Garansi Jam Tangan dari Watch Galleria Ditolak Casio Service Pusat

Perkenalkan saya Fiqy reseller dari grosirjamtangan.com/Watch Galleria/GrosirGshock. Saya sudah hampir 4 tahun jadi reseller di Watch Galleria.

27 Januari 2021 saya order Protrek WSD-F20A 2 pcs senilai 4,7 juta ke owner grosirjamtangan.com via chat WA.

Saya juga memastikan apakah WSD-F20A ini garansi resmi Casio PT. GAP (Gilang Agung Persada) 2 tahun, dia jawab, “iya 2 tahun”. Saya transfer ke BCA, paket dikirim lengkap dengan box, kartu garansi GAP chip, manual book. Barang sampai, langsung saya kasih ke buyer saya.

November 2021 saya dapat komplain dari buyer bahwa jamnya error, touch screen-nya mati. Dia mau klaim garansi. 1 Desember 2021  saya chat CS grosirjamtangan.com dengan harapan dibantu proses claimnya tapi ternyata disuruh langsung ke Casio Service.

Akhirnya saya telpon Casio Service di Surabaya di ruko RMI. Ternyata mereka menolak klaim garansinya alasannya Protrek WSD-F20A masuk ke Indonesia tidak resmi, PT. GAP tidak mendatangkan tipe tersebut sehingga garansi tidak bisa di-cover.

14 Desember, saya chat lagi CS grosirjamtangan.com saya sampaikan bahwa garansinya ditolak, saya forward juga chat dengan Casio Service (awalnya telpon tapi karena posisi jam di luar Surabaya dan harus dikirim jadi diminta chat via WA dengan pihak Casio Service untuk konfirmasi dan kirim alamat). CS grosirjamtangan.com minta waktu untuk konfirmasi ke atasannya.

16 Desember saya chat lagi. CS bilang bisa digaransikan dengan menunjukkan kartu garansi GAP chip (padahal sudah saya tunjukkan kartu garansinya GAP chip lengkap dengan box, manual book, jamnya dan Casio Service tetap menolak). Saya asumsikan CS grosirjamtangan.com sudah koordinasi dengan Casio Service makanya saya bersedia telepon Casio Service untuk ke-2 kalinya. Tapi yang ini saya telpon langsung ke Casio Service Jakarta di Duta Merlin.

22 Desember saya chat CS grosirjamtangan.com lagi karena Casio Service Duta Merlin menolak garansi, alasannya sama, tipe WSD-F20A masuk ke Indonesia tidak resmi dan tidak ada spare part-nya di Casio Service. Tapi CS grosirjamtangan.com tetap ngotot bisa digaransikan.

23 Desember saya diminta menunggu lagi.

24 Desember saya chat lagi dan disuruh menunggu lagi.

28 Desember saya chat tidak direspon.

4 Januari 2022 saya chat tidak direspon. Akhirnya saya chat ownernya, tidak direspon juga.

10 Januari 2022 chat lagi tidak direspon bahkan sampai 17 Januari 2022 tetap tidak ada respon dari pihak grosirjamtangan.com/Watch Galleria terkait soal garansi. Sudah lebih dari 45 hari saya minta bantuan dan kejelasan pihak grosirjamtangan.com/Watch Galleria tapi sampai sekarang tidak ada kejelasan bahkan diabaikan. Buyer saya sudah marah-marah minta refund atau tukar unit baru karena sudah hampir 2 bulan tidak ada kejelasan.

Saya minta tolong pihak Watch Galleria/grosirjamtangan.com merespon dan bertanggung jawab karena owner grosirjamtangan.com/Watch Galleria sudah mengonfirmasi bahwa jam tangan protrek WSD-F20A ini garansi resmi 2 tahun. Seandainya dia bilang tidak ada garansi tentu saya tidak jadi order saat itu.

