Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja Hilang, Penggantian Dana Cuma Rp180.000

Pada tanggal 09 Februari 2022 sore, saya mendapat pesanan masuk dari Shopee, HP yang saya posting di Shopee telah ada yang membeli. Jujur betapa senangnya saya, karena ini penjualan pertama saya.

Tanggal 10 Februari 2022 sekitar pukul 11:00, Hp sudah di-pick up dengan kurir ekspedisi Anteraja. Pada tanggal 11 saya cek di tracking, paket sudah sampai di gudang Sukabumi menuju kota tujuan. Pada tanggal 12 saya cek kembali di tracking, tapi belum ada update kembali.

Pada tanggal 13, saya coba tracking kembali, tapi keberadaan paket masih tidak bergerak. Di sini saya mulai was-was. Pada tanggal 14 saya cek kembali untuk lokasi terakhir, tapi tetap paket tidak ada update. Lalu saya menghubungi customer service Anteraja selaku ekspedisi yang membawa paket saya. Customer service Anteraja membantu membuatkan laporan dan saya disuruh menunggu 3 hari kerja.

Keesokan harinya saya menghubungi customer service Shopee. Jawabannya sama, dibuatkan laporan dan disuruh menunggu. Hingga pada tanggal 20 Februari 2022 pesanan dibatalkan oleh sistem, karena pesanan tidak dapat dikirim ke pembeli.

Nomor pesanan Shopee: 2202092WMXS949
Nomor Resi Anteraja: 10003628120211
Paket: HP REDMI 9 3/32GB
Harga: Rp1.250.000
Dana penggantian: Rp180.000

Sangat disayangkan proses penggantian hanya sepihak dan sangat merugikan bagi saya. Pada tanggal 22 Februari 2022 saya terkejut ketika melihat ada saldo masuk di akun Shopee saya sebesar Rp180.000. Setelah saya cek, ternyata itu uang penggantian atas barang yang saya kirim. Saya tidak mendapat konfirmasi sebelumnya.

Lalu saya tanyakan ke customer service Shopee dan saya disuruh mengirimkan screenshot saldo saya ke email Shopee. Pada sore hari saya mendapat balasan dari Shopee bahwa benar dana penganti 10x ongkos kirim atau sebesar Rp180.000, karena tidak menggunakan asuransi. Sedangkan di Shopee untuk Anteraja tidak terdapat pilihan asuransi.

Di balik kejadian ini betapa sulitnya saya dan merugikan bagi saya. Saya sudah berulang kali menelepon customer service Anteraja dan Shopee untuk menanyakan keberadaan paket. Jawabannya selalu untuk menunggu, karena proses investigasi.

Saya bukan penjual besar, bahkan hp yang saya jual itu milik istri saya, karena kita sedang kesulitan dalam ekonomi untuk keseharian. Sebelumnya saya dan istri merasa senang bisa buka toko di Shopee dan bisa menjual barang. Muncul harapan saya dan istri saya setelah mendapat uang dari penjualan hp, sebagian uang untuk modal jualan di Shopee. Namun harapan itu kini telah hancur.

Melalui surat ini dan perantara Media Konsumen, saya berharap dan berdoa semoga saya mendapat penggantian yang sesuai.

Jakarta 23 Februari 2022.

Joni Iskandar
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Anteraja:
[Total:813    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Joni Iskandar

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Joni Iskandar yang berjudul: “Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja...
Baca Selengkapnya

108 komentar untuk “Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja Hilang, Penggantian Dana Cuma Rp180.000

    • 24 Februari 2022 - (16:03 WIB)
      Permalink

      aneh nya saat nilai barang nya lebih kecil dari biaya pergantian 10x ongkos kirim yg lebih besar, syarat dan ketentuan pergantian tidak berlaku ..yg akan diganti nilai barang yg nominalnya lebih kecil. Ada yg pernah ngalamin?

