Transaksi QRIS D-Bank Pro Gagal, tapi Tetap Tertagih

Salam Media Konsumen. Saya ingin menceritakan keluhan, berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi D-Bank Pro.

Kronologi bermula pada tanggal 17 April 2024, saya melakukan transaksi QRIS melalui D-Bank Pro dan dinyatakan gagal. Berikut saya lampirkan bukti tangkapan layar yang menyatakan transaksi QRIS gagal, tapi tetap tertagih:

Mendapati bahwa transaksi gagal, pada tanggal 17 april 2024, saya langsung menghubungi Call Center Bank Danamon. Pihak Danamon memberi intsruksi kepada saya untuk menunggu transaksi valid selama 2-3 hari. Setelah menunggu 2 hari, pada tanggal 19 April 2024 saya menghubungi Call Center Danamon dan mendapatkan instruksi kembali untuk membuat formulir sanggahan transaksi. Berikut saya lampirkan formulir sanggahan transaksi yang telah saya buat.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari pihak Call Center Danamon, Bank Danamon akan melakukan investigasi pada transaksi saya maksimal 10 hari kerja. Batas maksimal tersebut pada tanggal 6 Mei 2024, yang ditempuh mulai dari tanggal 19 April 2024.

Pada tanggal 7 Mei 2024, saya menghubungi Call Center Danamon dan mendapatkan informasi bahwa laporan sanggahan saya sudah diterima dan menunggu feedback dari pihak terkait (pihak Bank Danamon yang melakukan investigasi transaksi), serta butuh perpanjangan waktu.

Saya menanyakan berapa lama saya harus menunggu kembali kepada Call Center Danamon? Namun Call Center tidak dapat memastikan. Kemudian saya mencari informasi melalui sosial media yaitu Instagram dan Media Konsumen. Saya mendapati bahwa banyak yang mengalami kendala seperti saya. Saya menyadari bahwa kendala yang saya alami akibat bug/permasalahan dari m-banking Bank Danamon (D-Bank Pro).

Saya mohon agar pihak Bank Danamon dapat segera memberi tanggapan dan pertanggungjawaban, berdasarkan bukti dan kronologi yang telah saya sampaikan ini. Terima kasih kepada pihak Media Konsumen dapat menjadi perantara penyampaian informasi. Semoga Bank Danamon dapat melakukan perbaikan sistem ke depannya.

Yohanes Charlie
Pasuruan, Jawa Timur


Update (14 Mei 2024): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Bank Danamon sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Danamon perihal “Transaksi Scan QRIS via D-Bank Pro Danamon Gagal, tapi Tetap Tertagih”

Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen di Tempat. Perihal : Tanggapan Danamon Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Yohanes...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Transaksi QRIS D-Bank Pro Gagal, tapi Tetap Tertagih

    • 8 Mei 2024 - (17:16 WIB)
      Permalink

      Sebenernya di Danamon itu bisa money transfer kok, 5jt (s/d 20jt) cicil 6 bulan 0% tinggal bayar adm 300rb (iya! Hanya segitu). Cicilan 12-36 bulan adm 10rb bunga 0.97%

      1
      1
  • 8 Mei 2024 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Busyet itu beli apa ampe 5juta sekali transaksi pake Qris dr Dana lagi.Nama merchant juga aneh jamu dan baut? Jamu tradisional pake ramuan sekrup,baut,mur paku kah? Hehehe

    1
    1
  • 8 Mei 2024 - (22:55 WIB)
    Permalink

    Fraud!
    Nama toko tidak masuk akal!
    Anda mau minum jamu apa sampe 5jt??
    atau nelen baut 5jt ?
    Mchn DANA?
    GESTUN TROOSSS….COBA danamon investigasi trx dan orgnya

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Transaksi QRIS D-Bank Pro Gagal, tapi Tetap Tertagih

oleh Yohanes dibaca dalam: 1 menit
8