena melewati estimasi pengiriman , padahal status barang sedang dalam pengiriman. Seharusnya ada admin yg meninjau ulang status pesanan saat sistem mendeteksi pengiriman melewati estimasinya, jangan langsung batal saja.

    16
    4
  • 20 Januari 2022 - (23:29 WIB)
    Permalink

    sama kak. saya juga begitu sebagai penjual ada beberapa orderan status dibatalkan , tapi paket sudah diterima pembeli, saya malah disuruh hubungi sendiri pembeli, saya disuruh menagih ke pembeli.

  • 21 Januari 2022 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Sepertinya system merchan di shopee ada banyak “celah” khususnya keuntungan “gelap” utk pembeli. Hayooo buruan borong di shopee..

    1
    1
  • 21 Januari 2022 - (10:33 WIB)
    Permalink

    System tracking Shopee memang bermasalah dari dulu dan tidak pernah diperbaiki status tracking selalu tidak update tidak seperti sistem tracking Tokopedia. Bayar KPop bisa benerin aplikasi tidak bisa, seharusnya aplikasi Shopee customer dan Shopee seller dipisah saja biar tidak berat seperti aplikasi sekarang.

  • 21 Januari 2022 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah alami tapi pembeli saya 😅
    Di tracking katanya di batalkan tapi pesanan saya juga sampe, uangnyapun di kembalikan.
    Kasihan si penjual, semoga si shopee uda ganti rugi karna si penjual juga ga kontak saya Sama skali

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pesanan Sudah Diterima Pembeli, tapi Shopee Malah Membatalkan Pesanan…

oleh Grace Wijaya dibaca dalam: 1 menit
8