Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja Hilang, Penggantian Dana Cuma Rp180.000

Pada tanggal 09 Februari 2022 sore, saya mendapat pesanan masuk dari Shopee, HP yang saya posting di Shopee telah ada yang membeli. Jujur betapa senangnya saya, karena ini penjualan pertama saya.

Tanggal 10 Februari 2022 sekitar pukul 11:00, Hp sudah di-pick up dengan kurir ekspedisi Anteraja. Pada tanggal 11 saya cek di tracking, paket sudah sampai di gudang Sukabumi menuju kota tujuan. Pada tanggal 12 saya cek kembali di tracking, tapi belum ada update kembali.

Pada tanggal 13, saya coba tracking kembali, tapi keberadaan paket masih tidak bergerak. Di sini saya mulai was-was. Pada tanggal 14 saya cek kembali untuk lokasi terakhir, tapi tetap paket tidak ada update. Lalu saya menghubungi customer service Anteraja selaku ekspedisi yang membawa paket saya. Customer service Anteraja membantu membuatkan laporan dan saya disuruh menunggu 3 hari kerja.

Keesokan harinya saya menghubungi customer service Shopee. Jawabannya sama, dibuatkan laporan dan disuruh menunggu. Hingga pada tanggal 20 Februari 2022 pesanan dibatalkan oleh sistem, karena pesanan tidak dapat dikirim ke pembeli.

Nomor pesanan Shopee: 2202092WMXS949
Nomor Resi Anteraja: 10003628120211
Paket: HP REDMI 9 3/32GB
Harga: Rp1.250.000
Dana penggantian: Rp180.000

Sangat disayangkan proses penggantian hanya sepihak dan sangat merugikan bagi saya. Pada tanggal 22 Februari 2022 saya terkejut ketika melihat ada saldo masuk di akun Shopee saya sebesar Rp180.000. Setelah saya cek, ternyata itu uang penggantian atas barang yang saya kirim. Saya tidak mendapat konfirmasi sebelumnya.

Lalu saya tanyakan ke customer service Shopee dan saya disuruh mengirimkan screenshot saldo saya ke email Shopee. Pada sore hari saya mendapat balasan dari Shopee bahwa benar dana penganti 10x ongkos kirim atau sebesar Rp180.000, karena tidak menggunakan asuransi. Sedangkan di Shopee untuk Anteraja tidak terdapat pilihan asuransi.

Di balik kejadian ini betapa sulitnya saya dan merugikan bagi saya. Saya sudah berulang kali menelepon customer service Anteraja dan Shopee untuk menanyakan keberadaan paket. Jawabannya selalu untuk menunggu, karena proses investigasi.

Saya bukan penjual besar, bahkan hp yang saya jual itu milik istri saya, karena kita sedang kesulitan dalam ekonomi untuk keseharian. Sebelumnya saya dan istri merasa senang bisa buka toko di Shopee dan bisa menjual barang. Muncul harapan saya dan istri saya setelah mendapat uang dari penjualan hp, sebagian uang untuk modal jualan di Shopee. Namun harapan itu kini telah hancur.

Melalui surat ini dan perantara Media Konsumen, saya berharap dan berdoa semoga saya mendapat penggantian yang sesuai.

Jakarta 23 Februari 2022.

Joni Iskandar
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Joni Iskandar

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Joni Iskandar yang berjudul: “Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja...
Baca Selengkapnya

108 komentar untuk “Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja Hilang, Penggantian Dana Cuma Rp180.000

  • 24 Februari 2022 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca curhatan sampean saya jadi takut berurusan dgn sopee,saya mau uninstal aja!antar aja nya laporin ke polisi aja pak,itu jasa pengiriman yg tdk profesional masak ngirim barang bisa hilang…parah anjay ni antaraja dan spppppi

  • 24 Februari 2022 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Seperti yg pernah saya tulis di artikel lain, asuransi di tokopedia dan bukalapak itu asuransi dr tokopedia dan bukalapak sendiri, kl terjadi kehilangan barang yg ganti ya tokopedia/bukalapak. Nah kenapa shopee tidak ada opsi asuransi, mungkin cara berfikir shopee itu begini : buat apa asuransi, kl jasa kirim itu amanah, bagus tidak mungkin barang kiriman customer sampai hilang. Kl terjadi kehilangan ya wajib ganti, mau pakai asuransi atau tidak. Harusnya spt itu. Kasus seperti ini akan terus terjadi kl regulasinya tidak dirubah. Misal asuransi harus dihapus, kl terjadi kehilangan itu tanggung jawab jasa kirim. Harus ganti full. Aneh kan kirim barang saja pakai asuransi, kan sepertinya jasa kirim sudah tau kl ditempatnya banyak malingnya. Dan asuransi sepertinya cara terbaik untuk menghindar dr tanggung jawab.