Moh. Fiqy Zamani
Jember, Jatim

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:29    Rata-Rata: 3.6/5]
Tanggapan atas Garansi Jam Tangan dari Watch Galleria Ditolak Casio Service Pusat

Menanggapi surat pembaca Kamis, 16 Juni 2022, yang berjudul “Garansi Jam Tangan dari Watch Galleria Ditolak Casio Service Pusat“, dengan...
Baca Selengkapnya

28 komentar untuk “Garansi Jam Tangan dari Watch Galleria Ditolak Casio Service Pusat

    • 17 Februari 2022 - (21:58 WIB)
      Permalink

      kalau bikin laporan polisi grosir nya bakal kena pasti di pertanyakan itu barang berarti selundupan bakal manjang klo sy owner nya mending rugi 4 jt dari pada urusan majang bisa abis2an

  • 15 Februari 2022 - (23:10 WIB)
    Permalink

    Coba ancam lapor polisi , bilangnya kan garansi resmi 2 tahun , kalau ternyata gak resmi , kan bisa dikatakan penipuan..
    Laporin polisi aja kalau gak ada tanggungjawabnya.

    17
    • 19 Februari 2022 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Ini kasusnya sama kek laptop gw. Meskipun laptop gw sampai skrg masih aman-aman aja (dan semoga memang seterusnya begitu). Jadi emang barang2 yg tidak beredar resmi di Indonesia, gak bisa klaim garansi di service center resmi nya. Kalau menurut gw ini salah penjualnya. Dia ngasih tau ada garansi resmi di service center. Padahal kalau itu barang yg tidak beredar di Indonesia, garansimya distributor, dan penjual berhak bantu klaim asuransi nya. Ini pengalaman pribadi gw, kata penjual laptop nya dia bantu klaim garansi ke distributor nya. Ya begini lah kalau beli barang garansi distributor/yg tidak beredar di Indonesia.

  • 16 Februari 2022 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Dari percakapan sang owner aja udah ketauan orangnya gimana
    Pengen menang sendiri
    Lalu emang resiko beli barang Black market ya gitu walau harganya lebih murah tapi resiko nya ga akan bisa klaim garansi soalnya pas masuk ke indonesia juga ga resmi karena ga membayar bea masuk ke negara makanya pihak official store cassio angkat tangan

    7
    1
    • 16 Februari 2022 - (11:48 WIB)
      Permalink

      Sy ga tahu kalo BM. Karena si Ferry, ownernya, bilang garansi resmi 2 tahun. Ya sy anggap bukan BM. Krn selama ini watch galleria biasanya jualnya yg resmi memang. Lha skrg ada yg ga resmi ga mau tanggung jawab

  • 16 Februari 2022 - (09:01 WIB)
    Permalink

    yang musti diambil dari cerita ini adalah hati2 kepada website jam tangan tersebut…
    PT GAP gak salah, si reseller juga gak salah. dia uda tanya ada garansi gak ternyata malah diboongin….kalo toko jual di website ada instagramnya gak pak? di up di IG dan di tag aja… moga2 tokonya sadar after service juga perlu diperhatikan….

  • 16 Februari 2022 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Duh miris banget lihat percakapannya.
    Dari awal aja keliatan banget chat csnya jutek pake banget, kalau saya sebagai oembeli udah ditinggal aja chat seperti itu.

    Terus ke depannya kalau mau beli barang mahal jangan via chat gan, mending datang ke tokonya langsung aja. Kan ada di website almat tokonya, jadi kalau klaim garansi gampang biar toko yg urus bukan kita yg urus.

    Ini sih susah jadinya kalau kita yg harus klaim sendiri garansi barangnya, apalagi barang bm otomatis harusnya toko yg klaim.

  • 16 Februari 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    “Sudah diblgin
    Gandeng
    Koq ngotot”
    Kalau saya auto delete chat dan ga jadi beli.

    11
    • 16 Februari 2022 - (11:31 WIB)
      Permalink

      Pak Moh. Fiqy Zamani mending cari grosir jam tangan dr tempat lain saja. Lihat chat dg owner grosirnya saja orangnya kelihatan tidak ramah. Apalagi lihat jawaban CS nya . Bapak sebagai resseler malah kelihatan dibuat seperti pengemis sama mereka. Bapak punya uang, bisa pilih relasi yang baik untuk kerjasama Pak. Tinggalkan saja orang2 sombong kaya begitu. Orang jual jam bukan hanya mereka.