      11
      • 24 Februari 2022 - (20:31 WIB)
        Permalink

        Shopee lagi shopee lagi, kayaknya sering kejadian seperti ini…..makanya males saya beli barang barang via Shopee kecuali Shopee food aja, itupun kadang drivernya suka lama

        9
        3
        • 24 Februari 2022 - (21:55 WIB)
          Permalink

          Betul. Saya selalu beli brng2 online. Hampir tiap mgg. Dl sekali pernah bermasalah. Brng kurang yg dikirim. Uda kirim video unboxing si orange ini lambat bgt penanganan nya. Akhirnya skrng nyaman pake si ijo terus.

          10
        • 25 Februari 2022 - (15:34 WIB)
          Permalink

          Belanja di shopee aku ngga pernah pilih anteraja kecuali tokonya ngga punya ekspedisi lain, itu kalo bnr2 kepepet. Gimana ya,, bs dibilang emang lelet dlm pengirimannya.

      • 25 Februari 2022 - (11:08 WIB)
        Permalink

        Saya ga percaya kalo itu isi nya HP, dari foto paket tidak meyakin kan. Kakak maen dummy ya ?

        1
        20
      • 25 Februari 2022 - (12:23 WIB)
        Permalink

        semua ekspedisi ketentuan begitu, 10x onbgkir atau harga nominal barang tergantung mana yg lebih kecil

      • 25 Februari 2022 - (15:31 WIB)
        Permalink

        Pihak ecommerce ataupun ekspedisi ngga pernah mau rugi. Aku pernah ngalami sekali. Untungnya nilainya ngga sampai 100K

    • 25 Februari 2022 - (10:22 WIB)
      Permalink

      Klu ak sih lihat sendiri pas di Tegal Istirahat di angkringan ada anak2 kurir anteraja tongkrong. Trus dia minta bantuan ibu angkringan utk terima paket. Entah paket apa juga kurang tahu. Ibu nya menolak tp dipaksa cuma formalitas katanya. Sy berpikir bukannya klu foto penerimaan paket itu berarti menyelesaikan orderan atau paket udh terkirim ya? Jd suudzon Ama kurir paket anteraja yg sering tongkrong disitu

      14
    • 25 Februari 2022 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Samaaa….aku dulu jg order di shopee,expedisinya anteraja….barang cuma senilai 15 ribu …2 bulan gag sampai rmhku…pdhl dari rmhku dekat bgt itu expedisinya anteraja,cuma beda gang…tau² aku di inbox dari shopee katanya aku tdk pernah bisa di hubungi & tdk ada di rmh….pdhl aku di rmh trs & tdk ada wa dari kurir anteraja nya itu….

    • 25 Februari 2022 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Memang engga berez anteraja itu, banyak masalah. Sebisa mungkin saya jualan engga pake anteraja atau ketika beli sesuatu.

    • 26 Februari 2022 - (03:40 WIB)
      Permalink

      Saya juga merasakan sendiri beli barang dishopee kurirnya pakai antaraja ternyata paketnya dititipkan kembali ke JNE lalu diover lagi ke sicepat jadi saya selalu follow up dengan melakukan email ke jasa kirim antaraja karena keterangan paket tidak bergerak dari tanggal 17 Februari 2022 sampai tanggal 24 February 2022 paket belum juga datang, besoknya pada sore hari ada kurir ngatar paket tapi dari sicepat. Dari sini bisa kita nilai bahwa jangan lagi menggunakan kurir antaraja

      2
      2
      • 26 Februari 2022 - (11:23 WIB)
        Permalink

        Waduh, kok bisa kayak gitu yah? Secara mereka kan saingan, kok bisa kerjasama, hahaha?! Atau saya yang salah tangkap maksud tulisan Bapak?

        • 4 Maret 2022 - (07:07 WIB)
          Permalink

          Shopee lagi shopee lagi sudah lebih enak dan nyaman pakai toped belanja pakai asuransi dijamin Brg ditanggung tokped baik saya sebagai seller atau buyer nyaman toped, shopee suka lebay iklannya tp pelayanan jelek, dia gak mau rugi jika barang seller ilang dikurir dia lepas tangan dg alasan klasik gak ada asuransi nya….

