Penghapusan Akun Pinjol Rupiah Cepat Dipersulit

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada tim Media Konsumen. Berkat dari adanya media ini, segala keluhan konsumen sangat mudah teratasi.

Sekitar tahun 2022/2023 saya dan teman saya ditawari untuk membuat akun oleh sales Rupiah Cepat. Dia beralasan untuk memenuhi kejar target yang harus segera terpenuhi, yaitu mencari nasabah yang berhasil mendaftarkan akun menggunakan kode referral yang mereka punya, dengan iming-iming imbalan jika berhasil terdaftar.

Karena aplikasinya diawasi oleh OJK (yang kami pikir aman) dan merasa iba terhadap sales tersebut, akhirnya kami memutuskan untuk meng-install dan mendaftarkan akun Rupiah Cepat, dengan tujuan hanya membantu. Setelah selesai, aplikasinya kami uninstall kembali.

Singkat waktu, beberapa bulan terakhir ini mendapatkan teror dari telemarketing Rupiah Cepat, melalui panggilan telepon yang terdaftar pada aplikasi Rupiah Cepat. Bahkan sampai ke nomor yang tidak saya cantumkan saat proses pendaftaran, yang mereka peroleh untuk jadi incaran tujuan panggilan.

Awalnya saya biasa saja, menjawab panggilan-panggilan yang masuk. Mereka menawarkan berbagai promo untuk pengajuan pinjaman, mulai dari kenaikan limit kredit, voucher potongan bunga, voucher VIP dan lainnya. Karena saya tidak tertarik dengan promo tersebut, saya menolaknya.

Kemudian di hari-hari berikutnya, mereka menelepon kembali setiap waktu, baik pagi, siang, dan malam. Saya tidak bisa lepas dari panggilan telemarketing Rupiah Cepat. Dengan suara lantang, tidak jelas dan tidak enak didengar bagi seorang agen, saya harus siap untuk selalu mendengarkan mereka. Karena kalau panggilan tersebut saya reject, mereka akan menelepon tanpa henti.

Nomor-nomor Telemarketing Rupiah Cepat

Mereka memaksa saya untuk mengajukan pinjaman, meskipun saya tidak tertarik. Karena dirasa sudah begitu kelewatan, pada tanggal 25 April 2024, saya install dan login kembali aplikasi Rupiah Cepat, dengan tujuan untuk penghapusan akun. Namun di aplikasi Rupiah Cepat tidak ada fitur penghapusan akun.

Akhirnya saya mencoba meminta bantuan customer care melalui fitur live chat, tetapi tidak ada respons. Lalu saya mencari petunjuk melalui FAQ dan saya diarahkan untuk mengirimkan permohonan penutupan akun melalui email cs@rupiahcepat.co.id dengan melampirkan KTP dan selfie KTP. Beberapa jam setelah berhasil mengirimkan permohonan ada balasan:

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan Anda, kami informasikan bahwa saat ini menu penghapusan akun pada aplikasi Rupiah Cepat sedang dalam perbaikan sistem. Mohon kesediaan Anda untuk menunggu dan kami sarankan Anda melakukan pengecekan secara berkala pada aplikasi Rupiah Cepat”.

Saya tunggu sampai 2 hari, tapi tidak ada respons.

Kemudian saya mencoba menelpon melalui Call Center (021) 30006000. Namun solusinya nihil, karena pulsa terus terkuras. Tanggal 5 Mei 2024,  saya kembali menanyakan kelanjutannya melalui email, tetapi jawabannya sama seperti di atas.

Akhirnya saya menyerah, karena teror dari telemarketing Rupiah Cepat ini masih berlangsung, saya memutuskan untuk meminta bantuan Media Konsumen. Meskipun tulisan saya ini tidak beraturan atau mungkin kurang dipahami, saya memaksakan menulis surat ini, jadi mohon pengertiannya.

Oleh karena itu, untuk jajaran tertinggi aplikasi Rupiah Cepat atau PT Kredit Utama Fintech Indonesia, mohon perhatiannya. Saya harap respons dan tindakannya, agar segera teratasi. Terima kasih.

Muhammad Husni Mubarok
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Penghapusan Akun Pinjol Rupiah Cepat Dipersulit

  • 7 Mei 2024 - (19:57 WIB)
    Permalink

    Pemerintah saja nyantai saat data e-KTP bocor. Kalau di Korut sudah di rudal tuh Mendagri-nya. Inisiatif harus datang dari individu pemilik data untuk proaktif melakukan pengamanan.

    Untuk kasus anda, blokir saja nomor yang tidak dikehendaki. Jika malas blokir satu-persatu, atur ponsel untuk blokir nomor masuk yang tidak tersimpan di kontak. Pasang kartu SIM kedua yang nomornya diberikan khusus untuk japri tanpa daftar kontak misalnya relasi bisnis temporer, supplier, sales, selingkuhan, mantan, dsb.

