Apakah Tarik Tunai melalui ATM Sesama Bank BUMN Sudah Tidak Gratis Lagi?

Yang terhormat kepada pimpinan Bank BNI 46 yang berwenang.

Mungkin ini hanya sepele, saya hanya ini meluruskan disinformasi yang mungkin terlewatkan oleh saya. Pada hari ini Kamis 20 Januari 2022, saya menarik tunai di ATM Bank BUMN yaitu Bank BNI 46. Adapun saya sendiri ada pengguna Bank Mandiri.

Seperti yang kita ketahui, bahwa biaya tarik tunai sesama bank BUMN adalah 0 rupiah. Sebelumnya sempat diberitakan bahwa biaya tarik tunai sesama bank BUMN tidak lagi gratis. Namun wacana itu dibatalkan. Yang ingin saya sampaikan adalah, pada hari Kamis saya menarik tunai di Bank BNI 46, tapi dikenakan biaya penarikan 7.500 rupiah, bukti terlampir.

Yang ingin saya luruskan, apakah memang sudah ada beban biaya untuk penarikan tunai saat ini sesama bank BUMN? Karena di portal berita mana pun tidak saya temukan berita tersebut.

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Radinal Ekawanda
Bandar Lampung, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Coba dipahami betul2.
    Dilihat dari struk anda , itu bukan ATM LINK
    Tapi ATM BNI Asli (tarik setor)

    Yang gratis ATM BNI/BRI/BTN/MANDIRI LINK
    Dibawah atm biasanya ada logo ke 4 bank tersebut

    • Karena ini kedua kali nya saya narik di atm bni dg kode link dikenakan cas. Saya pikir karena sdh kejadian ya lebih baik di up, biar semua tau kenapa?

  • izin nanya mas, model mesin atm bni nya itu model setor/tarik tunai atau model mesin tarik tunai saja, klw mesinnya yg model setor tarik tunai, itu gk termasuk atm link mas , tp klw mesin atm nya model mesin atm tarik tunai biasa itu termasuk ke mesin atm link

    • Kalo model mesin nya setor/ tarik. Mgkn ketidaktahuan saya ya, saya hanya melihat dibillboard bni46 depan indomaret bahwa itu bank bni46 dg kode link, artinya atm yg ada di dlm indomaret tsb gratis.

      • berarti itu mesinnya mesin atm bni biasa mas, bukan atm link , Atm link sendiri artinya jaringan link yg disediakan oleh 4 bank bumn ( bni, bri, mandiri, btn ) sehingga bisa digunakan utk transaksi, nah permsalahannya di mesin atm yg kata mas nya model setor tarik tunai ada logo linknya, berarti mgkin ada disinformasi disana, jadi saran saya kedepannya mas nya bsa lihat atm link yg khusus tarik tunai, dan lihat atm link yang ada logo dari beberapa bank bumn

      • Dulu saya pernah dikasih tahu pihak Customer Service Bank Mandiri bahwa ATM Link klo gak salah ada dua macam deh....satu merah putih dan satu lagi biasa aja...klo merah putih gratis .....lainnya gak deh....coba deh tanya customer service bank mandiri

  • Apakah Tarik Tunai melalui ATM Sesama Bank BUMN Sudah Tidak Gratis Lagi?

    Jawabannya. Mana gw tahu. Tanya ke ATM saja langsung bos. Hahahahaha

  • Yg gratis itu yg ada logo LINK dan logo 4 bank bumn. Kalau cuma logo LINK saja itu tidak termasuk. Jadi atm nya tertentu saja. Kl cuma logo link saja semua atm himbara ada semua, termasuk bersama.

      • Yg gratis itu di ATM Link dengan logo Link MERAH PUTIH di mesin ATM nya biasanya diatas mesin ATM posisi nya, bersamaan dengan logo bank HIMBARA (BTN BNI BRI MANDIRI). Bukan dilihat dari plang ada logo link di depan minimarket atau pom bensin, logo link di plang luar artinya bisa di akses oleh KARTU ATM berlogo Link dan bukan berarti itu ATM Link

      • Cuma 7500. Gak bikin rugi amat. Yang penting pengalaman anda berharga dan jadi tahu kalau tarik tunai dimesin setor tunai BNI Indomart Sultan Agungv pake kartu ATM mandiri tidak gratis alias dikenakan biaya.