    3
    1
    • 25 Februari 2022 - (02:03 WIB)
      Permalink

      Anda salah, asuransi Tokopedia & Bukalapak itu menggunakan pihak ketiga, dalam arti bukan pihak marketplace melainkan partner mereka.

      Dan mengenai perubahan regulasi itu sama sekali gak masuk akal.
      Kalau semua barang hilang wajib diganti full oleh ekspedisi maka mereka pun enggan terima barang mahal, ngapain? Ongkir cuma 10 ribu, lantas ada yang kirim IPhone 13 misalkan, harus ganti puluhan juta? Ya lebih baik antar sendiri, tak usah pakai ekspedisi.

      Maka, asuransi itu tetap diperlukan, bukan menghindar dari tanggung jawab, tapi mencegah kerugian lebih besar untuk ketiga belah pihak (pembeli, penjual, ekspedisi)

      Di berbagai sektor kehidupan juga asuransi itu bukan hal yang aneh, bahkan negara pun punya asuransi untuk warganya lewat BPJS. Kalau tak ada asuransi, niscaya udah banyak pihak yang merugi bahkan mungkin bangkrut karena menanggung beban kerugian sendirian. Contohnya seperti kasus ts ini.

      5
      1
      • 27 Februari 2022 - (16:14 WIB)
        Permalink

        Bpjs itu iuran bukan asuransi. Sams sekali tidak masuk akal, tidak aple to duren.

        Kl saya tetap asuransi harus dihilangkan dr jasa kirim, cuma akal akalan saja. Hilang harus ganti. Toh proses cari barang hilang di jasa kirim itu mudah. Dan yg menghilangkan ya harus tanggung jawab, kl perlu secara hukum.

        • 27 Februari 2022 - (22:45 WIB)
          Permalink

          Apakah anda pernah mengalami spt yg dialami pak joni, kalo blm wajar jika anda tidak butuh asuransi. Dan untuk pihak ekspedisi untuk mengganti full tidak semudah itu ferguso

  • 24 Februari 2022 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Kejadian lagi kurir anterinaja bukan sekali dia kali ini saya baca kasusu nya, semoga terselesaikan mslhnya, bila hilang gtu aja smga Allah menganti berlipat2

    4
    1
    • 24 Februari 2022 - (21:41 WIB)
      Permalink

      Pengalaman sy saldo di shopee ada Rp 150.000 hilang jd saldo 0 itu juga di ebat oleh shopee memang tukang maling semuanya

  • 24 Februari 2022 - (22:03 WIB)
    Permalink

    lain kali… barang yg dikirim di beri asuransi. dan nama barang nya di rancu kan saja. misal hp, jadi box kosmetik, atau apa lah. saya seller jg di shopee. untuk kirim2 barang yg nilai jual di atas 1jt. saya buat rancu nama barang nya.. Alhamdullilah..aman2 aja setelah bertahun2 berdagang.

    2
    1
  • 24 Februari 2022 - (22:34 WIB)
    Permalink

    Semoga segera dpt gantinya, Klo sopi g mw ganti smg dpt ganti dr tempat lain.
    Ini yg sy takuti beli brng mahal di sopi. bbrp kali beli HP titipan teman2 di blibli selalu memuaskan, pernah dititipi tmn ambil iPhone se sampai dengan selamat. Terakhir laptop+printer 6jtan jg selamat..

  • 24 Februari 2022 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Kalo kurir anteraja emang gitu om kadang, ane sebagai pembeli kalo pas mesen shopee udah tau kurir anteaja atau jnt langsung ane ubah, soalnya kadang 2/3 kali di anter kurir gagal mulu ampe 2 hari.

    Ujung ujungnya ke gerai dropnya, padahal tetangga pada nyampe aja, pas gua tanya kurirnya “oh klo shopee sama si kurir anu, saya mah bawa yg lazada” asem bener minggu ini pokoknya kurir jnt sama anteraja

    2
    1
    • 25 Februari 2022 - (15:57 WIB)
      Permalink

      untuk admin shopee dan kurir apapun baik itu Jnt, Antaraja, atau apa pun kurir nya,. asuransi itu pada inti nya Melindungi apa yang milik kita bukan milik orang lain,. pihak kurir tidak salah dengan aturan mengganti 10x ongkir atau mana lebih kecil smua sperti kurir apa pun,. akan tetapi yang di beban kan aturan itu iyalah si pemilik,. dalam kasus ini brg yg ilang bearti yg bertnggung jawab mengasuransi kan brg nya adalah si pembeli bkn si penjual, knapa karna brg itu sudha terjual dan bkn milik pembeli lg dam seandai nya ilang, rusak dll dan tidak di asuransi kan itu keslah dr pembeli knapa tidak melindungi brg yg di beli dengan asuransii,. seandai nya asuransi di di byr pembeli tp penjual yg untung mana mau pembeli mbyar asuransi tooh fungsi asuransi nya buat penjual bkn buaat diri sdiri, sama juga hal nya penjual tidak mau mengasuransi kan brg yg di jual tooh pembeli nya aja ga mau asuransi knpa kota harus kepoo jada brg org yg org itu sdiri tidak mau menjaga nya,. smoga Shopee dan kurir Jnt khusus nya di berikan Hidayah