          Klu gini oknum yg main dikurir yg dah tau celah bug system shopee enak, kurir menang banyak dpt hp hrg 180k dan si seller rugi banyak trs shopee nya plonga plongo dg jwban tdk ada asuransi wkekek

  • 24 Februari 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Harusnya shoppe dan anteraja harus tanggung jawab dong, itukan kesalahan dari kurir, kalo dibiarkan oknum oknum pasti mencari korban yang lain, kasian yang baru merintis usaha tapi dibikin susah sama SHOPPE DAN ANTERAJA.

    48
    2
      • 24 Februari 2022 - (18:00 WIB)
        Permalink

        Coba komplain langsung ke antaraja gan, minta keterangan jg hilangnya barang seperti apa. Apakah di ambil kurir nakal, jatuh di perjalanan, kecelakaan, bencana alam, atau apa, bilang supaya agan punya data utk mengadu ke layanan customer.

        11
        1
  • 24 Februari 2022 - (09:55 WIB)
    Permalink

    sama juga terjadi kepada saya sebagai seller produk saya hilang seharga 725 tp di ganti hanya 10x ongkir saja, akan tetapi dengan expsedisi JnT,. saya tetap perjuangan kan dan mendatang kan gerai yg bersangkutan dan terus konsultasi dengan Shopee dimana ini bukan kesalahan kita sebagai penjual, tp kesalah kurir dan pembeli yg tidak memakai jasa asuransi,. coba dipikir kita menjual barang da sudah laku bearti barnag tersebut bukan puya kita lagi jadi kenapa harus kita yang melindungi barang yang bukan milik kita, seandai nya fi akun seller shopee pun ada kolom yang mengharus kan memakai jasi asuransi itu yang menanggung biaya asuransi tetap pembeli atas produk yang dibeli,. jadi knapa harus kita sebagai penjual yang menerima imbas nya dari kesalahan kurir dan pembeli pada saat cek out barang,. sampai saat ini pun saya masi perjuangan kan bukan masalah harga barang nya 725 akan tetapi shopee hanya mengasuransi kan otomatis hanya beberapa kurir saja dan harga produk produk yg sya jual ada yg jauh lebih mahal,. kalao kejadian sperti ini di diam kan akan sangat merugikan seller yg memang benar benar berjualan dengan benar, karna tugas kita sebagai penjual memberikan brg sesuai keterangan, mempacking produk selayak nya dan mengirim ke kurir yg sesuai aplikasi,. sudah selesai tugas kita disitu diluar dr itu sudah bukan tggung jawab kita sebagai seller,. smoga shopee dan kurir membaca artikel ini dan segera memberikan Verfikasi terkait trima kasih

    33
    1
    • 24 Februari 2022 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Bener kak semoga mereka yang punya wewenang bisa melihat kondisi ini dan mempuyai solusi supaya tidak terulang kembali

      11
      2
      • 24 Februari 2022 - (14:07 WIB)
        Permalink

        Heran dgn Shopee, padahal aplikasi Shopee itu yg paling rajin update aplikasi. Tp sepertinya tdk ada perubahan yg signifikan terutama dlm segi keamanan transaksi baik untuk seller maupun buyer. Kalo kita jeli bnyk sekali akun2 fraud di Shopee baik dari seller maupun buyer. Dan yg paling utama adalah fitur shopeepaylater & SPinjam yg sering sekali dibobol oleh orang tdk bertanggungjawab. So, bnyk yg dirugikan akibat kejadian itu. Tak perlu lah sering2 update aplikasi kalo tdk ada sesuatu yg baru, seperti penambahan fitur/keamanan, dll.

