CS OVO Tidak Mampu Membaca dan Menjawab Pertanyaan Pengguna?

Berikut adalah pengaduan saya tentang perlakuan Customer Service OVO, terutama di Instagram. Saya sebenarnya malas bikin komplain ini, tapi apa daya, CS OVO sebegitu parahnya sehingga saya akhirnya buat aja.

Awalnya saya menemukan banner promo di salah satu merchant OVO, yakni SPBU BP AKR dan SPBU Shell.

Terdapat 2 promo di situ, promo 50 persen dan promo 60 persen (tanggal 25 dan 26 Februari 2022). Karena syarat dan ketentuannya tidak tertulis lengkap, saya mencari di aplikasi OVO. Namun tidak ketemu, lalu saya tanyakan ke CS OVO di Instagram via DM.

Saya tanya itu tanggal 14 Februari 2022. Oleh CS OVO pun dijawab tentang promo yang 50 persen, tapi yang 60 persen tidak dijawab sama sekali.

Pada tanggal 15 Februari 2022, saya tanyakan lagi soal yang 60 persen itu.

OVO menjawab, lagi-lagi yang dijawab adalah 50 persen, bukan ENAM puluh tapi LIMA puluh.

Jadi saya perjelas lagi, bahwa saya tanya promo yang ENAM puluh persen, bukan yang LIMA puluh persen yang sudah 2 kali dikasih ke saya. Namun lagi-lagi OVO Tidak mau baca apa yang saya tanyakan, dan lagi-lagi dikirim yang LIMA puluh persen.
Jadi

Karena saya masih sabar, ya saya kirim lagi banner nya dan saya bilang lagi, saya tanya yang di bawah, yang ENAM puluh persen.

Saya lalu ditelepon CS OVO. Lagi-lagi, di telepon menjelaskan soal promo LIMA puluh persen. Jadi saya perjelas lagi, yang saya tanya yang ENAM puluh persen. CS bilang akan diteruskan ke pihak terkait, dan akan di-DM di Instagram.

Dan beneran di-DM, tapi lagi-lagi CS OVO tidak mau atau tidak mampu membaca ataupun mendengar pertanyaan saya, dijawab lagi yang LIMA puluh persen.

Lihatlah, sudah berkali kali saya tanya, baik per ketikan DM Instagram, dan per telepon juga. Saya itu tanya promo ENAM puluh persen, banner-nya juga udah ditunjukkan dua kali. Masa sih beda kan LIMA dan ENAM saja tidak bisa? Ini parah banget CS nya. udah tidak mau baca, tidak mau dengar, tetap ngotot ngasih jawaban yang lain, yang tidak nyambung

Hingga akhirnya, setelah bolak balik mengulang ulang pertanyaan selama 10 hari, saya akhirnya dapat jawaban yang ENAM puluh persen. Namun sayangnya, lagi lagi tidak nyambung. Jelas-jelas yang ditanya banner dari merchant, eh jawabannya dalah promo TAGIHAN.

Saya sudah tidak bisa berkata-kata lagi. Untuk sekedar membedakan LIMA dan ENAM saja butuh berkali kali tulisan dan ucapan per telepon. Lha gimana untuk meneruskan supaya jawabannya nyambung? butuh berapa ratus kali saya harus nanya ke OVO? Apa harus sampai periode promo habis, jadi OVO bisa bilang “Oh promonya sudah lewat pak, jadi tidak perlu ditanyakan lagi”?!

Bukan cuma 1 kali itu saja, bahkan soal lain pun sama. CS meremehkan dan tidak bisa/tidak mau baca pertanyaan penggunanya. Ini lihat ketika saya mau ikut promo PLN tapi tidak bisa. Jadi saya tanya ke OVO.

CS OOVO lalu membalas, katanya transaksi harus di Aplikasi PLN mobile.

Karena di aplikasi PLN mobile itu, kalau membayar diinstruksikan membuka aplikasi OVO, maka saya kirimkan screen record dari aplikasi PLN mobile sampai disuruh buka aplikasi OVO untuk menyelesaikan pembayaran.