      11
  • 16 Februari 2022 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Dari awal aja balas chat kayak gitu kasar knapa harus beli di situ. Samperin aja tokonya. Kartu garansinya GAP jgn2 palsu

  • 16 Februari 2022 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Dr Awal Csnya emang udah males-malesan jawab, makanya ngomong kasar dan tanpa cek dan ricek langsung bilang model tsb ada garansi 2th.

    Mereka semua gk mau pusing, cuekin aja udahlah…hilang satu reseller yah masak bodo.

    Harus di up nih nama tempatnya, biar pembeli lain dan reseller lain gk kena Zonk kedepannya (gk ada tanggung jawabnya)

    • 16 Februari 2022 - (14:17 WIB)
      Permalink

      kalo tipe lain seharusnya garansi aman. Ini pengalaman sy tipe protrek WSD-F20

  • 16 Februari 2022 - (21:53 WIB)
    Permalink

    “Saya juga memastikan apakah WSD-F20A ini garansi resmi Casio PT. GAP (Gilang Agung Persada) 2 tahun, dia jawab, “iya 2 tahun”. Saya transfer ke BCA, paket dikirim lengkap dengan box, kartu garansi GAP chip, manual book. Barang sampai, langsung saya kasih ke buyer saya”

    Lugu banget si penulis.
    Seharusnya tanya ke GAP dong. Termasuk tipe apa saja yang beredar di Indonesia. Si penjual Black Market mana mengaku kalau itu Barang BM?
    Saya juga bekerja di perusahaan distributor barang audio, pernah di komplain tentang software pelengkap yang bisa didownload sendiri, ternyata tidak kompatibel, atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
    Saya minta data barang, berupa foto fisik dan nomor seri, serta data toko tempat dia membeli.
    Dari data yang dia kirim, rupanya type itu memang kami datangkan tetapi nomor seri nya tidak sesuai dengan data kami, kami tidak pernah mendistribusikan barang bernomor seri yang dia sebutkan. Dan sangat jelas bahwa toko tempat dia membeli tidak ada hubungan kerja sama distribusi dengan kami.
    Jadi klaim kami tolak dan kami sarankan menghubungi toko tempat dia membeli.
    Mengenai software yang tidak kompatibel, ini sangat terkait zona pendistribusian. Misalnya untuk Indonesia, semua software disesuaikan dengan wilayah Indonesia. Kalau diproduksi untuk India tetapi akhirnya menjadi barang BM dan entah bagaimana masuk ke Indonesia, akan terjadi konflik pada saat registrasi software, karena semuanya dilakukan dengan Online. Bagaimana mungkin barang yang di-setting untuk dipakai di India sedang diregistrasikan oleh orang dari Zona Indonesia. Tentu System akan menolak (declined).
    Jadi, menjadi perhatian bagi yang biasa membeli barang barang digital, perhatikan merek/Brand nya, cek situs resminya, cek distributor nya di Indonesia lalu minta informasi toko toko official nya. Akhirnya juga bisa diarahkan ke toko fisik atau yang Online.
    Semoga semua ini bisa menjadi pelajaran.

    • 19 Februari 2022 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Kalau menurut saya dua-duanya bisa jadi salah. Tapi memang kesalahan utama tetap pada penjual.

      Pembeli salah, karena dia tidak tau barang itu adalah barang yg tidak dijual di Indonesia. Dan kalau barang yg tidak dijual di Indonesia klaim garansi nya memang tidak bisa di service center official, tapi garansi distributor yg beli produk itu dari LN (belum tentu barang BM ya)

      Penjual jelas salah, karena jelas barang yg tidak dijual di Indonesia tidak bisa di klaim garansi ke service center. Dan seharusnya penjual yg membantu klaim garansi ke distributor atau jadi perantara lah.

      Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi beli laptop yg tidak dijual resmi di Indonesia. Dan penjual nya jelas state “garansi distributor” dan bilang jangan klaim ke service center official nya. Dan dia bantu klaimnya. Memang sih belum terjadi kerusakan, dan semoga gak terjadi. Terus baca komentar yg lain, ada juga kok pembelian Casio di toko lain yg sama2 gak dijual di Indonesia tapi dia bilang garansinya gak di klaim ke Casio service center. Oh ya laptop saya work kok sudah hampir setahun 🙂

  • 16 Februari 2022 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Reseller punya hati bak malaikat
    Udah dikatain gendeng, dikatain ngotot
    Masih aja di transfer
    Stop jadi orant yg terlalu baik
    Semoga ada jalan kluarnya bang

    • 17 Februari 2022 - (00:01 WIB)
      Permalink

      Saya cek dari shopee
      TheWatchgalleria masuk kategori shopeemall
      Produk Casio protrek WSD-F20A-GN
      Kok harganya 7.7jt ? Disini penulis bilang harganya 2pcs 4.7jt ? Jauh bgd loh selisihnya
      Jangan jangan toko palsu nih yg agan beli
      Dan disitu ditulis Garansi resmi 2 tahun
      Apakah ini toko yang berbeda tapi nama sama
      Atau ini adalah toko yang sama ?

  • 17 Februari 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih, ancem lapor polisi..
    Biasa dia takut secara ilegal masukin jam ya.. Bisa kena banyak itu…soal percuma median konsumen … Engga di baca rasanya ama mereka…
    Kalau emang no responnya lapor polisi aja..

  • 17 Februari 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    penjual bilang itu garansi resmi dan ada kartu garansi nya,
    sedangkan servis resmi bilang ga ada masuk untuk tipe itu
    artinya penjual udah melakukan penipuan donk,
    bikin kartu garansi palsu?laporin aja ke polisi

  • 18 Februari 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    saya di pe****. planning ambil bbrp unit untuk hadiah. kalau ada kerusakan claim garansi di casio pe**** bisa? terima kasih.
    Chat Status18:46
    Hai kak, selamat datang di machtwatch official store, untuk semua produk yang kami jual original dan bergaransi, happy shopping 🙂
    Pesan ini dibalas oleh sistem
    18:46
    Selamat malam kak, dengan senang hati kami bantu informasikan. Untuk tipe M*****F saat ini stock masih tersedia ya kak. Jam tangan tipe M*******F hanya dilindungi garansi M*chtw*tch selama 1 tahun. Apabila terjadi kendala atau kerusakan pada produk, kaka dapat melakukan klaim garansi produk dengan cara menghubungi kami kembali ya kak. Silahkan langsung dipesan. 🙂 ^AD
    19:04
    bisa claim di casio pe**** ya berarti casionya ini?
    Chat Status19:11
    oh. berarti claim ke m*chtw*tch j*mt*ng*ndotcom jakarta ya. ok noted. terima kasih.
    Chat Status19:13
    Mohon maaf tidak bisa kak, kami tidak bekerjasama dengan service center casio, oleh karena itu untuk proses klaim garansi dapat dilakukan melalui customer service kami kak. Kami pastikan Machtwatch hanya menjual produk jam tangan Casio yang asli. Silahkan diorder sebelum kehabisan 🙂 ^AD

    • 18 Februari 2022 - (12:54 WIB)
      Permalink

      ini sekedar sharing , ketika saya mau membeli , dan untung penjual nya bagus dan berterus terang.

  • 19 Februari 2022 - (05:51 WIB)
    Permalink

    Setelah lihat chat, Dari cara Owner dan CS nya ngomong aja udh menyepelekan orang. Duh

  • 12 Maret 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah,
    Watch Galleria sudah bersedia melakukan refund dana full ke saya tadi malam tgl 11 Maret 2022. Terimakasih atas solusinya.

    Saya menyatakan surat pembaca ini ditutup karena kasus sudah selesai. Semoga tidak ada kasus lanjutan.

    Terimakasih

    • 22 Juni 2022 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Setelah dipublish di Mediakonsumen baru deh mau refund. Untung kagak jadi beli di Watch Galleria, udah lama langganan di machtwatch.

 Apa Komentar Anda?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Garansi Jam Tangan dari Watch Galleria Ditolak Casio Service Pusat

oleh M. dibaca dalam: 2 menit
28