Syarat dan Ketentuan Berbelanja di Tokopedia Tidak Jelas, Pelayanan CS Tidak Sopan

Salam. Saya ingin meneruskan keluhan perihal pengalaman berbelanja di Tokopedia yang tidak menyenangkan. Pada tanggal 5 Mei 2024 saya membeli produk susu menggunakan kode diskon, tertanda invoice nomor: INV/20240505/MPL/3889764807. Namun sesaat setelah membayar, pembelian saya dibatalkan oleh sistem.

Saat itu saya langsung chat CS Tokopedia yang dilayani oleh Bima. Namun balasan CS sangat lama, sampai harus saya chat berulang. Ketika CS sudah membalas, penjelasan hanya disebutkan kesamaan data, yang mana data tersebut bukan nama dan nomor hp saya.

Ketika saya baru saja mau membalas pesan, tiba-tiba kolom chat sudah ditutup sepihak oleh CS. Seolah-olah masalah selesai begitu saja, tanpa menanyakan pendapat saya sebagai pembeli. Di sini saya merasa sangat dirugikan, karena saya tidak bisa belanja dengan kode diskon dan pengalaman menyampaikan keluhan ke CS juga tidak menyenangkan.

Tolong agar pihak Tokopedia bisa memberi solusi, karena sistemnya seringkali membatalkan pesanan dengan alasan syarat dan ketentuan yang tidak jelas seperti ini. Juga agar pelayanan CS bisa lebih baik lagi, tidak membuat pembeli menunggu berlama-lama dan tiba-tiba ditutup sepihak pula.

Saya tunggu solusinya segera. Terima kasih.

Andreas Yuri
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Syarat dan Ketentuan Berbelanja di Tokopedia Tidak Jelas, Pelayanan CS Tidak Sopan

  • 7 Mei 2024 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Kesamaan data bukan hanya nama dan no hp, tp jg juga alamat dll. Bahkan menggunakan wifi yg sama bisa dianggap kesamaan data. Bukan itu sja, misal anda belanja yg bayar orang lain misal dgn transfer dll, maka data anda dianggap sama dgn data orang yg bayar tsb. Jadi voucher yg anda gunakan sudah digunakan orang yg punya kesamaan data dgn anda. Bisa suami, anak dll.

    1
    2
    • 7 Mei 2024 - (23:19 WIB)
      Permalink

      Kalau begitu sangat aneh, apakah keluarga tidak bisa belanja dengan kode diskon yang sama? Padahal masing-masing bikin akun dengan ktp sendiri. Masa suami istri harus pisah rumah demi bisa pakai kode diskon? Lalu gimana dengan rekan kerja sekantor dengan alamat sama?
      Disini sistem tokopedia yang terlalu strict sampai menyusahkan pembelinya. Beda banget dengan marketplace lain yang walau keluarga serumah tapi tetap bisa pakai promo di hape masing-masing.

      3
      1
      • 8 Mei 2024 - (04:04 WIB)
        Permalink

        Ya emang seperti itu ketentuan Tokopedia pak. Saran saya kalau sudah pernah dibatalkan seperti ini lebih baik ganti akun saja, karena pasti kedepannya bakal dibatalin lagi, akun yang udah pernah dibatalin ditandai oleh sistem mereka. Jadi ya percuma kalo ngejar promoan juga. Misal suami istri punya akun toped, ya nanti harus ngalah salah satu, entah suami atau istrinya aja yang bisa belanja.

        1
        2
        • 8 Mei 2024 - (07:20 WIB)
          Permalink

          Merepotkan banget dong ya, kalau memang sudah lama terjadi seperti ini kenapa bukan dari pihak tokopedia yang berbenah diri? Saya yakin bukan hanya saya yang mengalami seperti ini dan pastinya juga akan ada pembeli lain yang mengeluhkan hal yang sama.

          Plus disini masalahnya bukan hanya di sistem pelanggaran, tapi juga pelayanan CS yang tidak sopan.

          1
          1
          • 8 Mei 2024 - (12:32 WIB)
            Permalink

            Kasus lama ini mah dari 2018an, pada hapal yg dsini ,dari dulu gitu aturannya.
            Btw CS Tokped itu bot, ya ga ada sopan santun lah.

          • 8 Mei 2024 - (16:17 WIB)
            Permalink

            Kalo tokopedia menggunakan alamat yg sama itu dibatasin kode promo. Saya sering belanja soalnya kalo orange, lazada, bukalapak masih bisa .

            Sialnya tokopedia kalo kasih voucher cashback atau promo lainnya gede jd strik bgt emang. Ga tanggung tanggung hehe

          • 9 Mei 2024 - (16:03 WIB)
            Permalink

            Itu bkn merupakan kesalahan yg mengharuskan Tokped nya berbenah diri bu tp itu memang aturan yg sengaja mereka bikin seperti itu. Alasan mereka sengaja bikin aturan seperti itu mungkin agar customer tdk melakukan kecurangan dgn memakai diskon itu berkali2.

      • 8 Mei 2024 - (16:21 WIB)
        Permalink

        @ami
        Kalo shopee misal nya voucher gagal dipake. Kadang suka di ganti dgn masa tunggu 3×24 jam sejak lapor ke cs

  • 8 Mei 2024 - (18:39 WIB)
    Permalink

    menurut saya toped emang over dah.
    dan lebih mending dibatalin langsung daripada waktu dulu sistem cashback.
    barang nyampe cashback dibatalin.

    catatan : waktu dibatalin saya cuma main 1 akun.

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Syarat dan Ketentuan Berbelanja di Tokopedia Tidak Jelas, Pelayanan CS…

oleh ami dibaca dalam: 1 menit
10