        17
        2
        • 24 Februari 2022 - (20:13 WIB)
          Permalink

          Saran saya mending laporin aja ke polisi kak, itu mah oknum kayaknya soalnya udh banyak kejadiannya beda sama si hijau lebih aman buat seller terkait produk hilang

        • 24 Februari 2022 - (22:47 WIB)
          Permalink

          Memang parah banget sih jasa kirim tsb.. pesanan saya sampai detik ini belum juga sampai, sudah melewati batas estimasi pengiriman, di contact cs nya, gak ada respon.. penjual sudah berusaha contact jasa kirim ini, tp disuruh menunggu karena sedang di investigasi.. cape deh.. di kota kami tidak ada gerai jasa kirim tersebut, pernah suatu hari saya cari ternyata tempatnya karena barang pesanan saya tidak kunjung sampai, ternyata ada di dalam gang kecil berupa ruangan kecil ukuran 3×3 dengan banyak sekali tumpukan barang, menurut saya jasa kirim ini memang sangat tidak professional..

  • 24 Februari 2022 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Yaallah baru pertama jualan, yang sabar iya kak semoga Sebesar shopee dan antaraja enggak tutup mata, iklannya aja shopee sampe artis Hollywood.

    13
    1
  • 24 Februari 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Saya ngga pernah belanja di shopee. Tapi kalo di toped belanja barang agak mahal, apalagi udah jutaan, seller hampir selalu bikin wajib asuransi.
    Harusnya shopee bisa bikin opsi asuransi kayak toped. Soalnya di MK saya baca2 banyak yg bermasalah penggantian dana karna seller ngga bisa kasih wajib asuransi di shopee, atau buyer ngga dikasi opsi untuk tambah asuransi.
    Kalo saya jadi seller ngeri juga jualan barang mahal disini.
    Anyway, semoga diganti shopee ya pak seharga barangnya. Semoga lancar rejekinya.

    19
    2
    • 24 Februari 2022 - (12:02 WIB)
      Permalink

      Bener kak selama hidup selalu berikhtiar dan berusaha, yang kuasa maha melihat

      4
      1
      • 24 Februari 2022 - (18:06 WIB)
        Permalink

        Shopee ini emg paling jelek. Customer service nya bikin geleng2 kepala.

        Beli barang palsu terus customer di block sm penjual. Minta balik uang tp customer service suruh mediasi.

        Tololnya ke akar, udah tau di blokir gimana mau mediasi coba

        Shopee jg ga mau tau dan bantu lebih lanjut. Beli sedikit sedikit boleh shopee klo besar dan banyak mending tokopedia aja. Udah nomor 1 ga ada lawan.

        15
        1
  • 24 Februari 2022 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Oknum kurir sdh tau kalo order dr shope gak pake asuransi makanya disikat yg barangnya mahal, kurir juga bisa tau isi paket disistem

    24
    • 24 Februari 2022 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Itu salah satu jadi kelemahan dan dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggung jawab,

      11
      2
  • 24 Februari 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Saya sering komentar di media konsumen, lebih baik jualan di Shopee itu barang recehan saja bukan barang mahal ya karena alasan ini.
    Mengingat ga ada asuransi, dan mereka pasti patokannya ke S&K, apa yang diganti 10x ongkir memang sudah sesuai dengan S&K buatan mereka.

    Jadi saran saya, kedepannya kalau mau jualan HP atau barang mahal apapun, jangan lirik Shopee, sekali lagi jangan.
    Masih banyak marketplace lainnya, recommended Bukalapak & Tokopedia.

    Untuk Shopee posting barang recehan saja, yang nilainya gak melebihi 100 ribu / pcs dengan asumsi ongkir terdekat itu 10 ribu. Saya selama jualan disana gak pernah posting barang yang nilainya diatas 100 ribu. Biar sekalipun gak diganti full nyeseknya gak berasa sampai ke dada. Tapi sejauh ini selalu diganti full, karena nilai nominalnya selalu recehan dan gak melebihi 10x ongkir. 😄

    24
    1
      • 24 Februari 2022 - (17:00 WIB)
        Permalink

        Sering, dan bisa dilihat ada berapa banyak kasus serupa yang sudah diposting di media konsumen, dan komentar saya selalu sama “jangan berani jualan barang mahal di Shopee, atau resiko ditanggung sendiri.”

