Motor Hilang Dibegal dan Sudah Ada Surat Bukti Lapor Polisi, Anehnya Setelah 10 Tahun Baru Ada Penagihan dari BAF

Dear Media konsumen..

Sudah 2 minggu ini saya ditelepon terus oleh FLOW. Sebelumnya dari pihak BAF memberitahukan bahwa saya masih ada cicilan motor MIO. Saya kaget waktu ditelepon itu. Lalu saya langsung datangi kantor cabang BAF yang di Ciledug tapi ternyata sudah tutup. Lalu saya datang yang di Serpong dan menceritakan kejadiannya, mereka bilang jika hilangnya karna penipuan tidak ditanggung oleh asuransi. Ok, saya baru tahu.

Yang saya tanyakan pada BAF kenapa setelah 10 tahun baru ada penagihan kepada saya? Sedangkan no hp saya selalu aktif dan tidak pernah ganti no. Biasanya telat bayar saja pasti sudah terus-terusan ditelepon kan? Dan kenapa orang BAF tidak ada yang tahu kalau motor itu sudah hilang? Waktu kejadian motor itu hilang langsung adik saya lapor polisi, surat laporan polisi tahun 2011 masih ada saya simpan.

Dan pada tahun itu leasing datang ke rumah, orang tuua saya sudah memberitahukan bahwa motor telah hilang. Harusnya jika masalah itu belum clear pihak BAF memberitahu saya dong.

Kronologi motor hilang itu, adik saya pakai untuk beli nasi uduk, tiba-tiba ada 2 pria tanya adik saya. Dia bilang “Kamu bawa kabur adik saya ya?” Adik saya kaget, lalu disuruh jalan sambil orang itu naik di motor ditodong pisau dan di tempat sepi langsung motor itu diambil. Surat laporan dari polisi ditulisnya penipuan.

Lanjut lagi saya ke BAF Serpong menanyakan perihal ini. Orang BAF malah bilang saya berbohong kalau BAF tidak hubungi saya. Saya bilang bisa dicek hp saya di XL lihat selama 10 tahun ada nomor panggilan dari BAF tidak? Dan juga kalau saya berbohong kenapa saya datang ke kantor BAF? Kalau saya kabur tidak mau bayar kenapa saya harus datang ke BAF? Saya datang ke BAF karena saya tidak tahu. Tadi sempat ribut sama orang BAF-nya. Pada tahun 2011 leasing sudah datang ke rumah harusnya ada laporan dan BAF juga harusnya tahu motor itu hilang.

Juga saya sudah ke Polsek Pesanggrahan lagi untuk menanyakan surat laporan kenapa ditulisnya penipuan? Polisi yang tulis surat laporan itu sudah meninggal dan adik saya pun tahun lalu juga sudah meninggal.

Tapi saya tetap disuruh bayar Rp7.410.000 belum dendanya. Sebelum dari pihak BAF suruh saya cek di virtual account Rp3.100.000. dan kalau dari kolektor Rp6.200.000 ini aneh kenapa beda-beda tagihannya. Jika disuruh bayar saya tidak ada uang, motor juga sudah hilang, kenapa tidak pada tahun 2011 saya diberitahu waktu saya masih kerja, jika masalahnya belum selesai saya bisa cicil.

Saya tidak pernah yang namanya cacat kredit, dan akhirnya orang yang tadi bilang saya berbohong minta maaf atas perkataannya. Dia bilang denda semua dihapus. Saya tetap harus bayar Rp7.410.000.

Sampai sekarang masalahnya belum clear. Menurut pembaca saya harus bagaimana ya? Saya tidak tenang karna terus ditelepon, itu juga bukan murni kesalahan saya, dari pihak BAF tidak ada pemberitahuan, tiba-tiba 10 tahun baru ada penagihan.

Ada juga orang BAF yang hubungi saya, dia bilang akan hapus data, tapi saya tanyakan itu mereka bilang tidak tahu. Tadi juga orang BAF bohong dia suruh saya telepon balik ke no penagih. Setiap saya telepon balik no tidak bisa dihubungi. Saya bilang “Data saya ada di BAF penagih ini tahu dari BAF kan, harusnya bapa tahu no agency itu. Dia hubungi ternyata dia kenal, kan pakai pura-pura tidak tahu.

Berikut tambahan foto bukti chat yang mengaku BAF, bilang akan hapus data saya:

Saya merasa dipermainkan oleh BAF. Ini bagaimana ya?

