Kecewa, Sudah 8 Bulan Pengembalian DP Lavon Swancity Tidak Jelas dan Tidak Transparan

Saya Jureynolds, pembeli unit Lavon 1 Cluster Regalia. Melalui surat ini, kami ingin meminta kejelasan dan transparansi pengembalian DP 50% (pembelian unit the flexibel Osaka 9 NO 6) booking fee yang kami bayarkan sejak tanggal 21 November 2020 sampai April 2021 (Total Rp70,174,000 (include 10,000,000 booking fee). Proses pengembalian DP ini tidak jelas dan tidak transparan, sudah 8 bulan kami tidak diberi kepastian dan di lempar ke banyak pihak. Berikut kronologinya:

  • Tanggal 3 Mei 2021, kami melakukan pembatalan pembelian unit di Lavon Daisan, dikarenakan kami ingin mengganti unit lavon 1 tipe E series di Cluster Regalia. Rumah di Regalia sudah serah terima unit, tetapi DP untuk Lavon Daisan belum dikembalikan dan tidak jelas progresnya. Pada saat penandatanganan surat pengembalian DP unit Lavon Daisan, sales atas nama Shandy/Sendy menginfokan bahwa pengembalian DP 3 bulan setelah kita tandatangan surat pembatalan, yaitu bulan Agustus 2021.
  • Tanggal  18 Juni 2021, sambil mengurus KPR untuk unit Regalia Lavon 1, kami masih menerima SMS terkait pembayaran unit Daisan, dan kami sudah menginfokan ke sales kami (Shandy/Sendy). Namun tidak ada feedback.
  • Tanggal 14 Juli 2021, kami menerima surat pemberitahuan dari Swan City terkait tunggakan DP Daisan. Kami terus menginfokan pada sales tersebut, dan sales tersebut meminta untuk diabaikan saja.
  • Tanggal 15 Juli 2021, kami menginfokan kembali ke sales dan collection Lavon bernama Lena untuk membantu proses pembatalan dan pengembalian DP. Namun juga tidak ada feedback yang jelas.
  • Tanggal 22 Agustus 2021, kami pergi ke marketing galeri Lavon Swancity menanyakan terkait pengembalian DP. Kami diminta untuk menunggu info dari sales, tapi dari sales tidak ada memberikan feedback kembali terkait ini.
  • Tanggal 20 september 2021, kami menanyakan pengembalian DP kembali ke sales (Shandy/Sendy), dia bilang akhir bulan September akan di kembalikan. Setelah itu sales tersebut menghilang, nomor WA kami di block, proses pengembalian DP kami digantung, terancam denda karena keterlambatan pembayaran yang disebabkan oleh sales Lavon Swancity tersebut.
  • Tanggal 10-15 Oktober 2021, kami e-mail pribadi ke beberapa pimpinan sales Lavon Swancity melalui LinkedIn, diberikan satu nama sales pengganti yang akan handle kasus ini. Bersamaan dengan itu, kami juga menghubungi Customer Service Lavon Swancity, juga diberikan satu nama sales pengganti yang sama, Pak Ricky.

  • Tanggal 15 Oktober 2021, melalui sales pengganti (Pak Ricky), kami mengetahui bahwa pengajuan pengembalian DP kami masuk ke sistem per tanggal 22 Agustus 2021, hari dimana kami pergi ke marketing Lavon Swancity untuk menemui sales kami (Shandy/Sendy), dan dia tidak bersedia menemui kami dengan alasan ada tamu.
  • Tanggal 5 November 2021, Pak Ricky bantu follow up dan memberitahu bahwa Finance Lavon Swancity masih dalam tahap approval.

  • Tanggal 6 November 2021, kami mendatangi lagi Marketing Lavon Swancity menemui Pak Ricky dan tim, menanyakan progres yang masih dalam proses tanpa ada kejelasan. Hari ini, kami mendapatkan Salinan Surat Pengajuan pembatalan dan refund, dan mengetahui bahwa sales atas nama Shandy/Sendy baru mengajukan tanggal 22 Agustus 2021 dan MENIRUKAN/MEMALSUKAN tandatangan saya di atas meterai.
  • Tanggal  9-15 Desember 2021, kami menanyakan lagi, melalui Pak Ricky, Finance Lavon menjawab awal Januari minggu pertama akan di-update lagi prosesnya.
  • Tanggal  18 Januari 2022, melalui Pak Ricky, Finance menjawab masih di HQ, belum approval.

Kami sebagai pemilik unit di Lavon 1, sangat KECEWA dan LELAH selama 8 bulan (dan sepertinya akan lebih lama lagi), karena tidak ada kejelasan dan transparansi dari pihak Lavon. Pihak Lavon hanya mengajukan Pak Ricky untuk menjadi tameng melawan komplain kami. Pihak customer service sangat susah dihubungi, jika berhasil pun hanya meminta Pak Ricky yang handle komplain ini. Permintaan kami untuk dipertemukan dengan pihak Finance atau departemen terkait selalu diacuhkan, dan selalu kembali ke sales pengganti (Pak Ricky).

Bagaimana kejelasan dan transparansi pengembalian DP? Tolong berikan kami KEPASTIAN, bukan hanya update sedang dalam proses yang tidak berujung. Kepada Lavon Swancity, ditunggu itikad baik untuk sangat segera memproses komplain terkait pengembalian DP kami dengan tindakan yang jelas dan nyata.

Salam,

Jureynolds
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lavon Swan City:
[Total:34    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Lavon Swancity atas Surat Pembaca Bapak Jureynolds

Yth. Bpk. Jureynolds, Menanggapi pemberitaan di mediakonsumen.com, pada tanggal 21 Januari 2022 perihal “Kecewa, Sudah 8 Bulan Pengembalian DP Lavon...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Kecewa, Sudah 8 Bulan Pengembalian DP Lavon Swancity Tidak Jelas dan Tidak Transparan

  • 21 Januari 2022 - (10:42 WIB)
    Permalink

    pengembang yang terpercaya harusnya tidak seperti ini.. bikin ragu calon pembeli jika membaca SP ini

  • 22 Januari 2022 - (00:20 WIB)
    Permalink

    Susah uang DP klo udh msk ke pihak pengembang sprtinya mereka pengembang or management gak akan balikin uang DP

  • 24 Januari 2022 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Laporin saja ke Ombudsman. Dipanggilin tuh satu persatu sampai sanksi cabut ijin pengembang dari Pemda setempat.

 Apa Komentar Anda mengenai Lavon Swan City?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecewa, Sudah 8 Bulan Pengembalian DP Lavon Swancity Tidak Jelas dan T…

oleh Jureynolds dibaca dalam: 2 menit
3