      2
      1
  • 25 Februari 2022 - (00:58 WIB)
    Permalink

    Muke gile shopee.
    Kelemahan Shopee tidak ada asuransi. Udah admin paling mahal tp asuransi gag ada.
    Untuk belanja mending di Tokopedia lebih jelas aja asuransi.

    • 26 Februari 2022 - (02:51 WIB)
      Permalink

      Emg shope bea adminnya kurang waras. Bisa dibayangin kl jual imac & macbook potongannya si sopi sadis. Ogah jualan di sopi.

  • 25 Februari 2022 - (02:29 WIB)
    Permalink

    Benar dengan saran dan komentar para pembaca diatas.
    Jangan jualan barang mahal di Shopee.
    Saya sebagai pembeli aja gak berani beli barang mahal disana. Apalagi jualan?
    Ya maaf aja, masih ada marketplace yang lebih aman kok.

    Shopee itu cocoknya buat saya berburu barang receh, yang dibawah 50 ribu lah, apalagi kalau ada gratis ongkir 0 rupiah, selebihnya nggak deh. Malah lebih percaya beli barang mahal di Bukalapak daripada di Shopee, kecuali emang ada niat mau sekalian beramal dan sedekah, ya silahkan aja ambil resiko.

    Saya yakin ga akan diganti penuh, karena sudah sesuai ketentuan 10x ongkir itu. Mau dibawa ke ranah hukum pun susah, karena ketika pakai aplikasi sudah ada pernyataan setuju atas syarat dan ketentuan disana. Dan ini yang biasanya orang males baca, langsung klik setuju aja. ?

  • 25 Februari 2022 - (10:19 WIB)
    Permalink

    Kalo emng beli barang mahal saran cek ekspedisi dulu cari tau dulu ekspedisinya bener apa engga..

    Yang saya tau ekspedisi setiap cabang entaraja rating gmaps rata2 3⭐ kebawah

    Saya pengalaman pake expedisi ini 3x, 2x barang mengendap gak di kirim2. 1 kali normal.

  • 25 Februari 2022 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Sama dengan kasus saya pakai kurir @anteraja_id barang belum saya Terima tp saya lihat distatus pengiriman sudah diterima padahal dirmh tidak ada orang yg ada hanya maaf anjing peliharaan saya

    • 25 Februari 2022 - (14:00 WIB)
      Permalink

      Saya kalau beli brg selalu hindari pakai kurir Anter@ja & j@t, terkenal lemot tidak sesuai estimasi dan banyak kasus, entah mengapa dari tahun ke tahun ganti manajemen tetap aja 2 ekspedisi ini tidak pernah berbenah.

      • 26 Februari 2022 - (02:57 WIB)
        Permalink

        Kedua jasa kurir ini teknis kerjanya dikerjain sama pihak ketiga (PT A,B,C,D) Karyawannya pun pekerja lepas. Jadi ya kerjanya gitu kadang semanget kadang ogah2an . Gak heran kl ada brg yg ilang atau telat kelas dewa.
        Jauh lebih baik JNE meski ada karyawan kontrak tp terikat peraturan JNE. Sedikit sekali kasus ilang barang. Kl brg mahal pasti JNE nawarin asuransi

  • 25 Februari 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    kayaknya banyak elektronik dan gadget yg hilang di ekspedisi akhir2 ini, klo dipikir2 hilang gtu emang kemana, makin banyak garong ya, drpd menyetujui ganti rugi ga sepadan spt itu mending lapor yg berwajib, itu sama saja melemahkan konsumen dan memupuk tindakan kriminal, apalagi klo ekspedisinya itu2 aja, mungkin gudangnya gudang ghoib karyawan jg astral semua

  • 25 Februari 2022 - (11:41 WIB)
    Permalink

    Saran saya, buat pengaduan dan atau laporan ke dinas terkait ( badan perlindungan konsumen dan atau kepolisian), terkait dari kejadian tersebut.. Laporkan pasal pencurian, turut serta, juga uu perlindungan konsumen dan uu perdagangan.. Semoga setelah ada laporan atau pengaduan ada mediasi dan penyelesaian yg terbaik dan tidak sepihak..
    Tetap Semangat ya gan untuk usaha, ilmu yang bermanfaat salah satunya adalah pengalaman.
    Semoga Allah selalu memberi kesabaran, kesehatan dan rejeki yg berlimpah untuk kita semua. Aamiin…

    3
    1
    • 25 Februari 2022 - (12:27 WIB)
      Permalink

      Kak Trimakasih atas sarannya, masalah ini benar benar saya jadikan pelajaran dan pengalaman, saya masih berharap dari SHOPEE maupun ANTARAJA, menghungi saya untuk segera menyelsaikan masalah ini.