  • MESIN ATM LINK dengan atm dengan logo LINK itu setauku berbeda,atm dengan logo link artinya semua kartu atm yg berlogo link bisa pakai,sedangkan MESIN ATM LINK itu MESIN ATM WARNA MERAH PUTIH KERJA SAMA KE 4 BANK BUMN DENGAN LOGO KE 4 BANK BRI, BNI, MANDIRI, BTN , dan mungkin untuk biaya2 berbeda antara mesin atm BERLOGO LINK dengan mesin ATM LINK

  • Gua setuju dengan masalah ini. Logo link yang di plang itu membingungkan. Setahu saya seharusnya kalau tetap dikenakan tarif ga usah pakai kode Link. Dan mesin setor tunai di BNI ga ada yang disebar di Indomaret atau Spbu. Kemungkinan dari sini pihak IT Jaringan BNI yang lupa melakukan settingan koreksi tarif. Saran gua laporin saja ke Mandiri biar nanti Mandiri minta ke BNI untuk refund uang agan.

  • logo LINK di Plang ATM d idepan Indomaret menandakan ATM tsb bisa digunakan oleh Kartu ATN berlogo Link, bukan berarti mesin ATM nya Link. Kartu ATM berlogo Link bisa diakses disemua ATM Link atau ATM masing2 bank...yang gratis itu jika penarikan dg Kartu ATM berlogo Link di ATM berlogo Link (ATM Merah Putih). ciri khas ATM Merah Putih, di Body mesin ATM ada logo 4 bank BUMN dan tampilan layar ATM sebelum kartu dimasukkan didominasi warna merah putih dg logo 4 bank BUMN. ATM berlogo link hanya bisa tarik tunai dan tidak bisa setor tunai (ada menu setoran tunai)

    • Kenapa gw bilang begini?
      Salah satu nya penulis menuliskan:

      "Yang terhormat kepada pimpinan Bank BNI 46 yang berwenang."

      Padahal dia nasabah mandiri. Kok komplain ke BNI? Ya lu komplain ke mandiri lah. Otak kok gak dipakai.

      "Adapun saya sendiri ada pengguna Bank Mandiri."

      Salah duanya sudah dituliskan oleh rekan rekan diatas

    • Tidak perlu sampai mengumpat mencaci maki orang juga Pak. Mungkin penulis kurang memahami, maka penulis bertanya (apalagi menurut penulis ini kali kedua mengalaminya).

      Selain itu, penulis jelas menyatakan di atas “hanya meluruskan disinformasi” yang mungkin terlewatkan oleh penulis sehingga butuh konfirmasi melalui pihak bank.
      Dari konten di atas, penulis tidak memiliki intensi menjatuhkan pihak manapun dan bermaksud bertanya dan memilih Media Konsumen agar mungkin lebih cepat mendapat respon dari pihak terkait.

      Bertanya dengan baik-baik di media publik justru tanda yang positif. Artinya semakin banyak konsumen Indonesia yang sudah “aware” memanfaatkan fasilitas publik seperti ini dan makin banyak yang “speak up”.

      Kita sebagai pembaca, cukup beri informasi yang baik. Apalagi media publik seperti ini dimaksudkan untuk saling berbagi informasi dan berani speak up.

      Kalau orang bertanya di sini (entah itu pertanyaan sederhana atau kompleks) dan karena “lalai pengetahuannya” dan langsung mendapat caci maki, bagaimana dampak ke depannya orang-orang bisa bebas bertanya jika merasa takut dan malu akan cacian?

      Tidak jarang kualitas seseorang juga bisa dinilai dari ucapannya. Semoga kita makin bijak. Terima kasih.