Layanan Konsumen Shopee Care yang Bertele-tele dan Tidak Menyelesaikan Masalah

Izinkan saya mempublikasikan surat saya ini, mengenai kekecewaan atas layanan konsumen Shopee Care, yang menurut saya bertele-tele dan sama sekali tidak menyelesaikan kendala yang saya alami. Bermula dari pelaporan yang saya buat lewat email ke tim Shopee, pada email 6 Januari 2022, untuk menanyakan penyebab kenapa saya tidak bisa melakukan pembelian voucher di Shopee.

Saya selalu mendapatkan notifikasi bahwa pembelian Anda sudah mencapai batas. Padahal saya belum melakukan pembelian sama sekali. Tim Shopee lalu mengatakan akan memeriksanya terlebih dahulu. Setelah dicek, beberapa hari kemudian mereka menjawab bahwa kendala terjadi, karena adanya kemungkinan saya meng-install aplikasi Shopee tidak resmi ataupun karena memakai router. Saya malahan bingung dengan jawaban ini. Saya sudah yakin selalu meng-install/update Shopee dari Google Play Store.

Mereka kemudian meminta waktu lagi untuk mengecek kendala saya ini. Entah kenapa penyebabnya, laporan saya akhirnya malah ditutup dan dibuatkan nomor pelaporan yang baru. Dari nomor pelaporan: 256437608 menjadi laporan: 257873959 dan kemudian ditutup dan dibuatkan lagi nomor laporan baru: 1481994799385808911.

Sampai satu bulan, saya belum mendapatkan jawaban pasti mengenai penyebab kendala saya ini serta solusi yang ditawarkan oleh pihak Shopee. Hingga akhirnya mereka menjawab bahwa saya sudah mencapai batas maksimum pembelian dan harap mencoba lagi membeli di hari yang berbeda.

Saya kemudian meminta mereka melakukan pengecekan riwayat pembelian saya agar yakin bahwa saya belum sama sekali melakukan pembelian voucher dalam waktu lama. Namun pihak Shopee malah menjawab bahwa sistem sudah mengecek seperti itu dan sudah mendeteksi adanya pelanggaran serta meminta saya mematuhi ketentuan yang ada.

Lho, saya jadi heran. Kenapa saya malah dianggap melakukan pelanggaran? Padahal melakukan pembelian saja belum. Hingga laporan saya akhirnya ditutup oleh Shopee, mereka tidak memberikan solusi atas kendala saya ini.

Jelas saya sangat kecewa dengan layanan Shopee ini. Terhitung sejak 10 Januari 2022 hingga laporan saya akhirnya ditutup pada 8 Februari 2022, sudah hampir 1 bulan kendala saya dicek dan pada akhirnya mereka hanya memberikan jawaban klise berdasarkan pengecekan sistem. Lalu apa gunanya pengecekan yang memakan waktu lama ini?

Souw Ay Nio
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Care:
[Total:4    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Layanan Konsumen Shopee Care yang Bertele-tele dan Tidak Menyelesaikan Masalah

  • 11 Februari 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    saya meng-install aplikasi Shopee tidak resmi ataupun karena memakai router

    Huh, pakai router? Apa hubungannya?
    CS nya shopee asbun nih.

    Sekalian aja kemungkinan koneksi bapak/ibu memakai tutup panci sehingga terindikasi pelanggaran. Top deh Cs shopee

    • 12 Februari 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Betul, saya sendiri juga bingung apa hubungannya aplikasi yang diinstal dengan tidak dapat melakukan pembelian. Entah CS tidak tahu solusinya atau bagaimana, sampai-sampai nomor pelaporan terus diubah-ubah. Sampai pada akhirnya laporan ditutup paksa pun tetap tidak ada informasi penyebab kenapa masalah terjadi dan solusi yang jelas.

  • 19 Februari 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Saya ingin melakukan konfirmasi terkait kendala yang saya alami dengan akun Shopee saya. Setelahnya tim Shopee sudah menghubungi saya secara personal dan berjanji untuk melakukan pengecekan hingga tuntas agar masalah saya bisa diatasi. Hingga akhirnya lebih kurang 1 minggu sejak pembicaraan di telpon, masalah saya akhirnya benar-benar berhasil diatasi dan tidak mengalami kendala lagi untuk melakukan pembelian.

    Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah memuat surat saya dan tim Shopee Care yang sudah memberikan tanggapan dan mencarikan jalan keluar untuk kendala saya ini. Saran saya semoga layanannya bisa lebih ditingkatkan sehingga konsumen pun bisa makin nyaman belanja di Shopee.

  • 20 Februari 2022 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Shopee Care Begoo, Ga jelas,. saya sebagai seller pernah juga kejadian, produk dengan memakai sistem CoD dan tidak memasukan kodebooking dikarenakan kesalah karyawan, pas kita taya kan knapa status belum berubah terkirim, Tim CS meminta Bukti resi, bgitu dikasi di proses dan hal hasil beberapa hari kemudian transaksi batal karena penjual tidak berhasil mengirim pesanan tepat waktu yang diberikan,. what the fuck,. hal hasil Barang hilang duit tidak dapat,. lalu diauruh diskusi dengan pembeli, pembeli bilang sudah membyar ke kurir, saya taya kurir tidak ada pembayaran, dan saya telpon ke Custumer care jawaban nya sangan pintar dan jenius mereka bilang sistem kami belum bisa merubah status terkirim dikarenakan pembayaran dengan CoD,. What the fuck, trus buat apa loe minta resi pengiriman buang buang waktu dan pulsa gw,. semoga admin yang bego tersebut mendapat kan balasan dari setimpal dari Tuhan,. mang tidak besar dana nya hanya beberapa ratus ribu tapi yang disayangkan kog bisa Market Place international.sperti shopee punya Admim BEGOOO,. trima kasih

    • 28 Februari 2022 - (18:08 WIB)
      Permalink

      Ganti ke yang lain aja kalo menurut gue kan banyak marketplace yg lain ke lazada, tokopedia dll. Dr pada lu ngoceh tutup aja toko dishopee pake marketplace yg lain simple kanz

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Care?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Layanan Konsumen Shopee Care yang Bertele-tele dan Tidak Menyelesaikan…

oleh Ibu Gunawan Trisna dibaca dalam: 1 menit
6