Seperti yang bisa kita lihat diatas, lagi-lagi CS OVO tidak mau/tidak mampu membaca apa yang dikatakan penggunanya. Padahal sudah dikasih rekaman layar, tinggal nonton saja loh, gampang kan?? Tidak dilakukan juga.

Jadi ya saya bantu lah saya jelaskan udah ada rekaman layar, step by step-nya di PLN mobile, eh CS nya tetep keukeuh.

Setelah itu saya ada ditelepon lagi, saya jelaskan lagi step by step transaksi di PLN mobile, yang sangat ironis. Saya pengguna, tapi saya malah justru harus menjelaskan cara bayar pakai OVO ke pihak OVO sendiri. Setelah itu, ya CS OVO kirim DM Instagram, persis seperti sebelumnya, karena transaksinya di aplikasi OVO.

Padahal dari penjelasan saya, dari rekaman layar, jelas banget loh, kalau pakai aplikasi PLN mobile itu, ketika mau bayar pake OVO, harus buka aplikasi OVO. Kalau Anda ngotot gak mau buka OVO, sampai 7 turunan juga, gak bakal bisa bayar pake OVO.

Ah sudahlah saya capek. Kepada OVO, daripada merekrut CS yang ndak niat seperti itu, tidak usah Anda adakan customer support sajalah sekalian. Apa gunanya? Hanya membuang-buang waktu customer saja, hanya meremehkan customer saja.

Abraham Dharmawan
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai CS OVO:
[Total:42    Rata-Rata: 3.1/5]
Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Bapak Abraham Dharmawan

Dengan hormat, Terima kasih atas kepercayaan Bapak Abraham Dharmawan untuk terus menggunakan OVO sebagai platform pembayaran digital pilihan Anda dan...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “CS OVO Tidak Mampu Membaca dan Menjawab Pertanyaan Pengguna?

  • 25 Februari 2022 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus yg pertama bukan salah cssaja kurang budaya baca. Link yg di kasihkan sama vs itu sudah menjelaskan mana saja yg dapat diskon 50 mana yg 60 coba Kaka buka

    • 25 Februari 2022 - (20:54 WIB)
      Permalink

      Jadi ini kesimpulannya vs ovo sudah dikasih tau kalau ada yg nanya soal itu ni format jawabannya paste. Ehh ente g mau baca la si cs juga g ngerti apa yg di jawab terjadilah pingpong jawaban itu. Trus biasanya anda nge chat ke cs tapi yg bales beda² makanya kadang jawaban yg udah² di ulang² tapi iylti jawaban benar koq jadi disini yg salah ente untuk kasus 1.

      • 25 Februari 2022 - (21:05 WIB)
        Permalink

        Ya selamat. Jadi di sini terlihat memang budaya literasi sebagian dari kita buruk. Dan ini diperparah dengan budaya sok tahu yang di kombinasi kan dengan itu

        Jadi sudah jelas dari baris pertama yang diulang ulang. Promo 50 persen itu berlaku 1 sampai 28 KECUALI tanggal 25 dan 26, seperti yang dijelaskan di banner besar sekali itu, bahwa tanggal 25 dan 26 memang promo 50 persen ga berlaku, karena yang jalan adalah promo 60 persen.

        Silahkan belajar meningkat kan budaya baca anda sendiri, dan jika tidak mau, mungkin bisa melamar ke ovo untuk jadi cs, kemampuan membaca nya setara.

        10
        • 26 Februari 2022 - (05:03 WIB)
          Permalink

          La itu kan memang sudah di jelaskan
          Promo 1-28 kecuali 25-26 dapat 60% trus yg Mase kejar² itu apa?
          SMK nya kan smaa aja la itu program yg sama

          • 26 Februari 2022 - (11:57 WIB)
            Permalink

            Beda. 50 persen ada promo sendiri, 60 persen ada promo sendiri. 60 persen itu Yg ditanyakan. Sampe di muat di media konsumen gini baru lah si ovo memberi s dan k yang 60 persen itu yang jauh beda