Yuliana Puspita
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Seperti nya bgt..dia blg dengan permintaan maaf mk denda dan bunga dihapus menjadi 7.410.000.sy pikir itu hanya akal2an dia aja. Dan klo dari virtual account 3.100.000 hrs di bayar 2x jd 6,2.kan gila. Kemana saja wkt itu tdk ada pemberitahuan ke sy nya.
      Smp saat ini sy msh terus di hub flow.
      Sy hanya khwatir nama sy jelek saja krna ada masalah ini.

      • Coba mas minta bantuan ma LBH dan YLKI. Minta konsultasi dg mereka, mudah2an mereka mau membantu

      • Jangan dibayar seperakpun...saya juga di lesing A.... mtr hilang ga diganti saya ga mau bayar selama ada laporan polisi masih ada cuekin saja..

        • Ditlpnin terus pak setiap hari,sy merasa terganggu.baru 2 mgg ini aja ditlpnin terus setiap hr,setelah 10thn.

          • Klo utang wajib dibayar lunas, masalah penipuan atau lainnya itu masalah bpk sama kepolisian, saran saya lebih baik diangsur saja sedikit demi sedikit, agat ndak jadi beban dimasa depan nantinya..

        • Kl ak malah dr bank sdh 8thn ndk ada yg datang,gara2 corona didatangi lagi.katanya total sama bunga 22.5juta tp suruh byr 3jt saja,,krn cari duit sulit ak minta angsur 3x,,skrng dah dpt surat lunas

        • tahun 2009 saya kehilangan motor plus kunci plus stnk plus tiket parkir di dalem mall. karena kunci stnk dan tiket saya jadikan 1 seperti gantungan kunci mobil. Karena yang di ambil tas saya ketika makan, jadi selain itu bonus dompet uang, atm dan isi tas. Baru 2 bulan bayar padahal saya langsung bikin surat kehilangan di kepolisian terus olah TKP. Setelah itu ke ADIRA nge klaim saya dapat ganti motor baru yang sama persis hanya membayar admin gak sampai 500rb.

      • Klo gak ketemu jalan keluarnya,yawdh abaikan aja kak,toh motor sudah hilang,paling data kakak yg jelek

        • Nah mk nya itu sy gak mau nama sy jelek.sy tdk pernah cacat kredit,baf suruh sy bayar 6,2 dengan pembayaran 2x.sy pikir jika ingin dislesaikan baik2,skr jg lg covid ekonomi sulit,mau nya sy baf memberika potongan atas kelalaian nya tdk memberitahu sy,contoh potongan 50% dicicil 6x,sy akan menyetujui itu.hapus data sy dan nama sy bersih.
          Tp baf seperti nya tdk mau tetep sy harus byr segitu.
          Sy pun telah rugi mtr tdk ada tetep harus membyr.

      • Tidak usah dibayar.. kejadian kn sdh 10th dan sdh ada bukti LP dr polres setempat...leasing klo lebih dri 4bln dilimpahkn ke external...aplgi ini sdh 10th ...yg pnting bukti lapor msih disimpan ...jd klo ada yg dtng tggl tunjjukn sja

      • Itu kembali ke anda, banyak pengalaman hal seperti ini, namun jgn krn yg kecil kita tdk bisa mendapatkan yg lebih besar krn bisnis keuangan adalah bisnis kepercayaan, klo sdh tdk dipercaya akan sulit kedepan..

        • Kentut lah wan wan... lo DC emang mikirnya duit duit duit.. itu kan jelas udah tahunan.. kenapa baru ditagih sekarang..

        • Dimano bae wan.. kau nak ketemu. Di atas jembatan ampera payo.. rumah aku di tanggo buntung sinilah. Dimano kau wan wan?

        • Kl mau sesuai agama ty pemuka agama anda jawabannya.
          Kl mau sesuai hukum,konsultasi sm yg paham hukum.
          Stlh itu segera putuskan langkah. Terkadang nasehat itu adlh sesuatu yg kita dah tau jawabannya.
          Oh ya kl gk mau cacat kredit. Sulit. Bykin aja lg kredit dg pembayaran baik. Niscaya data anda baik.

      • Tidak ada salahnya konsultasi kan dengan YLKI
        Jl. Pancoran Barat VII No.1, RT.8/RW.6, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760

        • Sdh pernah balik ke polsek itu,polisi blg gak usah bayar.yg sy pikirkan tdk mau nama sy jelek.itu saja

          • Semua ko binggun.klo ada DC d rmh .pean" Blang k DC TK bayar TPI sya Mntak surat fidusial.
            Intinya klo MBK nya d Mntak uang jgan mau.itu kasus nya Sma seperti sya.