      3
      2
      • 25 Februari 2022 - (21:06 WIB)
        Permalink

        Jujur saya hampir tidak pernah belanja di shoppee, kecuali shopeefood.
        Selama ini lebih banyak belanja di Tokopedia. Disamping banyak cashback, juga ada pilihan asuransi.
        Pengalaman awal bulan februari ini beli laptop 3 unit dengan nilai total sekitar 25jt. Dibawa kabur kurir gosend. Alhamdulillah terselesaikan dengan adanya asuransi dari Tokopedia, bukan dari ekspedisi.
        Penjual dapat dananya juga, saya sebagai pembeli juga dapat dana refund yang bisa dipakai untuk beli barang lagi. Gatau kalau di shopee bagaimana proses klaim asuransinya.

        1
        1
      • 5 Maret 2022 - (03:41 WIB)
        Permalink

        Maaf kak apakah anteraja mengganti kerugian kk, sy penjual shopee juga, info dari kk bisa sangat bermanfaat bagi sy terima kasih

  • 25 Februari 2022 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Shopee banyak sekali komplain sistem antara penjual kurir dan pembeli, perbaiki lah yang betul bijak tidak merugikan dan jangan bertele-tele.

    • 26 Februari 2022 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Mending matiin ekspedisi anteraja.
      Saya kalau mau jual hp yang diaktifkan cuma jne dan ubah wajib asuransi.

  • 25 Februari 2022 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Shopee lagi shopee lagi cuma balikin 10x . Dan itupun hasil klaim dari kurir.
    Gak fair . Shopee tu ga ada asuransinya padahal sdh banyak kejadian paket hilang. Ndablek nih satu marketplace bukannya ada pembenahan ketika dulu ada konsumen yg kehilangan.
    Masih mending Tokopedia/BL ada pilihan asuransinya .
    Males jualan di shopee, bisa tekor yang ada gegara barang hilang ?

  • 25 Februari 2022 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Saya berjualan d shopee produk kosmetik.
    Pengalaman sy,ada j (oknum) kurir pick up dan pengiriman yg tidak beres.
    Akhirnya sekarang untuk anter aja dan sicepat sudah saya nonaktifkan..
    Kerja tidak sesuai sop,,
    Minus d shopee di aplikasi tidak ada nomor hp kurir yang antar.tidak seperti ecomerce yg lain..payah lah..

  • 26 Februari 2022 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Halo ts.
    Gimana penyelesaian dari pihak anteraja?

    Soalnya saya lihat post dari pihak anteraja sudah di selesaikan dengan baik.

    Penyelesaian nya gimana? Diganti full gak tuh?

    • 26 Februari 2022 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah kak di Ganti Full Setelah di post dimedia Konsumen Shopee Mengubugi saya, ke esokan harinya Antaraja mengubungi saya untuk dana pengantin yang sebelum 180RB dan Kekurangan seharga barang sudah di bayar, td pagi saya lihat sudah masuk di Saldo Shopee saya, langsung saya Tarik dan langsung saya belanjakan Isi ulang Gas, Air galon sama sudah di kasihkan istri buat belanja. Alhamdulillah kak sudah selesai terimakasih atas Supportnya, terimakasih media konsumen

  • 26 Februari 2022 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah Rekan Rekan semua atas dukunganya, kini saya sudah mendapat Tanggapan dan penyelesaian, saya sudah menerima Penuh Dana pengganti, saya juga ucapkan banyak Terimakasih kepada Media Konsumen yang sangat baik menjadi tempat pengaduan, kini masalah ini sudah selesai

  • 26 Februari 2022 - (21:24 WIB)
    Permalink

    bisa cek link ini, shopee tidak ada asuransi partnet jadi penjual dan pembeli harus proaktif sendiri.
    https://help.shopee.co.id/portal/article/73137-%5BPerlindungan-Pesanan%5D-Apakah-Shopee-menyediakan-asuransi-untuk-pesanan-saya%3F

    sangat-sangat merugikan. pihak shopee tidak mempermudah penggunaan asuransi. Penjual harus ribet menasuransikan barang yang sudah keluar nomor resinya ke konter kurir nya langsung karena pengurusan asuransi tidak bisa lewat pick-up.

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 108 komentar sampai saat ini..

Baru Pertama Kali Jualan di Shopee, Pengiriman HP dengan Anteraja Hila…

oleh IQ dibaca dalam: 2 menit
108