        Shopee & Ekspedisi kalau sudah ketemu kasus begini patokannya ke S&K mereka yang memuat “barang tanpa asuransi hanya diganti maksimal 10x ongkir”

        Penjual udah gabisa apa-apa lagi, jadi korban paling dirugikan. Pembeli sih enak, pasti refund full tanpa ada kerugian.

        • 25 Februari 2022 - (02:19 WIB)
          Permalink

          Betul di Shopee jangan jualan barang mahal. Asuransi kagak ada. Klo barang hilang rusak.. Mereka langsung selesaikan komplain. Pembeli dapat dana mereka. Nah penjual nyaho sendirian barang nya rusak atau hilang

      • 24 Februari 2022 - (17:02 WIB)
        Permalink

        Sama saja, perhitungannya dari nominal ongkir yang dia bayar (termasuk voucher dihitung)

        Jadi misalkan ongkir 10 ribu, dia bayar 0 karena pakai voucher. Tetap hitungannya 10 ribu, penggantiannya maksimal 100 ribu (10x ongkir) begitu seterusnya.

        • 24 Februari 2022 - (19:54 WIB)
          Permalink

          Aneh tapi nyata!! 10 kali ongkir ,kalau saya jualan hilang aq doakan yang abil barang di kasih benjolan yang sangat besar di pantutnya.. biar kapok ngak bisa duduk seumur hidupnya dia.

          3
          1
  • 24 Februari 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    Lagi dan Lagi.
    Seperti yg sudah2, banyak sekali komplainan thdp Shopee yg tidak menyediakan fitur asuransi di pengiriman.

    6
    1
  • 24 Februari 2022 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Barang dijual kurang berkah karena bekas. Sebenarnya dilarang menjual barang bekas, palsu, bajakan, hasil curian dll. Acs S dan K nya.

    4
    48
    • 24 Februari 2022 - (14:36 WIB)
      Permalink

      Kakak Insyallah berkah, saya pertama kali untuk jualan bahkan saya buat Vidio saat pembungkusan bisa di pastikan kondisinya masih bagus dan lengkap saya belikan bubble wrap supaya aman dan berharap dapat Reting bagus dari pembeli tatapi inilah yang terjadi hilang di expedisi pengantin hanya sepihak tanpa ada diskusi sebelumnya, padahal saya sudah berulang kali hubungi shopee dan antaraja.

      14
      1
    • 24 Februari 2022 - (19:52 WIB)
      Permalink

      Lah ngelawak, di deskripsi dan harga udh sesuai bekas kenapa bilang seller nakal ? Astaga

      4
      1
      • 24 Februari 2022 - (21:30 WIB)
        Permalink

        Iya kak di diskripsi sudah tertera bahwa barang pernah pakai, dan sudah ada diskusi dengan pembeli dah minta kurang harga saya kurangi 50rb baru

    • 25 Februari 2022 - (00:19 WIB)
      Permalink

      komen terpintar nih.. kurang berkah karena barang bekas. dilarang menjual barang bekas. dalil darimana, dari siapa, dari kapan, alasannya itu om? dilarang tu aturan dari mana, dari siapa, dari kapan? coba om jelasken dong jangan asal mengarang indah haha

    • 25 Februari 2022 - (02:26 WIB)
      Permalink

      Ngenyek aja lu bro. Belum pernah ketimpa masalah jual beli online ya? Yang salah shopeenya ga ada fitur asuransi. Barang hilang ekspedisi memang aturannya cuma diganti 10x ongkir. Seller sama ekspedisi uda sesuai aturan.. Yg masalah tuh di shopeenya. Malah lo nyalahin penjual

    • 25 Februari 2022 - (05:45 WIB)
      Permalink

      Gak punya otak ya???? Gak ada empati ke org yg lg kena musibah. Kayak hidupmu sdh berkah aja. Barang bekas itu brg halal juga bisa dijual. Ada org jual rumah bekas, mobil bekas,meja bekas, dll. Dasar otak didengkul….