      • Gak usah dibayar lah...motornya juga udh hilang...itu kan murni krn musibah ...mending uangnya digunakan utk keperluan sehari hari

      • jangan mau bayar mbak,karna bisa aja akal2an oknum BAF ingin mendapatkan keuntungan pribadi,lebih baik lapor polisi,mengingat kata mereka,kalau laporan polisi yg sdh dibuat palsu,padahal jelas2 ada stempel dari polisi setempat.. ini sama aja.perbuatan yang menjatuhkan nama baik.

        • Maaf sebelum nya..Dari tulisan surat sy mereka tdk mengatakan surat itu palsu,mgk mas nya salah baca.
          Mereka mengatakan klo sy berbohong BAF tdk menghubungi sy wkt itu.
          Padahal memang bnr tdk ada pemberitahuan,sy blg bs cek dari no hp sy.mrk pun sdh minta maaf jg mk nya dia blg akan hapus denda nya.
          Klo sy pikir ya bisa2an mrk aja

      • Pada umumnya kalo tunggakan sdh selama itu sudah di write off/pemutihan di leasingnya.

        Tapi datanya masih tetap ada di kantor leasingnya. Ini yg bisa dimanfaatkan oleh oknum.

        Terbuka celah bagi internal buat "main2 data" dengan debt coll external atau yg biasa disebut juga matel itu. Apalagi jaman lagi susah seperti ini.

        Kalo soal nama baik di bank, seharusnya sejak 10 tahun lalu motornya hilang, nama anda sudah jelek di bank kalo leasingnya join financing sama bank. Kalo bisa coba cek aja ke temen yg kerja d bank, apakah nama anda masuk bad debt atau tidak. Kalau tdk masuk kategori bad debt bisa jadi data anda sudah dihapuskan atau leasingnya dulu tidak join finance dg bank

      • Ga usah bayar
        Ngapain kan asuransi sudah pasti cair kalau sdh laporan ke leasing pas trjadi kehilangan

      • Bisa dateng ke cabang BAF untuk di cek apa bener masih ada tagihan tersebut
        Atau cek SLIK jika tidak ada berarti aman bisa diabaikan atau minta di hapus dari sistem perusahaan
        karena besar kemungkinan pihak asuransi tidak mengcover

    • Bener, makanya kalo nego dateng direkam kalo mereka bilang penipu, maka laporkan aja ke polisi minimal perbuatan tidak menyenangkan.

    • 1. Surat kehilangan itu jelas dan legal serta di buat berdasarkan fakta.
      2. Di saat melakukan akad kredit maka akan di cover juga secara otomatis dengan asuransi dan secara otomatis di claim oleh leasing jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan berdasarkan surat kehilangan dari kepolisian kecuali dengan sengaja di hilangkan (di jual / di gadaikan).
      3. Tidak perlu di bayar tagihan tersebut karena permasalahannya sudah jelas pada poin 1.
      4. Abaikan pihak colektor yg berkomentar di kolom komentar anda.

    • Saya juga pernah kehilangan motor, baru 2 minggu. Seharusnya kalau sdh lapor dan ada buktinya, gak ada tuntutan lagi dari BAF nya.. Toh kan itu sdh tidak ada lagi motornya.

  • Kayanya itu oknum kalo misal claim asuransi ditolak gak mungkin setelah 10 thn baru ditagih mending hubungi pihak berwajib (polisi) bersama yg nagih itu

  • Nah disini jg sy kurang mengerti pak..knp leasing yg dl dtg ke rmh tdk info ke baf nya klo motor sdh ilang.jika tdk d claim hrs nya ada pemberitahuan kesy,no hp sy selalu aktif dan tdk pernah ganti nomor.knp setelah 10 thn baru sy di tagih. Sy berencana memang mau ke polisi lg.terima kasih komen nya

    • Ajakin ke polisi ajah bang,atau cuekin,,dua duanya sudah menguntungkan abang.sebab itu cuma akal akal mereka,sebab jika memang tidak ada laporan ke pihak leasing pasti mereka rewelnya minta ampun,dan nggak mungkin harus nunggu 10 tahun.ajakin ke polisi mereka pasti takut..

  • Adik saya juga pernah kehilangan motor tapi sudah lunas untungnya BPKP digadai untuk keperluan ke leasing tempat dulu mencicil motor tapi pihak leasing tersebut kooperatif karena surat keterangan polisi pencurian dan uang asuransi motornya juga cair

  • Cek SLIK d BI dulu, sekarang bisa online. Lebih baik kalau ada kenalan kerja di bank, bisa minta tolong cek.Kalau tidak tercatat ada tunggakan ya kenapa dibayar ? Tenang jangan panik keburu dibayar, takutnya penipuan.