            Sudah ya. Kalo memang ndak mampu atau ndak mau baca juga ngelamar ke ovo aja, nda usa buang buang waktu di sini. Tq

        • 26 Februari 2022 - (10:03 WIB)
          Permalink

          jadi,yang kurang literasi & kurang kerjaan siapa kak.?

          itu di banner udah jelas tertulis,60% di tanggal tertentu..
          cs pun sudah menjelaskan nominal cashbacknya
          kenapa ga dibaca & dipahami

          membaca itu mudah kok,tapi memahami nya yang sulit
          seperti yang sedang kamu pertunjukan

          aneh sekali anda,apa yang mau anda kejar bung.?
          🤣🤣

          5
          1
          • 26 Februari 2022 - (11:58 WIB)
            Permalink

            Ya makanya ditanyakan s dan k yang 60 persen. Yg dijelaskan cs itu yang 50 persen.

            Ya klo gini ga heran la cs nya musti di muat di media konsumen baru bisa ngasi s dan k yang bener. Rata rata orang memang baca nya kurang lancar kaya gini.

        • 26 Februari 2022 - (15:25 WIB)
          Permalink

          kl udah jelas di banner ngapain lo tanya2 lagi.masalah kayak gini sampe masuk mk .wkwkwkwkwkwk

  • 26 Februari 2022 - (08:15 WIB)
    Permalink

    sori nih, kenapa kok tidak tanya yang pasang banner nya saja langsung? anda sudah foto banner nya di shell, kenapa tidak masuk k dalam untuk tanya shell nya langsung

      • 26 Februari 2022 - (15:22 WIB)
        Permalink

        jelas2 di banner tertulis cashback 60% hanya di tanggal 25 &26..kira2 yg bego ? hobi amat pamer kegoblokan sendiri ..

        • 26 Februari 2022 - (15:31 WIB)
          Permalink

          Ya makanya Yg ditanya itu sk untuk Yg 60 persen tanggal 25 26 hadeh
          Gamasuk mk ga dikasi ama ovo

          Masuk mk baru dikasi. Untung ga nurut sama netizen maha benar. Salah semua tuh jawaban nya

          • 27 Februari 2022 - (10:12 WIB)
            Permalink

            Ya kak yang begini harus di perjuangkan kadang2 cs ovo memang ada bego2 nya juga, saya sendiri sebagai merchant terkadang repot sendiri, kita dikasih target ama management untuk jumlah transaksi dengan promo nya, sedangkan terkadang error tidak bisa gak jelas, kita yang sebagai merchant nanya ke cs ovo malah di anggep kek client biasa, kan ******

  • 26 Februari 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Buset cari CB goceng sampe ke MK, ovo itu CB gacha kalo diharapkan malah kecewa sendiri pernah isi pulsa katanya promo CB nyata gak dpt karna ada kuota perhari lbh baik gak usah diharapkan CB ovo

  • 26 Februari 2022 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Receh banget si Pak, keluhan seperti ini aja dimasuki dimedia konsumen? Ckckc.. buang buang waktu aja.. lagian CSnya juga sudah jelas menjelaskan S&K mana yang 50% sama mana 60%, mgkn Bapak juga belajar utk memahami dari setiap pernyataan yg disampaikan.. cheers!

    • 26 Februari 2022 - (15:30 WIB)
      Permalink

      Mana sk Yg 60 persen. Coba tunjukin. Yg ada merchant laen Yg kebetulan 60 persen, Itupun bukan tgl 25 26 wong promo nya beda jauh

    • 26 Februari 2022 - (22:57 WIB)
      Permalink

      @lutfi mungkin pengacara dia..pengangguran banyak acara ..masalah cb ga seberapa sampe mau ribet gitu

  • 1 Maret 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    niat banget kak nanya beginian, cb juga cuma goceng. kalo penasaran ya dicoba aja transaksi.
    *note: sy ga baca sampe habis, bosen banget isinya, begitu2 terus

 Apa Komentar Anda mengenai CS OVO?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

CS OVO Tidak Mampu Membaca dan Menjawab Pertanyaan Pengguna?

oleh Abraham dibaca dalam: 3 menit
25