Penagihan Pinjol Tunai Kilat Sangat Kasar, Tagihan Sudah Dilunasi tapi Tidak Tercatat Lunas

Saya Yuni. Ada 2 kasus yang saya ceritakan di sini:

Kasus Pertama:

Pada tanggal 1 Januari 2022, saya menggunakan aplikasi pinjaman online TUNAI KILAT, yang ternyata di dalamnya terdiri dari banyak penyedia pinjaman. Saya random mencoba mengajukan dan berhasil di salah 1 penyedia, yaitu DANA KILAT. Mereka memberi limit Rp1.400.000, tetapi dipotong biaya admin Rp532.000, dengan tenor cuma 7 hari.

Karena memang saya sedang bermasalah dengan keuangan, ditambah anak saya masuk RS selama beberapa hari, makin kacaulah keuangan saya sehingga telat membayar. Tanggal 20 Januari 2022, saya mendapat SMS dari DC Dana Kilat, yang saya balas lalu saya lanjutkan lewat email ke CS Tunai Kilat. Saya minta keringanan, dimana diberikanlah nominal Rp2.000.000, dari seharusnya Rp2.576.000. Saya negosiasi lagi, diberilah nominal Rp1.500.000 yang saya harus bayar.

Saya setuju dan saya sudah bayarkan pada tanggal 21 Januari 20222. Namun ternyata sampai esok harinya 22 Januari 2022, di aplikasi masih muncul tagihan. Saya email dan SMS ke CS Dana Kilat. Dikatakannya bahwa sudah clear secara sistem, tapi di aplikasi pending. Sampai tulisan ini dibuat di aplikasi Tunai Kilat saya masih muncul tagihan tersebut dan tidak ada respon dari pihak Tunai Kilat.

Kasus Kedua:

Pada tanggal 17 Januari 2022, saya menggunakan lagi aplikasi pinjaman online TUNAI KILAT dan berhasil di salah 1 penyedia, yaitu PINJAMAN PLUS. Sama, mereka juga memberi limit Rp1.400.000, tetapi dipotong biaya admin Rp532.000, dengan tenor cuma 7 hari.

Tanggal 21 Januari 2022, pada saat saya sedang mengobrolkan proses pembayaran DANA KILAT, CS Tunai Kilat menanyakan apakah saya mau membereskan pinjaman di Pinjaman Plus dengan pemberian cashback Rp200.000, yang saya jawab belum bisa bayar karena belum ada dana.

Tanggal 22 Januari 2022, tiba-tiba ada telepon seorang laki-laki menyuruh saya membayarkan saat itu juga Pinjaman Plus. Padahal jatuh temponya esok harinya, 23 Januari 2022. Kemudian dia SMS dan telepon berulang kali dengan kata-kata kasar memaksa saya membayar sembari mengancam juga.

Ketika saya komplain ke CS Tunai Kilat lewat email dengan saya lampirkan capture SMS dan audio dari DC Pinjaman Plus, pihak CS Tunai Kilat merespon dengan santai, bahkan menyuruh saya menuruti kemauan DC tersebut.

Karena saya merasa takut sekali dan terancam, akhirnya susah payah saya cari bantuan untuk pelunasan yang DC tersebut perintahkan. Begitu saya konfirmasi lewat SMS ke DC itu bahwa sudah bayar, tidak ada lagi respon dari dia. Begitu pula dari CS Tunai Kilat yang saya konfirmasi lewat email dan SMS.

Tolong pihak TUNAI KILAT memberi respon terhadap saya, karena saya sudah merasa dipermainkan dan kemungkinan ada unsur penipuan. Kenapa saya bisa mengatakan begitu? Karena dari kontak CS-nya saja tidak jelas. Developer contact yang ada di PlayStore tidak jelas, tidak seperti aplikasi legal pada umumnya. Saya baru menemukan email CS di bagian PERJANJIAN SAYA, dimana tercantum juga nomor HP, tapi tidak bisa dihubungi.

Nama PT DESA ARMADA BETIGA yang muncul di situ. Begitu saya konfirmasi via telepon, yang saya cari di Google, dijawabnya bukanlah penyedia pinjaman, bahkan namanya dicatut oleh pihak lain. Dari tata bicara CS baik via email/SMS juga tidak formal seperti perusahaan real. Terlihat tidak ada SOP yang dijalankan dengan baik, bahkan DC-nya sudah jelas melanggar tapi dibiarkan saja malah dibela.

Saya tunggu itikad baik dari pihak TUNAI KILAT, DANA KILAT dan PINJAMAN PLUS.

Yuniwati
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

53 komentar untuk “Penagihan Pinjol Tunai Kilat Sangat Kasar, Tagihan Sudah Dilunasi tapi Tidak Tercatat Lunas

  • 7 April 2022 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Ini baru terjadi sama saya saya sudah melakukan pembayaran. Tetapi mereka mengirimkan saya uang pinjaman tampa saya ketahui total sudah 10jt. DC nya masi nagih terus. Akhirnya hapus kontak Dan bilang ke teman2. Bahwa saya di jebak pinjol.
    Kan lumayan duit gratis.

  • 17 Juli 2023 - (21:10 WIB)
    Permalink

    Semangat ya Ibu! Semoga ngga terjadi lagi dengan pinjol illegal.

    Saya sedang bermasalah sekarang. Semua memang ngga jelas. Aneh juga Tunai Kilat, kasih VA untuk bayar, tapi kurang 1 digit. Ngga bisa diakses untuk bayar. Bayar offline via ATM dan Alfamart juga ngga bisa. Email sampai 3 kali, ngga dijawab. Yang ada malah ditelp oleh pihak lain, diminta bayar lewat BRI rekening an Refund Dana, padahal belum jatuh tempo. Hadeeuuhh……

    • 18 Juli 2023 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Akhirnya selesai juga dengan Tunai Kilat. No VA, lengkap 16 digit, 1 digit, tidak jelas terbaca, karena tertulis di bawah. Semoggaaa kita semua bebas dari semua pinjol!

      • 8 September 2023 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Kak . Apa aplikasi nya di tunai kilat. Sekarang di tunai kilat yg di play store. Malah data saya gak ada pas login. Harusnya ada kan yaa..

        Apk yg dulu saya pinjam. Malahan gak ada apk tersebut

  • 8 September 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga lagi terjebak di tunai kilat. Dulu di wa di suruh bayar sesuai yang dana di terima. Sudah bayar tapi tagihan belum hilang

    Sekarang aplikasi tunai kilat di yang saya pinjam dulu. Aplikasinya udah gak ada.

    Tapi di email masih bisa dan mau bayar pokoknya saja. Sudah bayar pokoknya tapi di pulang pending dan di suruh TF lagi. Krna nnti uang akan di refund ..Ya saya gak mau TF lagi..

 Apa Komentar Anda mengenai pinjol Tunai Kilat?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Penagihan Pinjol Tunai Kilat Sangat Kasar, Tagihan Sudah Dilunasi tapi…

oleh Yunie dibaca dalam: 2 menit
53