    • Sorry jika motor kena begal, mmg tdk di ganti dr pihak asuransinya nah biasanya tagihannya masuk kategori tertentu berdasarkan lamanya kredit tersebut tdk di bayar,
      Dari penagihan internal 1, internal 2, internal 3(semi eksternal)disini history debitur masih bisa di lacak, kenapa tdk bayar, sampai masuk loss cabang, nah disini biasanya yg masuk loss cabang datanya masuk eksternal dr pihak eksternal di ditribusikan ke matel(klo masuk eksternal history permasalahan sebelumnya mereka tdk tau, taunya ada data tagihan ga bayar sekian tahun.
      Biasanya dr leasing memberi tahu melalui surat baik via jasa kirim atau karyawan yg antar surat bahwa motor tersebut di tolak asuransi, dan debitur tetap harus bayar sampai lunas jika tdk mau bayar, biasanya masuk BI Checking.
      Leasing ada 2 system klo OTO Finance jika ada tolakan asuransi mereka ada wadahnya sendiri, semacam pembekuan tagihan, nah system yg baru NFS (Nefsol Finance System) tagihan akan selalu muncul di system tdk bisa hilang sampai masuk bucket TLO atau loss cabang.

      • Leasing wkt dtg ke rmh diksh tau surat laporan kehilangan nya,harus sy di info donk klo tdk d claim di tahun 2011,sm sekali mas tdk ada yg hub sy.knp skr sdh 10 thn baru ada pemberitahuan penagihan.klo sy tau dari dl mah udh sy dtg in di thn itu slesain masalah ini.SY pikir BAF nya saja yg kerja nya tdk benar.

        • Kl blh tau Itu BPKBnya di kasihkan kakak gak? Meskipun motor hilang kl claim asuransi cair BPKB pasti di kasihkan ke debitur, tp kl claim gak cair BPKB ttp di leasing. Tp misalkan claim gak cair kok baru 10 thn lagi ada penagihan? Itu yang jelas pasti dr pihak external. Kl saranku cuiekin aja kak wong lagian unit nya jg udah raib, kl ttp ada penagih acam balik aja mau di bawa ke jalur hukum

          • Bpkb nya tdk ada sama sy..itu keterangan di surat laporan kunci sementara dan stnk msh di polsek pesanggrahan.sy sdh ke polsek lg wkt itu menanyakan hal ini.polisi blg jgn di bayar diemin aja,tp kan nama sy jd jelek.dan yg buat surat itu jg sdh meninggal.

    • Jika mbak Yuliana sdh merasa terganggu oleh kelakuan oknum leasing sebaik nya laporkan resmi ke pihak kepolisian,harus di selesaikan jika hari ini tdk ada kejelasan besok lusa oknum yg lain datang lagi.

  • ada bocor data itu dan pelaku nya udah pasti oknum. BAF sama pihak ketiga ada main itu. kalo dapet sukur,kalo ga juga ga masalah mereka sih. di kantor BAF pusat nya pasti sudah tidak ada masalah. logika nya kalo mereka tau motor hilang dr 2011,masih niat emang mau nagih? mereka cuman punya separuh data aja.kronologis nya mereka ga tau. makanya untung2 aja,kalo konsumen mau bayar ya lumayan. engga dapet juga gpp. saran saya biarkan aja, kali masih mau lanjut.lewat jalur hukum udah pasti kelar. cuma ya itu prosesnya lama dan cape bolak balik nya.

  • Kasus seperti ini,bukan hnya lesing tpi bnyk, mmg ,..aneh kenapa muncul d thun2 berikutnya bukannya sebelumnya jka tdk d bayar 2 bulan sja psti d tagih,.,..saran sy jangan d bayar jika merasa terganggung suruh dtg sja ke rumah,.atau laporkan anda punya dasar surat kehilangan dri polisi

    • Masuk pengaturan telepon..trus blokir nomor khusus..nomor nomor yg spam(ganggu) ditandai aja bang.

  • Nah mk nya sy jg aneh telat bayar dikit aja pasti udh di tlpnin terus..lah ini udh 10thn loh,

    • Jangan dibayar itu tipu2 orang leasing.
      Setelah 10 tahun baru ditagih aja itu udah cacat administrasi bahkan ngawur, macem kena efek jentik jari Thanos aja pegawai nya. Kalo emang itu harus bayar pasti udh masuk pengadilan 10 tahun lalu.

    • yg mbaknya permasalahkan soal nama jelek di bank?
      logikanya kl sdh selama itu ya sdh pasti jelek kl penasaran mending mbak cek sendiri slik ojk apakah namanya msh black list BI apa tidak...
      Lagian jg aneh knp baru skrg ditagihnya...selama ini mrk kemana aja?