    • 9 Mei 2024 - (00:41 WIB)
      Permalink

      Halo kak, iya nih saya juga agak menyesal nih terpengaruh untuk daftar pinjol Rupiah Cepat. Saran yang bagus, Terima kasih ya masukannya kak.

    • 9 Mei 2024 - (00:44 WIB)
      Permalink

      Halo kak, Terima kasih sudah berkenan meramaikan artikel complain ku, iya nih saya agak menyesal nih sudah mendaftarkan ke aplikasi pinjol.

  • 8 Mei 2024 - (13:35 WIB)
    Permalink

    betul kata komen diatas, saya aja yang sudah menutup kartu kredit masih ditawari sama salaes ataupun KTA bank lain.. mas bisa ikuti cara saya, install app blokir, misal get contact ataupun sejenisnya, jika pemakai app lain tsb sudah pernah menamai nomor maka dipengguna lain akan muncul namanya, misal pinjol keparat, dll.. angkat telepon sekiranya yang ada di phonebook atau semisal belum ada usahakan dia chat dulu di WA biar bisa menandainya dan menyimpan nomornya..semenjak saya pakai cara ini mungkin CSnya sudah bosan tiap kali menelepon selalu otomatis reject, walaupun ada bbrpa nomor baru yang menelepon, sya pikir itu pasti nomor lain yang beli murah, karena nomornya yang habis pakai langsung buang.

    • 9 Mei 2024 - (00:46 WIB)
      Permalink

      Halo kak, iya nih kak saya agak menyesal sudah mendaftarkan diri ke aplikasi pinjol, wah saran yang bagus, saya akan coba. Terima kasih ya kak atas sarannya.

  • 8 Mei 2024 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sy, jangankan bagi yg sudah pernah buat akun pinjol, kita apply kartu kredit, buka rekening bank digital, daftar merchant online pun kl mereka terafiliasi dengan pinjol pasti data kita juga tersebar minimal nomor HP. Memang di jaman serba online sulit proteksi data diri, kecuali simpan uangnya di celengan saja & jangan pernah belanja online. Coba instal aplikasi Truecaller yg versi berbayar dijamin tidur lebih pulas tidak diganggu teror marketing/ DC lewat telpon.

    • 9 Mei 2024 - (00:57 WIB)
      Permalink

      Halo kak, iya nih kek data kita bocor, mereka pada tau data2 kita.

      Ya emg mau gimana lagi kita hidup di zaman yg udah serba digital harus bisa menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Maju kena mundur ketinggalan. Harus extra hati2 aja, terima kasih yaa kak sarannya.

  • 8 Mei 2024 - (16:39 WIB)
    Permalink

    betul, belakangan rupiah cepat sangat agresif telemarketingnya. nelepon pakai robot ala2 manusia lagi, diatas namakan budi (sudah ketahuan robot rekaman).

    terima kasih rupiah cepat, telemarketing agresiif anda justru membuat orang menjauhi aplikasi anda. karena jualannya agresif begini, pelayanannya berikutnya juga tidak akan menyenangkan.

    • 9 Mei 2024 - (01:00 WIB)
      Permalink

      Halo kak, iya betul nih suaranya bikin ilfeel nih belum lagi tiap waktu nelpon hanya untuk nawarin promo2 tidak jelas. Terimakasih yaa kak sudah meramaikan artikel keluhan yang saya buat.

  • 9 Mei 2024 - (07:27 WIB)
    Permalink

    rupiah cepat sangat agresif menelepon setiap hari pagi siang sore,hanya menawarkan promo2 padahal pinjaman sudah dbayarkan,kenapa sangat mengganggu sekali

  • 9 Mei 2024 - (08:31 WIB)
    Permalink

    Buat laporan di ojk mas lampirin laporan itu via email ke rupiah cepatnya
    Cantumin no telepon mas nya juga
    Biar telemarketing nya berenti nelepon

    Sekarang banyak pinjol emang lagi gila2an neleponin masyarakat buat nawarin pinjaman
    Kayaknya emang kuota mereka udah mulai gak nyampe deh… Sama masyarakat sekarang udah ogah urusan sama pinjol sama paylater
    Yang udah minjem pun banyak nya di galbay
    Mangkanya banyak banget marketingnya yang nawari produknya karena duitnya jadi gak muter

    Cuman buat saran juga hati2 kalau nanti ada WA dari telemarketing nya kirim link buat di isi data mas nya jangan mau ngisi via link mas
    Bisa aja penipuan tau2 si masnya malahan jadi pengajuan pinjaman mas

 Apa Komentar Anda mengenai Rupiah Cepat?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Penghapusan Akun Pinjol Rupiah Cepat Dipersulit

oleh Muhammad dibaca dalam: 2 menit
12