    • 27 Februari 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Emang gak boleh jual barang bekas ? Yg penting seller udah jelasin di deskripnya. Yg gak boleh diskripsi barang baru tp yg dikirim brg bekas. Semoga anda segera bangun dari tidur anda

  • 24 Februari 2022 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Maaf ya.. Untuk kalian yg mau beli HP atau elektronik mending datang langsung ke toko aja
    Soal nya maaf ni kadang selera juga nakal kirim HP bekas.. Padahal order nya baru
    Saran jgn beli lwat online

    4
    21
  • 24 Februari 2022 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Klo jual barang mahal jgn prnah di shopee, dibalik kemudahan pengunaannya tersimpan hal busuk seperti ini
    Dulu saya ingat shopee sempat menawarkan fitur asuransi barang juga, tapi tak lama dihilangkan, entah kenapa
    Mending di tokped krn mereka menyediakan asuransi pihak ketiga

    5
    1
  • 24 Februari 2022 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Hrsnya soffee sm anteraja bertanggung jwb atas hilangnya hp pak joni
    Klo cm diganti 180 rb namanya penipuan itu

    11
    1
  • 24 Februari 2022 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin pak.. Jika belum terselesaikan masalah nya.. Mending rame2 buat jasa kurir trus nongkrong di Shopee buat dpt barang elektronik (HP atau laptop) cuman bayar 180rb…

    8
    1
  • 24 Februari 2022 - (16:34 WIB)
    Permalink

    Anteraja lagi ya. Udah bbrp x liat masalah hilang paket.
    Ngeri” kalo beli barang mahal pakai ini ekspedisi.

    12
    1
  • 24 Februari 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Biasa kalau kurir nakal itu suka nyuri barang2 yg berharga,dia tidak rugi cuma ganti 10x ongkir karena barangnya lebih dari 10x ongkir

    8
    1
  • 24 Februari 2022 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Coba aja gan claim ke ekpedisinya, setau saya mereka akan ttp ganti nanti ada nego. Karena kalau di jnt spt itu. Cuman ya kita harus followup terus ke cs
    Ya kalau spt ini akan banyak oknum yg nakal memanfaatkan kalau tidak ada tindakan yg tegas bntuk tanggung jawab ekpedisinya mana ? Itu kan 10x ongkir uang ganti dari shopeenya dari ekpedisi belum ada. Terus berjuang gan intinya

    7
    1
  • 24 Februari 2022 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Shopee itu brengsek barang hilang cuma ganti 10x ongkir alasannya gak pakai asuransi, lah di aplikasi Shopee aja gak ada fitur asuransi seperti Tokopedia apa salahnya tambahin fitur asuransi susah banget deh. Jualan barang mahal mending Tokopedia aja deh ada fitur wajib asuransi. Shopee suka banget bikin fitur gak penting di aplikasi, sedangkan asuransi susah banget.

    3
    1
  • 24 Februari 2022 - (18:02 WIB)
    Permalink

    ditokopedia sih pas mau berjualan otomatis on asuransinya kecuali kita mau matiin asuransinya..

    bagus pihak shopee aktifin juga begitu
    dan kerjasamalah sama pihak asuransi ..

    2
    1
  • 24 Februari 2022 - (20:14 WIB)
    Permalink

    Karena tidak ada opsi asuransi inilah saya out dari jualan hp di shopee, walau alhamdulillah gk pernah ada masalah, tetep was was aja
    Ntah kenapa shopee kaya susah banget ngasih opsi asuransi

    Sabar ya pak, semoga mendapat keadilan dan misalpun tidak, dapat ganti rejeki yang lebih

    7
    2

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 108 komentar sampai saat ini..

Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja Hila…

oleh IQ dibaca dalam: 2 menit
108